contoh Kata & kalimat homograf


contoh Kata & kalimat homograf – Homograf menurut Kamus Besar bahasa Indonesia ( KKBI ) adalah sebuah kata yang memiliki ejaan ( tulisan ) yang sama dengan kata lain tetapi mempunyai lafal ( pengucapan ) dan makna yang berbeda. Perbedaan ini biasanya terjadi karena pengucapan huruf ” e ” yang berbeda di kata nya.

Homograf berasal dari Bahasa Inggris ” homograph “. Homo berarti “sama” dan Graph berarti ” tulisan “. Di pelajaran bahasa indonesia, Ada beberapa kata yang termasuk dalam katagori kata homograf. Berikut ini akan mimin berikan 7 contoh kata homograf sekaligus contoh penggunaan nya dalam kalimat.

Berikut ini contoh penggunaan kata kata homograf tadi dalam kalimat :

  1. Apel ( Buah ) – Apel ( Kumpul )
    Apel pagi ini dihebohkan oleh kelakuan seorang tentara yang sambil makan buah apel.
    Kata “apel” yang pertama meupakan acara kumpul dilapagan pada pagi hari sedangkan kata “apel” yang kedua merupakan salah satu jenis buah.
  2. Teras ( Inti ) – Teras ( Beranda Rumah )
    Para pejabat teras kabupaten grobogan, jawa tegah sedang berkumpul di teras rumah pak gubernur membahas tentang jeleknya jalan di kabuaten grobogan.
    Kata “teras” yang pertama berarti inti , utama sedangkan kata “teras” yang kedua merupakan salah satu bagian dari rumah.
  3. Tahu ( Mengerti ) – Tahu ( Makanan )
    Saya tahu kalo sumber protein nabati bisa didapat dari tahu dan tempe.
    Kata “tahu” yang pertama berari mengetahui atau mengerti, sedangkan “tahu” yang kedua adalah makanan
  4. Mental ( Psikologis, Pikiran ) – Mental ( Terpelanting )
    Karena kalah mental terlebih dahulu, petinju meksiko itu langsung mental keluar ring setelah terkena satu pukulan dari Crish John
    Kata “mental” yang pertama itu berarti psikologis atau pikiran, sedangkan “mental” yang kedua berarti jatuh keluar ring.
  5. Keset ( Kasar, Seret ) – Keset ( Alas )
    Aku sedang bersantai setelah mencuci piring dan gelas menjadi bersih dan keset semua, sementara itu adik sedang membersihkan keset di halaman
    Kata “keset” yang pertama berari bersih banget piringnya, sedangkan kata :keset” yang kedua merupakan alas yang biasanya diletakkan di depan pintu.
  6. Serang ( Serbu ) – Serang ( Kota )
    ” Serang ! ” teriak sang komandan saat menyuruh pasukanya menyerbu Serang, Banten.
    Kata “serang” yang bertama berarti menyerbu musuh, sedangkan kata “serang” yang kedua merupakan sebuah kota di Banten.
  7. Seri ( Gigi ) – Seri ( Imbang )
    Gigi seri Mas Heri patah akibat terjatuh menubruk meja saat merayakan hasil seri antara Chelsea dan AS Roma.
    Kata “seri” yang pertama berarti salah satu jenis gigi selain gigi taring dan geraham, sedangkan kata “seri” yang kedua berarti imbang atau sama skor nya.

contoh Kata & kalimat homograf | jati | 4.5