Cara Membuat Email baru serta Pengertian dan Kegunaan nya

Cara Membuat Email baru serta Pengertian dan Kegunaan nya – Email adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan surat atau pesan dengan format digital. Email banyak dapat diakses dengan mudah dengan berbagai gadget seperti komputer maupun ponsel smartphone.

Pengertian E-mail Menurut Para Ahli

  • Ali Zaki dan Smitdev Community

E-mail merupakan surat elektronik yang memungkinkan semua orang dapat saling berkirim pesan dengan jaringan internet.

  • Happy Chandraleka

E-mail yakni surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.

  • Jasmadi dan E-media Solusindo

E-mail ialah singkatan dari electronic mail. Secara singkat, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik dengan atau melalui internet.

  • Tyas Vanneza

E-mail ialah layanan yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

  • Darma, Jarot S, Shenia A

E-mail ialah singkatan dari electronic mail, mempunyai prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja dengan internet, bukan melalui pos.

  • Erima Oneta dan Yosep. S

E-mail merupakan salah satu fasilitas di internet yang sangat populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan menggunakan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman.

  • Indar Kertarajasa Furqon

E-mail ialah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Sesuai dengan namanya email digunakan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat dengan jaringan internet.

  • Jack Popo

Email ialah salah satu sarana untuk berbagi foto melalui internet. Yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini ialah tentu saja koneksi ke internet dan sebuah account email yang masih aktif.

Proses Pengiriman Email

Berbeda dengan tipe surat manual, mengirimkan surat menggunakan email tidak perlu menggunakan prangko. Mengirimkan surat melalui email, yang terpenting adalah memiliki koneksi internet. Selain koneksi internet, di dalam layanan email sendiri ada beberapa elemen yang mempengaruhi proses pengiriman email tersebut. Beberapa elemen yang berpengaruh dalam proses pengiriman email tersebut diantaranya:

  • Sender, yakni orang yang menulis dan mengirimkan email.
  • Mail Agent, secara tidak langsung, mail agent adalah alatnya atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengirimkan email. Ibaratnya dalam surat biasa, mail agent adalah kantor posnya.
  • Message, message ini adalah pesannya, atau seuatu yang disampaikan oleh pengirim kepada penerimanya.
  • Email Transport subsystem, atau bisa dikatakan juga sistem yang menangani transportasi pengiriman pesan tersebut. Atau dalam kata lain, email transpor subsystem ini adalah koneksi internya, yang menjadi sarana transportasi email agar dapat terkirim.
  • Receiver, seperti halnya pada surat biasa, email juga memerlukan receiver atau penerima surat tersebut. Bedanya, jika surat biasa ditujukan pada alamat rumah tempat tinggal, email ini ditujukan kepada receiver yang juga memiliki alamat email sendiri. Sehingga perlu mendaftarkan sebelumnya agar dapat memiliki alamat email.
  • Email Agent Software adalah perangkat yang digunakan sebagai media untuk membaca peran yang telah dikirimkan.
  • Email Address, atau alamat email. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa receiver sebelumnya harus memiliki email address atau alamat email agar dapat dituju tempat dimana sender harus mengimkan email tersebut.

Manfaat Menggunakan Email

Menggunakan email untuk pengiriman dokumen atau surat tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Selain fungsinya untuk mengirimkan surat secara online, memiliki email juga memiliki manfaat yang lain, diantaranya:

  • Media Pengiriman Surat Dengan Cepat

Mengunakan email sebagai salah satu media untuk pengiriman surat merupakan cara yang tepat untuk mengirimkan surat secara cepat. Dengan koneksi internet yang baik, pengiriman surat menggunakan email hanya memerlukan waktu nol koma sekian detik saja. Untuk mengirimkan surat dengan jarak yang jauh, tidak akan menjadi pengaruh lama pengiriman email. Jika menggunakan surat biasa lama pengiriman akan berbeda tenggang waktu lama pengirimannya, email tidak pernah memperhitungkan jarak dalam pengiriman. Baik di dalam maupun diluar negeri, lama waktu untuk pengiriman email tersebut sama.

