Pengertian, Cara Membuat,Contoh Musikalisasi Puisi

Pengertian, Cara Membuat,Contoh Musikalisasi Puisi – Musikalisasi puisi ialah puisi yang dinanyikan. Musikalisasi puisi adalahkolabolasi antara sastra dengan musik. Puisi yang biasa diucapkan atau dibacakan dengan intonasi, sementara musikalisasi puisi diucapkan atau dibacakan dengan nada dan diiringi dengan musik. Musikalisasi puisi adalahupaya untuk memperlihatkan puisi dengan teknik memasukkan bagian musik secara dominan. perpaduan atau kolaborasi puisi dengan musik ini bertujuannya supaya pendengar atau apresian lebih mengetahui maksud yang terdapat dalam puisi. Dengan kolaborasi ini pun diharapkan supaya apresian yang tidak mengetahui isi atau maksud yang terdapat dalam puisi menjadi paham. Para penggagas atau pencetus mengenai musikalisasi puisi ini, seharusnya memberikan pengertian yang jelas dan tegas, supaya tidak memunculkan pemahaman yang ambigu. Pengertian yang menuliskan bahwa musikalisasi puisi ialah puisi diucapkan atau dibacakan dengan nada dan diiringi dengan musik, masih belum tegas. Pengertian ini masih berisi tanda tanya. Apa bedanya dengan lagu yang pun mengucapkan ucapan-ucapan puitis dengan nada dan diiringi musik.
Pengertian, Cara Membuat,Contoh Musikalisasi Puisi

 

Pengertian Musikalisasi  Puisi Menurut Para Ahli

  • Danardana (2013:56)

Menurut Danardana, Musikalisasi puisi adalah kolaborasi apresiasi seni antara musik, pusis dan pentas. Melalui musikalisasi puisi, seseorang tidah hanya mendapat kesempatan mengapresiasi puisi dan musik tapi juga mendapatkan kesempatan mengekspresikan apresiasi seninya itu di depan khalayak.

  • Arsie (1996:16)

Mernurut Arsie, Musikalisasi puisi adalah satu bentuk ekspresi sastra puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni seperti irama, bunyi(musik) dan gerak (tari)
Supratman Abdul Rani
Menurut Supratman Abdul Rani, Musikalisasi puisi sebagai upaya menampilkan pusi dengan jalan memasukkan unsur-unsur musik secara dominan. Akan tetapi, tujuan pemusikalisasi puisi bukanlah sekedar untuk menampilakan saja. Didalamnya ada upaya yang lebih dari itu.

  • Dedi S. Putra

Menurut Dedi S. Putra, Musikalisasi puisi sebegai bentuk apresiasi puisi ungkapan musikan : instrumen, melodi dan nyanyian ucapan. Nuansa makna kata: ekplisit dan implisit. Penghayatan menjadikan pusi mendapatkan kemampuan ekstra untuk berkomunikasi karena pencarian yang diciptakan.

  • Ari KPIN

Menurut Ari KPIN, Musikalisasi puisi adalah sarana mengkomunikasikan puisi pada apresin melalui persembahan musik (nada, irama, lagu dan nyanyian)

Bentuk-bentuk Musikalisasi Puisi

  • Musikalisasi Puisi Lagu

Bentuk dari Musikalisasi Puisi Lagu ialah model puisi yang terfokus pada pengubahan puisi menjadi syair lagu yang mempunyai nada diatonis yang di aransemen dan di kombinasikan melewati iringan musik. Syair lagu yang mempunyai nada harmoni yang pada dasarnya ialah bentuk aransemen puisi ke format lagu. Dan Partitur Musik ialah teks lagu yang berisikan puisi-puisi yang di aransemen ke dalam format lembaran musik yang melodi, irama/ritme, dan harmoni.
Pengubahan format puisi menjadi lagu ialah produktivitas yang dilaksanakan seorang penyair atau pencipta lagu yang puitis melewati unsur khayalan dan kemampuan dalam bermusik. Musikalisasi puisi dengan teknik membuat komposisi lagu dimana syair puisi menjadi lirik lagu. Produktivitas itu lahir dari seorang penyair melalui khayalan dan kemampuan bermusik.

