Bagian-Bagian Microsoft Excel dan Fungsinya serta kegunaannya

Bagian-Bagian Microsoft Excel dan Fungsinya – Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. Maka tak heran jika Excel seringkali digunakan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena aplikasi ini sangat lengkap dan sangat penting dalam proses pengolahan data perusahaan. Selain itu, Excel juga memiliki formula yang memudahkan kita melakukan sebuah perhitungan dalam pengolahan data tersebut. Aplikasi ini juga sangat penting dalam pembuatan grafik tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Aplikasi Microsoft Excel ini berupa lembaran kerja atau spreadsheet yang mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik dalam membantu kita semua untuk kebutuhan pekerjaan kantor. Bahkan Excel merupakan aplikasi yang populer yang banyak digunakan untuk kebutuhan olahan data atau manajemen data. Berdasarkan sejarahnya, Excel bermula dari sebuah program berupa spreadsheet yang dibuat di tahun 1982 dengan sebutan Multiplan. Program ini awalnya sangat populer untuk sistem operasi CP/M, namun tidak untuk MS-DOS karena sudah terdapat saingannya seperti Lotus 1-2-3. Sehingga pihak Microsoft sendiri mula mengembangkan aplikasi terbaru dari spreadsheet, yakni Excel. Di tahun 1985 sendiri mulai dirilis versi pertama Microsoft Excel untuk Macintosh sedangkan versi dari Windowsnya sendiri mulai menyusul di bulan November 1987. Akan tetapi, karena Lotus terlambat masuk ke pasar pemrograman dari spreadsheet pada windows, sehingga di tahun 1988 akhirnya Excel mulai menggeser kedudukan Lotus 1-2-3 di pangsa pasar spreadsheet. Selain itu, ditahun yang sama Microsoft sendiri dinobatkan sebagai perusahaan handal yang mengembangkan software pada komputer pribadi. Hal inilah yang menjadikannya sebagai saingan Lotus 1-2-3 dengan pengembangan yang lebih baik lagi yang mengalahkan 1-2-3.
Microsoft sendiri mulai mengembangkan Excel dengan selalu mengupgrade Excel tiap 2 tahun sekali. Sementara versi terakhir Excel pada Windows sendiri berupa Microsoft Office Excel atau Excel 14 sedangkan pada Mac OS X atau Macintosh sendiri versi terakhir dari Excel berupa Excel for Mac. Bahkan di masa-masa pertama peluncurannya, Excel sendiri menjadi salah satu sasaran tuntutan dari perusahaan yang lain, khususnya yang bergerak di sektor industri finansial karena menjual sebuah software yang juga dinamakan Excel. Oleh karena itulah, pihak Microsoft akhirnya menghentikan tuntutan tersebut melalui perubahan nama Excel dengan nama Microsoft Excel. Excel sendiri menawarkan beberapa fitur unggulan berupa antar muka dibandingkan program spreadsheet sebelumnya. Bahkan, Excel sendiri termasuk software spreadsheet pertama karena telah mengizinkan para penggunanya dalam mendefinisikan tampilan spreadsheet yang telah disunting, seperti tampilan dari setiap selnya, bentuk font hingga atribut atau kelengkapan karakter. Tak hanya itu saja, pasalnya Excel sendiri menawarkan sebuah program perhitungan kembali pada setiap selnya dengan cara yang cerdas. Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel sudah tak asing dalam kehidupan kita sehari-hari,Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi antara lain,

  1. Membuat sebuah laporan keuangan
  2. Membuat Daftar Nilai
  3. Membuat daftar hadir
  4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
  5. Menghitung Kurs Mata Uang
  6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
  7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
  8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
  10. Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat

Kelebihan Ms. Excel

  1. Menemukan dengan cepat pola dalam data
  2. Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat
  3. Kita dapat mengakses Spreadsheet kita darimana saja
  4. Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
  5. The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.

Kegunaan Microsoft Exel yang lain:

  • Dalam mengelola data

Penggunaan pengelolaan data biasanya digunakan untuk mencari nilai rata-rata, nilai tengah, dan pencarian nilai max serta nilai min dari sebuah data.

