Pengertian, Bentuk, Penyebab Disintegrasi Sosial Contoh

Pengertian, Bentuk, Penyebab Disintegrasi Sosial Contoh – Perubahan sosial adalah hal yang wajar terjadi di dunia, tak terkecuali Indonesia. evolusi sosial tidak selalu berjalan dengan baik, tak jarang masyarakat bereaksi terhadap evolusi sosial tersebut, baik tersebut berupa penerimaan yang menjadikan integrasi maupun penolakan bahkan hingga pada tingkatan konflik. 
Disintegrasi sosial adalah suatu proses terpecahnya suatu kumpulan sosial menjadi sejumlah unit sosial yang terpisah satu sama lain.
Disintegrasi sosial terjadi dampak hilangnya ikatan bareng yang mempersatukan anggota kumpulan satu dengan yang lain.Disintegrasi sosial terjadi saat unsur-unsur sosial yang bertolak belakang yang terdapat dalam masyarakat tidak dapat menyesuaikan diri satu sama lain. Ketika bagian sosial yang satu memaksakan diri, maka bagian sosial yang lainnya bakal memberontak atau melawan.

Pengertian, Bentuk, Penyebab Disintegrasi Sosial Contoh

Pengertian Disintegrasi Sosial Menurut Para Ahli

  • KBBI

Disintegrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu keadaan tidak bersatu padu atau keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan. Disintegrasi secara harfiah difahami sebagai perpecahan suatu bangsa menjadi bagian-bagian yang saling terpisah (Webster’s New Encyclopedic Dictionary 1994).

  • Soekanto

disintegrasi disebut juga disorganisasi, yaitu suatu proses pudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat yang disebabkan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan.

  • Durkheim

Disintegrasi sosial adalah proses masyarakat kehilangan koherensi dan menurun seiring waktu. Durkheim mengaitkannya dengan melemahnya kesadaran kolektif yang disebabkan oleh meningkatnya pembagian kerja

Faktor Faktor Penyebab Disintegrasi Sosial

Faktor-faktor yang mempengaruhi disintegrasi sosial adalah :

  • Tidak ada persepsi atau persamaan pandangan di antara anggota masyarakat mengenai norma yang semula dijadikan pegangan oleh anggota masyarakat. 
  • Norma-norma masyarakat tidak berfungsi dengan baik sebagai alat untuk mencapai tujuan masyarakat. 
  • Timbul pertentangan norma-norma dalam masyarakat, sehingga menimbulkan kebingungan bagi anggota masyarakat itu sendiri. 
  • Tidak ada tindakan sanksi yang tepat bagi pelanggar norma. 
  • Tindakan dalam masyarakat sudah tidak sesuai lagi dengan norma masyarakat. 
  • Interaksi sosial yang terjadi ditandai dengan proses yang bersifat disosiatif.

Ciri-ciri terjadinya disintegrasi di suatu masyarakat antara lain:

  • Ketidaksamaan tujuan antara anggota suatu kelompok sehingga tidak ada keterpaduan.
  • Sebagian besar anggota kelompok tidak mematuhi norma-norma yang berlaku.
  • Menurunnya wibawa tokoh-tokoh pemimpin kelompok.
  • Kurang berfungsinya sanksi sebagaimana mestinya.

