contoh teks tanggapan kritis & Pengertian,Fungsi,Ciri-Ciri

contoh teks tanggapan kritis & Pengertian,Fungsi,Ciri-Ciri – Seperti yang kita tahu bahwa teks tanggapan kritis berisi kritik pedas mengenai suatu hal tentang kesalahannya.Teks tanggapan digunakan oleh suatu bacaan yang berisi tentang gagasan yang disampaikan oleh seseorang mengenai persoalan yang sedang terjadi. Sering kali teks tanggapan kritis digunakan dalam perdebatan atau diskusi di dalam organisasi atau forum yang sedang membahas sebuah isu terkini.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis
Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Biasanya terjadi jika ada debat , orang B memberi kritik kepada orang A karena apa yang disampaikannya kurang pas. Bisa disebut juga dengan menganalisa suatu pendapat. Kita harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang atau teman kita saat kita memberikan pendapat. Karena setiap tanggapan yang mereka berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.

Teks tanggapan kritis mempunyai 3 struktur penyusun yang menjadi ciri-cirinya. 3 Struktur itu:

  • Evaluasi: berisi pernyataan umum mengenai suatu yang akan disampaikan.
  • Deskripsi Teks: bagian isi teks tanggapan kritis, memuat informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan.
  • Penegasan Ulang: bagian terakhir teks, berisi penegasan ulang mengenai suatu yang sudah dilakukan atau diputuskan

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

a. Berisi mengenai tanggapan suatu peristiwa yang terjadi di dalam lingkungan sekitar yang didasarkan dengan fakta, data dan alasan yang dapat menguatkan tanggapan tersebut
b. Mempunyai 3 struktur meliputi Evaluasi, Deskripsi teks, dan Penegasan ulang
c. Bahasa yang dipakai menggunakan kalimat kompleks, konjungsi, dan kata rujukan

Fungsi Teks Tanggapan Kritis

Fungsi teks tanggapan kritis adalah memberikan kritik yang membangun atas suatu permasalahan yang dianggap salah dengan alasan-alasan yang dapat merubah pandangan seseorang.

Contoh Teks Tanggapan Kritis SINGKAT Beserta Strukturnya

1. Judul: Pergaulan Bebas
Evaluasi
Zaman sekarang banyak sekali remaja yang terjebak pergaulan bebas. Dimana pergaulan bebas merupakan bentuk perilaku yang menyimpang, dimana kata “bebas” artinya melewati batas, tidak seperti norma orang-orang timur.

Deskripsi Teks
Pergaulan bebas mempunyai dampak yang sangat negatif, misalnya melakukan hal yang melanggar hukum (mabuk dan semacamnya).

Selain itu terdapat pula dampak positifnya yaitu mempunyai banyak teman, belajar cara berkomunikasi, menghormati, mengendalikan diri di tengah masyarakat.

Orang Indonesia sering meniru hal kurang baik dari orang barat seperti berciuman yang dianggap orang barat suatu hal yang wajar.

Pergaulan bebas timbul karena rasa gengsi, nafsu, penasaran, broken home, hidup sendiri, faktor keluarga, kurang iman, dan lainnya.

Selain itu teknologi juga berpengaruh besar terhadap pergaulan bebas, akses internet dan televisi yang kurang diawasi memicu remaja untuk melakukan hal yang tidak baik.

Penegasan Ulang
Ketika kita sudah mengetahui hal penyebab pergaulan bebas, alangkah baiknya orang tua harus lebih mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Dengan memilih tontonan yang baik dan pemanfaatan internet sebaik mungkin.

2. Judul: Kebakaran Hutan dan Kebun Sawit
Evaluasi
Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Tetapi apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan Lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.
Deskripsi Teks
Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Namun disisi lain perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan semakin luas. Tetapi keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak.

Penyelidikan mengenai salah satu faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru.

Sehingga peran pemerintah dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia Internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

Penegasan Ulang
Diperlukannya peran dari pemerintah untuk membuat kebijakan yang bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan alam.

