Pengertian, Manfaat,Bentuk Kerjasama Contoh dan Tujuan

Pengertian, Manfaat,Bentuk Kerjasama Contoh dan Tujuan - Manusia tersebut adalah mahkluk sosial, dengan kata lain mereka tidak bisa hidup sendiri tapi mesti bersebelahan dengan insan lainnya. Karena insan sewaktu-waktu bakal membutuhkan pertolongan dari orang beda dalam menjalankan hidupnya. Salah satu contohnya yakni jika hendak mencapai sebuah tujuan tertentu insan akan saling berkolaborasi untuk menjangkau tujuannya tersebut. Kerjasama dapat dilakukan dengan orang beda yang terdapat pada lingkungan sekitar. Misalnya orang orang yang terdapat di sekolah, lingkungan masyarakat, di perusahaan dan lain-lain. Tentunya kerjasama dapat terbentuk sebab adanya kepentingan yang sama salah satunya kepentingan untuk menjangkau suatu tujuan. Pada artikel kali ini kami bakal memberikan sejumlah penjelasan tentang apa tersebut kerjasama.

Pengertian, Manfaat,Bentuk Kerjasama Contoh dan Tujuan


Pengertian Kerjasasama secara Umum

Yang dimaksud dengan kerjasama adalah suatu pekerjaan yang di kerjakan oleh dua orang ataupun lebih untuk mencapai tujuan atau target yang sebelumnya telah direncanakan dan disepakati bersama. Atau kerjasama dapat diartikan sebagai tindakan-tindakan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan dan demi keuntungan bersama.
Secara harfiah, dalam bahasa Inggris kata kerjasama dinamakan sebagai cooperation. Menilik dari website Reference, definisi kerjasama diulas ke dalam sejumlah dimensi, antara lain:
1. Sebuah perbuatan atau bekerja bareng untuk menjangkau tujuan atau deviden bersama; beraksi bersama
2. Bantuan aktif dari orang/organisasi/kelompok beda (entah itu tidak sedikit atau sedikit)
3. Keinginan guna bekerjasama, menandakan kemauan bekerjasama,
4. Kerjasama dalam pandangan ekonomi, merupakan campuran individu yang saling menolong untuk menjangkau hasil produksi, pembelian atau penyaluran demi deviden bersama,
5. Kerjasama dalam pandangan Sosiologi, ialah aktifitas yang dilakukan bareng demi menjangkau hasil yang saling menguntungkan,
6. Kerjasama dalam pandangan Ekologis, berarti interaksi saling menguntungkan antara organisme hidup dalam suatu wilayah terbatas.

Pengertian Kerjasama menurut para ahli

1. Moh. Jafar Hafsah menyebut kerjasama ini dengan istilah kemitraan, yang artinya adalah suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih keuntungan bersama dengan prisip salingmembutuhkan dan saling membesarkan.
2. H. Kusnadi mengartikan kerjasama sebagai dua orang atau lebih untuk melakukan aktifitas  bersama yang dilakukan secara terpadu yang diarahkan kepada suatu target atau tujuan tertentu.
3. Zainudin memandang kerjasama sebagai kepedulian satu orang atau satu pihak dengan orang atau pihak lain yang tercermin dalam suatu kegiatan yangmenguntungkan semua pihak dengan prinsip saling percaya, menghargai, dan adanya norma yang mengatur. Makna kerjasama dalam hal ini adalah kerjasama dalam konteks organisasi, yaitu kerja antar anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi (seluruh anggota).
4. Tangkilisan (2005:86) dalam Manajemen publik, memandang kerjasama perlu diadakan dengan kekuatan yang diperkirakan mungkin akan timbul. Kerjasama tersebut dapat didasarkan atas hak,kewajiban, dan tanggung jawab masing masing orang untuk mencapai tujuan.
5. Bowo dan Andy menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kerjasama harus tercapai keuntungan bersama (2007:50-51), pelaksanaan kerjasama hanya dapat tercapai apabila diperoleh manfaat bersama bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya (win-win). Apabila satu pihak dirugikan dalam proses kerjasama, maka kerjasama tidak lagi terpenuhi. Dalam upaya mencapai keuntungan atau manfaat bersama dari kerjasama, perlu komunikasi yang  baik antara semua pihak dan pemahaman sama terhadap tujuan bersama.
6. Menurut Thomson dan Perry kerjasama merupakan suatu kegiatan yang memiliki tingkatan yang berbeda, dimulai dari adanya koordinasi dan kooperasi hingga terjalin kolaborasi , dalam suatu kegiatan kerjasama. 
7.  Menurut Rosen kerjasama merupakan sumber yang sangat efsien untuk kulitas pelayanan. dalam hal ini kerjasama dalam ranah ekonomi pada bidang jual beli 
8. written Agreements, bentuk kerjasama terdiri dari: consortia yaitu merupakan kegiatan sharing sumber daya, joint purchasing yaitu kerjasama pembelian barang, equipment sharing yaitu kerjasama sharing peralatan, cooperative construction yaitu kerjasama mendirikan  bangunan, joint services yaitu kerjasama bidang pelayanan publik contract services yaitu kerjasama bidang kontrak pelayanan.

Cara-Cara Membina Kerjasama

Ada sejumlah cara untuk membangun kerjasama agar dapat berlangsung secara lebih baik dan cocok dengan yang diharapkan:
a. Tentukan tujuannya
Kenapa kerjasama kesebelasan harus di bentuk, atau kenapa harus dilaksanakan kerjasama? Apa saja yang dapat didapatkan dari kerjasama tersebut? Mungkin tersebut merupakan sejumlah pertanyaan yang dapat diajukan sebelum bergabung atau mengekor kerjasama. Karena dengan destinasi yang jelas, pekerjaan dalam kerjasama bakal berjalan secara lebih tertata dan lebih baik cocok dengan yang diharapkan.
b. Siapkan profil
Jika anda akan bergabung dengan suatu kerjasama tim, maka gali materi-materi mengenai diri anda dan gali pun latar belakang mengenai diri kamu, tergolong hal-hal apa saja yang unik tentang diri anda sendiri.
c. Buat kesan yang positif
Buat kesan yang baik atau positif saat anda mulai berkolaborasi dengan suatu tim dan teruslah pertahankan.
d. Hargai masing-masing pendapat dan kelaziman rekan kerja
Setiap pribadi pada organisasi tentunya memiliki kelaziman yang berbeda-beda khususnya dalam menyampaikan pendapat. Jadi setiap pribadi saat mengerjakan kerjasama mesti dapat menghargai dan memuliakan seriap pendapat pribadi yang lainnya, agar kerjasama yang dilaksanakan dapat terjalin secara harmonis dan berlangsung secara baik tentunya.
e. Selalu konsentrasi pada kualitas
Boleh-boleh saja anda membuat jaringan kerjasama yang tidak sedikit dengan siapa saja, namun utamakan kualitas bukan kuantitas, khususnya kualitas dalam bekerja.
f. Tawarkan bantuan
Jangan ragu guna menawarkan bantuan, andai memang anda merasa mampu untuk menolong orang lain ketika bekerjasama.
g. Tunjukan antusiasme
Tunjukan antusiasme bahwa anda senang bisa berkolaborasi dan mengenal orang-orang pada organisasi/lembaga tersebut, lakukanlah urusan tersebut dengan tulus.

Bentuk-Bentuk Kerjasama

Bentuk-bentuk kerjasama yang ketika ini tidak jarang kita temui, yang diantaranya:
1 Tawar-menawar/Bargaining
Merupakan format kerjasama tentang kesepakatan pertukaran produk ataupun jasa antara dua orang ataupun lebih.
2 Koalisi/Coalition
Merupakan campuran dua lembaga organisasi ataupun lebih yang mempunyai tujuan sama, mereka berkolaborasi untuk menjangkau tujuan tersebut.
3 Joint venture
Merupakan kerjasama untuk menggarap proyek-proyek tertentu agar cepat teratasi dan destinasi cepat tercapai. Misalnya proyek pertambangan minyak bumi, batu bara, membina perindustrian dan lain-lain.
4 Cooptation
Merupakan proses kerjasama penerimaan sekian banyak  unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, urusan ini bisa dijadikan teknik untuk menghindari terjadinya kecurangan ataupun hal-hal yang tidak diharapkan yang dapat terjadi pada organisasi.
5 Atas dasar kerukunan
Merupakan kerjasama yang didasari sebab kerukunan sesama manusia, seringkali kerjasama atas dasar kerukunan ini tidak menginginkan imbalan/upah. Contohnya Gotong-royong membangun kemudahan umum laksana jembatan, kerja bakti mencuci lingkungan dan lain-lain.

