Pengertian bola voli,Peraturan,Ukuran,Sejarah,sistem Pertandingan


Pengertian bola voli,Peraturan,Ukuran,Sejarah,sistem Pertandingan – Pengertian Permainan Bola Voli adalah salah satu cabang olahraga yang cara bermainnya dengan mem-volley bola di atas net, dengan maksud dan tujuannya dapat menjatuhkan bola ke dalam petak lapangan lawan dan untuk mencari kemenangan dalam bermain.

Lalu, apa yang dimaksud mem-volley? Mem-volley adalah memukul bola sebelum bola jatuh mengenai lapangan, gerakan mem-volley dan memantulkan bola ke atas dapat dilakukan dengan seluruh tubuh dengan syarat sentuhan atau pantulannya harus sempurna.

Permainan Bola Voli adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 (dua) regu, masing-masing regu berjumlah 6 (enam) orang yang bertujuan untuk menjatuhkan bola ke daerah lawan.

Gambar dan Ukuran Lapangan


Bisa kita lihat gambar lapangan voli di bawah yakni memiliki ukuran 18 x 9 m, dengan terbagi atas dua area. Dalam satu area terdapat garis serang tempat spiker untuk melakukan smash dan juga blocker melakukan block, garis serang memiliki ukuran 3 meter. Di belakang lapangan terdapat area servis untuk memulai permainan voli.

Sejarah Permainan Bola Voli
Pada awalnya permainan Bola Voli diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ditemukan oleh William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. Ia adalah seorang instruktur/pembina pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) di Young Men Christain Association (YMCA).

William G. Morgan dilahirkan pada tahun 1870 di Lockport, New York dan meninggal dunia pada tahun 1942. Organisasi YMCA didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris Oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (merupakan seorang pencipta olahraga Bola Basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939).

Perubahan nama Mintonette menjadi Volley Ball (Bola Voli) terjadi pada tahun 1896 pada demonstrasi pertamanya di International YMCA Training School.

Berkat perkembangan permainan Bola Voli yang cukup pesat maka YMCA mulai mengadakan kejuaraan Bola Voli secara nasional, lalu permainan Bola Voli menyebar keseluruh penjuru dunia. Pada tahun 1974, pertama kali permainan Bola Voli mengadakan sebuah pertandingan di Polandia dengan peserta yang lumayan banyak.
Kemudian, pada tahun 1984 didirikan sebuah Federasi Bola Voli Internasional atau International Voli Ball Federation (IVBF) yang pada saat itu beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris, Perancis. Organisasi ini menjadi induk dari permainan Bola Voli internasional.

Peraturan Permainan Bola Voli
Peraturan bola voli terdiri atas formasi pemain, tempo, pelanggaran, angka, sistem pertandingan, serta kesalahan dalam permainan bola voli.
Perhitungan angka
-Jika pihak lawan bisa memasukkan bola ke dalam daerah lapangan kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan poin/nilai
-Servis yang kita lakukan harus melewati net dan masuk menuju daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapatkan poin/nilai.

Sistem Pertandingan
-Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 (delapan) tim dan akan didistribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masing group terdiri dari 4 (empat) tim.
-Setiap tim terdiri dari 10 (sepuluh) pemain yang meliputi 6 (enam) pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 (empat) pemain cadangan.
-Pergantian pemain inti dan pemain cadangan tidak dibatasi pada saat pertandingan berlangsung.
-Jumlah pemain minimum yang boleh bermain adalah 4 (empat) orang.
-Apabila dalam pertandingan tersebut kurang dari 4 (empat) orang, maka tim tersebut dinyatakan kalah.
– Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (Best of Three), kecuali pada babak 2 (kedua) sudah dipastikan siapa pemenangnya maka babak 3 (ketiga) tidak perlu dilaksanakan.
-Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Jika poin peserta seri (imbang 24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 (dua) poin. Peserta yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan tersebut.
-Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat poin/nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat poin/nilai yang sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.
-Setiap tim diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat babak berakhir. Dan apabila ditentukan babak penentuan (set ke 3) maka tim yang dapat nilai terendah boleh meminta bertukar lapangan sesaat tim lawan mencapai angka 13.
-Time out dilakukan hanya 1 kali dalam setiap babak dan lamanya hanya 1 menit.
-Di luar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan internasional.

Teknik Dasar

Untuk dapat melakukan permainan bola voli, Anda terlebih dahulu harus menguasai beberapa teknik dasar. Teknik dasar permainan bola voli sebagai berikut.
a. Servis
Servis adalah awalan pukulan untuk memasukkan bola ke daerah lawan. Selain itu, servis juga merupakan pukulan untuk memulai permainan. Beberapa cara melakukan servis sebagai berikut.
1) Servis bawah
Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari bawah sebagai berikut.
  • Pemain berdiri menghadap net, salah satu kaki di depan.
  • Lengan kiri dijulurkan ke depan dan memegang bola.
  • Bola dilambungkan rendah ke atas, berat badan bertumpu pada kaki belakang.
  • Lengan yang bebas digerakkan ke belakang dan diayunkan ke depan untuk memukul bola.
  • Saat memukul bola, berat badan dipindahkan ke kaki depan.
  • Bola dipukul dengan tangan mengepal, pergelangan tangan kaku, dan kuat.
  • Kemudian, pindahkan kaki belakang ke depan sebagai gerak lanjutan.
 
