Pengertian contoh alat musik ritmis serta Gambar

Pengertian contoh alat musik ritmis serta Gambar LENGKAP – Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Beberapa contoh alat musik ini misalnya drum, marakas, simbal, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa, dan kendang. Secara umum, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, namun ada pula beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek dan dikocok (digoyangkan).

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik sebagai pengikut lagu yang ketika dimainkan akan memberikan irama atau ritme yang tidak bernada. Biasanya Fungsi Musik ini yaitu sebagai pemberi tempo. Adanya tempo pada musik yang dimainkan akan membuat musik tersebut lebih enak untuk dinikmati saat didengar oleh telinga kita.

Contoh Nama Alat Musik Ritmis dan Gambarnya

Dengan perkembangan seni musik dunia yang begitu pesat, pada masa sekarang ini kita dapat menemukan banyak sekali contoh alat musik ritmis. Adapun beragam contoh tersebut dapat kita kategorikan menjadi jenis alat musik tradisional dan jenis alat musik modern. Berikut ini adalah beberapa contoh alat musik ritmis berdasarkan penggolongan tersebut lengkap dengan pembahasan dan gambarnya.

1. Kendang Yang pertama adalah kendang atau gendang. Alat musik tradisional Jawa ini juga merupakan alat musik ritmis yang dimainkan sebagai pengatur irama. Biasanya dimainkan sebagai pelengkap iringan musik gamelan yang dipentaskan saat pertunjukan wayang, tari jaipong, sinden, atau campur sari. Kendang ada beragam macamnya, ada kendang ketipung (ukuran kecil), kendang ciblon atau kebar (ukuran menengah), dan kendang kalih (ukuran besar). Semua macam kendang ini dimainkan dengan cara diteplak atau dipukul.

2. Tifa adalah alat musik tradisonal Papua yang juga termasuk jenis alat musik ritmis. Berdasarkan cara memainkan, bentuk, serta bahan pembuatannya, alat musik ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan gendang Jawa, hanya saja bentuk tabungnya yang ramping memanjang membuat ia umumnya dimainkan sambil berdiri. Tifa seringkali dimainkan saat digelarnya upacara adat Papua atau pesta-pesta adat.

3. Tamborin adalah alat musik ritmis tradisional yang dapat menghasilkan 2 bunyi sekaligus saat dimainkan. Bunyi pertama berupa suara gemerincing yang berasal dari tumbukan logam pada bagian sisi, sedangkan bunyi kedua berupa suara tabuhan yang berasal dari bagian membrannya. Alat musik ini diketahui berasal dari Eropa, namun di beberapa belahan dunia lain alat musik serupa juga banyak ditemukan.

4. Drum adalah kelompok alat musik ritmis yang terbuat dari kulit atau plastik yang direntangkan pada sebuah lubang tabung dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik atau pemukul khusus. Dalam pertunjukan musik rock, pop, dan jazz, drum umumnya mengacu pada satu set alat musik yang terdiri dari bass drum, snare drum, hi-hat, tom-tom, cymbal, dan lain sebagainya. Orang yang memainkan drum set ini disebut dengan istilah drummer.

5. Triangle juga merupakan salah satu contoh alat musik ritmis modern. Alat musik yang berbentuk segitiga dan terbuat dari bahan logam ini menghasilkan bunyi ketika dipukul pada bagian sisi luar maupun dalam menggunakan pemukul logam pula. Triangle biasanya dimainkan pada musik-musik slow, seperti pop, jazz, atau dangdut.

6. Simbal tangan

Simbal adalah salah satu alat musik yang dimainkan sejak zaman dahulu. Namun simbal saat-saat ini sudah menjadi bagian utama dari alat musik ritmis modern drum yang digunakan sebagai pemanis iringan musik. Namun simbal yang digunakan dalam drum hanya single dan dipukul dengn bantuan stik. Simbal tangan terdiri dari dua buah lempengan logam yang berbentuk lingkaran. Menonjol di bagian tengahnya. Cara memainkan simbal yaitu dengan membenturkan atau menggesekkan kedua lempengan tersebut. Contoh simbal tangan yaitu yang digunakan pada marching band.

7. Konga

Konga hampir mirip seperti gendang namun bentuknya memanjang dan ditaruh di atas penyangga besi agar tetap berdiri seimbang saat dimainkan. Konga ataupun kongo ini juga menggunakan bahan kayu dan kulit hewan sebagai alas untuk dipukul. Alat musik kongo ini dimainkan harus dipukul menggunakan dua tangan dan tidak diperkenankan dengan menggunakan alat bantuan pemukul. Alat musik ritmis kongo ini digunakan pertama kali pada wilayah bagian timur Kuba yang dikenal sebagai Oriente, pada sekitar abad ke-19, dimana ia tengah bekerja di musik populer seperti anak Kuba, Nungai dan Changui. Kemudian sebagian besar sumber sejarah budaya, Afro Cuban menyatakan bahwa kongo berasal di Afrika Tengah (Kongo/Bantu). Sejenis drum yang dibagian bawahnya terbuka.

8. Marakas

Alat musik ritmis ini dimainkan dengan cara digoyangkan dan akan menghasilkan suara seperti suara gemericik seperti suasana dilaut. Suara ini dihasilkan dari butiran-butiran kecil seperti biji-bijian yang biasanya diisi dalam labu yang dikeringkan dan telah dijahit. Biasanya terbuat dari plastik ataupun kelapa dan memiliki pegangan agar mudah untuk dimainkan. Alat musik ritmis Marakas atau yang didalam bahasa asing dikenal sebagai Maraca ini dikategorikan sebagai alat musik perkusi. Di zaman dahulu, alat musik ritmis marakas ini dimainkan secara tunggal sebagai media penyembuhan. Marakas juga digunakan sebagai pengiring segala macam prosesi ritual yang hampir ada diseluruh Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan. Marakas sendiri termasuk salah satu bagian yang begitu penting di musik Salsa, Rumba, Charanga, Trova Ensemble dan Cuba. Jenis alat musik ritmis seperti ini hampir dapat kita temukan diseluruh dunia.
Sponsors Link

9. Timpani

Timpani merupakan alat musik ritmis yang cara memainkannya dipukul dengan mallet timpani atau stik timpani. Mallet timpani terbuat dari kayu berdiameter sekitar 2 cm. Ujungnya dibalut bola kapas yang terbuat dari bulu biri-biri dari Eropa yang sangat lembut. Tabung timpani terbuat dari kuningan atau fiber dan berbentuk seperti mangkuk. Timpani merupakan salah satu alat perkusi yang sudah ada sejak abad ke-15 dan digunakan sebagai salah satu pengiring upacara keagamaan.

10. Kastanyet

Kastanyet merupakan alat musik ritmis tradisional yang biasanya mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Alat musik ritmis ini terdiri dari sepasang kepingan kayu keras berbentuk cekung atau dari gading gajah. Cara memainkan alat musik ritmis ini yaitu dengan cara menepuk kastanyet yang dipegang oleh tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan.

Pengertian contoh alat musik ritmis serta Gambar | jati | 4.5