Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Suatu Benda


Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Suatu Benda – Sebagaimana bahwa sifat kemagnetan dapat dibuat yaitu membuat sifat kemagnetan dari benda nonmagnetik, begitu juga sifat kemagnetan dapat dihilangkan.

Berikut ini merupakan pembahasan tentang bagaimana cara menghilangkan sifat kemagnetan sebuah benda magnetik, cara menghilangkan magnet, 3 cara menghilangkan sifat magnet, cara menghilangkan kemagnetan, cara menghilangkan kemagnetan elektromagnet, bagaimana cara menghilangkan kemagnetan elektromagnet, cara menghilangkan medan magnet, cara menghilangkan gaya magnet, cara menghilangkan kemagnetan suatu benda.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan
Kamu harus berhati-hati dalam menggunakan magnet permanen karena sifat magnetnya dapat hilang. Sifat magnet suatu benda dapat hilang karena hal-hal berikut.

Magnet dipanaskan, dipukul-pukul, atau dijatuhkan dari ketinggian tertentu pada benda keras, misalnya lantai. Untuk lebih jelaskan perhatikan uraian berikut ini!

1. Dipuku-pukul atau Dijatuhkan dari Ketinggian
Sebuah magnet dapat kehilangan sifat kemagnetannya apabila dibenturkan dengan benda-benda keras, dipukul-pukul dengan benda keras dan dijatuhkan dari ketinggian dan mengenai benda keras.

2. Dipanaskan
Keadaan lain yang juga dapat menghilangkan sifat kemagnetan adalah
apabila sebuah benda magnetik (magnet) terkena panas; baik panas yang berasal adari pembakaran, direbus, panas mesin dan lain-lain.

3. Dialiri arus bolak-balik (AC)
Perubahan arus listrik memengaruhi letak dan arah magnet elementer. Apabila letak dan arah magnet elementer berubah, sifat kemagnetannya hilang.

4. Demagnetisasi
Selain itu, sifat magnet juga dapat dihilangkan melalui proses demagnetisasi, yaitu memberikan medan magnet yang berlawanan arah dengan kutub-kutub magnet.

Demikian pembahasan tentang hal-hal yang dapat menghilangkan sifat kemagnetan sebuah benda magnetik (magnet), semoga bermanfaat.

Advertsiment
Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Suatu Benda | jati | 4.5