  • Dapat Digunakan Untuk Pengiriman Dokumen

Selain digunakan untuk mengirimkan surat, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan dokumen. Dengan layanan file attachmen, maka yang dikirimkan melalui email tidak hanya sepucuk surat saja, namun juga dapat berupa sebendel dokumen. Dokumen yang dikirimkan melalui email haruslah sudah berbentuk dalam soft file. Sehingga jika ada beberapa file yang tidak mungkin diketik ulang, file tersebut harus discan terlebih dahulu agar menjadi file dokumen.

  • Sharing Gambar Dengan Kualitas Bagus

Email juga dapat dijadikan sebagai media sharing gambar atau foto. Kualitas sharing gambar menggunakan email sama dengan file aslinya seperti menggunakan bluethoot untuk berbagi gambar. Email tidak mengurangi jumlah pixel ketika dalam proses pengiriman gambar atau foto. Berbeda dengan media yang lain seperti WA, Facebook, BBM dan sosial media lainnya. Menggunakan beberapa media tersebut untuk pengiriman gambar atau foto akan mengurangi jumlah pixel, sehingga kualitas gambar yang diterima oleh penerimanya dapat rusak atau akan pecah ketika di zoom. Sedangkan pengiriman menggunakan email tidak akan mengurangi jumlah pixel, kualitas gambar tetap terjaga, sehingga tidak akan pecah ketika dilakukan zoom.

  • Lebih Efektif Dan Efisien

Mengirimkan surat melalui email merupakan cara yang efektif dan efisien dalam mengirimkan surat. Mengirimkan surat menggunakan email tidak perlu datang ke kantor pos. Jika dirumah juga tidak memiliki koneksi internet, waktu pengiriman dokumen dapat dilakukan bebas di warnet yang biasanya buka selama 24 jam. Tidak seperti kantor pos yang buka pada jam 8 dan tutup pada jam 4 sore. Sehingga waktu yang digunakan untuk pengiriman dokumen lebih fleksibel.

Mengirimkan surat melalui email juga lebih efisien dalam hal waktu penerimaan. Receiver akan menerima email dengan cepat, sehingga dapat membalas surat tersebut dengan lebih cepat juga. Tidak perlu menunggu waktu berhari-hari untuk menunggu balasan. Menunggu balasan email dapat ditunggu dalam waktu beberapa menit saja, tergantung pada receiver.

Selain fleksibel dan waktu yang efisien, mengirimkan surat melalui email juga dapat menghemat biaya. Tidak perlu membeli kertas, amplop dan perangko. Mengirimkan email hanya memerlukan koneksi internet. Jika datang ke warnet, jika mengirimkan surat saja, tidak akan menghabiskan uang lebih dari 2 ribu rupiah.

  • Dapat Digunakan Untuk Media Komunikasi

Komunikasi tidak hanya dapat dilakukan menggunakan telepon saja, namun email juga dapat dijadikan media komunikasi tulis. Email juga dapat dijadikan grup discussion, dimana beberapa email address dapat melakukan komunikas dalam satu forum. Dengan begitu, komunikasi yang dilakukan dapat menjadi lebih cepat. Selain grup discussion, emali juga dapat digunakan untuk komunikasi personal dan keamanan diskusi yang dilakukan dapat terjaga dengan baik selama tidak ada orang lain yang dapat mengakses akun yang sama.

  • Dapat Dijadikan Media Promosi

Akhir-akhir ini banyak toko online, atau online shop yang sangat marak diberbagai kalangan masyarakat. Pasalnya, hanya dengan duduk dirumah saja seseorang dapat menerima barang yang diinginkan tanpa harus pergi ke toko yang dituju. Dengan menggunakan email, owner bisnis onine dapat melakukan promosi produk onlien shop yang dimiliki kepada pelanggannya dengan menggunakan daftar email pelanggan. Promosi dengaemail ini juga dirasa lebih efektif dan murah dibandingkan dengan harus menyebar brosur kepada masyarakat umum.