  • Musikalisasi Puisi Iringan

Bentuk Musikalisasi Puisi Irangan ialah model puisi yang terfokus pada iringan permainan alat-alat musik. Fokus utama dari model puisi ini yaitu kemahiran olah vokal dari pembaca puisi. Sama halnya dengan pendapat Danardana (2003:57) yang mengaku bahwa puisi dibawakan dengan diiringi oleh permainan alat-alat musik. Fokus utama dari model puisi ini yaitu kemahiran oleh vokal dari pembaca puisi.

  • Musikalisasi Puisi Total

Bentuk Musikalisasi Puisi Total yakni model musikalisasi yang berubah total menjadi suatu lagu dengan mengkongkretkan puisi dalam format musik seutuhnya.

Tujuan musikalisasi puisi

Tujuan dari musikalisasi puisi itu sendiri adalah agar pembacaan puisi menjadi lebih ekspresif dan menarik. Musikalisasi puisi juga dapat membantu proses pembangunan suasana imajinasi kita dalam mengapresiasi karya puisi. Berikut cara membuatnya.

Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Langkah-langkah cara membuat musikalisasi puisi adalah

  1. menikmati musikalisasi puisi,
  2. memilih puisi yang akan dimusikalisasi,
  3. memahami puisi yang akan dimusikalisasi,
  4. menentukan irama yang sesuai dengan suasana puisi,
  5. menampilkan musikalisasi puisi
  6. menilai musikalisasi puisi.

1. Menikmati Musikalisasi Puisi

Pernahkah kamu mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade atau Bimbo? Lirik lagu yang mereka nyanyikan terasa sangat puitis. Lirik-lirik lagu tersebut pada dasarnya adalah puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang memiliki irama.

Bahkan, lirik-lirik lagu Bimbo ada yang ditulis oleh Taufik Ismail, salah seorang penyair ternama Indonesia. Mari kita nikmati lirik-lirik lagu itu! Putarlah salah satu lagu Ebiet G. Ade!



Dengar dan cobalah ikut bernyanyi! Kamu dapat juga menyanyikan lagu “Tuhan” karya Taufik Ismail yang dipopulerkan oleh Trio Bimbo. Sambil bernyanyi, simaklah syair lagunya. Berikut adalah teks syair lagu “Tuhan”.

Tuhan
Oleh: Trio Bimbo

Tuhan, tempat aku berteduh
Di mana aku mengeluh
Dengan segala keluh

Tuhan, Tuhan yang Maha Esa
Tempat aku memuja
Dengan segala doa

Aku jauh Engkau jauh
Aku dekat Engkau dekat
Hati adalah cermin
Tempat pahala dan dosa berpadu

Setelah kamu mendengarkan atau menyanyikan lagu tersebut, kemukakanlah pendapatmu tentang irama lagu itu. Apakah iramanya sesuai dengan suasana dan isi lirik lagunya? Bagaimana pula tentang suasana perasaanmu dan imajinasi yang kamu bayangkan ketika mendengarkan lagu itu?

Selanjutnya, cobalah syair lagu tadi kamu baca sebagaimana kamu membaca puisi dengan diiringi alat musik tertentu, misalnya gitar, piano, atau gamelan!

2. Memilih Puisi yang Akan Dimusikalisasi

Sebenarnya semua puisi bisa dimusikalisasi. Akan tetapi, sebaiknya kamu memilih puisi-puisi yang sederhana, yang syairnya mudah diucapkan agar mudah dinyanyikan.

Berikut ini salah satu contoh puisi sederhana yang dapat dimusikalisasi.

Tuhan
 Karya: Hasbiono K.

Kauberi aku mata untuk melihat
Kauberi aku telinga untuk mendengar
Kauberi aku kaki untuk berjalan
Kauberi aku akal untuk berpikir

Tuhan,
Kini aku telah melihat bumiMu
Kini aku telah mendengar kata-kataMu
Kini aku telah berjalan menyelusuri bumiMu
Dan telah kupikirkan semua tujuanMu

Alangkah munafiknya diri ini
Bila tak bersyukur padaMu
Alangkah berdosanya hati ini
Bila keangkuhan ada pada diriku

Oh, Tuhan
Maafkan hambaMu

Pilihlah puisi yang sederhana yang mudah untuk dilagukan atau diiringi musik! Caranya, pilihlah beberapa puisi kemudian diskusikan dengan kelompokmu, dengan guru bahasa Indonesia, atau guru kesenian untuk menentukan puisi yang paling cocok untuk dimusikalisasi!

3. Memahami Isi Puisi yang akan Dimusikalisasi

Setelah menentukan puisi yang akan dimusikalisasi, kamu harus mampu memahami isi puisi dengan tepat agar irama lagu yang dipilih sesuai dengan isi puisi.

