Macam macam batu akik , Pengertian, Manfaat dan Jenis

Macam macam batu akik , Pengertian, Manfaat dan Jenis – Trend Batu Akik atau Batu Mulia melanda Indonesia, Banyak para kolektor mengoleksi berbagai jenis batu akik mulai dari jenis yang paling indah, laris dan dicari saat ini seperti jenis batu akik kecubung, sulaiman, Bacan, Kalimaya (Black Opal), Merah Delima, Blue Safir dan lainnya.
Sebagian orang menyatakan demam trend ini hampir sama ketika bunga Anthurium jenis Gelombang Cinta, Jenmani Cobra, dan jenis lainnya ketika di tahun 2007 terjadi booming .
Tahukan Anda darimana asalnya kata akik itu? Menurut kamus istilah geologi yang disusun oleh M.M. Poerbohadiwidjojo, kata akik asalnya dari kata agate atau agat yang berupa sejenis mineral silika (SIO2) yang biasanya disebut Kuarsa Amorf atau Kriptokristalin. Warna dari jenis batu ini terbentuk secara alami melalui proses pembentukan batu di dalam bumi.
Pengertian Batu Akik
Batu Akik adalah Sebuah mineral atau batu yang terbentuk secara alami dari hasil prosedur geologi yang unsurnya terdiri atas satu ataupun beberapa komponen kimiawi yang memiliki harga jual yang amat tinggi. Batu akik terbuat dari pengkristalan zat mineral dalam kurun waktu yang amat lama, bisa mencapai jutaan tahun lamanya, yang kemudian kristal ini berubah men-jadi batu akik.
TUJUAN PENGGUNAAN BATU AKIK
Berdasarkan jenis batu akik yang berbeda, setiap batu akik memiliki karakter dan arti yang berbeda-beda seperti ketenangan, kedewasaan, perlindung, keamanan dan rasa percaya diri. Untuk ibu hamil, Batu akik baik digunakan selama kehamilan seperti membantu ibu melahirkan dengan menghindari bayi terkena Postpartum Distress Syndrome.Dalam pemakaian batu akik, banyak orang yang percaya bahwa kegunaan batu akik sebagai jimat atau sebagai perlindungan diri.

Manfaat Batu Akik

  • Sebagai sumber energi dan kekuatan

Dengan memakai batu akik dipercaya mampu menyeimbangkan energi yin dan yang. Selain itu batu akik dipercaya sebagai sumber keberanian, perlindungan, penyembuhan, serta dapat memberikan efek yang menenangkan bagi pemakainya. Sejak zaman dahulu batu akik telah digunakan untuk memberikan kekuatan bagi para prajurit dan membuat mereka menang dalam pertempuran.

  • Dapat meningkatkan kreativitas

Beberapa kalangan masyarakat meyakini bahwa selain sebagai perhiasan, batu akik juga merupakan batu keberuntungan. Dimana ia dapat memberikan energi, menstabilkan imajinasi serta inspirasi yang nantinya dapat menunjang berbagai macam aktivitas harian pemakainya.

  • Sebagai perisai tubuh

Bagi sebagian kalangan, manfaat batu akik dipercaya mampu memberikan proteksi atau menjadi perisai bagi tubuh dari berbagai marabahaya yang mengancam. Misalnya saja dari kecelakaan. Sehingga tak jarang yang beranggapan bahwa batu akik merupakan batu jimat.

  • Dapat memberikan kekuatan emosional

Secara emosional, batu akik dipercaya mampu memberikan keberanian, kekuatan emosional, kepercayaan diri, mempromosikan stabilitas batin, memberikan efek ketenangan, kematangan, keamanan, serta dapat menghilangkan ketakutan. Sehingga batu akik dipercaya mampu menghalau timbulnya stress serta menurunkan tingkat kecemasan bagi pemakainya.

  • Membantu menciptakan suatu hubungan yang harmonis

Karena kemampuannya dalam menstabilkan emosional, manfaat batu akik dipercaya mampu meningkatkan kualitas hubungan seseorang dengan orang-orang di sekitarnya.