Bentuk Disintegrasi 

ada 4 macam Bentuk Disintegrasi Dalam Kehidupan yakni Pergolakan Darah, Demontrasi, Kriminalitas, dan Kenakalan Remaja, Dan Berikut Penjelasannya.
1. Pergolakan Darah
Disintegrasi ini Adalah Bentuk Disintegrasi Pertama Yang Akan Kita Bahas, Pergolakan Darah Merupakan Tindak Kekerasan Sosial Yang Mengarah Kepada Tindak Kejahatan Yang Sifatnya Mengarah Kepada Kasus Pelanggaran Ham Berat, Dan Bisa Di Kategorikan Sebagai Tindak Kejahatan Terhadap Manusia Apabila Sifatnya Pribadi Dan Bisa Dikategorikan Sebagai Tindakan Kejahatan Genosida (Pemusnahan Kelompok) Apabila Sifatnya Kelompok.pengertian disintegrasi bangsa, penyebab disintegrasi sosial, hal faktor penyebab disintegrasi sosial, misal disintegrasi sosial, misal disintegrasi Bangsa, penyebab disintegrasi Bangsa, Macam Macam disintegrasi, format disintegrasi 
Disintegrasi Ini terjadi dampak Kesenjangan Dalam Sesuatu Hal atau Perbedaan dalam sebuah keputusan atau Perolehan, misal kecilnya : Saya Selaku Ketua Kelas Menetapkan Uang Kas sebesar 2000 Setiap Harinya,- bakal Tetapi Ada satu orang Siswa yang menolak dampak dia tidak setuju Dengan Pendapat Sang Ketua sementara yang lainnya setuju, nah yang satu ini (Siswa yang Tidak Setuju) mengerjakan pemberontakan Sebagai Rasa Tidak Terima Dia bahkan memukuli ketua ruang belajar tersebut (Hanya Sebuah contoh). Ini Terjadi Akibat Ketidak Sefahaman (Berbeda Pendapat). 
Contoh Lainnya Adalah Disekolahan Mungkin Teman Pernah Mungkin Sering Melihat Antara Anggota Osis Dengan Anggota Pramuka Yang Saling Adu Mulut (Melecehkan Satu Sama Lain) Saling Memuji Masing-Masaing Anggota Tentang Program Yang Mereka Jalankan Merupakan Program Yang Tebaik Atau Lebih Baik, Sehingga Menimbulkan Perpecahan Diantara Keduanya. (Hanya Sebuah Contoh).
Dalam Sejarah Indonesia Kejadian Pergolakan Ini Sering Terjadi Dan Berdampak Buruk Sekali Terhadap Negara Indonesia, Inilah Alasannya Pergolakan Darah Disebut Sebagai Gerakan Disintegrasi Bangsa Dan Berikut ini Contoh Bentuk Pergolakan (Disintegrasi Sosial) Yang Terjadi Di Negara Indonesia Berdasarkan keterangan dari Sejarah Yaitu Disintegrasi PKI muso DI Madiu, DI/TII, Andi Azis, RMS, APRA, PRRI/PERMESTA, G 30 September PKI/1965. dan adapun Pergolakan Darah Diera Modern yang sedang maraknya ialah pemberontakan di wilayah POSO, KUPANG, dll
2. Demontrasi 
Bentuk Disintegrasi ini ialah Kegiatan Ujuk Rasa Atau Kegiatan Pernyataan Protes Terhadap Suatu Keputusan Baik Secara Individu (Perorangan) Maupun Secara Massal (Kelompok), Contoh Sederhananya Adalah Pernyataan Protes Seorang Siswa Terhadap Keputusan Yang Telah Diterapkan Oleh Seorang Guru Jika Alpa Sebanyak 3 Kali Maka Tidak Diperbolehkan Memasuki ruangan Ketika Pelajaran Sang Guru Tersebut Dan Skor Nilai Dijamin Nol “Sekedar Ilustrasi”, Dengan Peraturan Tersebut Ada Murik Yang Protes Dengan Cara Seluruh Siswa Bolos Sekolah, Nah Itu Merupakan Sikap Demontrasi Seorang Murid Kepada Guru !! “Hanya Sekedar Ilustrasi Saja”.
pengertian disintegrasi bangsa, penyebab disintegrasi sosial, hal faktor penyebab disintegrasi sosial, misal disintegrasi sosial, misal disintegrasi Bangsa, penyebab disintegrasi Bangsa, Macam Macam disintegrasi, format disintegrasi
Kegiatan Demontrasi Secara Khususnya Merupakan Kegiatan Ujuk Rasa Kepada Lembaga Pemerintah Biasanya Objek Kegiatan ini Adalah Mahasiswa, Ormas, Buruh dan Guru. Kegiatan Ini Sering Dilakukan Oleh Seorang Warga Negara Sebagai Bentuk Protes Atas Kebijakan-Kebijakan Yang Telah Diterapkan Pemerintah Yang Merugikan Warga Negara. Lalu Kok Bisa Di Katakan Sebagai Bentuk Kegiatan Disintegrasi? Bukankah Kegiatan Protes Itu Hal Yang Wajar? Kabanyakan dari Bangsa Indonesia Melakukan Kegiatan Demontrasi Ilegal Artinya Menyalahi Aturan, Diantaranya Adalah Merusak Sesuatu Di Istana Negara, Saling Lempar-Lempar Senjata Berbahaya Dengan TNI/Polri, Melakukan Pemberontakan, Melakukan Pembakaran Dan Hal Lain Yang Melanggar Norma- Norma Negara Indonesia. Nah Inilah Alasannya Kegiatan Ini Dapat Memperpecah Negara. 
