47 Pengertian Macam Macam Perangkat Keras Komputer Keterangan + Gambar

Posted on

47 Pengertian Macam Macam Perangkat Keras Komputer Keterangan + Gambar – Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan atau dalam arti singkatnya sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba.

Pengertian Perangkat keras Menurut Para Ahli

  • Ali Zaki

Perangkat keras merupakan bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam komputer.

  • Joko Untoro

Hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta instrumen pendukungnya.

  • Raya Fahreza

Hardware adalah merupakan bagian perangkat keras yang bekerja sesuai dengan instruksi software.

  • Rachmad Hakim S

Hardware merupakan perangkat keras, yaitu alat tambahan yang dapat dipasang ke dalam komputer.

  • Wilman dan Riyan

Perangkat keras adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

  • Sunarto S.Kom

Hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat dirasakan dan disentuh

  • Wahana Komputer

Hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda).

  • Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Perangkat keras adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat dilihat dan diraba.

  • Yudha Yudhanto, Yunus Sulistyo, Dedi Gunawan

Perangkat keras adalah komponen pembentuk sebuah komputer secara fisik

  • Jatikom

Perangkat keras komputer mengacu pada bagian fisik komputer dan perangkat terkait. Perangkat perangkat keras internal termasuk motherboard, hard drive, dan RAM. Perangkat perangkat keras eksternal meliputi monitor, keyboard, mouse, printer, dan pemindai.

Macam – Macam Perangkat Keras Pada Komputer (Hardware)

1. CPU (Central Processing Unit)

Central processing unit (CPU) dari sebuah komputer adalah bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari program komputer. Ia melakukan aritmatika, logis, dan operasi input / output dasar dari sebuah sistem komputer. CPU adalah seperti otak dari komputer – setiap instruksi, tidak peduli seberapa sederhana, harus melalui CPU.

  Cara Cheat Mobile Legends memakai Aplikasi Pasti Menang

Jadi katakanlah Anda menekan huruf ‘k’ pada keyboard Anda dan muncul di layar – CPU komputer Anda adalah apa yang membuat ini mungkin. CPU kadang-kadang disebut sebagai unit pusat prosesor, atau prosesor untuk singkatnya. Jadi, ketika Anda melihat spesifikasi komputer di toko elektronik lokal Anda, biasanya mengacu pada CPU sebagai prosesor.

CPU
CPU

2. Motherboard (Mainboard)

Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

Motherboard
Motherboard

3. Monitor

Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

Monitor
Monitor

4. Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

Keyboard
Keyboard

5. Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

Mouse
Mouse

6. RAM (Random Access Memory)

Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory)

7. Harddisk

Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Harddisk
Harddisk

8. Processor

Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.

Processor
Processor

9. Power Supply

Power Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan tenaga dan energi arus listrik pada komputer.

Power Supply
Power Supply

10. LAN Card (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jembatan penghubung antara komputer server dan komputer client dalam jaringan LAN.

LAN Card (Local Area Network)
LAN Card (Local Area Network)

11. AGP Card (Accelerated Graphics Port)

AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.

AGP Card (Accelerated Graphics Port)
AGP Card (Accelerated Graphics Port)

12. VGA Card (Video Graphics Accelerator)

VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

VGA Card (Video Graphics Accelerator)
VGA Card (Video Graphics Accelerator)

13. FDD (Floppy Disk Drive)

FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.

FDD (Floppy Disk Drive)
FDD (Floppy Disk Drive)

14. Joystick

Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.

Joystick
Joystick

15. Printer

Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.

Printer
Printer

16. CD ROM / DVD ROM

CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

  Cara Mempercepat Koneksi Internet Anda dengan Mudah
CD ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM

17. Scanner

Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

Scanner
Scanner

18. Modem Eksternal

Modem Eksernal adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet melalui jalur USB.

Modem Eksternal
Modem Eksternal

19. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

Flashdisk
Flashdisk

20. Speaker Active

Speaker adalah perangkat keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.

Speaker Active
Speaker Active

21. Trackball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

Trackball
Trackball

22. Lightpen

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor).

Lightpen
Lightpen

23. Barcode Reader

Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data.

Barcode Reader
Barcode Reader

24. Digitizer

Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital.

Digitizer
Digitizer

25. CD (Compact Disk)

CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk)

26. Touchpad

Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

Touchpad
Touchpad

27. WebCam

WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

WebCam
WebCam

28. Microphone

Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.

Microphone
Microphone

29. Magnetic Tape

Magnetic Tape adalah salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.

Magnetic Tape
Magnetic Tape

30. Projector

Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

Projector
Projector

31. Network Card

Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.

