Pengertian, Macam-Macam, Sejarah, Teknik Senam

Pengertian, Macam-Macam, Sejarah, Teknik Senam – Senam ialah aktivitas jasmani yang dilaksanakan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai pelajaran untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain lazimnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada format gerak yang digarap dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari masing-masing bagian anggota tubuh dari komponen-komponen keterampilan motorik laksana : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang cocok dan tata urutan gerak yang selaras bakal terbentuk susunan gerak artistik yang menarik.

Pengertian Senam

Senam atau dalam bahasa Inggris gymnastics merupakan salah satu dari cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan serta keserasian gerakan jasmani yang teratur. Adapun Pengertian beda dari senam merupakan suatu cabang olahraga pelajaran tubuh yang disusun serta dipilih secara sengaja, sadar dan terencana, yang dibentuk secara sistematis dengan tujuan supaya dapat menambah kesegaran jasmani, menjadikan kemampuan berkembang dan menanamkan nilai mental spiritual.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

1. Mahendra (2000:14)
adalah suatu bentuk dari kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik serta kemampuan gerak (motorability).
2. Madijono (2010:1)
adalah suatu bentuk dari latihan jasmani yang sistematis, teratur serta terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik agar bisa memperoleh manfaat dalam tubuh.
3. Sutrisno dan Khadafi (2010:60)
adalah bentuk dari latihan fisik yang telah disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang sudah dipilih dan terencana agar bisa mencapai tujuan tertentu.
4. Margono (2009:19)
adalah latihan gerakan tubuh yang sudah dipilih dan diciptakan dengan terencana, serta disusun secara sistematis yang mana bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
5. Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)
adalah bentuk dari latihan tubuh yang telah terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, serta dilakukan secara sadar dan terencana, serta disusun secara sistematis bertujuan agar dapat meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.
6. Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)
adalah suatu latihan tubuh pada lantai atau juga pada alat yang sudah dirancang agar bisa mingkatkan daya tahan kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.
7. Muhajir (2006:71)
adalah suatu kegiatan utama yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sejarah Senam

Senam kesatu kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, karena pada waktu tersebut orang-orang berlatih tanpa menggunakan pakaian. Sedangkan Gymnasium ialah suatu lokasi yang dipergunakan guna mengadakan pelajaran senam. Pada zaman tersebut Gymnastik dilaksanakan dalam rangka upacara-upacara keyakinan yaitu untuk menyembah dewa Zeus.
Pada mula permulaaan abad ke-20, senam sudah menjadi rencana edukasi di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.
Frederik Jahn ialah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihan-latihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia pun menemukan sejumlah perelatan senam, diantaranya ialah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat.
Senam di Negara Indonesia telah dikenal semenjak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu tersebut namanya “Gymnastiek”, zaman jepang disebut “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.

cirri-ciri senam antara lain:

  1. Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja
  2. Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh)
  3. Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis

Manfaat Senam

Sebagian orang berdalih karena mereka tidak punya tidak sedikit waktu luang, malas, atau barangkali mereka tidak berolahraga sebab tidak terdapat seorang pun rekan yang bisa menemaninya. Meskipun anda rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, tanpa dibarengi olahraga guna yang diperoleh tentu saja tidak bakal maksimal. Oleh sebab itu, lakukanlah olahraga paling tidak sekali dalam satu minggu agar tubuh tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku. Senam adalahsalah satu jenis olah raga yang mempunyai pelbagai variasi dan manfaat, baik untuk fisik, maupun mental dan social.

  • Manfaat senam untuk fisik

Senam sangat berfungsi dalam mengembangkan komponen jasmani dan keterampilan gerak (motor ability). Orang – orang yang tercebur senam bakal berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelenturannya, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan. Apalagi andai diimbangi dengan pekerjaan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system). Dengan mengerjakan olah raga senam secara tertata akan menciptakan kesehatan dan perkembangan jasmani menjadi baik dan seimbang.

  • Manfaat mental dan sosial

Diyakini bahwa terdapat donasi yang paling besar dari olah raga senam dalam menambah self-concept (konsep diri). Ini dapat terjadi sebab kegiatan senam meluangkan begitu tidak sedikit pengalaman dimana orang dapat mengontrol tubuhnya dengan kepercayaan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sampai-sampai memungkinkan membantunya menyusun konsep yang posisitf.

