5 Contoh Surat Pernyataan, Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Membuat

Posted on

Sebuah surat pernyataan sering kali dipergunakan untuk berbagai keperluan, baik di dunia kerja maupun untuk keperluan perjanjian lainnya. Sebagai bahan referensi dan sebagai gambaran untuk Anda yang sedang mencari bentuk sebuah surat pernyataan yang baik dan benar, maka saya akan memberikan sampel agar dapat dipergunakan sebagai bahan rujukan.

Semacam namanya, pesan statment kerja merupakan pesan formal dari industri, karyawan, ataupun calon karyawan menimpa statment kesanggupan buat melaksanakan suatu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Pesan ini umumnya berbentuk dokumen tertulis serta jadi aksesoris dikala Kamu mendaftar sesuatu pekerjaan. Umumnya, Kamu lumayan menandatangani pesan ini, tetapi kadangkala terdapat industri yang mewajibkan memakai meterai.

Pengertian Surat Pernyataan

Surat pernyataan ialah keterangan tertulis yang dipakai untuk menjelaskan situasi atau keadaan. Surat pengakuan dapat berlaku untuk individu maupun kelompok/organisasi. Surat pernyataan dipakai untuk mengikat seseorang dalam kesanggupan tertentu, menjelaskan sesuatu atau mengakui sesuatu. Pernyataan yang tertulis ditandatangani dan lebih mempunyai kekuatan hukum dikomparasikan dengan pengakuan secara lisan. Pembubuhan materai sebagai unsur dari pengakuan akan lebih memperkuat isi dan penjelasan yang termuat dalam surat tersebut.

Jenis Surat Pernyataan

Sebagai keterangan, surat pengakuan kerap dipakai dalam pelbagai format dan kebutuhan. Beberapa urusan yang kerap memakai surat ini, antara lain:

  • Surat Pernyataan Diri. Surat ini dipakai untuk menerangkan penjelasan diri, menyatakan kondisi pribadi atau menjelaskan hal yang perlu dikatakan kepada pihak-pihak tertentu.
  • Surat Pernyataan hutang. Pernyataan ini dipakai untuk mengindikasikan bahwa seseorang tengah dalam situasi mempunyai hutang untuk pihak lain. Pernyataan laksana ini lebih mempunyai sifat pengakuan sampai-sampai akan mempunyai kekuatan hukum yang lumayan kuat.
  • Surat Pernyataan Kesanggupan. Pernyataan jenis ini dipakai untuk mengikat seseorang dalam situasi tertentu.
  • Surat Pernyataan Kerja. Bentuk ini dipakai utuk menjelaskan situasi sedang atau tengah bekerja. Di samping itu, dalam keperluan yang lain pengakuan ini dipakai untuk mengaku kesanggupan dalam bekerja.
  Contoh Discussion Text Tujuan Pengertian Ciri Cara Buat

Fungsi dan Manfaat Surat Pernyataan

Sebenarnya dengan adanya surat pengakuan ini bisa memberikan tidak sedikit sekali manfaat, baik tersebut untuk pembuat atau penerimanya. Nah, guna lebih jelasnya lagi berikut sejumlah manfaat adanya surat pernyataan.

  • Bagi Pembuat. Dengan menciptakan surat pengakuan ini, seorang pembuat surat itu akan memiliki dalil dan bukti bahwa ia memang bersungguh-sungguh untuk mengerjakan sesuai dengan apa yang sudah ditulis.
  • Bagi Penerima. Dengan adanya surat pengakuan tersebut, penerima surat bakal memiliki dalil atau bukti yang kuat guna menuntut pertanggungjawaban untuk pihak yang mencatat surat pengakuan tersebut andai ia mendapati sesuatu urusan yang tidak cocok dengan aturan atau keinginan.
  • Bagi pihak yang dinyatakan. Adanya surat pengakuan tersebut akan bermanfaat sebagai penguat situasi pihak yang tertera dalam surat tersebut. Selain tersebut juga dapat dijadikan guna banding bilamana ada perkara yang tidak tepat.

Susunan/Bagian-Bagian Surat Pernyataan

Hampir sama dengan sejumlah contoh surat yang lainnya, tetapi ada pun sedikit perbedaan. Berikut bagian-bagian atau rangkaian surat pengakuan yang baik dan benar.

  • Judul atau nama surat, Biasanya ditulis dengan memakai huruf kapital, dicetak tebal dan berada ditengah-tengah.
  • Isi surat pernyataan. Pada unsur ini mengandung : identitas pihak pembuat surat pernyataan, isi surat pengakuan yaitu berupa pernyataan atau kesanggupan yang cocok dengan fakta atau fakta, identitas pihak yang dinyatakan.
  • Penutup surat pernyataan, yang terdiri dari: lokasi dan tanggal penciptaan surat, identitas pembuat surat, nama terang, tanda tangan, penjelasan tambahan (NIP, NIM dan lainnya).
  • Materai (optional).