Network Card
Network Card

32. Tv Tuner Card

Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.

Tv Tuner Card
Tv Tuner Card

33. UPS (Uninterruptible Power Supply)

UPS adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai/menghantarkan listrik ketika tegangan listrik utama terhenti atau tidak berfungsi, dengan kata lain UPS bisa dikatakan sebagai cadangan listrik ketika tegangan listrik utamanya padam.

  Cara Menghapus Akun whatsapp Tutorial
UPS (Uninterruptible Power Supply)
UPS (Uninterruptible Power Supply)

34. Sound Card

Sound Card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengolah data berupa audio atau suara yang menghubungkan antara perangkat penghubung masukan berupa suara (seperti microphone) ke dalam komputer.

Sound Card
Sound Card

35. Heatsink (Kipas Pendingin)

Heatsink adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan pada processor agar komputer lebih stabil.

Heatsink (Kipas Pendingin)
Heatsink (Kipas Pendingin)

36. Headset

Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media pengeluaran untuk gelombang suara yang telah disistem oleh komputer.

Headset
Headset

37. Kabel Data

Kabel data adalah perangkat keras tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dari komputer ke handphone.

Kabel Data
Kabel Data

38. Card Reader

Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya.

Card Reader
Card Reader

39. Router

Router adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.

Router
Router

40. Hub/Switch

Perangkat keras komputer yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi.

Hub/Switch
Hub/Switch

41. Modem Internal

Modem internal adalah perangkat jaringan yang terdapat pada papan ekspansi (expansion board) yang dihubungkan ke motherboard. Tidak seperti Modem eksternal, modem internal tidak mengandung lampu indikator untuk menginformasikan kepada pengguna fungsi atau status modem yang berubah.

Modem Internal
Modem Internal

42. Hardisk Portable

Bicara tentang media penyimpanan yang semakin berkembang dari jaman ke jaman jika Anda pernah mengalami yang namanya kelambatan berkomputerisasi mungkin ini adalah forum yang tepat untuk dapat men-sharingkan hal tersebut. Dalam berkomputerisasi tak terelakkan aktivitas download, menonton film, gaming dan segala macam yang menguras kapasitas penyimpanan harddisk internal Anda. Hal tersebutlah yang menjadi sumber mengapa computer Anda menjadi lamban, dikarenakan semakain banyaknya data yang disimpan oleh harddisk eksternal Anda. Sehingga Harddisk eksternal atau Harddisk Portabel menjadi satu solusi yang sangat baik, mengapa demikian? Kita tentu tidak ingin direpotkan dengan bongkar pasang untuk mengganti Harddisk internal dengan kapasitas yang lebih besar, Harddisk Portabel hadir dengan keefisiensinya yang cukup memuaskan.

Hardisk Portable
Hardisk Portable

43.  Wifi Card

Kartu Wifi (Wifi Card) adalah kartu elektronik yang digunakan agar komputer dapat menangkap sinyal WiFi dari sebuah jaringan WiFi. Jaringan WiFi memungkinkan kita untuk mengakses internet. Biasanya, sinyal WiFi terdapat di tempat – tempat khusus, seperti bandara, kampus, hotel

Wifi Card
Wifi Card

44. Kabel Power

Adalah kabel yang digunakan untuk memberi supply tegangan pada power supply, pada Monitor. tanpa kabel ini monitor akan mati, dan power supply tidak dapat beroperasi

Kabel Power
Kabel Power

45. Kabel Ata

ATA (Advanced Technology Attachment) standar adalah interface standar yang memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat penyimpanan ke komputer PC. Standar ATA dikembangkan pada tanggal 12 Mei 1994 oleh ANSI. Standar ATA awalnya ditujukan untuk menghubungkan hard drive, tetapi ekstensi yang disebut ATAPI (ATA Packet Interface) telah dikembangkan untuk dapat perangkat penyimpanan lain ( CD-ROM drive , DVD-ROM drive , dll) pada ATA.

Standar ATA dapat menghubungkan perangkat penyimpanan langsung dengan motherboard untuk kabel pita, yang umumnya terdiri dari 40 kabel paralel dan tiga konektor (biasanya konektor biru untuk motherboard dan konektor hitam dan konektor abu-abu untuk dua perangkat penyimpanan).

Kabel Ata
Kabel Ata

46. Kabel Sata

Kabel Sata
Kabel Sata

SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah pada komputer yang didesain biasanya untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di dalam komputer. Keuntungan utama menggunakan hard disk SATA adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindah