Contoh Surat Keterangan Kerja, Fungsi,Tujuan,Pengertian

Contoh Surat Keterangan Kerja, Fungsi,Tujuan,Pengertian – Sebuah surat penjelasan kerja sangatlah diperlukan untuk menyerahkan penjelasan untuk seseorang, instansi, maupun perusahaan lokasi bekerja supaya dapat menjelaskan dan menyerahkan penjelasan tentang sebuah hal yang bersangkutan, contohnya kecakapan, prilaku maupun lama pengabdian.Seperti halnya surat lamaran kerja, surat penjelasan kerja juga sangatlah penting sebab sering kali dipergunakan saat mengerjakan lamaran kerja di lokasi baru oleh karena tersebut perlu diacuhkan format penulisan maupun ucapan-ucapan yang dipergunakan.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

1. Melamar pekerjaan
Tidak tidak banyak perusahaan swasta maupun institusi pemerintah yang mensyaratkan dokumen ini dalam rekrutmennya. Biasanya, rekrutmen yang mensyaratkan dokumen ini diperuntukkan untuk posisi supervisor ke atas. Tujuannya supaya pihak perekrut mempunyai bukti atas rekam jejak karier pelamar.
2.Mengajukan pinjaman bank
Pinjaman bank entah bentuknya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit multiguna maupun jenis pinjaman lainnya tentu mensyaratkan surat penjelasan kerja untuk pemohon yang hendak mengajukan kredit.
Bank memerlukan surat penjelasan kerja ini sebagai garansi bahwa pihak pemohon pinjaman mempunyai pekerjaan dan pendapatan tetap yang memungkinkan debitur membayar angsuran pinjaman.
3. Mendaftar beasiswa jalur profesional
Beasiswa jalur profesional pun cukup tidak sedikit tersedia. Donaturnya pelbagai mulai dari pemerintah sampai institusi swasta. Pemerintah negara asing pun tak jarang menyerahkan beasiswa studi laksana ini. Namun, beasiswa jenis ini seringkali diperuntukkan untuk jenjang edukasi lanjut laksana master dan doktoral.
Nah, di antara syarat untuk mengerjakan pendaftaran beasiswa ini ialah surat penjelasan kerja yang telah dilegalisir. Di samping surat penjelasan kerja, seringkali pelamar mesti mempunyai surat rekomendasi dari atasan langsung pelamar.
4. Mencairkan dana JHT BPJS
Dalam peraturan terbarunya, pemerintah mengizinkan peserta BPJS Ketenagakerjaan mengencerkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar 10 persen atau 30 persenmeskipun masih berstatus sebagai pekerja aktif.
Nah, untuk mengencerkan dana itu terdapat sebanyak pesyaratan yang mesti dilengkapi di antaranya pribumi surat penjelasan kerja yang telah dilegalisir beserta potret kopinya. Tanpa persyaratan tersebut, kita tidak dimungkinkan untuk unik sebagian dana Jaminan Hari Tua.
5. Membuat kartu kredit
Untuk mempunyai kartu kredit, bank penerbit seringkali mengajukan sebanyak persyaratan. Di samping persyaratan penghasilan paling tidak per bulan, bank pun mengharuskan pemohon guna melampirkan surat penjelasan kerja. Sama laksana pada pinjaman, bank memakai dokumen paklaring sebagai bukti bahwa pemohon mempunyai pekerjaan dan pendapatan tetap guna membayar angsuran kartu kredit andai pada saatnya digunakan.

Cara Penulisan

1. Nama Karyawan, Nomor Induk Karyawan
Jelas isinya menyematkan Nama karyawan dan nomor induknya. Sehingga perusahaan yang dituju mendapatkan keserupaan data di samping kartu identitas diri atau ijazah sekolah. Nomor induk karyawan ialah angka unik cocok dengan tata teknik perusahaan membuatnya.
2. Jabatan Karyawan dan Lokasi Kerja
Surat referensi kerja bakal berisikan jabatan atau posisi terakhir dimana karyawan bekerja. Selain tersebut juga mencantumkan tempat kerja yang bersangkutan. Perusahaan dengan jumlah kantor cabang yang tersebar maka tempat kerja menjelaskan tempat posisi terakhir dijabat oleh karyawan.
3. Masa Kerja
Waktu yang menyatakan berapa karyawan bekerja, sejak mula masuk sebagai karyawan sampai mundur atau pensiun. Masa kerja ini dapat menjadi evaluasi calon pemberi kerja sejauh mana LOYALITAS karyawan mereka. Perusahaan yang SUSTAIN diantaranya berisikan orang-orang yang sarat dedikasi dan prestasi.
4. Tanda-Tangan Pejabat
Pastinya surat penjelasan yang resmi bakal ditandatangani pejabat bersangkutan. Pada lazimnya diketahui oleh pejabat HRD, yang dicocokkan dengan jabatan terakhir karyawan. Jika jabatannya ialah staff atau supervisor, maka Manager HRD akan menaruh tanda-tangannya. Selebihnya guna level manager, dapat ditandatangani oleh Kepala Divisi atau GM bersangkutan.Selain tersebut surat referesi kerja bisa berisikan penjelasan bagaimana karyawan mengerjakan pekerjaan, serta apa sebab/alasan pengakhiran hubungan kerjanya.

