Cara Mendaftar Facebook Tutorial

Cara Mendaftar Facebook Tutorial – sebelum registrasi facebook tahukan anda demam Facebook menggejala di Indonesia ?, sebagaimana yang dilaporkan oleh Tempo Interaktif 9 Februari 2009, dimulai pada pertengahan tahun 2008. Bahkan disebutkan juga hingga pertengahan 2007 Facebook nyaris tak dilirik pengguna Internet. Lonjakan pengguna Facebook pada pertengahan 2008 dibuktikan dengan statistik Facebook sebagai situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia. Luar biasanya lagi, “Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada 2006 ini.” (Wiguna, 2009).

Melihat sepakterjang Facebook yang semakin familiar dan digandrungi oleh pengguna internet di Indonesia, membuat kita bertanya-tanya, seperti apakah bentuk, daya tarik, dan kelebihan situs jaringan sosial yang telah menjadi trandsetter dalam dunia virtual ini.

Sejarah Facebook

Sebagaimana di rilis dalam Press Room official situs Facebook, dinyatakan bahwa web jaringan sosial ini pertama kali diluncurkan pada tahun 6 Februari 2004 dan bertujuan untuk memudahkan interaksi antar individu tanpa harus terikat oleh jarak dan sekat-sekat geografis.

“Ditemukan pada bulan Januari 2004, Facebook adalah sebuah sarana sosial yang membantu masyarakat untuk berkomunikasi secara lebih effisien dengan teman-teman, keluarga dan teman sekerja. Perusahaan ini mengembangkan teknologi yang memudahkan dalam sharing informasi melewati social graph, digital mapping kehidupan real hubungan sosial manusia. Siapun boleh mendaftar di Facebook dan berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal dalam lingkungan saling percaya.” (Facebook.com; 2009)

Penemu situs pertemanan ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa “droup out” Universitas Harvard Amerika Serikat. Dia dilahirkan pada 14 Mei 1984. Kejeniusan dan kreativitas lewat Facebook membuat anak muda ini menempatkan dirinya sebagai jajarang 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Majalah Forbes edisi September 2008, tepatnya peringkat 321 dengan total kekayaan 1,5 Miliyar Dollar US. (Forbes.com; September 2008)

Sebenarnya Zuckerberg adalah mahasiswa jurusan Psikologi Harvard. Mengutak-atik dan menciptakan program komputer hanyalah kegiatan untuk bersenang-senang. Mungkin latar belakang keilmuan psikologi itulah ia tertarik untuk membuat situs-situs sosial. Sebelum menciptakan facebook ia telah merilis Coursematch yang memudahkan para mahasiswa melihat mata kuliah yang diambil, Facemash yang memungkinkan para pengguna mengukur daya tarik orang lain.

Pada usia 20 tahun, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook”. Awalnya diperuntukkan khusus bagi mahasiswa Universitas Harvard. Hanya dalam 24 jam setelah diluncurkan, 1.200 mahasiswa Harvard sudah menjadi anggota. Dalam sebulan, separuh warga Harvard menjadi anggota. Keberhasilan ini membuat Zuckerberg membuka keanggotaan “The Facebook” untuk seluruh mahasiswa di Boston. Belakangan dibuka bagi mahasiswa Ivy League (kelompok delapan kampus paling top Amerika Serikat), dan kemudian seluruh mahasiswa di Amerika Serikat (Wiguna, 2009).

Tepat awal februari yang lalu Facebook merayakan ulang tahunnya yang ke 5. Sejauh ini tercatat lebih dari 175 juta pengguna Facebook tersebar di seluruh dunia yaitu pengguna yang telah aktif dalam 30 hari terakhir (Facebook.com; 2009). 24 juta foto diunggah setiap hari, dan rata-rata jumlah teman per-anggota 120 orang (Nurhoiri, 2009).

Adapun berbagai keuntungan penggunaan Facebook, yaitu sebagai berikut :

  1. Mudahnya akses komunikasi jarak jauh.

Facebook(FB) menghubungkan akses komunikasi di berbagai belahan dunia, jadi setiap orang dapat  berhubungan dengan siapapun yang telah berteman dengannya dalam durasi singkat dan tidak mahal.

  1. Menemukan teman baru yang berada diberbagai belahan dunia

Tidak hanya teman yang ada disekitar kita, Facebook mampu menghubungkan seluruh jaringan yang ada di seluruh belahan dunia bahkan kepelosok desa. Hal ini juga yang membantu kita mengetahui informasi-informasi dari seluruh pelosok dunia.

  1. Tempat Belajar yang menarik

Seperti yang kita ketahui,  FB juga mempunyai berbagai pilihan game yang menarik dan edukatif. Pembelajaran seperti inilah yang diharapkan mampu menjadi penyemangat anak untuk belajar.

  1. Alternatif promosi bisnis

Globalisasi menuntut pembisnis untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan produknya kepada masyarakat dan FB adalah tempat yang cocok karena lebih praktis dan biaya yang murah.

  1. Menjalin silaturahmi

Silaturahmi akan tetap berjalan lancar melalui situs FB, karena kita dapat melakukan Chatting sebagai ajang curhat atau perkenalan dengan teman dekat bahkan yang jaraknya jauh sekalipun.

