Kumpulan kebaya modern Jenis dan Sejarah Kebaya

Kumpulan kebaya modern Jenis dan Sejarah Kebaya – kali ini jatikom akan memberikan info kumpulan dari beragam model baju kebaya muslim dan kebaya modern yang digandrungi oleh masyarakat dari berbagai usia mulai yang muda pada tahun ini, remaja hingga yang tua dan bahkan oleh pengantin dan ibu hamil. Salah satu contoh model kebaya muslim atau yang konvensional yang tengah tren saat ini adalah kebaya muslim kombinasi, entah itu kombinasi dengan batik dengan gamis dengan songket dan masih banyak lagi bahan lokal lain yang membuat model baju muslim kebaya modern terbaru saat ini jadi lebih elegan dan mengikuti perkembangan jaman. Dan tentu saja dengan dukungan kreatifitas dari para desainer ini yang menciptakan model-model busana kebaya muslim terbaru membuat masyarakat jadi memiliki banyak pilihan sesuai selera mereka untuk berbaju muslim modern saat ini. Aneka model baju muslim terbaru yang tersedia khsususnya untuk kebaya ini memang terkadang menjadi pilihan yang sulit bagi kita memilih mana yang harus dibeli, untuk itu kami akan memberikan beberapa contoh model baju kebaya yang saat ini sedang populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia untuk beraneka acara anda.

Sejarah Kebaya
Kebaya berpasangan dengan kain atau sarung sudah menjadi pakaian nasional kaum perempuan Indonesia. Meski lebih sering dipakai pada acara-acara resmi, kebaya juga mengalami berbagai perubahan seiring zaman. Dari sepotong busana tradisional dengan ciri-ciri desain berkerah setali — istilahnya bersurawe — atau lipatan sampai dada, belahan penutup pada bagian muka baik langsung maupun menggunakan bef dengan peniti atau kancing, serta berlengan panjang dengan bagian pergelangan tangan melebar atau menyempit, busana ini terus menghadapi modernisasi. Salah satu jenis kebaya yang lumayan klasik adalah kebaya dengan bef atau kutubaru. Kutubaru adalah secarik kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada. Kita mengenal sebagian besar ibu negara kita sebagai pengguna kebaya berkutubaru.Kebaya merupakan busana yang umumnya dikenal diseluruh Indonesia, tetapi kebaya identik dipakai oleh perempuan-perempuan Jawa.
Sebagian banyak mereka berpendapat bahwa kebaya merupakan busana tradisional yang umumnya telah dikenal di seluruh Indonesia, namun kebaya lebih identik dipakai oleh wanita-wanita Jawa. Model dan jenis kebaya nya pun berbeda disetiap daerah yang tersebar diseluruh wilayah Jawa. Jawa Tengah memiliki model kebaya tersendiri, kebaya yang biasa dipakai wanita jawa tengah biasanya model kebaya Solo/ Surakarta. Solo merupakan daerah yang dikenal sebagai wilayah keraton dan kerajaan yang masih kental dengan nuansa-nuansa kerajaan. Kebaya khas jawa tengah pada umumnya adalah kebaya yang terbuat dari kain beludru hitam, brokat, atau nilon. Dewasa ini, baju kebaya panjang merupakan pakaian untuk upacara perkawinan. Kebaya panjang kebanyakan terbuat dari kain beludru hitam atau merah tua, yang dihiasi pita emas di tepi pinggiran baju. Kain jarik batik yang berlipat (wiron) tetap diperlukan untuk pakaian ini, tetapi biasanya tanpa memakai selendang. Sanggulnya dihiasi dengan untaian bunga melati dan tusuk konde dari emas. Sedangkan, perhiasan yang dipakai juga sederhana, yaitu sebuah sisir berbentuk hampir setengah lingkaran yang dipakai di sebelah depan pusat kepala. Baju kebaya panjang yang dipakai sebagai busana upacara biasa, maka tata rias rambutnya tanpa untaian bunga melati dan tusuk konde.
Perempuan Jawa mengenakan kebaya pendek dengan tambahan bahan berbentuk persegi panjang di bagian penutup depan (bef/ kutubaru). Berlengan panjang dengan bagian pergelangan tangan tidak terlalu lebar. Pemakaiannya dikombinasikan dengan sebuah batik ber-wiron (berlipat-lipat) yang ditempatkan tengah dengan cara melilitkan kain tersebut melingkari badan dari kiri ke kanan. Sebenarnya asal mula bef adalah dari kemben yang dipakai di dalam kebaya, dimana kebaya dibiarkan terbuka tanpa dikancingkan. Tetapi karena kepraktisan dan nilai estetis maka kemben sudah tidak dipakai lagi digantikan fungsinya dengan bef. Sebagai pelengkapnya biasanya digunakan selendang batik. Busana nasional yang berasal dari desain kebaya Jawa merupakan keterlibatan dominasi serta hegenomi budaya Jawa terhadap dua ratus suku di Indonesia. Kebaya tersebut dikembangkan dari persamaan pola dasar yang memiliki hampir sebagian besar busana daerah. Pada zaman kolonial, kain kebaya dapat menunjukkan perbedaan kelas sosial perempuan dari berbagai kalangan. Perempuan Belanda pun mengenakan kebaya dengan motif-motif yang berbeda dari yang dipakai oleh perempuan Jawa. Kaum ningrat mengenakan batik tulis dengan kebaya berbahan sutra, beludru, atau brokat. Sementara, kalangan biasa mengenakan batik dan kebaya buatan pabrik. Kebaya dapat membedakan perempuan ke dalam kotak-kotak sosial mereka yang sudah baku. Memberikan indikasi kelompok etnis, pekerjaan dan status sosial dari laki-laki yang menjadi bapak atau suami mereka. Setelah Indonesia merdeka, kain kebaya mempunyai makna dan manifestasi berbeda. Di era revolusi ia merupakan lambang identitas pribumi, maka dalam era Soekarno saat Indonesia sedang membangun, kebaya terkait identitas nasional. Kebaya menjadi ciri khas Indonesia sejak dicanangkannya kebaya dan batik sebagai pakaian nasional oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 1968. Kebaya pada saat itu lebih dititikberatkan pada kesan resmi.

