Pengertian, Nama-Nama Surga dan Neraka, Dalil

Pengertian, Nama-Nama Surga dan Neraka, Dalil – AL-JANNAH (surga) dari sisi bahasa ditafsirkan sebagai KEBUN (Al-Bustan). Kebun yang dimaksud ialah kebun yang di dalamnya ditumbuhi pepohonan. Bangsa Arab bahkan memakai kata AL-JANNAH dalam menunjuk Kebun Kurma.Adapun secara ISTILAH, Surga ditafsirkan sebagai sebuah tempat yang disiapkan Allah SWT guna mereka yang menaati-Nya. Di dalam surga dijumpai segala macam kesenangan, kebahagiaan, kelezatan, kesenangan, dan kesenangan lain yang tak berbanding dengan apa yang terdapat di bumi baik.

Nama-Nama Surga dan Neraka
Nama-Nama Surga dan Neraka

SURGA

1. Surga Firdaus

adalah surga yang diciptakan oleh allah swt.dari bahan emas yang merah . syurga ini bagi mereka yang ikhala karena allah dalam menjalankan setiap ibadahnya, orang yang rajin menunaikan zakat, wanita yang tidak melakukan zina dan berbakti kepada kedua orang tuanya.
Mengenai surga firdaus ini, dalam Al Qur’an, surat Al Kahfi, ayat 107, Allah swt. telah menegaskan:
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُ لاً.
“sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah ‘surga firdaus menjadi tempat tinggal”.
Juga penegasanya dalam Al Qur’an, surat Al Mu’minuun, ayat 9-11.
وَالَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَاتِهِمْ يُحَافِظُونَ.أُولَٰئِكَ هُمُ الْوَارِثُونَ.الَّذِينَ يَرِثُونَ الْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ.
“Dan orang-orang yang memelihara shalat: Mereka itu adalah orang – orang yang akan mewarisi (yaitu) yang bakal mewarisi surga firdaus, mereka kekal di dalamnya”.

2. Surga Adn

adalah surga yang diciptakan oleh allah swt dari bahan intan putih surge ini diciptakan oleh allah untuk mereka yang bertakwa kepada Allah SWT
Surga ‘Adn ini telah banyak sekali dijelaskan dalam Al Qur’an. yaitu sebagai berikut: Firman Allah swt. di dalam surat Thaaha, tepatnya ayat 76.
جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا اْلاَ نْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ مَنْ تَزَكَّىٰ.
“(Yakni) surga ‘Adn yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, didalamnya mereka kekal. dan itulah (merupakan) balasan bagi orang yang ( dalam keaddan ) bersih ( saat didunianya dari berbagai dosa )”.
Firman-nya lagi didalam surat Shaad, ayat 50 :
جَنَّاتِ عَدْنٍ مُفَتَّحَةً اْلاَ لَهُمُ بْوَابُ.
” (Yaitu) surga’Adn yang pintu – pintunya terbuka bagi mereka”.

3. Surga Na’iim

adalah surga yang diciptakan Oleh Allah dari bahan Perak putih syurga ini diciptakan untuk mereka yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT dan beramal shaleh
Dalam Al Qur’an surat al Hajj, ayat 56. Allah swt. telah menegaskan :
الْمُلْكُ يَوْمَئِذٍ لِلَّهِ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ ۚ فَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ.
” Maka orang – orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan”.
Firman-nya lagi dalam surat Al Luqman, ayat 8 :
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ.
“Sesungguhnya orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, bagi mereka bakal mendapat surga yang penuh kenikmatan”.

4. Surga Ma’wa

adalah surga yang diciptakan Oleh Allah dari jamrud hijau syurga ini diciptakan untuk mereka yang bertakwa kepada Allah SWT
Banyak sekali didalam Al Qur’an dijelaskan, antara lain :
Surat As Sajdah, ayat 19 Allah swt. menegaskan:
أَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَىٰ نُزُلًا بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ.
“Adapun orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. maka bagi mereka mendapat surga – surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka:kerjakan”.
Firman-nya lagi didalam surat An Naazi’aat, ayat 41:
فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ.
“Maka sesungguhnya surga ma’walah tempat tinggal(nya)”.

5. Surga Darussalam

adalah surga yang diciptakan Oleh Allah dari yakut merah syurga ini diciptakan untuk mereka yang kuat imannya dan Islamnya
Mengenai surga Darussalam ini, telah banyak dijelaskan didalam Al Qur’an, diantaranya ialah : Dalam surat Yunus, ayat 25 :
وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَىٰ دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ.
“Dan allah meriyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikhendaki-nya kepada jalan yang lurus”.

6. Surga Daarul Muqoomah

adalah surga yang diciptakan Oleh Allah dari i permata syurga ini diciptakan untuk mereka yang bersyukur kepada Allah SWT. Syurga ini diciptakan untuk mereka yang bersyukur atas segala apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT
Sesuai dengan penegasan allah swt. di dalam Al Qur’an, surat Faathir, ayat 34-35:
وَقَالُوا الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنَّا الْحَزَنَ ۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ.الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِنْ فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ.
“Dan berkatalah mereka : Segala puji bagi allah yang telah mengapus (rasa) duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami adalah Maha Pengmpun lagi Maha Mensyukuri: Yang memberi tempat kami di dalam tempat yang kekal (surga) dan karunia-nya”.

7. Surga maqoomul Amiin

adalah surga yang diciptakan Oleh Allah dari permata putih syurga ini diciptakan untuk mereka yang bertakwa. Tiadak pernah menggunjing atau mencemooh saudara dan tetangganya atau menurut bahasa yang kekinian adalah bergosip.
Sesuai dangan penegasan Allah swt. didalam Al Qur’an, surat Ad Dukhan, ayat 51:
إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ.
“sesungguhnya orang – orang yang bertawakal tinggal didalam tempat yang aman (surga)”.

8. Surga Khuldi

adalah surga yang diciptakan Oleh Allah dari marjan merah dan kuning syurga ini diciptakan untuk mereka yang taat dan patuh menjalankan perintah Allah SWT serta menjauhi larangannya (orang-orang yang bertakwa).
Di dalam Al Qur’an tepatnya surat Al Furqaan, ayat 15, Allah swt. telah menegaskan :
قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاءًوَمَصِيرًا.
“Katakanlah : “Apa (siksa) yang seperti itu yang baik, atau surga yang kekal, yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, sebagai balasan dan kediaman kembali mereka”.

NERAKA

Neraka ialah lokasi di alam akhirat yang dibuat oleh Allah SWT untuk insan dan jin yang tidak taat kepada-Allah Swt dan untuk mereka yang tidak percaya bahwa allah ialah tuhan semesta alam saat manusia hidup dialam dunia. Didalam neraka sarat dengan balasan kesedihan dan penderitaan.
kata neraka dinamakan naar, yang berartiapi yang menyala. Secara istilah, neraka berarti lokasi balasan berupa siksaan untuk orang yang melakukan dosa dan kesalahan.
Neraka ialah tempat penganiayaan dimana format hukumannya yang sangat sangat menyiksa dicerminkan sebagai api. Nama-nama neraka yang dipakai di dalam al-Quran : al-Naar (api), jahannam, al-Jahim (yang membakar), al-Sa’ir (jilatan api), al-Saqar (api yang menghanguskan), al-Hawiyah (jurang), al-Huthamah (api yang meremukkan).

1. Huthamah

adalah lapiasan neraka yang dibuat oleh allah untuk mereka yang suka mengoleksi dan menumpuk harta harta, serakah, menghina orang-orang yang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak inginkan berbagi atau bersedekah dan tidak inginkan pula menunaikan zaka. Mereka ialah orang- orang yang bakhil, pelit, kikir. Mereka pula memasang wajah yang sinis dan tidak enak dipandang, kata-katanya kasar bahkan menyakitkan hati. Maka Allah SWT bakal membalasnya dengan didalam neraka huthamah ini dengan teknik menguliti kepala serta mengelupaskan kulit muka mereka sampai-sampai mereka menikmati kepedihan yang paling sampai berulang- ulang. Setelah tersebut mereka dsiram dengan air garam yang rasanya berlipat- lipat dari pada garam yang terdapat dilautan dunia.
Nama ini tercantum dalam Al-Qur’an Surat Al-Humazah (104) ayat 4-5. didalamya ditempati orang-orang yahudi.
كَلَّا ۖ لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ.وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ.
sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?

2. Hawiyah

Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Qori’ah (101) ayat 9-10.
فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ.وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ.
maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?
didalamnya ditempati orang-orang munafik dan orang-orang kafir.

3. Jahannam

Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surat al-hijr (15) ayat 43.

وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ
.Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.

4. Jahim

Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran surat As-Syu’araa (26) ayat 91.
وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ.
dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat”,
didalamnya ditempati orang-orang musyrik.

5. Saqar

Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Muddatstsir (26) ayat 26-27,
سَأُصْلِيهِ سَقَرَ.وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ.
Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar. Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu?
Al-Quran Surat Al-Muddatstsir (26) ayat 42
مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ.
“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?”
didalamnya ditempati orang-orang penyembah berhala.

6. Sa’ir

Nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa’ (4) ayat 10;
إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوَالَ الْيَتَامَىٰ ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِي بُطُونِهِمْ نَارًا ۖ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًا.
Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api menyala-nyala (Neraka).
Surat Al-Mulk (67) ayat 5,
وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَجَعَلْنَاهَا رُجُومًا لِلشَّيَاطِينِ ۖ وَأَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيرِ.

Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.
Surat Al-Mulk (67) ayat 10,11 dan lain-lain.
وَقَالُوا لَوْ كُنَّا نَسْمَعُ أَوْ نَعْقِلُ مَا كُنَّا فِي أَصْحَابِ السَّعِيرِ.
Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”.
فَاعْتَرَفُوا بِذَنْبِهِمْ فَسُحْقًا لِأَصْحَابِ السَّعِيرِ.
Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.
Di dalamnya ditempati orang-orang Nasrani.

7. Wail

Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Muthaffifin, ayat 1-3.
وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ
Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang
الَّذِينَ إِذَا اكْتَالُوا عَلَى النَّاسِ يَسْتَوْفُونَ
(yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi,
وَإِذَا كَالُوهُمْ أَوْ وَزَنُوهُمْ يُخْسِرُونَ
dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi.



Share

Leave a Reply