  • Dapat Dijadikan Alat Akses Ke Dunia Kerja

Memiliki akun email dapat mempermudah dalam melakukan lamaran kerja. Pelamar kerja tidak perlu menenteng lamaran dari satu kantor ke kantor lain. Dengan memiliki email, pelamar kerja dapat mengirimkan satu file ke berbagai perusahaan untuk melakukan lamaran kerja. Dan pada era perkembangan teknologi ini, banyak perusahaan atau kantor yang menerima surat lamaran pekerjaan melalui email, bukan lagi dengan berkas dokumen seperti dulu.

  • Sebagai Dasar Akun Membuat Jejaring Sosial

Memiliki jejaring sosial sangatlah marak pada jaman sekarang ini. Tidak hanya orang yang memiliki kepentingan, bahkan anak kecilpun sudah memiliki smartphone atau gadget. Banyak aplikasi yang terpasang pada smartphone yang untuk aktivasinya menggunakan email. Tanpa menggunakan email, maka seseorang tidak akan dapat membuat akun lain. Registrasi untuk pembuatan jejaring sosial tidak dilakukan tanpa menggunakan email. Sehingga dapat dikatakan bahwa email merupakan media dasar untuk membuat akun-akun media sosial yang lain.

  • Akses Ke Beberapa Situs Internet

Internet juga bukan hal asing lagi. Membuka internet banyak dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan maupun untuk mencari informasi. Ada beberapa situs internet yang dapat dibuka secara langsung. Namun ada juga yang akses untuk masuknya saja memerlukan perizinan email terlebih dahulu. Seperti beberapa akun untuk download musik dan film, perlu menggunakan email untuk masuk dan melakukan download ke situs tersebut.

Untuk pembuatan blog dan juga website, email menjadi komponen penting dan komponen dasar agar dapat membuat blog dan website.

  • Media Informasi

Memiliki email akan memudahkan dalam mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan mengikuti beberapa saluran, secara otomatis saluran tersebut akan memberikan informasi terupdate mengenai informasi yang dimiliki oleh saluran tersebut. Mengikuti saluran pada email tidak hanya dapat mengakses satu saluran saja, namun juga dapat digunakan untuk mengakses beberapa saluran, sehingga banyak informasi yang didapatkan melalui email.

Meskipun memiliki banyak keuntungan, kita harus menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki e-mail. Dibandingkan dengan teknologi ponsel, teknologi internet, khususnya e-mail belum terlalu memasyarakat.

Berikut ini beberapa kelemahan atau kerugian penggunaan e-mail sebagai alat komunikasi.

  • Salah Kirim

Jika kita mengirim pesan e-mail yang sifatnya rahasia atau memuat data-data pribadi kita ke alamat yang salah (hanya karena salah mengetik alamat e-mail), rahasia kita akan terbuka. Untuk itu, kita harus berhati-hati menuliskan alamat e-mail tujuan.

  • Adanya Kemungkinan Pemalsuan Identitas

Ingat, alamat e-mail belum tentu mencerminkan identitas pengirim yang sebenarnya. Jadi hati-hatilah ketika menerima e-mail dengan nama yang kita kenal, belum tentu e-mail tersebut benar-benar dari orang yang dimaksud.

  • Kebanjiran E-mail

Mailbox kita mungkin lama kelamaan kebanjiran e-mail, baik karena terlalu lama kita tidak menghapus e-mail atau karena kita menerima kiriman e-mail yang sangat banyak dalam waktu singkat.

  • Sampah E-mail

Kia mungkin menerima kiriman e-mail sampah (junk e-mail) yang berupa iklan komersial atau penipuan yang tidak diharapkan. E-mail ini dikenal dengan istilah spam, yang biasanya dikirim ke banyak pengguna internet dengan tujuan promosi atau penipuan. Kita perlu mewaspadai via e-mail ini.