MANFAAT TUJUAN SURAT KETERANGAN KERJA

1. Menunjukkan Kinerja yang Baik
Karyawan yang menemukan surat referensi atau experience letter ini ialah karyawan dengan KINERJA BAIK. Mereka mengindikasikan dedikasi dan perilaku kerja yang positif. Karyawan bekerja cocok dengan JOBDESC nya dan menyerahkan hasil cocok target KPI.
Jika Anda telah mendapatkan surat ini, maka perusahaan sudah menegaskan Anda ialah aset terbaik mereka. Hanya saja kerjasama mesti selesai karena adanya sejumlah pilihan. Pengakhiran kerja dapat karena pengunduran diri kita sebagai karyawan, atau permintaan perusahaan (PHK).Selama pemutusan kerja ialah kesepakatan bareng antara kita dan Perusahaan, maka Surat Keterangan Kerja WAJIB diterbitkan.
2. Menjelaskan Sikap dan Perilaku Positif
Karyawan yang baik tentu akan bekerja dan berprestasi, cocok bidangnya masing-masing. Dan sebab itulah kita akan tidak sedikit mendapatkan apresiasi, baik sekitar menjadi karyawan juga setelahnya. Surat penjelasan setelah kita bekerja adalahpetunjuk mengenai Sikap dan Perilaku baik kita dalam bekerja.Perusahaan melulu menerbitkan Surat Keterangan Kerja untuk karyawan yang mengisi syarat. Syarat tersebut diantaranya ialah (1) Surat Pengunduran Diri, yang diciptakan minimal 30 hari sebelumnya. (2) Kelengkapan dan solusi administrasi lainnya bersangkutan kegiatan dan keharusan kerja.Paklaring yang diterbitkan perusahaan Anda menyatakan bahwa kita sebagai profesional yang handal. Perilaku dan Sikap kerja Anda paling MATURE (dewasa). Perusahaan tidak akan berdalih tidak mengeluarkan penjelasan kerja ini.Istilah lazimnya yang tidak jarang Anda dengar ialah “MASUK BAIK-BAIK, KELUAR BAIK-BAIK”. Jadi andai Anda masuk dengan teknik tampak muka, maka terbit pun mesti pamit baik-baik dan terlihat muka. Rasanya tidak barangkali perusahaan menerbitkan Surat Keterangan Kerja untuk karyawan yang FRAUD. Karyawan yang melanggar dan membias dari aturan kerja, atau bahkan membolos, rasanya telah mengundurkan diri tanpa pamit.
3. Bukti Otentik Pengalaman Kerja
Bagaimana kita tahu bahwa karyawan yang bakal direkrut pernah bekerja pada perusahaan “A”, misalnya. Bisa saja nama-nama orang yang jadi referensinya ialah skenario, atau CV (Curriculum Vitae) yang diciptakan dilebih-lebihkan.Jadi di samping proses interview yang selektif dan proses periksa reference yang detil, surat penjelasan kerja bakal menjadi BUKTI powerful yang OTENTIK tentang pengalaman kerja.Surat yang berisikan empiris kerja sekitar masa masa-masa tertentu ini, menjadi landasan pula sejauh mana kredibilitas perusahaan lama. Perusahaan yang besar akan mengeluarkan reference letter untuk karyawannya, tanpa menyaksikan jabatan.
4. Kepentingan Tunjangan Sosial
Jika sebuah waktu Anda memungut keputusan bukan lagi bekerja, maka pentingnya Surat Keterangan Kerja dipergunakan sebagai bukti untuk lembaga ketenagakerjaan. Anda bisa menggunakannya guna kepentingan pribadi, andaikan Jaminan Hari Tua (JHT).Seumpama pasangan kita yang pun bekerja, dan Anda bukan lagi bekerja, surat keterangan bermanfaat untuk pendaftaran untuk tunjangan karyawan pasangan. Biasanya ini berlaku untuk karyawan wanita, yang tidak jarang kali diperlakukan sebagai SINGLE. Perlakuan ini menjadikan mereka tidak mendapat tunjangan sosial untuk pasangan atau anggota keluarga.Selain hal tunjangan sosial, surat penjelasan bekerja juga dapat dipakai dalam kepentingan edukasi seperti beasiswa.
5. Syarat Administratif
Paklaring ialah power ketika Anda melamar pekerjaan? Karena jadi bukti PENGALAMAN kerja sebelumnya. Surat ini ialah syarat administrasi untuk perusahaan yang bakal Anda lamar berikutnya. Banyak perusahaan yang mensyaratkannya.Sedangkan untuk FRESH GRADUATE, surat ini tidak butuh dipenuhi, dan digantikan oleh ijazah atau Kartu Kuning dari disnaker (jik perlu). Sedangkan untuk tenaga berpengalaman, Paklaring ialah salah satu kriteria wajib.Surat paklaring mengindikasikan paling tidak Anda telah mempunyai modal empiris kerja ditempat lama. Ini menjadi NILAI POSITIF untuk Anda dan perusahaan dalam merekrut kandidat yang tepat.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh surat keterangan kerja 1

