Contoh surat pengunduran diri (Resign)

Contoh surat pengunduran diri (Resign) - Sepertinya memang tidak lah asing lagi dalam bekerja ada urusan suka dan dukanya. Jika kamu memulai bekerja pada perusahaan baru pastinya ada pula empiris baru atau bagi kamu yang belum pernah menikmati sama sekali lingkungan kerja pasti akan merasakan pengalaman yang tidak kamu sangka-sangka. Tentu nya untuk para kalangan buruh dan pekerja terdapat sosok yang sangat menakuti yakni pemutusan kerja atau PHK dari perusahaan lokasi kita menggali nafkah. Apalagi andai kita telah terlanjur kerasan dan nyaman di lokasi kerja kita. Tetapi adakalanya seorang pekerja merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaannya dan hendak mencari kegiatan baru pasti dengan asa mendapat yang lebih baik dari sebelumnya. Nah ngomong-ngomong tentang menggali pekerjaan baru tentu sesudah kita mendapat kegiatan baru anda harus resign dari lokasi kita kerja sebelumnya. Bagi kamu yang hendak keluar pasti ada etika dan teknik yang baik salah satunya dengan mengemukakan surat resign untuk perusahaan tempat kamu bekerja. Surat resign dibikin oleh seorang pekerja atau pegawai yang di peruntukkan guna pimpinan perusahaan lokasinya bekerja. Pengajuan Surat resign bertujuan untuk mengemukakan pernyataan bahwa kamu hendak berhenti dan terbit dari kegiatan itu. Selain tersebut dengan mengemukakan surat itu kita dapat memperlihatkan etika kesopanan kita untuk perusahaan. Perlu di ingat anda melamar kerja secara baik-baik jadi usahakan anda resign pun secara baik-baik.Berikut jatikom sajikan juga misal dalam bahasa inggris nya



Tips dalam menulis Surat Resign


  1. Isi surat yang anda buat harus jelas dan jangan berbelit belit.
  2. Isi harus singkat, padat dan jelas.
  3. Terdapat ucapan terima kasih yang di tujukan kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain.
  4. Terdapat pula permohonan maaf anda ke perusahaan, pemimpin dan karyawan yang lainnya. karena selama kita bekerja tentu kita pasti pernah melakukan kesalahan baik itu yang di sengaja ataupun tidak di sengaja.

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Berikut bentuk penulisan surat pengunduran diri diantaranya:


  • Nama Kota dan Tanggal

Biasanya penulisan nama kota dan tanggal ditaruh pada unsur pojok kanan atas. Dalam penulisan nama kota mesti dimulai dengan huruf kapital, pemisah nama kota dan tanggal ialah tanda koma dan diselesaikan tanpa memakai tanda titik. Contohnya seperti:

Surabaya, 19 April 2017 Atau Surabaya, 19-04-2017

  • Nama Dan Alamat Yang Dituju

Surat resign seringkali ditujukan untuk bagian HRD atau langsung untuk kepala perusahaan. Jika ditujukan pada kepala perusahaan, maka mesti dituliskan dengan benar dengan menyertakan gelarnya. Hindari penulisan kata “di tempat” bakal lebih baik andai dituliskan dengan nama kota. Contohnya seperti:

Kepada Yth : Manager PT.
Dari :
Jabatan :
Departemen :
Hal : Pengunduran Diri

  • Salam Pembuka

Seperti surat jenis lainnya, penulisan surat pengunduran diri usahakan disertai salam pendahuluan atau sapaan. Contohnya laksana Salam sejahtera, Hormat Saya, Assalamualaikum, selamat pagi dan beda sebagainnya.

  • Alasan Pengunduran Diri

Bagian ini memang susah untuk dituliskan namun jika hendak mengundurkan diri maka ini mesti disertakan, andai tidak disertai dalil maka dapat jadi perusahaan akan menampik pengunduran diri anda.

  • Menulis Tanggal Mengundurkan Diri

Tuliskan tanggal kamu mengundurkan diri, supaya saat benar-benar keluar, perusahaan telah mempunyai pengganti.

  • Ucapan Terima Kasih

Anda dapat menyampaikan terima kasih yang bermaksud untuk meninggikan kepala perusahaan. Bisa pun untuk mengungkapkan terima kasih atas perlakuan baik yang diserahkan selama bekerja disana atau pun ucapan terima kasih sebab surat yang ia bikin diterima dengan baik.