  • Respon Terlambat

Salah satu kendala komunikasi lewat e-mail adalah lambatnya balasan. Kita harus menyadari bahwa tidak setiap orang membaca e-mail setiap hari, atau ada oarang yang menerima begitu banyak e-mail setiap hari sehingga e-mail anda terlewatkan untuk dibaca atau bahkan terhapus tanpa sengaja. Oleh karena itu, jika kita ingin e-mail cepat dibalas, sebaiknya anda beritahu si penerima misalnya lewat telepon atau sms.

Nah kali ini jatikom akan memberikan cara membuat email baru baik menggunakan yahoo mail ataupun gmail :

Cara membuat Email Baru Yahoo Mail

Ketik yahoo mail indonesia pada google, pilih yahoo – sign in – Yahoo Mail ( lihat gambar )

Kemudian klik daftar untuk account baru ( lihat gambar )

Hasil akan nampak pada gambar dibawah ini

1 : Nama depan

2 : Nama pengguna (misal : namaanda ) tidak usah menulis @yahoo.com lihat gambar dibawah

3 : Kata sandi (mohon gabungkan huruf besar dan huruf kecil begitu juga angka misal : 1985koMputer) : kata sandi tidak boleh ada ada spasi, dan minimal karakter berjumlah 7.

4 : Nomor Handpone anda yang masih aktif dan sedang anda pegang/ dekat dengan anda (+62) merupakan kode wilayah indonesia yang berarti angka 0 misal : +6285782645966

5 : Tanggal lahir

6 : pilih klik perempuan atau laki-laki

Nomor pemulihan tidak usah diisi

7 : Klik buat account jika sudah selesai

Setelah selesai klik buat account

Terkadang anda harus melewati ini verifikasi huruf seperti gambar diatas, masukan kode nya dan perhatikan huruf besar dan kecil nya.

Dan terkadang pula anda diharus kan Verifikasi kode dan akan dikirim melalui nomor handphone anda seperti gambar diatas, klik kirim sms.Masukan kode seperti gambar di bawah ketika kode sudah sampai di HP anda.Jika yahoo tidak bisa mengirim kode ke nomor anda mungkin karena pengguna kartu tersebut tidak bisa dikirim kode oleh yahoo 🙂 solusi cari nomer berbeda provider

Setelah itu anda masuk ke persiapan awal seperti gambar dibawah ini

Setelah itu lompati konfigurasi

untuk mengirim lewat email , klik tulis dan isikan email tertuju anda

Cara membuat Email Baru Gmail google :

Ketik gmail indonesia ( lihat gambar) pilih GMAIL – Google

Kemudian pilih / klik create an account (lihat gambar di bawah)

setelah isi tiap tiap kolom yang di kasih garis (lihat gambar dibawah)

1 : nama depan
2 : nama belakang
3 : username anda misal jatiinformasi ( tidak usah pakai @gmail.com)
4 : Kata sandi (mohon gabungkan huruf besar dan huruf kecil begitu juga angka misal : 1985koMputer) : kata sandi tidak boleh ada ada spasi, dan minimal karakter berjumlah 9.
5 : Konfirmasi kata sandi (harus sama seperti sandi yang diatas)
6 : tanggal lahir misal september 06 1985
7 : Gender male = pria female = wanita
8 : Nomor Handpone anda yang masih aktif dan sedang anda pegang/ dekat
dengan anda (+62) merupakan kode wilayah indonesia yang berarti angka 0
misal : +6285782645966
9 : kode konfimasi 1513
10 : Klik jika sudah diisi
11 :Klik Next step jika sudah selesai

Ket : your current email address kosongkan saja , dan Prove you,re not robot lewati saja

Terkadang anda harus melewati kode verifikasi seperti ini

Setelah selesai semua kemudian anda ingin mengirim email cukup klik tulis dan isikan pesan baru (gambar dibawah)