  • Pembuatan Grafik

Microsoft Exel dapat digunakan untuk membuat grafik pada tombol Toolbar Chart Wizart. Kita bisa memilih grafik sesuai pilihan yang kita inginkan. Seperti bentuk Lingkaran, kolom, diagram, garis, area, dan scatter. Kemudian kita dapat memilihnya dengan cara mngklik pada Tab Custom Types. Pembuatan grafik ini biasanya digunakan dalam pembuatan grafik perkembangan jumlah penduduk, grafik penjualan sebuah toko, dll.

  • Membantu Proses Menghitung

Menghitung tidak bisa terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Misalnya saja saat kita bersekolah, saat kita melakukan transaksi jual-beli, maupun dalam penghitungan data. Kini Microsoft Office telah menediakan suatu program untuk kita gunakan menghitung. Baik perhitungan dasar maupun perhitungan yang kompleks.

  • Membuat Laporan Keuangan

Masalah yang lebih kompleks yaitu pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak sekali perhitungan. Laporan keungan ini sering kita jumpai pada perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi resmi. Misalnya bank, perusahaan-perusahaan, dll.

  • Operasi Tabel

Jumlah baris yang tersedia pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolomnya hingga 16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

  • Penggunaan Dalam Fungsi Matematis

Fungsi Max: Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data,

penulisannya : =max(number1,number2,…)

Fungsi Min: Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data,

penulisannya : =max(number1,number2,…)

Fungsi Sum: Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range,

penulisannya : =SUM(number1,number2,..)

Fungsi Average: Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,

penulisannya : =average(number1,number2,…)

Fungsi Count : Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih

Fungsi Var : Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range,

penulisannya : =var(number1,number2,…)

Fungsi Stedev : Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range,

penulisannya : =stedev(number1,number2,…)

Bagian-Bagian Microsoft Excel dan Fungsinya serta kegunaannya

Bagian – Bagian Beserta Fungsinya

  • Office Button, Berfungsi untuk membuka bagian yang berguna untuk mengakses fungsi-fungsi
  • umum yang berkaitan dengan pengolahan dokumen di Office 2007. Seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, Recent, Word Option, Exit Word.
  • Quick Access, Tools yang berisi kumpulan tombol perintah (command button) yang relatif sering digunakan. Contohnya Save, Undo, Redo, Open, New.
  • Title Bar, Berisi judul file. Judul awal file sebelum disimpan dan diberi nama yaitu “Book1”.
  • Tombol Ukuran, Berfungsi mengatur jendela suatu aplikasi, apakah Maximize, Minimize, atau Close.
  • Menu Bar, Bagian yang mencakup menu-menu yang menyediakan beragam tool. Menu default pada Ms.Excel adalah File, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View.
  • Tool Bar, Bagian yang berisikan tool (alat) untuk bekerja di Ms.Excel.
  • Name Box, Bagian yang menampilkan nama lokasi sel yang sedang aktif.
  • Formula Bar, Bagian yang berfungsi untuk memasukan rumus yang akan digunakan.
  • Column, Bagian yang menampilkan bagian kolom yang ditandai dengan huruf alfabet.
  • Rows (Baris), Bagian yang menampilkan bagian baris yang ditandai dengan angka.
  • Document Area, Bagian lembar kerja Ms.Excel (yang mencakup kolom dan baris).
  • Active Cell (Sel Aktif), Merupakan bagian yang berpotongan antara kolom dan baris.
  • Tab Worksheet, Bagian yang menampilkan Sheet (lembar) yang telah dibuat.
  • Insert Worksheet, Bagian yang berfungsi untuk menambahkan Sheet (lembar) baru.
  • Vertical Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke arah atas dan bawah.
  • Horizontal Scroll Bar, Bagian yang berfungsi untuk menggulir (scroll) halaman ke kanan dan kiri.
  • Status Bar, Bagian yang menampilkan status lembar.
  • Tampilan Layar, Bagian yang berfungsi untuk mengganti tampilan lembar pada layar.
  • Zoom, Bagian yang berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar.