Pengertian, Sejarah, Teknik, Olahraga Golf Penjelasan lengkap

Pengertian, Sejarah, Teknik, Olahraga Golf Penjelasan lengkap – Golf adalah salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Teknik dasar golf

Golf adalah olahraga yang memerlukan keseimbangan, kekuatan, serta keakuratan dalam memukul. Untuk itu diperlukan teknik memegang, mengayun, serta memukul. Berikut adalah tekniknya.

Teknik memegang

Sebelum anda memahami cara mengayun dan memukul, alangkah baiknya anda memahami teknik memegang stick golf terlebih dahulu.

  • Baseball grip, teknik ini dilakukan seperti memegang stick baseball, yaitu tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
  • Overlapping golf grip, teknik ini hampir sama seperti yang diatas, hanya saja tangan kanan agak sedikit ke atas, sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.
  • Interlocking golf grip, bagi anda yang baru belajar bermain golf, kami menyarankan untuk tidak menggunakan teknik ini dulu, karena teknik ini digunakan untuk para pemain golf profesional. Cara melakukannya adalah seperti memegang stick baseball, namun mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk dari tangan kiri.

Teknik mengayun

Agar pukulan anda semakin bertenaga dan seimbang, ada beberapa cara mengayunkan stick yang baik dan benar.

  • Melakukan backswing, dengan cara mengayunkan stick ke belakang tubuh anda sampai melewati kepala.
  • Melakukan downsing, setelah melakukan backswing, lakukan downsing, yaitu melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola.

Teknik memukul

Pukulan yang akurat sangat diperlukan dalam olahraga golf. Untuk mendapatkan pukulan itu, anda harus memahami teknik – teknik dalam memukul bola golf. Berikut ini adalah teknik dasar memukul bola golf.

  • Tee shot, teknik ini digunakan pada pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dilakukan dari teeing ground (letak awal bola golf) menuju lubang.
  • Fairway shot, teknik ini dilakukan para pemain golf setelah melakukan tee shot.
  • Bunker shot, teknik ini digunakan jika bola yang dipukul keluar area.
  • Putting, teknik ini digunakan jika bola golf sudah dekat dengan lubang agar bola dapat dengan mudah dimasukkan.
    Punch, teknik ini biasa digunakan jika angin yang berhembus dilapangan golf sangat kencang.

Peraturan golf

  • Pukulan pertama untuk memulai pertandingan harus dilakukan dari teeing ground.
  • Dalam olahraga golf, yang menjadi pemenangnya adalah pemain yang memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  • Setiap melakukan pukulan, para pemain golf harus berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya.
  • Pemain bisa menganggap bolanya tidak dapat dimainkan dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  • Jika mendapatkan pinalty, anda diperbolehkan mengangkat, membersihkan, bahkan mengganti bola.

Manfaat

1. Latihan fisik

Lapangan golf yang luas menciptakan pegolf bisa memanfaatkannya guna berjalan kaki dari lokasi memukul bola hingga ke lokasi bola itu terjatuh. Manfaat jalan kaki tersebut, akan dilaksanakan sepanjang 18 hole serupa dengan berlangsung 3-4 mil. Ini dapat menciptakan jantung pegolf menjadi terpacu begitu pun dalam peredaran darah yang bakal terus berjalan. Pegolf yang bermain tiga atau empat kali dalam seminggu bakal mendapatkan latihan jasmani yang lumayan untuk kebugaran tubuh. Tak melulu berjalan kaki, gerakan membuai stik golf pun menjadi di antara gerakan yang akan menolong meningkatkan kebugaran tubuh serta fleksibilitas.

2. Menghindari stress

Seperti yang kita kupas sebelumnya bahwa golf dapat meningkatkan konsentrasi. Saat bermain maka anda akan konsentrasi untuk memukul bola dengan sebaik-baiknya. Saat itulah kita dapat sejenak melupakan sekian banyak permasalahan yang dapat menciptakan kita stress. Golf pun dimainkan di luar ruangan dengan lapangan yang tersingkap dan panorama yang indah. Pegolf dapat merasakan udara yang segar sambil menyaksikan pemandangan estetis di lapangan tersebut. Berada di lapangan yang luas pun akan menciptakan kita merasa lebih bebas sehingga anda tidak merasa tertekan atau sendirian.