Cara Membuat Surat Pernyataan

Dalam penciptaan surat pengakuan memanglah mesti diacuhkan dengan baik dan pastinya dengan bentuk penulisan yang benar cocok dengan yang di atas. Adapun cara-caranya ialah sebagai berikut.
Pertama-tama tentukan terlebih dahulu mengenai surat laksana apa yang hendak kita ditulis, mulai dari judul hingga penutupnya. Setelah seluruh telah ditentukan, silahkan kalian tulis kalimatnya pada surat pernyataan. Namun pun harus memakai kalimat yang baik dan benar cocok dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Namun betapa baiknya andai penulisan surat pengakuan tersebut dengan memakai tulisan tangan, sebab di samping praktis pun akan lebih diandalkan  oleh penerima. Pada penulisannya pun pun harus langsung pada pokok pembahasan, tujuannya ialah agar pada isi surat itu tidak terlampau panjang dan hendaknya dikatakan dengan artikel yang jelas, tidak typo serta padat.

  Contoh Karya Ilmiah

CONTOH SURAT PERNYATAAN HUTANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Irwansyah
No. KTP : 7654383872772112
Alamat : Jalan Mutiara No 21 Medan

Dengan ini menyatakan:

1. Bahwa, pada tanggal 12 April 2016 saya telah meminjam uang kepada saudara Abdul Rosyid sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal 11 Juni 2016;

2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut saya belum dapat mengembalikan pinjaman saya kepada saudara Abdul Rosyid;

3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara Abdul Rosyid agar diberi perpanjangan waktu untuk melunasi pinjaman hutang saya untuk 60 (enam puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal 11 Agustus 2016;

4. Bahwa, jika saya tidak dapat melunasi pinjaman tersebut sesuai dengan tanggal perpanjangan waktu untuk pelunasan hutang, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman tersebut secara hukum.

Demikian surat Pernyataan ini saya buat tanpa adanya paksaan maupun tekanan dari pihak manapun.

Medan, 11 Juni 2016

Ttd
Irwansyah

CONTOH SURAT PERNYATAAN


KESANGGUPAN MEMBAYAR
UANG KULIAH TUNGGAL (UKT ) TAHUN AKADEMIK 2016-2017
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama Orang Tua/Wali : Anton Kusuma

Pekerjaan : Karyawan Swasta

Alamat :Jalan Triunojoyo 13 Surabaya

No.Telp./HP :08111111199999

Adalah Orang Tua /Wali Calon Mahasiswa/i,

N a m a :Triayuningtyas

Nomor Tes : D123456

No.Telp./HP Mhs/I : 0897999999999

Program Studi Pilihan : Kedokteran

Jalur Seleksi : Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Baru Mandiri

Untuk mendukung kelangsungan operasional pembinaan dan peningkatan mutu akademik serta jaminan kepastian ketertiban administrasi berkaitan dengan mekanisme pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan diberlakukan di Universitas Airlangga, dengan ini saya menyatakan, jika anak saya diterima maka saya sanggup membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah ditetapkan secara tunai/lunas pada saat registrasi dan di setiap awal semester.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan sadar dan penuh tanggung jawab.

Surabaya, 7 Juli 2016

Yang membuat pernyataan

Orang Tua/Wali

 

(Anton Kusuma)

Contoh Surat Pernyataan CPNS

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

  Cara Melamar Kerja Lewat Email Panduan Lengkap Agar diterima

Nama : Alifah Septia

Tempat dan Tanggal Lahir : Denpasar, 23 Agustus 1995

Agama : Islam

Alamat : Jalan Ngurah Rai 231 Denpasar

Dengan ini menyatakan bahwa :

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasar putusan Pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan;

2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri maupun tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI dan POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Swasta;

3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri Sipil;

4. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau Negara yang ditentukan oleh Pemerintah;

5. Tidak menjadi anggota dan/atau pengurus Partai Politik;

6. Bersedia untuk tidak pindah lokasi kerja sebelum masa kerja minimal selama 5 (lima) tahun

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut dimuka pengadilan serta bersedia menerima segala konsekuensi apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

Denpasar, 25 Juli 2017
Yang membuat pernyataan,

[materai)

Alifah Septia

Contoh surat pernyataan Tidak sengketa Tanah

SURAT PERNYATAAN TIDAK SENGKETA

Yang bertanda
tangan di bawah ini :


Nama                              :
Tempat/Tanggal   :
Lahir   :
Kewarganegaraan           :
Alamat                            :

Dengan ini kami menyatakan dengan sebenarnya bahwa kami betul memiliki sebidang tanah darat terletak di ______________ Kelurahan _______________, Kecamatan ________________, Kota _______________sesuai dengan Akte Jual Beli Nomor : _______________ seluas ____ (____________) m2. Adapun batas-batas tanah tersebut sebagai berikut  :

UTARA                                   :
TIMUR                                    :
SELATAN                               :
BARAT                                   :

Tanah tersebut di atas kami miliki sejak tahun __________berdasarkan Akte Jual Beli Nomor : _________ tanggal ________________. Surat-surat bukti foto copy terlampir, bahwa pada saat dibuat surat pernyataan ini tanah tersebut :

A. Tidak sengketa baik haknya maupun batas-batasnya

B. Tidak pernah dijual belikan kepada siapapun juga

C. Tidak menjadi jaminan Bank Pemerintah maupun Swasta

D. Tidak pernah dikuasakan kepada orang lain, dengan hak apapun juga

E. Belum pernah dibuatkan / dikeluarkan SERTIFIKAT

F. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)nya tahun berjalan dibayar lunas.

Demikian Surat Pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya dan apabila di kemudian hari Surat Pernyataan ini tidak benar, maka kami tanpa melibatkan pihak lain bersedia dituntut berdasarkan hukum yang berlaku.

Bogor, 18 Agustus 2018

Yang Membuat Pernyataan