  • Manfaat Senam Untuk Kesehatan

Setiap olahraga pasti baik guna kesehatan, sekitar hal itu dilaksanakan dengan teknik yang benar dan tidak berlebihan. Hal ini pasti saja berlaku pun untuk senam. Berikut ialah beberapa guna senam yang mesti anda ketahui.

  • Meningkatkan faedah jantung

Gerakan senam yang dilaksanakan secara kontinyu dan berulang-ulang menciptakan jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilaksanakan selama 20 menit, berarti Anda sudah memulai tahapan sehat untuk menambah kesehatan jantung Anda.



  • Menurunkan berat badan

Di samping menjalankan program diet sehat seperti memberi batas jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, anda juga dapat menurunkan berat badan dengan teknik berolahraga. Supaya lebih cepat dalam menghanguskan lemak, usahakan pilihlah jenis olahraga yang tidak sedikit menggerakan anggota badan laksana halnya jogging dan pun senam.

  • Meningkatkan faedah kognitif

Percaya atau tidak, senam tergolong kedalam di antara jenis olahraga yang dapat meningkatkan penyebaran oksigen ke semua tubuh tergolong kebagian benak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke benak terpenuhi dengan baik, maka faedah otak anda akan bertambah dan secara tidak langsung faedah kognitif pun bakal ikut merasakan peningkatkan. Telah tidak sedikit para berpengalaman yang mengaku bahwa olahraga pun dapat menambah daya ingat dan pun kapasitas otak.

  • Mengurangi stres dan menambah mood

Banyaknya kegiatan yang mesti ditamatkan terkadang dapat membuat seseorang menjadi stres. Bila stres telah melanda, maka mood dan tingkat kreativitas seseorang bakal berkurang. Hal ini disebabkan hormon endorfin yang bekerja untuk menciptakan seseorang merasa lebih senang mulai berkurang. Bagi itu, diperlukanlah suatu kegiatan yang dapat meningkatkan hormon tersebut. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan jumlah hormon endorfin ialah senam. Bila dilaksanakan secara teratur, maka situasi stres yang dirasakan akan berkurang yang pada kesudahannya mood kita pun bakal kembali meningkat.

  • Tidak gampang terserang penyakit

Manfaat senam selanjutnya ialah meningkatkan daya tahan tubuh sampai-sampai tubuh anda tidak mudah guna terserang penyakit. Hal ini bisa terjadi sebab toksin-toksin yang terdapat didalam tubuh akan terbit melalui keringat. Disamping itu, seluruh organ yang terdapat didalam tubuh pun bakal bekerja secara maksimal.

  • Meningkatkan stamina

Bila sekitar ini kita seringkali menikmati kelehan meskipun kita baru sebentar saja mengerjakan suatu aktivitas, bisa jadi besar sistem pernapasan Anda merasakan gangguan yang diakibatkan adanya lemak serta gangguan aliran oksigen dalam darah. Melakukan senam secara tertata akan membetulkan sistem pernapasan agar dapat berlangsung lebih optimal dan pada kesudahannya Anda juga tidak akan gampang merasa lelah.

  • Meningkatkan kelenturan dan kebugaran

Gerakan-gerakan yang terdapat pada senam memiliki sifat berulang-ulang yang memerlukan koordinasi tubuh. Bila saya dan anda bisa melakukan senam dengan baik dan benar, urusan ini akan menciptakan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Macam Macam Senam

1. Senam Akrobatik

Senam akrobatik adalah jenis senam yang gerakannya mengandungk akrobatik. Misalnya gerakan salto dan mendarat di pundak pesenam lain.
Senam ini membutuhkan kekuatan otot, keseimbangan tubuh, ketangkasan, dan koordinasi motorik yang baik. Senam akrobatik biasanya dilombakan dalam ajang kompetisi olah raga, atau bia juga ditemukan pada seni bela diri.