Beberapa Manfaat Kerjasama

Adapun manfaat-manfaat lainnya yang dapat di dapatkan dari kerjasama, contohnya seperti:
a. Mempererat ikatan persaudaraan
Dengan berkolaborasi setiap pribadi pada sesuatu kesebelasan kerja bakal saling berinteraksi dan saling menolong dalam memecahkan persoalan-persoalan untuk menjangkau tujuannya, sampai-sampai akan terjalin pun komunikasi-komunikasi yang dimana semua tersebut akan meningkatkan rasa persaudaraan.
b. Menumbuhkan motivasi persatuan
Kerjasama-pun bisa menumbuhkan motivasi persatuan pada diri setiap pribadi yang tergabung dalam kumpulan kerja atau kesebelasan kerja. Supaya setiap pekerjaan dalam kerjasama dapat berlangsung baik maka mesti dapat menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.
c. Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
Dengan kerjasama masalah sesulit apapun bakal cepat terselesaikan sebab tidak melulu mengandalkan satu pribadi saja untuk menuntaskan pekerjaan namun dengan tidak sedikit individu yang bersatu dan saling menyokong satu sama lain, maka kegiatan akan lebih cepat teratasi dan lebih cepat membuahkan hasil.
d. Pekerjaan terasa lebih ringan
Pekerjaan yang sesulit apapun bakal terasa lebih enteng dan lebih gampang terselesaikan sebab di lakukan oleh tidak sedikit orang yang saling menyokong satu sama lain.

Tujuan Kerjasama

  1. Saling mengenal antar pribadi
  2. Meningkatkan persatuan bagi negara
  3. Sebagai kesempatan untuk mengemmukakan pendapat
  4. Menambah peluang keberhasilan


Contoh Kerjasama

Kerja Sama di Rumah
Di dalam lokasi tinggal terdiri atas sebuah keluarga yang mesti saling mengawal kebersamaan dan rasa kekeluargaannya dengan baik. Maka dari itu, kerja sama yang dilaksanakan di dalam rumah pun hendaknya guna tetap dapat melibatkan semua anggota family yang ada.Kerja sama yang dilaksanakan di lokasi tinggal ini dapat menjadi suatu gambaran jika family yang laksana ini ialah salah satu misal keluarga yang damai, rukun dan pastinya harmonis.Diharapkan, masing-masing anggota family yang terdapat di dalamnya dapat saling membantu, saling menghormati, saling menghargai, dan pun saling menyayangi satu sama lain. Nantinya, bilamana kondisi laksana ini sukses tercipta, maka family menjadi hangat dan menjadi rekan yang baik di dalam rumah.Anak, sebagai di antara anggota family atau unsur terpenting dari keluarga pun tetap mesti dapat bekerja sama dengan anggota family yang lain. Beragam format kerja sama yang terdapat di rumah dapat dilakukan dengan teknik membantu kegiatan ayah atau ibu di rumah.Banyak urusan yang tentu dapat kalian kerjakan untuk menolong orang tua di rumah.

Lantas, inilah ini sejumlah contoh kerja sama di rumah, :

1. Mengerjakan Tugas Masing-masing yang Telah Disepakati
Semisal di dalam rumah, lantai kotor, maka masing-masing anggota family harus dapat untuk tetap menjaga kesucian dengan teknik menyapunya, atau justeru juga dapat dengan mengepel lantai tersebut sesudah disapu.Hal ini berlaku untuk siapa saja, sebab faktanya, rumah pun milik bersama, mesti dipertahankan dan diasuh secara bersama-sama pula. Jadi, seluruh anggota family mempunyai tanggung jawab guna merawat kesucian rumah.Seorang anak yang telah terbiasa menyapu dan mengepel lantai pun nantinya dapat meringankan beban orang tua, khususnya meringankan beban sang ibu, untuk dapat membantu mengawal dan merawat kesucian lingkungan rumah.Masih tidak sedikit lagi yang beda tugas anda di dalam rumah.

2. Bertutur Kata Sopan dan Santun
Terhadap anggota keluarga, mesti bertutur kata sopan dan santun, serta lemah dan lembut. Baik tersebut dari orang tua ke anak ataupun anak ke orang tua.Hal ini memang butuh dilakukan, karena gambaran dari sebuah keluarga tersebut sendiri ialah dari apa yang dikatakannya. Jadi, family yang baik dan harmonis ialah keluarga yang dapat menjaga tutur katanya.Kelak, andai ini telah ditiru oleh sang anak, maka nantinya andai sang anak telah menjadi dewasa, dirinya pun dengan gampang bertutur kata sopan dan santun dengan orang lain, entah tersebut di lingkungan masyarakat atau ketika berada di lingkungan kerjanya.