  • Permohonan Maaf

Meskipun kamu merasa bahwa kamu tidak mempunyai salah pada perusahaan, kamu tetap mesti meminta maaf. Karena mungkin kamu memiliki kekeliruan yang tidak diketahui.

  • Salam Penutup

Salam penutup yang dipakai usahakan sama dengan salam pembuka. Misalnya bila kamu menggunakan assalamualaikum maka usahakan sapaannya pun demikian.

  • Nama dan Tanda Tangan

Nama dan tanda tangan pembuat surat pengunduran diri perlu ditaruh karena surat ini tergolong dalam surat resmi, bahkan terdapat perusahaan yang meminta pembuat surat ini menyertakan materai untuk kebutuhan administrasi. Biasanya tanda tangan ini terletak di unsur kanan bawah atau cocok tanggal penciptaan surat.

Beberapa Contoh Surat Resign


Contoh Surat Resign 1

Bogor, 25 Agustus 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Mekanik
Jalan Kebon Pedes
Jakarta

Dengan hormat
Melalui surat ini, saya jatikom bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Mekanik sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 30 Agustus 2017.Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Mekanik. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Mekanik jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.
Saya berharapkan PT. Mekanik semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.
Hormat saya,

jatikom

Contoh Surat Resign 2

Jakarta, 2 November 2017
Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Honda
Jl. Mega Sentul No 15-17
Jakarta

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya jatikom bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Honda sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Desember 2017. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Honda. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena alasan kesehatan yang tidak memungkinkan lagi.
Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Honda apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.
Saya berharap semoga PT. Honda semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,

Jatikom

Contoh Surat Resign 3

Jakarta, 1 Februari 2015
Kepada Yth,
Manager PT Antam Tbk.
Jl. Letjen. TB. Simatupang No. 1
Jakarta Selatan

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya sebagai Marketing Manager PT Antam Tbk., berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                    : Multika hajrah
Departemen      : PT. Antam Tbk.
Jabatan                                : Marketing Manager
No. Karyawan    : 0678932

Bermaksud mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Antam Tbk. karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Saya harap perusahaan memahami kondisi dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Demikianlah surat pengunduran diri, terima kasih atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Multika Hajrah

Contoh Surat Resign 4

Bogor, 18 Oktober 2017
Kepada Yth,
Kepala HRD PT.Honda
Jalan Mawar No.3 Bogor

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya adalah karyawan dari PT. Honda berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja. Yang bertanda yangan dibawah ini:

Nama                    : Andi
Departemen      : Mesin
Jabatan                                : Operator
No. Karyawan    : 113
Alamat                  : Jalan kedondong No . 5 RT 4 Rw 5 Kota Bogor

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Honda terhitung sejak 15 Oktober 2017 dengan alasan kondisi kesehatan.Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Honda yang telah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada teman-teman sejawat yang sudah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan baik itu pada perusahaan maupun pada teman-teman. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta memberikan semua.Saya memiliki harapan bahwa PT.Honda menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepannya.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.
Hormat saya,

Andi

Contoh Surat Resign dalam bahasa inggris

19th  Sep 2017
To
Human Resources Department Staff
PT.Honda
Jl. Jend Soedirman 44
Jakarta
Subject: Acceptance of   Resignation Letter

Dear Sir
This is to inform you, I am going to resign from the post of “mechanical operator” of PT.HONDA. I have to take this hardly decision, because of my semester final exam held on 17th Nov 2017.after exam I have to complete my practical, assignment etc. so, I have to prepare for that.
I hope you will respect my position in this matter. My main thoughts now, I have to complete my study. I want to thank you for all that you have done for me in my employment here. It’s been a pleasure working with you and representing the company.
I wish the company continued success and once again, would like to thank you for allowing me to be a part of your team. I have enjoyed my relationship with PT.HONDA and will always speak very highly of the company and you personally.
I expect, if I will come back to my position in future in this company, they will accept me as there formal employee. Also if u needs anything which I can do, please let me inform.
Thank you for your help and guidance during my employment and best wishes for the future.
Yours faithfully

(Dani)

Mechanical Operator