  • Menghilangkan energi negatif dalam tubuh

Dengan memakai batu akik, dipercaya mampu membersihkan atau menstabilkan aura bagi pemakainya, yaitu dengan menghilangkan energi negative yang bersarang di dalam tubuhnya.

  • Sebagai batu perhiasan yang indah

Selain berbagai khasiat yang ditimbulkan dari penggunaan batu akik di atas, tak dapat kita pungkiri bahwa batu akik merupakan salah satu jenis batu perhiasan yang sangat indah. Warna-warni yang terpancar dari batuan tersebut tentu saja membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa takjub dan terkesan glamour dan elegan.

  • Dapat menangkal berbagai macam penyakit

Pemakaian batu akik dipercaya mampu memperkuat tubuh dan merupakan suatu koneksi tubuh dengan alam. Selain itu manfaat batu akik untuk kesehatan juga dapat meningkatkan energi. Berbagai jenis batu akik juga telah digunakan dalam penyembuhan berbagai  jenis penyakit, misalnya saja membantu masalah pada gigi dan gusi, mengobati masalah perut (seperti masalah sistem pencernaan, serta mengurangi gastristis), menjaga ketahanan fisik, mengobati insomnia.

Hal ini karena batu akik dapat berfungsi sebagai sarana detoksifikasi tubuh, serta berbagai terapi penyembuhan lainnya.

  • Menambah kepercayaan diri

Penggunaan batu akik juga dipercaya mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang, yaitu dengan mengurangi tingkat stress, serta menghilangkan aura negatif dari dalam tubuh si pemakai.

Cara memeriksa dan mengetahui keaslian batu akik

Jika Anda kolektor atau penggemar berat Batu akik dan mencari jenis-jenis tertentu batu akik yang harganya tergolong cukup mahal maka disarankan untuk cara yang paling aman sebaiknya batu akik tersebut memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi Batu Mulia yang cukup terkenal di Indonesia seperti:

  • GRI Lab (Gem Research International Lab, yang berkantor pusat di Batu Ceper 4 no 6L Jakarta Pusat.
  • Jakarta Gems Center (JGC), berkantor pusat di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur tepatnya di lantai 2.
  • AGL (Adam Gemological Laboratory), yang berada di Apartemen istana Harmoni lantai ½ A, Kimplek Harmoni Plaza, Jakarta Pusat.

Namun batu yang ada di pasaran hanya sebagian kecil saja yang memiliki sertifikat, untuk mengatasi hal tersebut berikut kami berikan beberapa tips berikut ini:

Memeriksa keaslian batu akik secara alami :

  • Jika batu asli terkena air atau minyak dan kemudian diusap maka cairan tersebut tidak akan berbekas.
  • Batu asli jika disulut dengan bara api rokok atau dibakar dengan menggunakan korek api maka batu tersebut tidak akan terjadi perubahan wana seperti kelihatan gosong atau meleleh, jika dibakar dalam waktu agak lama akan mengeluarkan cairan berwarna coklat.
  • Jika batu asli tersebut kita tempelkan di pipi maka akan terasa dingin.
  • Batu sintetis umumnya bening seperti kaca dan tidak akan terlihat serat-serat di dalamnya.
  • Batu sintetis akan mudah tergores atau lecet jika terjatuh atau bergesekan dengan benda keras lainnya.

Menguji keaslian batu akik dengan menggunakan alat:

  • Menggunakan Presidium Gem Tester, alat ini sangat akurat untuk menguji keaslian batu, cara kerjanya yaitu gunakan pena tester alat ini, jika jarum bergerak ke arah hijau maka batu tersebut adalah asli, jika jarum bergerak hanya setengahnya atau bahkan tidak bergeraksama sekali maka batu tersebut adalah palsu atau sintetis.
  • Menggunakan Diamond Selector, cara kerjanya hampir mirip dengan alat di atas namun lampu indikatornya jika berwarna merah maka batu tersebut asli, jika indikator berwarna hijau atau kuning atau tidak menyala maka batu tersebut adalah palsu.
  • Kaca Pembesar, alat ini sangat membantu untuk melihat kandungan serat yang ada di batu akik tersebut, juga memeriksa jika ada gelembung udara yang biasa terdapat di batu akik sintetis.
  • Lampu Senter, alat ini biasa digunakan sama seperti kegunaan kaca pembesar di atas.

Jenis Batu Akik dan Macam Macam Batu Akik
1.Bacan Doko

Banyak pecinta batu cincin yang berburu batu bacan doko. Batu bacan ini berasal dari daerah Pulau Kasirutam Halmahera Selatan, Maluku. Batu bacan ini sangat disukai masyarakat bahkan ada juga beberapa kolektor mancanegara yang ikut mencari batu jenis ini.

Batu bacan doko memiliki banyak kelebihan dari pada jenis batu lainnya. Sehingga menjadikannya banyak dicari.

Salah satu yang membuat jenis batu akik ini berbeda karena bacan doko ini mampu bermetamorfosa secara natural, semakin lama menjadi semakin indah. Selain batu bacan doko, sebenarnya masih ada batu bacan lainnya yang cukup terkenal dan tentunya mahal, seperti batu bacan palamea.

2.Kalsedon

Jenis batu kalsedon memiliki ciri seperti tutupi kabut yang transparan, hal ini semakin menambah keindahan dari batu cincin tersebut. Batu kalsedon bisa ditemukan di pulau Jawa dan pulau Sulawesi, batu ini juga ikut melengkapi kecantikan jenis batu akik di Indonesia.

Selain dari pulau Jawa dan Sumatera, ada kabar bahwa jenis batu kalsedon juga sempat ditemukan di daerah lain di Indonesia.

3.Kalimaya

jeskipun jenis batu kalimaya tergolong lembek, tapi, tetap banyak peminatnya. Dengan ciri fisik memancarkan warna mirip batu permata, membuat batu ini termasuk dalam incaran wajib untuk para kolektor.

Jenis batu akik kalimaya juga sering disebut dengan opal. Batu opal bisa ditemukan di luar negeri tepatnya di negara Mesir, Australia,Meksiko dan juga India. Sedangkan di Indonesia batu ini bisa ditemukan  di daerah Banten.

Karena batu ini berasal dari daerah Banten, terkadang sering juga disebut dengan nama batu kalimaya banten. Batu cincin kalimaya banten ini juga tidak kalah oleh batu sejenisnya dari luar Indonesia.

4.Safir

Batu safir Termasuk dalam batuan papan atas dan mempunyai wilayah pasarnya tersendiri. Batu ini tergolong jenis batu mulia yang mahal karena memiliki keindahan yang tiada duanya.

Selain dari segi warna yang amat dikagumi, jenis batu safir ini memiliki manfaat bisa menenangkan pikiran atau jiwa yang sedang stress. Hal ini semakin meningkatkan harga jual dari batu safir tersebut.

5.Topaz

Jenis batu cincin ini juga menjadi favorit di kalangan para pecinta batu. Batu akik topaz juga memiliki pilihan warnaterang seperti jingga, kemerahan, dan juga kuning.

Jenis batu ini berasal dari negara Brazil, Meksiko dan juga Rusia. Banyak yang mengatakan bahwa batu ini juga bisa membantu mengurangi stres.

6.Sungai Dareh

Jenis batu akik ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Banyak pecinta dan kolektor batu sangat menyukai batu jenis ini. Bahkan ada beberapa para pemimpin negara ikut memakai batu mulia ini.

Contohnya Presiden SBY dan Barrack Obama pernah memakai batu sungai dareh. Hal ini semakin membuat batu ini naik harga dan tentunya berkelas.

7. Zamrud

Batu zamrud yang memiliki warna khas hijau juga amat dikenal oleh pecinta batu akik. Jenis batu ini Bahkan sudah dikenal semenjak ribuan tahun lalu dan digunakan sebagai batu perhiasan.

Batu yang memiliki kekerasan 7.5 skala mohs dijual dengan harga yang sangat tinggi dan cukup dimuliakan pada era kerajaan. Karena dianggap sebagai simbol kemakmuran serta kedamaian.