Sikap tegas dan kebijakan yang sesuai terhadap pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara seimbang dan berkesinambungan.

3. Judul: Ujian Nasional Online, Perlu atau Tidak
Evaluasi
Wacana ujian nasional online sudah diberikan ke masyarakat sejak awal tahun 2014, tetapi kepastian akan hal tersebut masih belum jelas. Pemerintah telah mencanangkan ujian nasional online.

Tetapi Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Deskripsi Teks
Disampaikan bahwa proses Ujian Nasional Online akan diselenggarakan di laboratorium komputer sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sekolah yang terpilih akan mendapatkan kesempatan uji coba ujian nasional online pada tahun 2015.

Salah satu tujuan ujian nasional online diadakan yaitu mengatasi pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.

Sisi positifnya yaitu komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa mencontek pekerjaan orang lain.

Sisi negatifnya yaitu jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.

Penegasan Ulang
Sehingga yang bisa diperoleh dari isu diatas bahwa ujian nasional bisa memicu dampak positif maupun negatif. Menurut jatikom.com, ujian online itu perlu karena melihat dari sisi positifnya yang cukup menguntungkan, tetapi sayangnya harus adanya fasilitas yang mendukung.

4. SMA atau SMK ?

Evaluasi
Mungkin ada sebagian atau bahkan kebanyakan orang tua dan juga siswa SMP seringkali dibingungkan dengan pilihan ini. Terutama bagi siswa kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus dan harus segera menentukan pilihannya. Tentu untuk memilih akan masuk SMA ataupun SMK tidak boleh sembarangan. Kita harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing pilihan sebelum kita memilihnya. Apa saja alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah kita?

Deskripsi Teks
Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajarkan teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan disana para siswa juga dibekali dengan kemampuan praktek yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Seperti yang sering kita dengar atau lihat, para siswa SMK seringkali melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa hanya diajarkan teoretik saja secara mendalam. Sehingga lulusan SMA harus kuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa setelah lulus dari SMK nanti, kita tidak bisa lanjut ke perguruan tinggi. Hal ini tentu salah, karena siswa SMK tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kelebihan masuk SMK, siswa mempunyai hardskill berupa kemampuan kejuruan yang spesifik sehingga ketika kuliah seorang siswa mengambil jurusan yang sama dengan ketika dia SMK, maka dia akan lebih mudah untuk mempelajari materi kejuruannya. Sedangkan di SMA, siswa lebih diajarkan kemampuan teoretik saja.

Namun, jika dibandingkan dengan SMA, materi – materi yang diajarkan di SMK tidak seluas materi-materi yang diajarkan di SMA. Hal ini karena di SMK kita lebih diajarkan secara detail pada jurusan yang kita ambil saja. Sedangkan di SMA kita diajarkan berbagai macam materi sesuai bidang yang kita ambil, misalakan bidang IPA. “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA,” pendapat ini disampaikan oleh salah seorang blogger pada salah satu postingan di blognya. Dari sini kita dapat menilai bahwa kemampuan berfikir secara logika anak SMA jauh lebih bagus dibandingkan dengan anak SMK. Anak SMK cenderung memilih sebuah langkah secara instan atau cepat tanpa mempertimbangkannya secara lebih dalam.

Jika untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, lulusan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Sehingga rata – rata siswa SMK kesulitan untuk masuk ke perguruan tinggi. Ketika di perguruan tinggi, siswa SMK tidak bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan jurusannya dulu di SMK. Kalupun bisa, dia akan kesulitan karena di SMK dia hanya diajrkan materi-materi yang mendalam di jurusannya saja. Sedangkan lulusan SMA bisa lebih bebas untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Mengingat pada saat SMA, materi -materi yang diajarkan mencakup semuanya.

Penegasan Ulang
Dengan demikian, siswa lulusan SMK jauh lebih siap kerja dibandingkan dengan SMA. Sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Namun, untuk menentukan pilihan itu semua tergantung dengan minat, kemampuan, serta bakat kita.