Penjelasan Hukum Newton 1, 2, 3, Rumus & Contoh TERLENGKAP


Penjelasan Hukum Newton 1, 2, 3, Rumus & Contoh TERLENGKAP –  orang yang menciptakan hukum newton 1, 2, dan 3 adalah Isaac Newton, seorang fisikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, matematikawan, dan teolog dari Inggris yang berpengaruh besar dalam dunia Fisika. Hukum Newton adalah tiga hukum fisika sebagai dasar mekanika klasik. Hukum Newton menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja di suatu benda dan gerak yang disebabkannya.

Hukum Newton adalah 3 rumusan dasar mekanika klasik yang memberikan gambaran mengenai gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Disebut juga hukum gerak monumental, berkembang dalam buku karya isaac newton sendiri yaitu Mathematical Principles of Natural Philosopy (The Principia).

a. Bunyi Hukum Newton 1 (I)
Bunyi: “Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap”.
Rumus Hukum Newton 1 (I):


Contoh Hukum Newton 1 (I) dalam Kehidupan Sehari-hari
-Saat mobil bergerak cepat di rem mendapak penumpang akan serasa terdorong kedepan
-Mobil yang anda naiki setelah direm mendadak, lalu mobil tiba-tiba bergerak kedepan, maka anda akan terdorong ke belakang
-Koin yang diatas kertas yang diletakkan di meja akan tetap, jika kertas ditarik cepat

b. Bunyi Hukum Newton 2 (II)
Bunyi: “Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya”.

Rumus Hukum Newton 2 (II):

Contoh Hukum Newton 2 (II) dalam Kehidupan Sehari-hari
-Gaya yang ditimbulkan ketika menarik gerobak yang penuh dengan padi, untuk dipindahkan kerumah dari sawah
-Jika di tarik dengan gaya yang sama mobil-mobil yang masasanya lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil, sedangkan pada mobil-mobilan yang sama (massa sama) jika ditarik dengan gaya yang lebih besar akan mengalami percepatan yang lebih besar pula

c. Bunyi Hukum Newton 3 (III)
Bunyi: “Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan”.

Rumus Hukum Newton 3 (III):
1. Gaya Gesek

2. Gaya Berat

3. Berat Sejenis

Contoh Hukum Newton 3 (III) dalam Kehidupan Sehari-hari
Contoh umum: adanya gaya gravitasi, Peristiwa gaya magnet, gaya listrik
-Duduk di atas kursi berat badan tubuh mendorong kursi ke bawah sedangkan kursi menahan (mendorong) badan ke atas.
-Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebesar sama dengan gaya yang kamu keluarkan tetapi arahnya berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong menjauhi dinding

Advertsiment
Penjelasan Hukum Newton 1, 2, 3, Rumus & Contoh TERLENGKAP | jati | 4.5