8.Kecubung Kalimantan

Jenis batu kecubung termausk kedalam batu asli dari Kalimantan dan ada beberapa jenis batu kecubung yang sudah terkenal, seperti:

Batu Akik Kecubung Wulung,memiliki ciri khas warna ungu muda yang bening hingga ungu tua. Saat ini warna yang paling digemari adalah warna ungu tua atau terong, karena memiliki kemilau dan sinar yang indah. Batu kecubung ini berasal dari daerah Pangkalan Bun, Kalimantan.

Kualitas batu kecubung  ini sudah terjamin bahkan memiliki kualitas terbaik bila dibandingkan dengan batu cincin jenisnya dari luar Indoneia seperti India, Amerika Serikat ataupun dari Brazil.

Batu Kecubung Teh

Batu Akik Kecubung Teh ini memiliki ciri khas warna kuning bening mirip seperti air teh.Kemilau yang dihasilkan dari warna kuning ini memancar dari batu sehingga terlihat sangat indah dan mengagumkan.

Batu Kecubung Tanduk



Batu Akik Kecubung Tanduk atau juga sering disebut dengan nama batu kecubung hitam/kopi. Batu jika dilihat sangat mengkilap dan indah jika sudah dipoles.

Batu Kecubung Air

Batu Akik Kecubung Air memiliki ciri khas warna yang kelihatan seperti air. Jenis batu ini mulai diminati penggemar batu karena harganya yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan batu kecubung sejenisnya.

Batu kecubung Es

Batu Akik Kecubung Es mempunyai serat mirip es batu, dengan warna putih bening membuatnya terlihat sangat mewah dan menawan.

Gambar batu akik yang memiliki motif unik ini sangat cocok dikenakan oleh kalangan muda maupun tua. Batu ini juga bisa memberikan kesan berwibawa kepada pemiliknya.

9.Sulaiman

Jenis batu sulaiman ini memiliki beberapa jenis yang umumnya berwarna merah, kuning, atau juga gabungan antara kedua warna tersebut. Menurut cerita yang beredar, Nabi Sulaiman AS juga pernah memakai batu mulia jenis ini.

Hampir seluruh daerah di Indonesiabisa menemukan sumber batu jenis sulaiman. Batu Akik Sulaiman juga sudah menjadi target para kolektor, seperti jenis madu, Daud, Wulung, Combong, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pancawarna, Susu, Derajat, Kurung.

10.Merah Delima

Batu Merah Delima adalah batu yang sudah dikenal sejak zaman dahulu karena kemewahan dan keindahan yang terlihat dari pancaran warna merah dari batu tersebut. Selain itu juga, batu merah delima ini termasuk batu mulia yang sangat langka dan mahal.

Batu akik Merah Delima yang sudah beredar di pasaran termasuk batu mulia jenis ruby. Saat ini batu ruby merah delima yang asli hanya ada beberapa saja yang punya dan termasuk jenis pusaka.

11.Pirus

Batu pirus memiliki gabungan warna kristal dengan warna lainnya yang memberikan kesan menarik. Hal ini juga membuat harga batu pirus menjadi semakin mahal tapi tetap diminati.

Banyak warna yang bisa dipilih dari beberapa ciri khususnya. Bahkan Batu Pirus Asli juga memiliki gambar batu akik yang bermotif retak mirip kulit telur yang telah remuk. Warna yang dihasilkan ini memberikan keindahan pada batu pirus yang sangat berbeda dengan batu lainnya.

12.Black Opal

Batu black opal merupakan jenis batu dari daerah Banten. Batu jenis ini sudah terkenal sampai luar negeri, banyak pecinta batu yang mencarinya hingga kepertambangan untuk mendapatkan batu yang memiliki kualitas tinggi.

Selain memiliki kecantikan dari kembang jarongnya, batu black opal juga memiliki beberapa manfaat dan khasiat. Kalimaya kopi dari banten dipasaran dunia disebut dengan nama batu Black Opal.

Harga batu ini cukup tinggi, terkadang nilai yang tinggi ini dijadikan investasi para pecinta batu selain batu bacan. Jenis batu kalimaya ini sangat bervariasi jika dilihat dari motif dan warnanya. Jika warna dasar hitam sering disebut Batu Black Opal, terkadang penamaan juga bisa dari kembang jarongnya.

Contohnya seperti jarong ruyung karena terlihat memanjang dan seperti tongkat dobel stick.

