Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Olahraga Bowling

Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Olahraga Bowling – Bowling ialah suatu jenis olahraga atau permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan atau membuang bola dengan memakai tangan. Bola bowling akan dibuang ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah dibentuk menjadi format segitiga bila disaksikan dari atas

Pengertian Olahraga Bowling

Bowling ialah olahraga menggelindingkan bola dengan memakai satu tangan mengarah ke pin yang berjumlah 10 buah pin. Bowling termasuk olahraga permainan. Jika dalam satu gelindingan pebowling bisa menjatuhkan seluruh pin yang berjumlah 10 buah tersebut, maka dinamakan strike. Jika pin tidak bisa dijatuhkan dalam sekali gelindingan, maka peserta diberi peluang sekali lagi guna untuk menjatuhkan pin yang tersisa. Jika sesudah dua kali masih terdapat pin yang tersisa maka dinamakan open frame (missed) yang kesemuanya tersebut akan menilai perhitungan angka yang didapat dalam masing-masing game. Pin bakal kembali dibentuk seperti semula guna frame selanjutnya.

Ukuran Pin secara umum ialah lebar 4,75 inci dan tinggi 15 inci. Pin bowling tercipta dari kayu yang dibubut dengan mesin bubut. Kemudian pin yang telah jadi dilapisi lapisan keras dari bahan plastik dan dicat putih supaya menghasilkan produk jadi yang mengkilap dan mengasyikkan untuk dilihat

Sejarah Bowling

Di Amerika olahraga bowling dipopulerkan oleh orang-orang Belanda yang datang kesana selama tahun 1600-an. Sebelum mempunyai nama bowling, permainan ini mempunyai nama “Dutch pins”. Di negeri Belanda permainan bowling diangkut oleh orang inggris pada mula tahun 1100-an. Didaratan Eropa tidak melulu dua negara ini saja yang mengenal bowling, Jerman pun mempunyai permainan sejenis. Dengan memakai bola dan 9 buah tongkat kayu yang dinamakan “Keglers”, sampai saat ini banyak sekali orang Jerman menyinggung pin bowling dengan nama keglers.

Sampai kini di Amerika permainan bowling paling populer. Pada awal-awal kemunculan permainan ini pun mempunyai pasang surut. Ada waktu dimana orang-orang mulai berjudi guna permainan ini. Untuk sejumlah waktu, bowling sempat dinilai sebagai sebuah permainan terlarang yang melanggar hukum. Setelah perjalanan panjang baru selama tahun 1900-an bowling pulang diterima dimasyarakat sebagai unsur dari rekreasi. Bahkan di tahun 1895 Amerika menyusun sebuah organisasi sah American Bowling Congress (ABC)
Bowling masuk ke benua Asia pada tahun 1960-an. Indonesia baru mengenal bowling selama tahun 1970. Pada tahun 1983, Achmad Thahir selaku Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi saat tersebut secara resmi mengenalkan istilah bowling yang adalahsingkatan dari “bola gelinding”. Beliau pun menjabat sebagi Ketua Panitia Kejuaraan Bowling antar klub guna memperebutkan piala Presiden Soeharto kala itu.

Cara Menghitung Angka Dalam Permainan Boling

Setiap jenis olahraga terdapat aturan dan teknik menghitungnya, urusan ini bermanfaat untuk mengtahui pemenang dan yang kalah dalam sebuah permainan. Cara perhitungan angka guna olahraga Bowling merupakan:



  • Setiap permainan memiliki 10 frame
  • Setiap frame memiliki 2 kotak yang menggambarkan dua kali peluang lemparan
  • Khusus pada frame ke 10 terdapat 3 kotak yang dengan kata lain bisa mempunyai peluang 3 kali lemparan
  • Skor tertinggi dalam masing-masing permainannya ialah 300 yang dinamakan perfect game
  • Setiap frame strike bakal mendapatkan ekstra angka dari 2 lemparan selanjutnya, sementara untuk spare mendapat ekstra angka dari 1 lemparan selanjutnya.

Teknik Dasar Olahraga Bowling

Olah raga bowling adalahsalah satu olah raga yang membutuhkan keakuratan tinggi dalam menjatuhkan seluruh pin atau istilahnya: strike, tak berbeda dengan olahraga memanah ataupun menembak. Berikut ini Hal Mendasar yang Perlu Diketahui untuk Pemula guna Bermain Bowling:

  • Memilih bola

Sebelum mengawali pernainan usahakan kamu memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari-jari anda. Tangan kita usahakan dapat masuk dengan pas ke dalam lubang bola. Tapi, tidak boleh terlalu sempit sampai-sampai nantinya Anda kendala untuk mengeluarkannya dengan cepat. Bagi memilih bola yang sangat pas guna Anda, kerjakan ini: Masukkan ibu jari Anda kemudian lebarkan jari-jari kita yang beda di sekeliling bola. Ruas jari Anda mesti segaris dengan unsur tengah lubang. Lalu, pilih bola sangat berat yang masih dapat Anda ayunkan dengan baik.

  • Mengincar Strike

Hal yang sangat diiinginkan oleh seluruh pemain bowling ialah menjatuhkan seluruh pin, maka dari tersebut mengincar Strike adalahhal yang yang kesatu menjadi acuan.
Jika kita pemakai tangan kanan, posisikan bola di arah jam 6, sedangkan tangan kiri kita di arah jam 8 untuk menyerahkan sokongan.
Jika kamu kidal maka posisikan di arah jam 6 dan jam 4. Ambil ancang-ancang empat tahapan di belakang garis, plus setengah tahapan untuk nantinya mengenalkan bola. Gunakan tanda panah di lane bowling sebagai panduan.
Untuk menemukan sudut lemparan terbaik, arahkan bola salah satu baris kedua dan ketiga dari seloka (gutter) tersebut adalahtempat terbaik guna menjatuhkan pin dengan reaksi berantai.

  • Persiapan akhir

Melangkahlah dengan cepat ke arah garis, tekuk tidak banyak lutut Anda, dibuka dari tangan dan kaki kita yang dominan. Ketika maju ke depan, alihkan berat tubuh kita ke kaki yang beda dan biarkan tangan kita yang beda jatuh sampai-sampai bola dapat mengayun mulus. Arahkan dengan bahu Anda kemudian biarkan lengan kita relaks dan membuai kebelakang setinggi bahu Anda.

  • Menjatuhkan seluruh pin

Ketika bola terdapat di belakang badan Anda, meluncurlah untuk mengerjakan gerakan finishing. Ayunkan bola ke depan dan, saat bola melalui pergelangan kaki Anda, putar bolanya sehingga jempol Anda menunjuk ke arah jam 10. Untuk menemukan efek putaran yang lebih bertenaga, putar tangan kita dari arah jam 12 ke arah jam 10 tepat saat bola mengayun melalui pergelangan kaki Anda

Hal-hal yang ada dalam permainan Boling

  • Dalam 1 line/lintasan bisa dipakai maksimal 5 orang.
  • misalkan cuma berdua, maka di layar display akan menampilkan nama secara bergantian, mainlah saat nama kita tampil .
  • Sebelum melempar bola, pastikan 10 Pin bowling sudah dalam kondisi terbuka (cover sudah naik).
  • 1 orang berkesempatan 2 kali melempar bola jika tidak terjadi Strike, dan hanya sekali melempar jika Strike.
  • Dalam 1 sesi Game, 1 orang bergiliran 10 kali Strike (atau 20 kali
  • lempar jika tidak strike).

Lapangan dan Peralatan

Olahraga bola gelinding atau biasa disebut boling dimainkan dalam ruangan khusus. Adapun panjang jalur lemparannya 18,75 meter dan lebar 100 cm. sebuah pin(botol khusus) beratnya 1,14 kg, tinggi 37 cm disusun sedemikan rupa sebanyak 10 buah dengan jarak masing antar botol 12 inch yang diletakkan di ujung jalur lemparan.
Bola gelinding seberat 4 kg sampai 8 kg dengan garis lingkar sepanjang 70 cm. Bola ini dirancang khusus yaitu dilengkapi dengan tempat pegangan jari-jari kedalam bola.
Pakaian dalam permainan boling hendaknya khusus yang tidak mengganggu gerakan tubuh dan tidak mengganggu permainan, sedangkan untuk sepatu dengan sol yang terbuat dari karet atau kulit. Sol karet berfungsi untuk rem dan mengontrol gelindingan bola, sol kulit untuk melakukan gelindingan yang diperlukan pada langkah akhir.

Share