3. Berkata dengan Jujur
Di samping bertutur kata sopan dan santun, berbicara dengan jujur pun wajib dilaksanakan oleh masing-masing anggota keluarga.Jika ini dilakukan, maka masalah dapat mudah didatangi dan pun mudah guna diselesaikan.Berbeda halnya andai ada seseorang di dalam lokasi tinggal yang menyembunyikan masalah, maka seluruh anggota family yang di dalamnya pun otomatis menjadi kebingungan.Alangkah baiknya, sebagai seorang manusia, tetaplah berbicara jujur walau tersebut menyakitkan. Jika kita berbicara jujur, maka kita pun menjadi lega dan hati kita pun akan senang sebab tidak menyimpan suatu kedustaan apapun.

4. Saling Berbagi Satu Sama Lain
Saling berbagi pun sangat diperlukan oleh anggota family yang terdapat di dalam rumah. Jangan terdapat anggota family yang rakus di dalamnya. Ingat, rakus ialah sikap yang tercela!Jika menyaksikan televisi, terdapat kalanya kita menyaksikan channel yang anda sukai, terdapat kalanya pun kita mengalah untuk menyaksikan channel favorit milik anggota family yang lain. Karena, semuanya tersebut pasti memerlukan yang namanya hiburan.Sama halnya andai mempunyai makanan yang lebih, betapa baiknya guna berbagi supaya semuanya dapat saling menikmati, sampai-sampai rasa kekeluargaan dan rasa kebersamaan di dalamnya semakin tercipta.

5. Memelihara Tanaman di Lingkungan Sekitar Rumah
Tanaman yang ada di dekat lingkungan lokasi tinggal atau yang memang sengaja ditanam pun perlu diasuh dan pun perlu untuk diacuhkan bersama-sama.Sebagai seorang anak pun membantu orang tua untuk mengguyur tanaman yang terdapat di lingkungan selama rumah, sampai-sampai nantinya seluruh anggota family saling berbagi tugas.Jangan pernah abaikan tumbuhan sebab mereka pun sama laksana kita, makhluk hidup. Yang pastinya membutuhkan makanan dan perawatan untuk dapat berkembang biak.Jika telah dilakukan, maka tingkat kepekaan seseorang tinggi bakal lingkungan sekitar, dan pasti inilah yang sangat diperlukan untuk menyongsong masa depan.

Kerja Sama di Sekolah
Tidak melulu di lingkungan lokasi tinggal alias di lingkungan family saja yang memerlukan kerja sama, di lingkungan sekolah pun pasti dibutuhkan.Baik tersebut kerja sama antara guru dengan murid, guru dengan guru, atau siswa dengan murid supaya tercipta keadaan dan situasi yang baik dan mengasyikkan untuk pekerjaan belajar mengajar.Sebenarnya, untuk melakukan baik tersebut mudah, asalkan anda sebelum menggarap perbuatan baik tersebut harus diserahkan niat terlebih dahulu, dan tidak boleh lepas tanggung jawab andai perbuatan baik tersebut belum selesai.
Seperti apa format kerja sama yang terdapat di lingkungan sekolah?

1. Saling Membantu Saat terdapat Kesulitan
Jika ada rekan yang kendala di di antara atau sejumlah mata pelajaran, betapa baiknya kita dapat membantu mereka.Ilmu yang saya dan anda bisa tidak akan bermanfaat sebelum ilmu tersebut kita alirkan dan anda berikan untuk orang lain. Jika sudah menyerahkan ilmu untuk orang lain, maka anda akan senang dan bahagia.Hal ini sebetulnya berbanding lurus juga. Karena, andai kita sedang terdapat dalam kesulitan, nantinya pun pasti bakal ada rekan yang akan menolong kita. Maka, betapa baiknya guna tetap saling membantu.Akan tetapi, tidak boleh saling menolong dalam keburukan. Contohnya mencontek, menggarap PR (pekerjaan rumah) atau tugas pribadi secara bersama-sama, pasti ini dilarang dan tergolong ke dalam tindakan yang tercela.

