Pengertian kodon dan anticodons


Pengertian kodon dan anticodons – Dalam produksi protein, kodon merujuk pada segmen tiga basis di utusan asam ribonukleat atau mRNA, sedangkan anticodons adalah segmen tiga dasar dalam transfer RNA atau tRNA.

Ribosom, yang merupakan situs struktural untuk sintesis protein, mengarahkan pasangan basa dari anticodons di tRNA dengan kodon di mRNA. Kodon fungsi dengan mengidentifikasi asam amino tertentu yang akan digunakan untuk sintesis protein, dan anticodons bertanggung jawab untuk penempatan yang tepat dari asam amino yang benar pada ribosom.

Langkah pertama dalam sintesis protein adalah transkripsi, di mana mRNA dihasilkan dari DNA menggunakan nukleobasa A, C, G, dan U, bukan T dalam untai DNA. Segmen tiga basis di DNA, yang dikenal sebagai “kembar tiga,” ditranskripsikan menjadi kodon mRNA, yang berisi informasi yang asam amino yang akan digunakan untuk mensintesis protein.

Adalah 61 dari 64 kodon pada mRNA yang kode untuk asam amino tertentu. TRNA mengandung anticodons pelengkap yang mengikat dengan kodon, yang memungkinkan tRNA untuk mengangkut asam amino yang benar ke ribosom. Kodon AAA, dengan antikodon yang saling melengkapi UUU, kode untuk asam amino, lisin.

Ribosom menafsirkan informasi yang ditemukan pada kodon mRNA, dan tRNA membantu dalam menyelaraskan asam amino yang tepat untuk membangun protein kompleks, yang dikenal sebagai polipeptida. Sintesis protein tertentu hanya diakhiri ketika ribosom menemukan kodon stop, yang sinyal mengakhiri proses penerjemahan.


Pengertian kodon dan anticodons | jati | 4.5