Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana


Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana – Ada perbedaan pembutan magnet dari besi dan baja. Besi lebih mudah dibuat menjadi magnet dibandingkan dengan baja. Akan tetapi, kemagnetan besi lebih cepat hilang, sedangkan kemagnetan baja lebih tahan lama.


Ada beberapa cara pembuatan magnet, diantaranya adalah dengan cara induksi, gosokandan aliran lisrik. Dibawah ini akan dipraktikan cara membuat magnet dengan aliran listrik, atau yang disebut elektromagnetik.

sebenarnya membuat medan elektromagnet cukup simpel, hal ini cukup mudah untuk membuat elektromagnet dengan cara yang sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan adalah membungkus paku besi dengan lilitan kawat tembaga di sekitar inti besi. Jika Anda memasang baterai ke kawat, arus listrik akan mulai mengalir dan inti besi akan berubah menjadi magnet. Ketika baterai dilepas, arus listrik dari baterai akan terputus dan inti besi akan kehilangan magnet nya. nah berikut adalah langkah-langkah sederhana membuat medan elektromagnet sederhana:

Bahan
-Satu paku besi
-Kawat tembaga (panjang sesuaikan)
-Satu atau lebih baterai sel D (semakin banyak baterai semakin kuat magnet)

Cara pembuatan
-Beberapa kawat tembaga harus diekspos sehingga baterai dapat membuat sambungan listrik yang baik.
-Buatlah lilitan kawat mengelilingi paku. Semakin kecil jarak antar lilitan kawat, semakin kuat elektromagnet yang anda buat.
-Ketika Anda membungkus kawat mengelilingi paku, pastikan bahwa Anda membungkus atau melilitnya dalam satu arah. Anda perlu melakukan ini karena arah medan magnet tergantung pada arah arus listrik yang diciptakan itu. Pergerakan muatan listrik menciptakan medan magnet. Jika Anda bisa melihat medan magnet di sekitar kawat yang memiliki listrik yang mengalir melalui itu, akan terlihat seperti serangkaian lingkaran di sekitar kawat. Jika mengalir arus listrik langsung ke arah Anda, medan magnet yang diciptakan oleh itu lingkaran di sekitar kawat dalam arah berlawanan arah jarum jam. Jika arah arus listrik dibalik, medan magnet berbalik juga dan lingkaran kawat searah jarum jam. Jika Anda membungkus beberapa kawat di sekitar paku dalam satu arah dan beberapa kawat ke arah lain, medan magnet dari bagian yang berbeda saling bertarung dan membatalkan, mengurangi kekuatan magnet Anda.
-Pasang salah satu ujung kawat ke terminal positif dari baterai dan ujung kawat lain ke terminal negatif baterai. Jika semua telah berjalan dengan baik, elektromagnet Anda sekarang bekerja!

Cara Membuat Medan Elektromagnet Sederhana | jati | 4.5