Pengertian contoh alat musik ritmis serta Gambar

Pengertian contoh alat musik ritmis serta Gambar – Musik adalah salah satu media yang bisa dijadikan guna pelampiasan benak kita sekaligus menjadi hiburan yang apik. Musik telah dikenal sehak zaman dahulu hingga zaman canggih seperti kini ini.
Bicara mengenai musik tentunya tentu tidak jauh bahasannya dari instrumen musik atau perangkat musik. Jika disaksikan menurut kegunaannya alat musik dipecah menjadi 3 macam : ritmis, melodis, dan harmonis.
Dari ketiga faedah tersebut tentunya ada kelebihan, keurangan tersendiri. bila dipisahkan antara perangkat musik ritmis dan perangkat musik melodis ada pada terdapat tidaknya nada. Alat musik ritmis tidak terdapat nadanya, sementara alat musik melodis terdapat nadanya.

PENGERTIAN ALAT MUSIK RITMIS

Alat musik ritmis ialah alat musik yang tidak bisa membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Beberapa misal alat musik ini contohnya drum, marakas, simbal, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa, dan kendang. Secara umum, perangkat musik ini dimainkan dengan teknik dipukul, tetapi ada pula sejumlah alat musik ritmis yang dimainkan dengan teknik digesek dan dikocok (digoyangkan).
Dari sejumlah sumber ada perbedaan dalam menafsirkan pengertian perangkat musik ritmis ini. Sehingga saat ditanya apa definisi alat musik ritmis itu, maka akan diperoleh jawaban yang berbeda-beda.
Tetapi dari sekian tidak sedikit pendapat tentang pengertian perangkat musik ritmis, semuanya sependapat bila alat musik ritmis ialah alat musik pengiring lagu.
Dapat dikatakan, definisi alat musik ritmis ialah sebuah perangkat musik tidak bernada atau nadanya tidak tetap (berubah-ubah). Seperti yang telah disebut-sebut di atas, perangkat musik ritmis bermanfaat sebagai perangkat musik pengiring suatu lagu.

CONTOH ALAT MUSIK RITMIS

Berikut ini ialah macam-macam dan misal alat musik ritmis tradisional menarik yang tesebar di semua dunia berserta asal daerahnya, gambar dan cara memainkannya:

1. KENDANG



Alat musik ritmis kendang biasa di pakai di jawa laksana pengiring lagu tradisional, kini alat musik kendang ini pun mulai digabungkan  dengan perangkat musik modern.
Cara memainkan perangkat musik kendang ini ialah dengan memukulkan tangan ke kulit yang direnggangkan pada kendang tersebut.
Alat musik memiliki sejumlah macam jenis yakni ketipung ialah kendang kecil, kendang ciblon ialah kendang kebar atau dapat disebut kendang menengah, kendang kalih ialah kendang gede adalahpasangan dari ketipung.

2. TIFA



Tifa ialah salah satu perangkat musik yang berasal dari Indonesia unsur timur, khususnya wilayah Papua dan Maluku. Alat musik Tifa ini adalah sejenis perangkat musik pukul yang tercipta dari kayu dan berbentuk tabung. Bentuk dan kegunaannya sekilas nyaris sama dengan perangkat musik Gendang, tetapi suara perangkat musik Tifa ini tersiar lebih ringan. Tifa adalahsalah satu perangkat musik yang familiar di kalangan masyarakat Papua dan Maluku. Alat musik ini seringkali sering dipakai untuk mengiringi upacara adat, peragaan musik, atau tarian tradisional.
Cara Memainkan Alat Musik Tifa
Untuk memainkan perangkat musik Tifa seringkali disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Ada yang memakai alat pukul, dan ada pun yang melulu dimainkan memakai tangan. Sama halnya dengan perangkat musik Gendang, Tifa pun adalahjenis perangkat musik yang memiliki satu suara. Sehingga ketika dimainkan bareng alat musik lain, Tifa menjadi suara utama dan pengatur irama. Namun bilamana dimainkan dengan jenis Tifa lainnya, maka mesti disesuaikan. Karena masing-masing jenis Tifa seringkali mempunyai suara yang berbeda, sampai-sampai harus dipadukan supaya menajadi sebuah irama yang baik dan enak guna didengarkan.

3. REBANA



Rebana adalahsuatu wujud dari Instrumen musik bernuansa Islami guna melanturkan syair-syair yang dipakai pada acara syukuran, pernikahan, khitanan, dan lain-lain, ada pun Rebana yang digunakan saat menjelang adzan tiba, perangkat musik yang satu ini tergolong tradisional tapi pun ada sejumlah Rebana yang tergolong modern. Cara memainkannya dipukul-pukul memakai tangan.

4. KASTANYET



Alat musik ritmis kastanyet sebagai berikut cara memainkannya ialah dengan menempatkan alat musiknya kastanyet di tangan kiri, selanjutnya tangan sebelah kanan menepuk-nepuk tangan kiri, urusan ini dimaksudkan supaya alat musik ritmis kastanyet ini menerbitkan bunyi cocok yang diharapkan pemainnya.
Biasanya perangkat musik ini dipakai untuk mengiringi tari-tarian di Spanyol.

5. TIMPANI



Alat musik timpani adalahalat musik ritmis yang tercipta dari bahan kuningan dan tabungnya berbentuk serupa mangkuk.
Cara memainkan perangkat musik ritmis timpani ialah dengan teknik dipukul dengan perangkat yang mempunyai nama stik atau mallet timpani.

6. KONGA



Alat musik ritmis Konga serupa dengan kendang,tapi format alat musik konga ini lebih panjang dan terdapat keanehan tersendiri dari bentuknya. Alat musik ritmis tradisional konga ini tercipta dari kayu.Kulit fauna yang digunakan untuk permukaanya sebagai sumber bunyi dari perangkat ini.
Cara memainkan perangkat musik ritmis konga ialah dengan teknik dipukul dengan kedua tangan tanpa perangkat bantu.

7. TAMBORIN



Tamborin ialah alat musik yang dimainkan dengan teknik ditabuh pada sisi membrannya. Alat musik ini umumnya tercipta dari bingkai kayu yang berbentuk bundar dan dilengkapi pun dengan logam kecil yang berjajar di sekeliling bingkai tersebut sendiri.

Ada 2 teknik cara memainkan perangkat musik Tamborin, yaitu:
Memegang tamborin dengan tangan kanan kemudian digoyangkan ke kiri dan ke kanan seraya menepuknya, atau sebaliknya Memegang tamborin dengan tangan kiri dan digoyangkan ke kanan dan ke kiri seraya menepuknya

8. MARAKAS



Alat musik marakas ini memiliki perbedaan yang jauh dengan perangkat musik kongo, mulai dari format dan teknik memainkan perangkat musik kongo. Meskipun bertolak belakang tapi kedua perangkat musik ini masih tergolong jenis perangkat musik ritmis sebab tidak memliki nada.Dari bentuknnya yang laksana botol bola yang mengandung butiran-butiran kecil yang lumayan keras .
cara memainkan perangkat musik marakas ini dengan teknik menggoyang-goyang dengan keras sampai-sampai akan menghasilkan bunyi yang lumayan gemerisik.