13.Tapak Jalak

Batu tapak jalak mempunyai ciri khas garis yang membentang mirip tanda tambah (+) di bagian atas batu. Hal ini membuat kesan yang sangat unik dan menarik untuk dijadikan koleksi.

Panggilan untuk batu tapak Jalak sebenarnya bukan dari karakter ataupun kristal batu, melainkan berfokus pada motif atau potret yang menjadi ciri khasnya.

Warna batu tapak jalak bisa bervariasi, seperti warna coklat, kuning, hijau, merah dan beberapa warna lainnya yang mempunyai garis lurus. Ditambah garis yang melintang seperti tanda tambah (+) sebagai ciri khusus dari batu cincin tapak jalak.

Gambar batu akik tapak jalak yang memiliki motif ini sudah sangat populer dikalangan pecinta dan banyak dipakai untuk mata cincin. Namun sebenarnya bisa juga digunakan untuk berbagai macam jenis perhiasan jika batu cincin ini mempunyai corak bening seperti mengkristal.

14. Combong

Jenis batu akik combong ini merupakan salah satu dari jenis batu mulia yang sangat banyak diburu. Batu jenis ini umumnya ditemukan di daerah sungai ataupun daerah aliran sungai yang cukup deras dan ada batunya.

Akibat dari pengikisan alam yang ddisebabkan derasnya air, maka terbentuklah suatu lubang di salah satu bagian batu. Batu yang ada di daerah sungai dan berlobang inilah yang sering dinamakan batu combong.

Ada beberapa jenis batu combong yang terdapat di pasaran, motifnya pun sangat banyak. Gambar batu akik atau juga motif yang ada di dalamnya memiliki warna yang cantik.

15.Mani Gajah

Batu mani gajah adalah batu mulia dari daerah Sumatera, di daerah itu ada suku Anak Dalam  atau Suku Kubu yang tinggal dalam satu wilayah dengan gajah. Saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang mencari batu jenis mani gajah ini.

Bukan hanya masyarakat dari Indonesia yang mencari batu mulia itu. Ada juga turis yang sengaja datang ke Indonesia demi mencari batu mulia tersebut. Batu akik Indonesia sudah sering diburu karena keunikannya, termasuk batu mani gajah.

Menurut cerita, batu tersebut mempunyai asal usul dari suku rimba atau suku kubu yang bertinggal di pelosok Jambi, Sumatera Selatan.

16.Bulu Macan

Batu Bulu Macan Lumajang adalah salah satu batu cincin yang sangat unik dan cukup langka. Batu bulu macan ini menurut kabarnya adalah pusaka asli nusantara yang berasal dari wilayah Jember dan Lumajang, propinsi Jawa Timur.

Batu bulu macan mempunyai keunikan berupa motif atau corak pada batu yang mirip dengan corak bulu macan. Batu bulu macam merupakan jenis batu mulia yang tergolong langka, jadi tak heran bila harga batu ini mempunyai nilai yang cukup tinggi.

Para pecinta batu dan kolektor sudah sering sekali memburu batu jenis bulu macan ini. Apalagi jika ukuran batunya besar dan memiliki motif bulu macan yang panjang.

17.Giok Aceh

Batu Giok Aceh sudah menyebar kekawasan internasional dan terus bersaing melawan batu giok dari China. Batu-batu ini bersaing dalam kejuaraan pameran internasional.

Daerah Aceh memiliki batu giok yang beraneka ragam. Salah satunya adalah batu akik giok aceh, batu ini sangat diminati oleh para pecinta atau kolektor batu cincin dalam negeri ataupun luar negeri. Batu Akik Giok Aceh juga masih memiliki jenis lainnya yang berbeda.

Salah satu dari batu permata ini  yang sering menjadi incaran saat ini adalah jenis batu giok aceh solar. Jenis batu giok aceh solar adalah salah satu dari sebagian jenis giok aceh yang sudah terkenal.

18.Bacan Palamea

Batu Bacan Palamea adalah batu permata asli dari Indonesia yang amat banyak diburu karena kasiat yang terkandung didalamnya. Berdasarkan catatan sejarah mengenai Batu Bacan Palamea, batu ini pertama kali saat penambangan batu akik Bacan ini dihasilkan di Pulau Kasiruta.

