Pengertian statistik Menurut para Ahli

Pengertian statistik ialah ilmu yang mempelajari teknik pengumpulan, pengelolaan, penyajian, dan analisis data termasuk teknik pengambilan kesimpulan dengan memperhitungkan unsur ketidakpastian (uncertain) menurut konsep probabilitas. Definisi yang lain menyebutkan statistik ialah kumpulan data dalam format angka maupun bukan angka dibentuk dalam format daftar (tabel) dan atau diagram.

Statistik bisa mempermudah anda dalam mengerjakan penelitian. Untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang menggarap tugas akhirnya tentu tidak asing dengan ilmu ini. Dalam ilmu statistik ada istilah-istilah laksana elemen, karakteristik, variable, populasi, sampel, sensus, sampling, sampling error, dan kekeliruan sampling.

Statistik paling erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari terutama di bidang ekonomi dan industri. Ilmu statistik sangat bermanfaat dalam sekian banyak  bidang, laksana industri manufaktur, farmasi, bisnis, pemasaran, dan beda sebagainya. Statistik ini dipakai untuk menarik benang merah menurut data yang telah ada dan menciptakan keputusan. Statistik dapat dipecah menjadi statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Pengertian statistik Menurut para Ahli


Pengertian Statistik Menurut Para Ahli


  • Modenhall

Statistik adalah salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan dari suatu populasi darimana data itu didapatkan.

  • Kendal & Stuart

Statistik adalah cabang dari metode ilmiah yang berkaitan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.

  • Asher

Menurutnya statistik itu berkaitan dengan suatu langkah atau metode dalam menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.

  • Mood, Graybill & Boes

Mereka mengemukakan bahwa statistik adalah suatu teknologi dari salah satu metode ilmiah dan berkaitan dengan percobaan, penyelidikan dan penarikan kesimpulan.

  • Anderson & Bancroft

Mereka mengungkapkan statistik adalah ilmu & seni perkembangan juga metode yang paling tepat dan efektif dalam pengumpulan, mentabulasikan dan menginterprestasikan data-data kuantitatif.

  • Stoel Torrie

Mengungkapkan statistik adalah cara atau metode yang memberikan langkah-langkah guna untuk menilai ketidakpastian dari sebuah kesimpulan yang sifatnya induktif.

  • Marguerrite F. Hall

Statistik adalah suatu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, menganalisa, menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

  • Freund & Walpole

Menjelaskan statistik adalah salah satu sains dalam pengambilan suatu keputusan yang belum pasti.

  •  Sudjana

Menyimpulkan statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan teknik-teknik atau cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data dan publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

  • Sugiyono

Menurutnya, statistik dalam arti sempit a adalah data dan alat. Secara luas, statistik adalah suatu alat dalam menganalisis dan mengambil sebuah keputusan.

  • Prof. DRS. Sutrisno Hadi, MA

Mengemukakan statistik adalah salah satu cara untuk mengolah data & menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebiah pengolahan data.

  • Prof. DR. Agus Irianto

Menjelaskan statistik adalah sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan asumsi tertentu.

  • Suntoyo Yitnosumarto

Mengemukakan statistik adalah sebuah informasi yang menggunakan metodologi & cara-cara perhitungan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

  • Ir. M. Iqbal Hasan, MM

Mengemukakan statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data yakni tentang tatacara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

  • J. Supranto.

memberikan 2 arti statistik iyalah :
Dalam arti sempit, Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
Dalam arti luas, Statistik adalah ilmu yang mempejari cara pengumpulan , penyajian , serta analisa data , dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh

  • Drs. Djawanto.

Statistik iyalah kumpulan angka-angka yang berhubungan dengan atau melukiskan suatu persoalan.

  • Croxton dan Cowden

Dari 2 ilmuwan ini mengungkapkan bahwa statistik adalah cara atau metode untuk mengumpulkan data, mengelola kemudian menyajikannya dan bisa juga menginterpretasi data yang berwujud angka.

  • Oxford

Praktik atau ilmu mengumpulkan dan menganalisis data numerik dalam jumlah besar, terutama untuk tujuan menyimpulkan proporsi secara keseluruhan dari mereka dalam sampel yang representatif

  • Merriam

cabang matematika yang berurusan dengan pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian massa data numerik