2. Membersihkan Ruang Kelas dan Lingkungan Sekolah
Tidak melulu di lingkungan lokasi tinggal saja, namun pun di lingkungan ruang belajar dan pun di sekolah, mencuci dan merawat tersebut juga penting.Ibaratnya, kelas ialah ruangan kepunyaan kita. Maka, mesti tetap anda jaga dan anda rawat sampai-sampai nantinya dalam proses belajar melatih menjadi lebih menyenangkan, baik itu untuk guru maupun untuk para siswa.Jika ruang ruang belajar yang dipakai bersih, maka kesan guna menggunakannya pun nyaman, sampai-sampai tidak terdapat debu dan tak menimbulkan sekian banyak  macam masalah, laksana contohnya penyakit.
Coba saja anda lihat andai ruang ruang belajar kotor, meja dan kursi tidak rapi, papan tulis yang tidak apik juga, maka nantinya motivasi untuk belajar tentu tiba-tiba turun dan malah tak mau untuk dapat belajar dengan maksimal.Tidak melulu ruang ruang belajar saja, sekolah pun harus dapat kita rawat dengan baik, menilik sekolah itu ialah sekolah lokasi kita belajar, dan menggambarkan dari apa yang terdapat di dalamnya.Sekolah tersebut ibarat lokasi tinggal kedua untuk kita, sehingga, urgen untuk mengawal lingkungan sekolah.

3. Mengerjakan PR atau Tugas Tepat Waktu
Mengerjakan tugas, atau PR pun menjadi salah satu format kerja sama yang baik.Masalahnya, andai seorang guru menyerahkan tugas untuk siswanya, dan siswanya menggarap tugas tersebut, maka, secara otomatis, kerja sama yang terjalin antara guru dan murid berlangsung dengan fasih dan baik.
Tidak melulu itu saja, andai tugas digarap dengan baik, tepat masa-masa dan hasil maksimal, pun menjadi di antara acuan andai siswa tersebut andai di ruang belajar selalu menyimak guru saat menjelaskan pelajaran, dan sekaligus pun menjadi bukti andai siswa tersebut telah belajar dengan sungguh-sungguh.

4. Belajar Kelompok
Belajar kelompok pun tak luput dari yang namanya kerja sama yang terdapat di lingkungan sekolah. Sama laksana pada nomor kesatu, belajar kelompok tersebut sebenarnya pun mengajarkan untuk dapat belajar bersama-sama, sampai-sampai semua anggota yang terdapat di dalam kumpulan tersebut paham akan seluruh materi yang dipelajari.Dengan belajar kumpulan ini, maka tugas-tugas kumpulan yang diserahkan oleh guru juga dapat dengan gampang selesai dan enteng untuk dikerjakan.Semua urusan tentunya bakal menjadi ringan bilamana dikerjakan secara bersama-sama dan pun sungguh-sungguh.

5. Menaati Semua Peraturan/Tata Tertib yang Ada
Peraturan diciptakan untuk diacuhkan dan tidak guna dilanggar.Jika ketentuan yang telah diciptakan juga sudah dapat diamalkan dan dilaksanakan dengan baik untuk semua penduduk sekolah, maka destinasi kerja sama di lingkungan sekolah secara otomatis pun tercapai.Hal ini dikarenakan, peraturan diciptakan oleh guru dan mesti ditaati oleh seluruh warga sekolah, terutama untuk para siswa. Jika keadaan sekolah yang sukses diciptakan aman dan damai, maka destinasi kerja sama otomatis telah tercapai.Jika ada di antara warga sekolah yang melanggar, betapa baiknya untuk dapat diperingatkan supaya tidak melanggar lagi.

