pengertian akhlak menurut bahasa dan ahli Lengkap


pengertian akhlak menurut bahasa dan ahli Lengkap – Akhlak adalah kata jamak dari kata khuluk, berasal dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau karakter. Tiga ahli di bidang akhlak, yaitu Ibnu Miskawaih, Al Ghazali, dan Ahmad Amin menyatakan bahwa moralitas adalah temperamen yang melekat dari seseorang yang dapat membawa perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran pertama.

Kata akhlak didefinisikan sebagai perilaku, tetapi perilaku harus diulang hanya sekali tidak cukup untuk melakukan perbuatan baik, atau hanya kadang-kadang. Seseorang dapat dikatakan merosot jika timbul dengan sendirinya didorong oleh motivasi yang kuat dan dilakukan tanpa banyak pertimbangan terutama pikir pertimbangan sering diulang, sehingga terkesan sebagai suatu keharusan untuk melakukan. Jika hal itu dilakukan oleh dipaksa tidak refleksi dari akhlak.

Ada empat hal yang harus ada apabila seseorang ingin dikatakan berakhlak.
-Kesadaran akan perbuatan itu
-Kemampuan melakukan perbuatan.
-Perbuatan yang baik atau buruk.
-Kondisi jiwa yang membuat cenderung melakukan perbuatan baik atau buruk.

Pembagian Akhlak

Akhlak Baik (Al-Hamidah)
1. Jujur (Ash-Shidqu)
Adalah suatu tingkah laku yang didorong oleh keinginan (niat) yang baik dengan tujuan tidak mendatangkan kerugian bagi dirinya maupun oranglain.

2. Berprilaku baik (Husnul Khuluqi)
3. Malu (Al-Haya’)
4. Rendah hati (At-Tawadlu’)
5. Murah hati (Al-Hilmu)
6. Sabar (Ash-Shobr)

Akhlak Buruk (Adz-Dzamimah)
Mencuri/mengambil bukan haknya 2. Iri hati 3. Membicarakan kejelekan orang lain (bergosip) 4. Membunuh 5. Segala bentuk tindakan yang tercela dan merugikan orang lain ( mahluk lain).
Ruang Lingkup Akhlak

Akhlak pribadi
Kebanyakan dekat dengan seseorang, maka orang itu harus sadar dan menyadari dirinya, karena hanya dengan, dasar utama dari dikonversi dan sadar diri dari kesempurnaan moral, dukungan yang tinggi. Manusia terdiri dari tubuh dan jiwa, selain orang-orang yang memiliki sifat sendiri, dengan segala kelebihan dan dimanapun manusia hanya manusia memiliki sertifikat.

Akhlak Keluarga
Moralitas mencakup tugas orang tua, anak-anak, kerabat dan kawan-kawan karib. Tugas orang tua untuk anak-anak, dalam Islam mengarahkan orang tua dan pendidik untuk memperhatikan anak-anak sempurna, dengan ajaran bijak -ajaran, setiap agama telah memerintahkan yang memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan dan mendidik, terutama ayah dan ibu memiliki akhlak mulia , sikap hati-hati yang lembut dan penuh kasih.

Akhlak Masyarakat
Tetangga berpartisipasi berterima kasih jika orang tua Anda bahagia dan pergi ketika orang tua Anda sulit, membantu mereka, dan bersam-sama mencari kemanfaatan dan menolak kemudhorotan, orang tua Anda mengasihi dan menghormati mereka maka wajib atasmu mengikuti ayah dan ibumu, cinta dan menghormati tetangga,

Akhlak Negara
Senegara mereka dengan Anda adalah warga negara dari orang yang sama yang berbicara dengan Anda, jangan ragu untuk berkorban untuk kejayaan negara Anda, Anda tinggal dengan mereka dengan nasib dan tanggung jawab yang sama.

Akhlak Agama
Makhluk moral atau manusia memiliki kewajiban moral kepada Tuhan, karena karakter lingkup yang sangat luas mencakup semua aspek kehidupan, baik secara vertikal dengan Allah dan horizontal dengan makhluk Allah lainnya.

 Berikut ini beberapa Pengertian Akhlak Menurut para Ahli:
-Pengertian Akhlak Menurut Abu Hamid Al Ghazali: Akhlak adalah satu sifat yang terpatri dalam jiwa yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah tanpa memikirkan dirinya dan merenung terlebih dahulu.
-Pengertian Akhlak Menurut Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani: Akhlak adalah sesuatu sifat (baik atau buruk) yang tertanam kuat dalam diri yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa perlu berpikir dan merenung.
-Pengertian Akhlak Menurut Ahmad bin Mushthafa: Akhlak adalah ilmu yang darinya dapat diketahui jenis-jenis keutamaan dan keutamaan itu adalah terwujudnya keseimbangan antara tiga kekuatan; kekuatan berpikir, kekuatan marah, dan kekuatan syahwat.
-Pengertian Akhlak Menurut Ibnu Maskawaih: Akhlak adalah ‘hal li an-nafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min goiri fikrin walaa ruwiyatin’ yakni sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

pengertian akhlak menurut bahasa dan ahli Lengkap | jati | 4.5