  1. Komunitas

Membuat sebuah komunitas dalam satu hobby semisal komunitas pecinta olahraga pencak silat, dimana komunitas tersebut saling memberikan atau tukar pendapat  informasi informasi pencak silat

Selain sisi positif yang diberikan FB, FB juga membawa sisi negatif bagi penggunanya :

  1. Terbengkalainya pekerjaan

FB memiliki daya tarik yang sangat besar untuk terus menggunakannya, hal inilah yang dapat membuat pengguna lupa waktu dalam online dan dapat berdampak pada terbengkalainya pekerjaan.

  1. Informasi negatif

Para orang tua harus lebih ketat dalam pengawasan akan penggunaan facebook, dikarenakan banyak nya informasi negatif-negatif bagi anak-anak dibawah umur

  1. Menghabiskan uang anda

Bagi pengguna FB melalui WARNET sering kali lupa waktu karena informasi-informasi dan hal lain yang ada di FB, dan tidak terasa billing WARNET yang digunakan telah ‘membengkak’.

  1. Peluang terjadinya kejahatan sosial

Oknum yang tidak bertanggung jawab sering memanfaatkan FB sebagai situs mencari mangsa. Jadi, berhati-hatilah pada orang yang baru anda kenal.

  1. Menimbulkan kecanduan pada anak

seiiring berbagai game yang ditawarkan oleh FB, anak-anak menjadi malas untuk belajar dan melakukan hal lain yang lebih bermanfaat.

Untuk daftar, membuat akun facebook di Indonesia itu mudah dan cepat.Anda tidak dikenakan biaya apapun untuk membikin akun facebook disini. Anda bisa membuat profil Facebook sebanyak yang Anda mau.

Tentu setiap orang membuat facebook memiliki alasan tertentu, tidak mungkin orang membuat akun facebook hanya ingin saja kemudian di biarkan saja, pasti ada hal yang mereka inginkan dari mendaftar di facebook.

 

Saya berharap Anda bisa menggunakan fasilitas yang di berikan facebook secara gratis ini dengan bijak, bila tidak Anda pasti tahu dampak terburuknya apa?

Via Komputer

1. silahkan kunjungi situs https://id-id.facebook.com

https://www.jatikom.com/2016/02/cara-mendaftar-facebook-tutorial.html
isikan
1. nama depan anda
2. nama belakang anda
3. email anda / nomor ponsel anda (pilih salah satu jika belum mempunyai email silahkan lihat cara buat email disini) diharapkan jangan mengetik mengasal akan email ataupun nomor ponsel karena biasa nya akan meminta kode konfirmasi atau verifikasi facebook.
4. masukan kembali email seperti diatas nya atau nomor ponsel
5. isikan kata sandi
6. isikan tanggal lahir anda
7 pilih ceklist laki- laki atau perempuan
8. jika sudah selesai klik mendaftar

2. Setelah mendaftar, anda akan menuju pada halaman berikut nya (lihat gambar dibawah ini, terkadang anda diharus kan juga verifikasi kode via sms ponsel)

3. Pilih Selanjut nya, anda di minti konfirmasi email / Konfirmasi sekarang, maka silahkan anda klik konfirmasi sekarang atau langsung saja menuju email anda.

4. Di email anda akan ada email pemberitahuan

5. Klik dan konfirmasi akun anda

6. Jika sudah, mungkin yang diinginkan anda adalah ada nya photo pada profil anda, berikut cara nya: cari gambar di google  misal nya naruto , kemudian pilih gambar

7. Setelah itu pilih gambar, dengan cara di klik kiri mouse komputer pada gambar tersebut, kemudian ditengah tengah gambar klik kanan mouse, pilih save image as.

8.Kembali ke facebook anda kemudian pilih nama anda disamping beranda

11. kemudian pilih tambah kan foto

12. kemudian unggah foto

13. Pilih dimana anda menaruh foto nya tersebut didalam komputer

14. Pilih potong dan simpan. Selesai

 

Via Ponsel

1. Buka aplikasi facebook di hp sobat & akan muncul tampilan seperti berikut

2. Klik Sign Up for Facebook & akan muncul tampilan baru. Klik saja continue dan sobat akan menjumpai tampilan seperti berikut

3. Klik Use your Mobile Number & akan muncul tampilan seperti berikut

4. Silahkan masukkan nomor hp sobat tanpa angka 0. misalnya nomor hp sobat 081321444555 maka cukup masukkan 81321444555 & berikutnya akan menemukan tampilan seperti berikut

5. Masukkan nama depan sobat di kolom pertama dan nama belakang di kolom berikutnya kemudian klik continue & langkah selanjutnya adalah membuat kata sandi atau password seperti contoh gambar berikut

6. Buat kata sandi sobat sesuai keinginan kemudian klik continue & selanjutnya menemukan tampilan berikut

7. Klik tulisan select your birthday dan akan muncul pilihan tanggal bulan dan tahun kemudian klik continue & akan muncul pilihan untuk menentukan jenis kelamin, silahkan klik salah satu dan lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menenmukan tampilan berikut

8. silahkan klik take a photo untuk mengambil foto lewat kamera sedangkan untuk mengambil foto yang sudah ada di hp klik choose from gallery atau untuk lebih mudahnya klik saja tulisan skip yang terletak di pojok kanan atas untuk melewati langkah ini

Cara Mendaftar Facebook Tutorial | jati | 4.5