Kerja Sama di Masyarakat
Jika kita sukses menerapkan kerja sama mulai dari lingkungan terkecil, yaitu di rumah, maka kita dapat mengerjakan dan mengemban kerja sama di lingkungan sekolah.Jika lingkungan sekolah sudah sukses tercapai dengan baik, maka tetap kerjakan hal yang positif dan terus maju di lingkungan masyarakat.Dengan di lingkungan masyarakat, kita dapat menjadi lebih paham akan makna kerja sama yang sebenarnya. Turun langsung ke lapangan dan menyaksikan situasi yang ada.Kita juga dapat menahan diri guna tidak terpancing emosi orang lain. Di samping itu, sebagai anak muda atau sebagai remaja, anda juga diharuskan untuk memuliakan siapa saja di lingkungan masyarakat, terutama untuk orang yang usianya di atas kita.Sangat menyenangkan sebenarnya andai kita dapat bersosialisasi di masyarakat. Mengapa? Karena anda juga dapat mengetahui situasi masyarakat yang terdapat dan pun kita dapat menambah wawasan dengan apa yang dikisahkan oleh masyarakat, yang tak anda peroleh di lokasi tinggal maupun di sekolah.Jadi, andai kita sedang di lingkungan masyarakat, anda dituntut untuk dapat bersikap atau beraksi lebih dewasa lagi.Membahas tentang masyarakat, apa format kerja sama yang terdapat di lingkungan masyarakat tersebut sendiri?

1. Ikut Kerja Bakti dalam Setiap Kegiatan
Kegiatan yang biasa dilakukan ialah bersih-bersih di desa selama untuk mencuci jalan yang ada, sehingga dapat menjadi lebih bersih dan rapi.Mengingat, lingkungan masyarakat ialah lingkungan anda juga, lingkungan lokasi kita tinggal, maka urgen untuk dapat ikut serta dalam sekian banyak  kegiatan aktif, entah tersebut harian, mingguan atau pekerjaan yang dilakukan setiap 1 bulan sekali.
Walaupun yang anda dapat ialah rasa lelah, namun, kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin pun tidak kalah hebatnya. Kita dapat menambah tali silaturahmi antar warga, sampai-sampai hubungan terjalin erat dan baik.

2. Ikut Kegiatan Siskamling
Untuk lebih menjaga ketenteraman dan ketertiban sekitar, anda juga dapat ikut pekerjaan siskamling yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat.Jika kita dapat ikut, maka paling asyik tentunya. Akan tetapi, andai kalian masih terlampau kecil, tidak butuh ikut, lumayan mendukung gerakan yang positif ini saja pun sudah dapat dikatakan sebagai di antara hal yang baik.Dengan adanya pekerjaan seperti siskamling ini, maka dapat mengurangi angka kejahatan, dan juga dapat menciptakan lingkungan masyarakat setempat yang aman, damai dan sejahtera.

3. Saling Membantu Jika Ada yang Terkena Musibah
Jika terdapat orang beda atau penduduk sekitar, tepatnya entah tersebut tetangga ataupun saudara kita, maka hukumnya wajib untuk kita untuk membantu atau membantu.Jika tidak dapat membantunya, meringankan beban orang tersebut pun tidak apa-apa. Ingat, anda ini ialah makhluk sosial yang tak dapat hidup tanpa orang lain.Percayalah, andai saat ini kalian menolong orang lain, kelak andai kalian sedang ditimpa oleh sebuah musibah atau apapun, pun akan ditolong oleh orang lain.Dengan adanya musibah atau bencana ini pun ternyata dapat memberikan akibat positif untuk lingkungan selama yakni dapat menjalin tali silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan antar penduduk sekitar sampai-sampai tidak terjadi keirihatian sosial antar sesama.

4. Bekerja Sama dalam Memecahkan Suatu Masalah
Jika antar penduduk ada hubungan yang alot alias tidak cukup akrab satu sama lain, betapa baiknya anda sebagai unsur dari lingkungan masyarakat pun ikut serta untuk menyerahkan pendapat atas sebuah masalah yang ada.Kita dapat berkoordinasi dengan Ketua RT, dan warga-warga beda yang terdapat untuk dapat menjaga keharmonisan antar warga.Apabila masalah ini sudah berlalu dan terpecahkan, maka, kehidupan masyarakat yang rukun sangat gampang akan tercipta.

5. Bergaul dengan Orang yang Baik
Di era canggih ini dan semakin pesatnya teknologi, ternyata moral justeru menjadi makin turun. Inilah cobaan untuk kita guna tetap dapat bergaul dengan baik terhadap teman-teman atau penduduk yang terdapat di sekitar.Tetap bergaul dengan orang-orang yang baik, sebab ini pun menjadi salah satu format kerja sama untuk dapat menciptakan lingkungan yang kondusif.Bergaul boleh dengan siapa saja, namun tidak boleh pernah guna mencontoh perbuatan negatif yang telah dilaksanakan oleh seseorang. Karena, niat buruk tersebut pasti tidak jarang kali ada dan hadir, dan itulah tugas kita guna menghalanginya.