PT Astra International Tbk
Jl. Raya Jakarta – Bogor KM. 51.3, Ciluar, Cimandala, Sukaraja, Cimandala, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710
————————————————————-

hal:surat keterangan kerja Jakarta, 09 Agustus 2014

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Personalia PT Astra International Tbk , yaitu :

Nama : Dani Wahyudin
Jabatan : Personalia

Menerangkan bahwa :

Nama : Sasongko Budiman
Jabatan : Teknisi

Adalah benar merupakan salah satu karyawan kami yang bekerja dari 08 Agustus 2013 hingga saat ini, dan telah menunjukkan prestasi, kinerja dan berprilaku yang baik.

Demikian surat keterangan kerja yang dapat kami berikan, semoga dapat dipergunakan dengan semestinya.

Hormat Kami,
Personalia

contoh surat keterangan kerja 2

PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Jl. Atletik No.18, RT.4/RW.2, Tanah Sareal, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16161
————————————————————————–
SURAT KETERANGAN KERJA
No : 34/V/INDOFOOD/2014

Dengan Hormat,

Yang bertanda-tangan di bawah ini :

Nama    : Dani Wahyudin
Jabatan : HRD PT Indofood Sukses Makmur Tbk
Alamat  : Jl. Atletik No.18, RT.4/RW.2, Tanah Sareal, Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16161
Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama          : Hilman
Jenis kelamin : Laki-laki
Jabatan        : Teknisi
Alamat         : Jl. Muara Angke, Jakarta

Adalah benar merupakan karyawan yang bekerja di perusahaan Pt. Blogger Indonesia mulai dari tanggal 08 Agustus 2013 hingga saat ini.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat agar dapat dipergunakan dengan semestinya, Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Jakarta, 09 Agustus 2014
Hormat Kami,

Personalia

contoh surat keterangan kerja 3

PT. Indomarco Prismatama
Jl. Terusan Angkasa B2 Kav-1. Gunung Sahari, Kemayoran. Jakarta 10610. Telp. (021) 29559100.
———————————————-
SURAT KETERANGAN KERJA
No : 34/V/INDOMARCO/2015

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala HRD PT Pelabuhan Indonesia menerangkan bahwa:
Nama :
Tempat, Tanggal lahir :
NIP :
Alamat :

Merupakan karyawan di PT Pelabuhan Indonesia sejak 13 Januari 2015 hingga sekarang. Dan telah menunjukkan profesionalitasnnya dan berperilaku baik
Demikian surat keterangan ini agar digunakan sebagaimana mestinya.

Kepala HRD

contoh surat keterangan kerja 4

KOP SURAT
————————————

Yang bertanda tangan dibawah ini ;
Nama :
Tempat, Tanggal lahir :
Jabatan :
Alamat :
Menerangkan bahwa
Nama :
Tempat, Tanggal lahir :
Jabatan :
Alamat :
Merupakan salah satu karyawan kami yang masih aktif bekerja sejak 17 April 2005 hingga sekarang dan telah menunjukan kinerja yang baik.
Demikian surat keterangan kerja ini agar digunakan sebagaimana mestinya.

Kepala HRD