Jenis Kebaya Indonesia

Indonesia memiliki banyak jenis kebaya dari masing-masing daerah, yaitu seperti yang ada di bawah ini :

  1. Kebaya Jawa

Jenis kebaya yang ada di Indonesia yang pertama adalah Kebaya Jawa. Kebaya Jawa memiliki ciri khas dengan kerah yang berbentuk V. Dengan motif yang sederhana, dengan kain yang tipis serta transparan bermotif dengan dalaman yang di dipadupadankan dengan kain bagian luar. Pastinya jenis kebaya jawa ini sudah familiar di mata orang Indonesia.

  1. Kebaya Kartini

Model kebaya ini dulunya dipakai oleh perempuan ningrat saat era R.A Kartini yang mana Kebaya Kartini ini juga lebih dikenal dengan Kebaya Jawa yang memiliki lipatan di bagian dada. Ciri lain dari Kebaya Jawa adalah panjang kebaya yang menutup panggul dan lipatan kerah dengan bentuk garis vertical sehingga membuat kesan pemakainya tinggi dan ramping.

  1. Kebaya Encim

Kebaya Encim merupakan perpaduan antara baju Shanghai khas China dan Kebaya khas Melayu. Kebaya Encim ini memiliki model dengan kerah V berhiaskan bordiran hingga sampai bawah. Untuk Kebaya Encim biasanya selalu menggunakan bahan kain katun atau juga bahan organdi. Kebaya jenis ini lebih sering digunakan pada acara Wisuda kelulusan.