2. Senam Artistik

Senam artistik adalah jenis senam yang paling populer dan biasanya diperlombakan dalam kegiatan olimpiade olahraga. Jenis senam ini membutuhkan alat khusus yang telah ditentukan.
Beberapa contoh senam artistik diantaranya;

  • Kuda pelana (pommel horse)
  • kuda lompat (vaulting horse)
  • Senam lantai (floor exercise)
  • Gelang-gelang (rings)
  • Palang tunggal (horizontal bars)
  • Palang bertingkat (uneven bars)
  • Palang sejajar (parallel bars)
  • Dan lainnya

3. Senam Aerobik Sport

Senam aerobik sport adalah pengembangan dari senam aerobik, yait senam dengan tarian khusus yang dikolaborasikan dengan beberapa gerakan yang cukup sulit.
Senam ini mengandung beberapa unsur, diantaranya;

  • Aerobik
  • Akrobat
  • Senam ritmik
  • Koreografi
  • Dan tentunya musik

4. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif adalah pengembangan dari senam irama yang diiringi oleh musik tertentu sehingga setiap gerakan tubuh disesuaikan dengan irama yang indah.

5. Senam Trampolin

Senam trampolin adalah senam yang dilakukan di atas trampolin dengan melakukan berbagai gerakan-gerakan tertentu.

6. Senam Umum

Senam umum adalah senam yang umum dilakukan oleh masyarakat dimana gerakannya lebih mudah untuk diikuti. Senam ini menggunakan musik tertentu dan gerakannya disesuaikan dengan irama musik tersebut.
Beberapa contoh senam umum adalah;

  • Senam SKJ
  • Senam pagi
  • Senam sehat
  • Senam jantung
  • Dan lainnya

TEKNIK DASAR SENAM LANTAI

1. Guling Depan (Forward Roll)
Guling depan ialah guling yang dilaksanakan ke depan. Adapun langkah-langkah untuk mengerjakan guling ke depan ialah sebagai berikut.
Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan
Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan di atas matras.
Siku ke samping, masukkan kepala salah satu dua tangan.
Sentuhkan bahu ke matras.
Bergulinglah ke depan.
Lipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada dengan posisi tangan merangkul lutut.
Sikap akhir guling depan ialah jongkok lantas berdiri tegak.
2. Guling Belakang (Backward Roll)
Langkah_langkah guling belakang bulat yaitu inilah ini :
a. Jongkok, tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di sekitar telinga, dagu dan lutut tarik ke dada.
b. Guling badan ke belakang sampai bahu menyentuh matras, lutut dan dagu tetap menghampiri dada, telapak tangan di sekitar telinga.
c. Bahu menyentuh matras, kedua telapak tangan menyentuh matras, gerakkan kaki guna dijatuhkan ke belakang kepala.
d. Jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala.
e. Dorong lengan ke atas.
f. Jongkok dengan lengan lurus ke depan.
3. Gerakan Lenting
Beberapa urusan yang mesti diacuhkan ketika mengerjakan lenting tengkuk ialah sebagai berikut:
a. Sikap Awal
Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diusung lurus ke atas. Sambil membungkukkan badan, tetakkan kediua tangan di matras kira-kira satu tahapan dari kaki. Setelah tersebut letakkan tengkuk salah satu kedua tangan sambil memungut sikap guling depan. Kedua kaki dijaga supaya tetap lurus.
b. Pelaksanaan
Ketika posisi guling depan tercapai, segeralah mengguling ke depan. Saat tubuh telah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan lurus ke depan sambil ditolong oleh kedua tangan yang mendorong badan dengan mengurangi matras. Lecutan ini meyebabkan badan melenting
c. Sikap Akhir
Ketika kedua kaki segera mendatar. Badan tetap melenting dan kedua lengan tetap terangkat lurus. Akhirnya , berdiri tegak.
4. Sikap Kayang
Caranya ialah sikap berdiri membelakangi matras dengan kedua kaki agak dimulai dan kedua tangan dilayangkan ke belakang, ke atas secara perlahan sampai kedua telapak tangan menempel pada matras. Kemudian secara perlahan berdiri tegak.
5. Sikap Lilin
Sikap lilin ialah tidur terlentang, dengan dilanjutkan mengusung kedua kaki lurus ke atas(rapat) bersama-sama. Pinggang ditopang oleh kedua tangan, sementara pundak tetap menempel pada lantai.

Share