3. Kriminalitas
Kriminalitas ialah Perbuatan Yang Mennyimpang Dan bisa merugikan Seseorang, Tindakan Ini Merupakan Tindak Kejahatan Berupa Fisik ataupun Non Fisik. Berdasarkan keterangan dari Kamus Besar Negara Indonesia Kriminalitas Adalah Kegiatan Atau PErbuatan Melanggar Hukum Pidana (Kejahatan), Artinya Tindakan Kriminalitas Adalah Setiap Tindakan Yang Dilakukan Seseorang Yang Melanggar Norma-Norma Hukum Kriminal Atau Kejahatan.
pengertian disintegrasi bangsa, penyebab disintegrasi sosial, hal faktor penyebab disintegrasi sosial, misal disintegrasi sosial, misal disintegrasi Bangsa, penyebab disintegrasi Bangsa, Macam Macam disintegrasi, format disintegrasi
Contoh Dari Tindakan Kriminalitas Ini saya Rasa Bukan Sesuatu Yang Asing Lagi dan Merupakan Hal Yang Sering Dilakukan Seseorang Dibandingkan Dengan Tindakan dua Disintegrasi Sebelum Ini (Pergolakan Darah dan Demontrasi) Misalnya Membunuh Seseorang, Merampok, Mencopet Melakukan Penipuan Baik Secara Langung Maupun Secara Tidak Langsung (Jalur Internet), Dan Juga Melakukan Tindakan Korupsi 
4. Kenakalan Remaja
Kenakalan Remaja Bisa Dikatakan Sesuatu yang Sangat Sudah tidak Di Pungkiri Lagi Perkembangannya, Semakin Kesini Tingkah Laku Remaja Semakin Menjadi Jadi, Ahlak Seorang Remaja Menjadi Berkurang, Banyaknya Pergaulan Bebas, Perbuatan Sek Bebas Dimana-Mana, Banyak Yang Meminum Narkoba, Banyak murid yang Melakukan tauran, Banyak Siswa Yang Membunuh Teman Sesekolahannya, Banyak Siswa Yang Bolos Sekolah, Banyak Siswa Yang Mencaci Dan Berbuat Buruk Kepada Gurunya dan Lebih Kronisnya Lagi terdapat Siswa Yang Berbuat Sesuatu Hal Yang Tidak Senonoh Dengan Guru dan Orang Tuanya, Itu Semua Merupakan Tindakan Kenakalan Remaja. Disetiap Kota bahkan disetiap Wilayah-Wilayah Terpencil Kenakalan Remaja Pasti terdapat Dan Banyak Merasuk Pada Generasi Muda Bangsa Yang Menyebabkan Generasi Muda Menjadi Rusak Dan Tanpa Makna.
pengertian disintegrasi bangsa, penyebab disintegrasi sosial, hal faktor penyebab disintegrasi sosial, misal disintegrasi sosial, misal disintegrasi Bangsa, penyebab disintegrasi Bangsa, Macam Macam disintegrasi, format disintegrasi
Kita tau Bahwa Anak Muda Adalah generasi Bangsa, Mereka yang Akan Menggantikan Dan Meneruskan Para Pejuang Bangsa Yang Sudah Semakin Tua, Lalu Bagaimana Jika Generasinya Seperti Apa Yang Terjadi Sekarang Ini ??. Inilah Alasannya Negara Indonesia Sulit guna Bersaing Dengan Negara Lain. Tapi Jujur Sangat Bangga Bahwa Ada Gerakan Anak Muda Hijrah Di Wilayah bandung Yang Disebut Dengan Gerakan Pemuda Hijrah, Gerakan Yang Membuat Pemuda-Pemuda Bandung SHIFT (Bergeser Ke Arah Yang Benar). Saya Berharap Gerakan Pemuda Hijrah Di Bandung Bisa Dicontoh Oleh Semua Orang, Sehingga Dapat Menjadikan Generasi Muda Indonesia Menjadi Generasi Yang Baik Dan Amanah Dan Yang Paling Penting Adalah Tau dan taat Pada AGAMA 

Strategi dan cara yang digunakan dalam menanggulangi disintegrasi bangsa antara lain:

  • Menanamkan nilai-nilai Pancasila, jiwa sebangsa dan setanah air, dan rasa persaudaraan, agar tercipta kekuatan dan kebersamaan di kalangan rakyat Indonesia.
  • Menghilangkan kesempatan untuk berkembangnya primordialisme sempit pada setiap kebijaksanaan dan kegiatan agar tidak terjadi KKN.
  • Meningkatkan ketahanan rakyat dalam menghadapi usaha-usaha pemecahbelahan dari anasir luar dan kaki tangannya.
  • Penyebaran dan pemasyarakatan wawasan kebangsaan dan implementasi butir-butir Pancasila dalam rangka melestarikan dan menanamkan kesetiaan pada ideologi bangsa.
  • Menumpas setiap gerakan separatisme secara tegas dan tidak kenal kompromi.
  • Membentuk satuan sukarela yang terdiri atas unsur masyarakat, TNI dan Polri dalam memerangi separatis.
  • Melarang dengan melengkapi dasar dan aturan hukum setiap usaha untuk menggunakan kekuatan massa.