Sedangkan untuk nama “Bacan” sendiri berasal dari nama Pulau Bacan. Inilah lokasi pertama batu bacan palamea diperdagangkan.

Sebelum menjadi populer layaknya Batu Bacan Doko. Sebenarnya peminat batu Bacan palamea sudah ada sejak zaman dahulu. Bangsawan dari kerajaan Tidore, Ternate, Bacan, dan Jailolo  sudah menggunakan Batu Permata ini sebagai perhiasan beberatus tahun yang lalu.

19.Mata Kucing

Batu mata kucing yang biasa disebut juga dengan nama Cat Eye adalah salah satu jenis batu cincin yang laris dijual dalam skala internasional. Batu mata kucing ini memiliki corak seperti mata kucing pada umumnya. Maka dari situlah batu ini diberi nama mata kucing.

Selain itu juga, warna batu ini tampak lebih kontras jika dibandingkan dengan warna dasarnya. Inilah yang menyebabkan batu mulia ini mempunyai kilauan atau cahaya yang terlihat mencolok seperti mata kucing yang sedang tersorot cahaya..

Batu mulia mata kucing ini memiliki banyak warna yang beragam. Seperti warna kuning, coklat, hitam, hijau dan merah. Corak atau motif  inilah yang menyababkan batu tersebut berkarakter dan sangat berbeda jika dibandingkan dengan batu cincin lainnya.

20.Biduri Bulan

Batu akik Biduri Bulan merupakan salah satu jenis batu cincin yang cukup terkenal dengan berbagai jenis yang dapat memikat para pecinta batu cincin. Batu Biduri Bulan atau yang biasa juga disebut moonstones ini bahkan sudah terkenal hingga luar negeri.

Biduri juga mempunyai arti batu mulia. Seperti pada batu mulia biasanya, batu biduri bulan asli yang terdapat di alam bisa terproduksi dengan hasil yang indah. Waktu untuk terbentuknya ini sangat lama, bahkan bisa sampai ratusan tahu.

21. giok natural gold

Batu giok natural gold berasal Tanah Gayo Aceh. Batu ini ditemukan di sebuah sungai pedalaman Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Batu ini dominan berwarna kuning emas. Batu giok natural gold dengan kadar kekerasan di atas tujuh skala mohs ini termasuk salah satu batu langka dan unik, sehingga wajar harganya mahal.

22.hijau Garut

Batu ini berasal dari Garut, Jawa Barat di Gunung Bungbulang. Batu Garut dengan warna hijau khas yang tidak ada duanya ini  dapat memancarkan cahaya terang, apabila disorot cahaya dari bawah cincinnya. Serat batu hijau yang tampak di dalam terlihat indah seolah awan yang terjebak di dalam batu.

23. sarang tawon

 

Batu sarang tawon bisa ditemukan di Provinsi Jambi. Batu ini awalnya memang mirip sarang tawon yang menggantung di atas ranting pohon. Alasan disebut Batu Sarang Tawon karena motif yang ada di dalam batu ini terlihat seperti sarang lebah atau tawon dengan serat atau ruas menyerupai gelembung dan lubang-lubang udara. Batu ini merupakan fosil yang terbentuk dari terumbu karang dan beberapa makhluk laut lain yang ikut membeku dan mengkristal selama ribuan tahun. Warna dari batu ini pun bermacam-macam, seperti hijau, cokelat, putih, kehitaman, kuning dan merah.

24. Cempaka lavender

Batu cempaka lavender ini disebut-sebut banyak terdapat di Aceh Jaya. Warnanya ungu, seperti bunga lavender. Jika disenter, cahayanya masuk ke dalam lantaran berwarna bening transparan.

25.Klawing

Batu Akik Klawing berasal dari Klawing, Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu yang paling dikenal yakni jenis batu naga sui. Batu ini merupakan ciri khas Sungai Klawing. batu naga sui itu hanya ada disungai klawing. Ada beberapa jenis batu Klawing, seperti Pancawarna Kristal, Telor Kodok, dan Nogo Sui.

Share