Pengertian ,Fungsi,Tujuan,Ciri,Lembaga Ekonomi, Contoh

Pengertian ,Fungsi,Tujuan,Ciri,Lembaga Ekonomi, Contoh – Lembaga ekonomi bermunculan sebagai sebuah usaha insan menyesuaikan diri dengan alam selama atau dengan mengeksplotasi guna memenuhi keperluan hidup mereka. Pada tadinya manusia semata-sematahanya bergantung pada fauna liar, tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan guna dimakan.Lembaga ekonomi adalahbagian dari lembaga sosial yang sehubungan dengan penataan dalam bidang-bidang ekonomi dalam rangka menjangkau kehidupan yang sejahtera. Lembaga social ialah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat .Lembaga ekonomi merupakan pranata yang mempunyai pekerjaan bidang ekonomi demi terpenuhinya keperluan masyarakat
Pengertian ,Fungsi,Tujuan,Ciri,Lembaga Ekonomi, Contoh

Sistem perekonomian di Indonesia :

  • sistem ekonomi komunis

Sistem ekonomi komunis ialah suatu sistem perekonomian di mana peran pemerintah sebagai pengatur semua sumber-sumber pekerjaan perekonomian. Setiap orang tidak diizinkan mempunyai kekayaan pribadi, sampai-sampai nasib seseorang dapat ditentukan oleh pemerintah. Semua unit bisnis mulai dari yang kecil sampai yang besar dipunyai oleh pemerintah dengan destinasi pemerataan ekonomi dan kebersamaan. Namun destinasi sistem komunis itu belum pernah hingga ke etape yang maju, sehingga tidak sedikit negara yang meninggalkan sistem komunisme tersebut. Sistem ekonomi komunis, anda dapati pada sekian banyak  negara laksana di Rusia dan RRC. Dalam sistem perekonomian komunis peranan pasar guna menilai arah buatan hamper tidak ada. Bila sistem perekonomian kapitalisme dapat anda sebut ekonomi pasar, maka sistem ekonomi komunis ialah ekonomi perintah, yang mempunyai sifat totaliter dengan putusan-putusan ekonomi diciptakan oleh pusat. Dalam sistem ekonomi komunis negaralah yang menjelaskan atau memutuskan pada orang-orang perseorangan

  • sistem ekonomi kapitalis

Sistem ekonomi kapitalis ialah sistem ekonomi yang menghendaki adanya kemerdekaan tiap pribadi untuk mengerjakan segala pekerjaan ekonomi tanpa terdapat campur tangan pemerintah.Dalam sistem ini, sitiap pribadi mempunyai hak mutlak guna mengelola aset yang ia miliki guna mendapatkan manfaat/keuntungan sebesar-besarnya.Sistem ini pun memungkinkan masing-masing orang guna memelih kegiatan atau usaha cocok dengan kehendaknya. Pemerintah tidak memiki hak untuk mengerjakan intervensi, sampai-sampai setiap pribadi bebas berkreativitas dan berinovasi.

Pengertian Lembaga Ekonomi secara Umum

Lembaga ekonomi yaitu suatu lembaga yang melakukan di suatu bidang ekonomi demi terpenuhinya dalam kebutuhan ekonomi masyarakat. Lembaga ekonomi ini lahir sebagai usaha manusia dalam menyesuaikan dirinya dengan alam dalam untuk memenuhi kebutuhan hidup yang berkaitan dengan suatu pengaturan bidang-bidang ekonomi dalam rangka untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

Pengertian Lembaga Ekonomi Menurut Para ahli

  • Jonhson 

Menurut Jonhson ( 1996 ) institusi ekonomi adalah suatu set ide ( ilmu pengetahuan ) yang berhubungan dengan barang dan pelayanan yang di hasilkan, di bagikan dan di gunakan dalam masyarakat.. Lembaga ekonomi pada dasarnya menangi masalah produksi, distribusi dan konsumsi baik berupa barang maupun jasa.

  • Cambridge

sebuah perusahaan atau organisasi yang berurusan dengan uang, barang, dan jasa dalam suatu perekonomian. Bank, organisasi pemerintah, dan dana investasi adalah semua lembaga ekonomi:

Contoh Lembaga Ekonomi

Lembaga keuangan yaitu suatu badan yang bergerak dibidang keuangan dengan tujuan untuk menyediakan jasa untuk nasabah ataupun masyarakat.

  • Kementerian Negara BUMN adalah  singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu badan usaha yang sebagian besar modalnya berasal dari negara.
  • kementrian keuangan adalah Kementerian Negara yang mengurus bidang keuangan negara. Kementerian Keuangan dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.
  • kementrian perdagangan (disingkat Kemendag) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perdagangan. 
  • kementrian negara koperasi dan UKM  Salah satu kementrian yang dimiliki Indonesia ini adalah kementrian yang lebih berpusat atau focus dengan urusan-urusan di bidang perkoperasian dan bagaimana cara membina dan mengelola usaha-usaha kecil dan menengah.

Unsur Dalam Kegiatan Ekonomi

Dalam sebuah unsur  lembaga ekonomi akan memunculkan sebuah pola prilaku yaitu efisiensi, penghematan, profesionalisme, dan mencari sebuah keuntungan.
Budaya simbolis : dalam unsur lembaga ekonomi yang kedua yaitu budaya simbolis yaitu merk dagang, hak paten, slogan , lagu komersial
Budaya manfaat : toko, pabrik,pasar, kantor, balngko, formulir.
Kode spesialisasi : dalam unsur yang ke 4 ini yaitu kontrak, lesensi, kontrak monopoli, akte perusahaan
Ideologi : dalam unsur yang kelima ini yaitu antara lain liberalisme, tanggungjawab ,manajerial, kebebasan berusaha, hak buruh.

Tujuan Lembaga ekonomi

Lembaga ekonomi mempunyai sebuah tujuan yaitu Pada hakekatnya tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga ekonomi yaitu untuk terpenuhinya suatu kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup pada masyarakat.

Ciri lembaga ekonomi :

  1. Memiliki tujuan yang ingin dicapai
  2. Memiliki asas yang jelas
  3. Mengkoordinir jalanya distribusi
  4. Merupakan unit yang bekerja 
  5. Memiliki lambang yang memiliki arti
  6. Karyawan memiliki jiwa kewirausahaan
  7. Asasnya gotong royong dan kekeluargaan
  8. Bersifat kokoh
  9. Mengawasi jalanya roda ekonomi

Fungsi dari lembaga ekonomi yaitu:

  1. Berfungsi untuk mendapatkan bahan pangan.
  2. Berfungsi untuk melakukan pertukaran barang atau barter.
  3. Berfungsi tentang harga jual beli barang.
  4. Berfungsi untuk menggunakan tenaga kerja.
  5. Berfungsi tentang cara pengupahan.
  6. Berfungsi tentang cara pemutudan hubungan kerja.
  7. Berfungsi sebagai identitas bagi masyarakat.
Share