Pengertian dan Contoh Laporan Pengamatan,struktur,Ciri

Pengertian dan Contoh Laporan Pengamatan,struktur,Ciri – Pengamatan adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan secara sengaja dan terencana dengan maksud untuk mendapat  informasi atas apa yang menjadi destinasi dalam pengamatan.Tahukan kamu membuat laporan simpel sudah dibelajarkan di sekolah dasar pada umumnya. Model laporan pemantauan yang diciptakan di sekolah dasar masih sederhana. Laporan pemantauan yang diciptakan masih seputaran dunia anak, sekolah dan lingkungan setempat.Dalam pembelajaran menciptakan laporan pemantauan siswa sekolah dasar, guru hendaknya memberikan misal laporan pemantauan sebelumnya untuk siswa. Dengan adanya misal laporan pengamatan, maka murid akan memiliki cerminan bagaimana sebetulnya yang dinamakan dengan laporan dan apa guna laporan tersebut.
Pembelajaran menciptakan laporan pemantauan sederhana di sekolah dasar pasti harus didahului dengan kemampuan siswa dalam mengamati. Guru terlebih dahulu menyerahkan pengalaman untuk siswa tentang mengerjakan pengamatan pada sebuah tempat, benda, atau peristiwa yang terjadi.
Tekankan kemampuan mengamati untuk siswa. Tulis apa yang ditemukan dalam mengamati, dengan daftar di cocok dengan tujuan.
Pengertian dan Contoh Laporan Pengamatan,struktur,Ciri

Hal yang butuh di himpun terlebih dahulu sebelum mengerjakan pengamatan ialah sebagai inilah :

  • Hal yang diamati
  • Waktu pengamatan
  • Tempat pengamatan
  • Tujuan pengamatan
  • Hasil pengamatan
  • Kesimpulan

Pengertian Laporan Pengamatan

Laporan Pengamatan adalah laporan atau tulisan yang dibuat sebagai hasil pengamatan terhadap objek pengataman tertentu, seperti sebuah tempat atau suatu proses pekerjaan.
Laporan pengamatan terhadap sebuah tempat, misalnya, laporan pengamatan kantor kepala sekolah,ruang tunggu sekolah, lapangan sekolah, dll.
Sedangkan laporan pengamatan terhadap suatu proses pekerjaan misalnya laporan pengamatan cara membuat kopi,dll.

Struktur Teks Laporan Pengamatan 

  1. Disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi yang diikuti dengan aspek yang di laporan.  
  2. Pernyataan umum di tulis di awal paragraf. Pada tahap penyataan umum yang dimaksudkan adalah suatu kata pembuka atau pengantar tentang apa yang akan di laporkan. 

Ciri-Ciri Teks Laporan pengamatan atau observasi

  1. Laporan yang ditulis bersifat fakta
  2. Laporan Bersifat objektif
  3. Laporan hasil harus ditulis lengkap dan sempurna
  4. Tidak memasukan unsur-unsur menyimpang atau moral yang tidak baik, seperti propaganda, pemihakan, atau penuduhaan dan atau pransangka buruk. 
  5. Laporan disajikan secara menarik pembaca, baik dalam hal tata bahasa atau pemilihan kata (diksi) yang jelas, isinya yang berbobot yang penting, dan susunan teksnya harus logis. 

Langkah-Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Pengamatan

Setelah anda simak ciri- ciri teks laporan pengamatan, barangkali masih tidak sedikit teman-teman yang belum tau teknik atau langkah-langkah menciptakan teks laporan. teks laporan hasil pengamatan dibentuk dengan rapih, logis, dan unik pembaca. Berikut tahapan – tahapan menyusun teks hasil pengamatan.

  1. Menentukan judul teks laporan pengamatan berdasarkan objek yang ingin diamati. Penentuan judul biasanya didasarkan atas ketertarikan penulis akan suatu masalah yang melatarbelakanginya.
  2. Membuat kerangka laporan pengamatan.
  3. Membuat kalimat pembuka laporan pengamatan. 
  4. Mengembangkan ide-ide yang ada di dalam kerangka yang sudah di buat. Pengembangan kerangka karangan harus sejalan dengan tujuan. 
  5. Menyusun isi sebuah laporan dengan gagasan pokok, dan saran yang disertai alasan mengenai teks laporan. 
  6. Membuat kalimat penutup, Kalimat penutup berupa kesimpulan yang diambil dari pengamatan. 

Contoh laporan pengamatan

ini merupakan contoh laporan pengamatan yang dibuat agar bisa dijadikan contoh yang mana Anda pun bisa memperbaiki contoh ini, dimodifikasi sesuai dengan keinginan anda.

Ada beberapa poin penting yang harus ada dalam laporan pengamatan. Contoh laporan ini untuk didiskusikan bersama siswa Anda.

Hal Yang Diamati : Tumbuhan di lingkungan halaman sekolah
Waktu Pengamatan : Jum,at, 23 Maret 2017
Tempat Pengamatan: SDN 01 Kota Bogor

Tujuan Pengamatan : Untuk Mengetahui ciri khusus tanaman mawar

Hasil Pengamatan  :
Hasil pengamatan tanaman mawar yang ada di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut :
Ciri-ciri daun

  • Daun berwarna hijau tua
  • Bentuk daun menyirip
  • Anak daun berbentuk lonjong

Ciri-ciri bunga

  • berwarna merah, merah muda, dan putih
  • mempunyai kelopak, mahkota, putik dan benang sari

Ciri-ciri batang

  • Batang berkayu, tegak dan bercabang
  • Seluruh batang tanaman mawar dipenuhi dengan duri.

Kesimpulan
Bunga mawar adalah jenis tanaman yang berbatang keras dan berkayu. Tanaman mawar penuh dengan duri, namun memiliki bunga yang berwarna indah. Merah, putih dan merah muda adalah beberapa jenis tanaman bunga mawar.

Share