  1. Kebaya Bali

Kebaya Bali dengan gaya yang tradisional telah banyak didesain menjadi lebih modern. Busana Kebaya Bali ini dapat diubah-ubah menjadi lebih banyak model kebaya. Namun yang membedakan kebaya ini dari yang lainnya yaitu Kebaya Bali ini memiliki ciri khas dengan adanya tambahan Obi atau selendang yang melilit di bagian pinggang yang terkadang selendang tersebut juga disemati Bross besar. Bahan yang sering digunakan oleh Kebaya Bali ini ini adalah bahan brokat dan juga bahan katun.

  1. Kebaya Kutu Baru

Jenis kebaya yang ada di Indonesia yang terakhir adalah Kebaya Kutu Baru. Pada dasarnya jenis Kebaya Kutu Baru ini sama dengan kebaya-kebaya lainnya, tapi yang membedakan yaitu kebaya jenis ini memiliki tambahan kain di bagian tengah yang menghubungkan sisi kiri dan sisi kanan pada bagian dada dan perut sehingga membuat terlihat sangat tradisional.

  1. Kebaya Kombinasi Batik

Kebaya ini cocok dipakai untuk anda para wanita yang berpostur tubuh tinggi dan langsing. Tetapi untuk anda yang bertubuh gemuk jangan khawatir, Anda juga bisa mengenakan model kebaya ini. Karna kebaya encim ini tak memiliki detail yang terlalu banyak jadi tak akan membuat tubuh Anda terlihat semakin gemuk. Dengan model kerah yang berbentuk V membuat penampilan anda terlihat lebih jenjang dan apik.

  1. Kebaya Modern Gaun

Sedangkan yang kedua ini kebaya di desain berbentuk seperti gaun. Kebaya yang juga di kombinasikan dengan kain batik ini pun sukses menyita perhatian banyak wanita. Modelnya yang mewah dan glamour bisa anda gunakan sebagai kebaya pengantin yang akan membuat anda terlihat semakin memukau. Namun disini juga tersedia model yang lebih simpel yang bisa anda gunakan untuk menghadiri pesta, untuk panjangnya sendiri anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera.

Bagi para wanita yang berhijab pun tidak mau kalah dengan wanita-wanita yang tidak berhijab. Sekarang banyak sekali wanita yang mulai mengenakan hijab tetapi terkadang mereka bingung apa yang harus dikenakan saat hendak pergi ke pesta atau ke acara formal. Namun, hijab bukanlah penghalang bagi seorang wanita untuk tampil cantik dan modis. Kini wanita berhijab pun tak kalah modisnya dan banyak sekali model model kebaya modern yang dapat dikenakan untuk ke acara pesta atau ke acara formal seperti wisuda atau acara pertemuan keluarga dan hari raya. Agar tidak bingung akan mengenakan apa saat ke pesta, berikut  Model Baju Kebaya Muslim :

Tren Model Baju Kebaya Muslim Modern Terbaik
Contoh model baju muslim kebaya modern sederhana

 

Contoh desain baju muslim kebaya modern remaja

 

Model baju muslim kebaya kombinasi brokat modern

 

https://www.jatikom.com/2016/03/kumpulan-kebaya-modern-terlengkap.html

 

Koleksi model baju kebaya muslim untuk pernikahan dan wisuda

 

 

 

Model baju muslim kebaya modern untuk wisuda yang casual

 

 

 

 

Contoh model kebaya muslim modern untuk pernikahan

 

 

 

 Model kebaya modern
Untuk membuat model kebaya modern Anda bisa melihat dari beberapa referensi yang ada, baik itu dengan melihat beberapa kebaya yang digunakan oleh artis idola Anda hingga dari referensi lainnya. Kali ini kami akan memberikan Anda sedikit referensi mengenai model kebaya modern baik dari yang simple hingga yang mewah dan elegan. Semoga bisa membantu Anda dalam menemukan ide model kebaya modern yang akan Anda buat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kumpulan kebaya modern Jenis dan Sejarah Kebaya | jati | 4.5