Untuk memahami isi suatu puisi, kamu dapat berpedoman pada pertanyaan berikut.

  1. Apa tema puisi itu?
  2. Suasana bagaimanakah yang menjiwai puisi itu?
  3. Hal apakah yang ingin dikemukakan pengarang melalui puisi itu?
  4. Adakah bunyi vokal atau konsonan yang dominan dalam puisi itu?
  5. Kata-kata apakah di dalam puisi itu yang menurutmu sulit untuk dipahami?

4. Menentukan Irama yang Sesuai dengan Suasana Puisi

Dengan bantuan guru musikmu, tentukanlah nada, irama, dan tempo yang sesuai dengan isi dan suasana puisi! Dengan demikian, akan tercipta perpaduan bunyi yang indah antara puisi dan alat musik yang mengiringi.

Manfaatkanlah alat-alat musik sederhana yang ada di sekitarmu seperti gitar, harmonika, atau seruling! Bila tidak ada alat musik, kamu dapat menyanyikan secara acapela (bernyanyi tanpa musik).

5. Menampilkan Musikalisasi Puisi

Setelah semuanya disiapkan tampilkanlah musikalisasi puisi! Dalam penampilan musikalisasi, unsur terpenting yang harus diperhatikan adalah kejelasan vokal dan penghayatanmu (ekspresi) saat menyanyikan puisi tersebut.

Contoh Musikalisasi Puisi

  • Banda Neira – Derai-derai Cemara

Siapa yang tidak kenal dengan Banda Neira? Pastinya bagi pecinta musik indie sangat mengenal mereka. Banda Neira memiliki lagu dengan lirik-lirik yang sangat menyentuh hati. Tanpa memakai puisipun, lirik lagu mereka sangat puitis. Nah, bagaimana apabila mereka melakukan musikalisasi puisi yang merupakan karya dari Chairil Anwar? Pasti bagus dan keren.

Derai-derai cemara menjadi salah satu contoh musikalisasi puisi beserta lagunya yang dibawakan oleh Banda Neira yang bercerita tentang orang yang tidak ingin dan berhenti untuk melihat masa lalu nya. Dengan setuhan musik yang menenangkan dan menyegarkan jiwa, serta lirik yang dalam pasti membuat mu tidak akan menyesal untuk mendengarkannya lagi dan lagi.

  • Ebiet G. Ade-Trio Bimbo – Tuhan

Salah satu contoh musikalisasi puisi beserta lagunya yang selanjutnya adalah dari Ebiet G. Ade. Dengan lirik yang sangat puitis, jika kamu mendengarnya lebih dalam maka akan merasa kalau itu adalah sebuah puisi.

Lagu itu memang benar merupakan musikalisasi puisi, terdapat makna yang sangat puitis serta adanya kecocokan irama dan puisi tersebut. Pastinya setelah mendengar musikalisasi puisi tersebut, kamu merasa tenang dan jiwa menjadi segar kembali. Musik dan irama yang menenangkan hati, pastinya akan membuatmu betah untuk memutarnya berulang-ulang tiap harinya.

  • Ari Reda – Di Restoran

Ari Reda adalah sebuah band Indie yang terdiri dari dua orang, yaitu Ari Malibu dan Reda Gaudiamo. Mereka terkenal akan lagu-lagunya yang merupakan hasil dari musikalisasi puisi karya sang pujangga terkenal, Sapardi Djoko Darmono.
Salah satu contoh musikalisasi puisi beserta lagunya yang terkenal adalah berjudul “Di Restoran”.

Puisi Di Restoran ini menceritakan tentang kecanggungan antara sepasang lelaki dan perempuan yang bingung dalam menentukan pilihan yang tepat. Hal ini dimungkinkan karena sudah lama tidak bertemu dan akhirnya menjadi canggung dan bingung mau gimana. Namun, meskipun begitu banyak juga orang yang menafsirka puisi dengan arti yang lain, entah merasa resup, sedih ataupun merasa tenang.

  • Rako Prijanto – Tentang Seseorang

Siapa yang tidak tahu tentang puisi ini? Yap benar sekali. Puisi ini adalah puisi yang dibawakan oleh Cinta pada film AADC pertama. Puisi ini menggambarkan tentang kesepian seseorang yang bersifat introvert. Puisi ini berhasil di jadikan musikalisai

Share