Isi teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Isi teks proklamasi Kemerdekaan Indonesia – Dini hari pada tanggal 17 Agustus 1945, semua pemimpin nasional dan semua pemuda pulang ke rumah setiap guna menyiapkan penyelenggaraan pembacaan teks proklamasi sesudah teks proklamasi berlalu di rumuskan dan di sahkan (Perumusan dilaksanakan di lokasi tinggal Laksamana Tadashi Maeda). saat tersebut melalui mata-mata nya Jepang memahami rencana pembacaan proklamasi dan mengira bahwa pembacaan proklamasi akan dilakukan di lapangan Ikada, oleh karena tersebut tentara Jepang mengepung lapangan Ikada. Barisan Muda pun sudah ramai hadir menuju lapangan Ikada dalam rangka menjadi saksi pembacaan teks proklamasi. Pemimpin Barisan Pelopor (Sudiro), pun datang ke lapangan Ikada dan menonton pasukan Jepang bersenjata menyeluruh telah mengepung lapangan Ikada. Sudiro lantas melaporkan keadaan tersebut kepada Muwardi (Kepala Keamanan Bung Karno). Sudiro pun lantas mengetahui bahwa pembacaan proklamasi dipindah dari lapangan Ikada ke lokasi tinggal Sukarno di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta.
Saat itu, halaman lokasi tinggal Sukarno mulai ramai ditemui oleh massa, menjelang pembacaan teks proklamasi. Dr. Muwardi mengutus Latief Hendraningrat guna menjaga ketenteraman pelaksanaan upacara dan guna mengantisipasi gangguan dari tentara Jepang, dalam mengemban pengamanan Latief Hendraningrat ditolong oleh Arifin Abdurrahman. Suasana halaman lokasi tinggal Sukarno, terlihat paling ramai. Suwiryo (Wakil Walikota Jakarta) meminta untuk Wilopo guna mempersiapkan perangkat yang dibutuhkan. Wilopo lantas meminjam mikrofon dan sejumlah pengeras suara ke toko elektronik kepunyaan Gunawan.
Kemudian Sudiro (Pemimpin Barisan Pelopor) mengutus Komandan Pengawal lokasi tinggal Sukarno, S. Suhud, untuk menggali tiang bendera. Suhud lantas memperoleh sebatang tiang bambu dari belakang rumah, dan menancapkan bambu tersebut di sekitar teras, lantas dia memberi tali sebagai kelengkapan guna pengibaran bendera. Di sisi lain, Fatmawati (Istri Sukarno) mempersiapkan bendera yang dijahit dengan tangannya sendiri. Ukuran bendera itu masih belum standar laksana ukuran bendera sekarang.
Saat tersebut para pemuda mengiginkan supaya pembacaan teks proklamasi segera dilakukan karena mereka telah tidak sabar untuk menonton proklamasi kebebasan Indonesia. Mereka mendesak Muwardi supaya mengingatkan Ir. Sukarno supaya segera mengemban proklamasi kebebasan Indonesia. Namun Sukarno menolak andai harus melaksanakannya sendiri tanpa didampingi Bung Hatta. Ketegangan juga terjadi lantaran Muwardi terus mendesak Sukarno guna segera membacakan teks proklamasi tanpa mesti menantikan kehadiran Bung Hatta. Untunglah, 5 menit sebelum pengamalan upacara, Bung Hatta datang dan langsung menemani Sukarno guna segera mengemban upacara proklamasi kebebasan Indonesia.
Terdapat tiga versi Naskah teks Proklamasi kebebasan Indonesia 17 agustus 1945, yakni teks proklamasi pada Naskah Klad; Naskah teks proklamasi yang otentik / autentik / asli; dan Naskah teks proklamasi andai disesuaikan dengan EYD.Penyusunan teks Proklamasi kebebasan 17 agustus 1945 dilaksanakan oleh Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo dan ditonton oleh Soekarni, B.M. Diah, Sudiro (Mbah) dan lantas diketik oleh Sayuti Melik. Penyusunan Teks Proklamasi tersebut dilangsungkan pada 16 Agustus 1945 pukul 02.00 s/d 04.00 dini hari. Teks Proklamasi itu dirumuskan di lokasi tinggal Laksamana Tadashi Maeda Jalan Imam Bonjol No 1.Sebagaimana anda ketahui, Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut keterangan dari tahun Jepang dan tanggal 8 Ramadan 1364 menurut keterangan dari Kalender Hijriah. Isi teks Proklamasi diucapkan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta dan disambung pidato singkat tanpa teks pada pukul 10:00 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

  • Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Teks proklamasi kemerdekaan Klad (hasil tulisan tangan soekarno sendiri) adalah merupakan hasil gubahan (karangan) oleh Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Sementara itu, tim perumus teks proklamasi Republik Indonesia terdiri dari Tadashi Maeda, Tomegoro Yoshizumi, S. Nishijima, S. Miyoshi, Mohammad Hatta, Soekarno, dan Achmad Soebardjo.Berikut ini adalah naskah Teks proklamasi kemerdekaan Klad:

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakandengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 bangsa Indonesia.

Naskah Proklamasi Klad ini tidak diketahui secara luas, karena tidak disimpan sebagai dokumen penting kemerdekaan. Naskah proklamasi kemerdekaan RI asli hasil tulisan tangan soekarno justru sebenarnya telah dibuang ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. Untungnya B.M. Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, dan pada 29 Mei 1992 baru diserahkan ke Presiden Soeharto di Bina Graha. Hingga akhirnya isi teks proklamasi asli ini kemudian bisa diketahui secara luas.

  • Isi Naskah teks proklamasi yang otentik / autentik / asli 


Naskah Proklamasi Klad bukanlah Naskah Proklamasi yangdibacakan oleh Soekarno. Naskah Proklamasi Klad mengalami beberapa perubahan, dan hasilnya disebut dengan Naskah teks proklamasi yang otentik / autentik / asli. Naskah ini diketik oleh Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi.
Perubahan teks proklamasi tulisan tangan soekarno setelah diketik oleh sayuti melik tersebut yaitu:

  • tempoh diubah menjadi tempo
  • Wakil-wakil bangsa Indonesia diubah menjadi Atas nama bangsa Indonesia
  • Djakarta, 17-8-05 diubah menjadi Djakarta, hari 17 boelan 08 tahun ’05
  • Naskah proklamasi klad tidak ditandatangani, sementara naskah
  • Proklamasi Otentik sudah ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs.
  • Mohammad Hatta.
  • Kata Hal2 diubah menjadi Hal-hal

Berikut ini adalah hasil perubahan isi teks proklamasi (Isi Naskah teks proklamasi yang otentik / autentik / asli secara lengkap)

P R O K L A M A S I Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.Hal-haljang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengantjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05Atas nama bangsa Indonesia.Soekarno/Hatta.

  • Isi Teks Proklamasi Sesuai Ejaan Sekarang

PROKLAMASI Kami bangsa indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.Jakarta, 17 Agustus 1945Atas nama bangsa Indonesia Sukarno-Hatta