Gambar Servis ayunan tangan bawah
2) Servis samping
Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari samping sebagai berikut.
  • Pemain berdiri dengan kedua kaki menghadap sisi lapangan.
  • Bola dipegang dengan lengan menjulur setinggi kepala, kemudian lambungkan di depan badan.
  • Lengan pemukul diayun ke belakang.
  • Berat badan ditempatkan di belakang, dengan kedua lutut agak ditekuk.
  • Lengan diangkat dengan membentuk gerakan melingkar.
  • Bagian tubuh berputar sedemikian rupa sampai menghadap net, berat badan dipindahkan ke depan.
 
Gambar Servis ayunan tangan samping
3) Servis atas
Cara melakukan servis dengan ayunan tangan dari atas sebagai berikut.
  • Pemain berdiri dengan salah satu kaki di depan, kedua lutut agak ditekuk.
  • Kedua tangan memegang bola.
  • Bola dilambung dengan tangan kiri ke atas sampai ketinggian ± 1 m di atas kepala di depan bahu, dan telapak tangan kanan segera ditarik ke belakang atas kepala dengan telapak menghadap ke depan.
  • Badan dilentingkan ke belakang. Setelah tangan berada di belakang atas kepala, bola segera dipukul dengan telapak tangan, dengan posisi lengan tetap lurus dan seluruh tubuh ikut bergerak.
  • Pada saat bola dipukul, berat badan dipindahkan ke depan.

 

 
Gambar Servis ayunan tangan atas
4) Jump serve
Cara melakukan jump serve sebagai berikut.
  • Pemain berdiri dengan dengan kedua kaki rapat.
  • Kedua tangan memegang bola di depan badan.
  • Bola dilambungkan ke atas depan.
  • Saat bola melambung, lakukan tolakan beberapa langkah ke depan untuk mendapatkan lompatan yang maksimal.
  • Saat mencapai ketinggian maksimal dan bola berada pada jangkauan lengan pukullah bola tersebut.
  • Pada saat memukul bola, berat badan dipindahkan ke depan.
 
Gambar Jump serve
b. Passing
Passing ialah mengoper bola. Passing bola voli dibagi ke dalam dua bagian, yaitu:
1) Passing bawah
Passing bawah adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan secara bersamaan di depan badan. Cara melakukan passing bawah sebagai berikut.
  • Sikap badan berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan kedua lutut agak ditekuk.
  • Badan agak condong ke depan, pandangan ke arah datangnya bola.
  • Kedua tangan dirapatkan dan diluruskan di depan badan.
  • Perkenaan bola pada bidang datar lengan bawah dekat pergelangan tangan.
  • Saat perkenaan, gerakkan kedua lengan ke atas dengan sumber gerakan dari pangkal bahu, kemudian luruskan kedua tangan.
  • Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya kecepatan bola yang datang.
Gambar Passing bawah
2) Passing atas
Passing atas (set up) adalah cara mengoper atau menerima bola dengan dua tangan di atas depan kepala secara bersamaan. Cara melakukannya passing atas sebagai berikut.
  • Sikap badan berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut agak ditekuk, dan kedua tangan berada di atas depan dahi.
  • Badan agak condong ke depan, pandangan ke arah datangnya bola.
  • Jari-jari kedua tangan direnggangkan.
  • Perkenaan bola pada ujung jari tangan.
  • Saat perkenaan, ikuti gerakan bola, kemudian dorong hingga bola melambung.
  • Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya bola.

Praktik bermain bola voli
Setelah Anda mempelajari teknik dasar dan aturan permainan bola voli, sekarang Anda tinggal melakukan permainan bola voli tersebut. Agar permainan bola voli yang akan Anda lakukan berjalan dengan baik, maka Anda harus mengetahui teknik-teknik bermainnya. Oleh karenaitu, selama bermain harus dibimbing oleh guru Anda.

Sebelum permainan bola voli dimulai, terlebih dahulu Anda mempersiapkan lapangnya. Jika di sekolahmu tidak ada lapang bola voli, Anda dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar sekolah. Ukuran lapangnya tinggal Anda sesuaikan. Jika tidak ada net, Anda dapat menggunakan tali rapia. Begitu pula dengan jumlah pemain, jika ukuran lapangnya kecil, maka tiap grup bisa terdiri atas 3 orang.


Pengertian bola voli,Peraturan,Ukuran,Sejarah,sistem Pertandingan | jati | 4.5