3. Meningkatkan konsentrasi

Permainan golf sendiri adalahpermainan yang memerlukan konsentrasi. Untuk yang kurang dapat berkonsentrasi maka seringkali akan merasakan kesulitan. Pegolf belajar bagaimana untuk konsentrasi dalam memukul bola dan mereka berkonsentrasi dengan bagaimana buaian stik golf itu sehingga, bisa memukul bola hingga ke jarak yang diinginkan. Bermain golf menolong seseorang guna belajar berkonsentrasi dan konsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

4. Bersosialisasi

Golf adalahpermainan yang kompetitif dan nyaris semua pemain golf hendak menang. Namun kompetisi seringkali berjalan dengan bersahabat. Golf menyerahkan kesempatan untuk para pemainnya untuk berkata satu sama beda dan mendiskusikan masalah lainnya ketika mereka sedang berlangsung dan beranggapan tentang pukulan berikut. Golf adalahpermainan yang bersahabat dan menyerahkan waktu untuk pemainnnya guna berteman sekitar berkompetisi.

Tak heran bila tidak sedikit orang yang memakai olahraga golf sebagai sarana guna menjalin kerja sama dengan orang lain. Saat bakal menjalin kerja sama dengan orang maka ada tidak sedikit pengusaha yang menyuruh calon mitranya guna bermain golf. Saat bermain mereka akan tidak sedikit bertukar benak sehingga, bisa lebih dekat satu dengan yang lainnya.

5. Sebagai hiburan



Bermain golf juga dapat menjadi hiburan tersendiri seraya berolahraga. Apakah anda baru belajar ataukah telah profesional, bermain golf dapat menjadi urusan yang paling menyenangkan. Seperti sedang berekreasi dan bermain sebuah permainan. Kadang anda tak perlu terlampau memikirkan mesti menang dalam suatu permainan lagipula jika anda memandang lawan kita ialah teman sendiri.

SEJARAH PERMAINAN GOLF

Asal usul dari golf memamg tidak cukup jelas, tetapi sekian banyak kalangan lazimnya setuju dengan teori olahraga golf berasal dari Skotlandia selama tahun 1100-an. Awalnya ialah penggembala Skotlandia memukul-mukul batu kecil sampai masuk ke lubang sarang kelinci di lokasi yang kini menjadi The Royal and Ancient Golf Club of St Andrews.
Permainan laksana golf pernah dimainkan pada 26 Februari 1297 di Belanda, tepatnya di kota Loenen aan de Vecht. Orang Belanda bermain dengan tongkat dan bola kulit. Pemenangnya ialah pemain yang terbanyak tentang sasaran dengan bola.
Dari laporan Profesor Ling Hongling dari Universitas Lanzhou mengindikasikan bahwa permainan yang serupa golf, dahulu sudah dimainkan di Cina pada era Dinasti Tang Selatan, selama 500 tahun sebelum golf disinggung untuk kesatu kali di Skotlandia.
Dalam dokumentasi Cina ditulis mengenai pejabat Dinasti Tang Selatan yang mengajari putrinya teknik menggali lubang di tanah dan memasukkan bola ke dalamnya. Berdasarkan keterangan dari Ling Hongling, golf diperkenalkan orang Mongolia ke Eropa dan kemudian Skotlandia pada akhir abad pertengahan.
Permainan golf yang dikenal kini umumnya dirasakan sebagai penemuan orang Skotlandia sebab pada abad ke-15 telah ada Undang-Undang Parlemen Skotlandia mengandung larangan bermain golf. Walaupun demikian, sejumlah cendekiawan berasumsi undang-undang itu merujuk untuk permainan jenis beda yang lebih serupa shinty, hurling, atau hoki lapangan, dan bukan golf yang dikenal sekarang.
Fakta mengindikasikan golf “modern” berasal dan dikembangkan di Skotlandia. Padang golf permanen yang kesatu pun berada di Skotlandia, demikian pula sistem keanggotaan di klub golf yang kesatu. Peraturan tertulis kesatu yang menata permainan golf pun berasal dari Skotlandia, dan pun padang golf 18 lubang yang kesatu sedang di Skotlandia. Turnamen golf sah yang kesatu dipertandingkan antarpegolf dari sekian banyak kota di Skotlandia. Tidak sejumlah lama kemudian, permainan golf canggih menyebar ke Inggris, dan lantas ke semua dunia.

Peralatan Golf

  • Stik golf

Ada tiga tipe stik golf (club) yaitu: wood, iron, dan putter. Wedge adalah iron yang digunakan untuk memukul pada jarak yang pendek. Wood digunakan untuk memukul jarak yang sangat jauh. Sedangkan iron pada jarak menengah. Putter hampir selalu digunakan untuk melakukan pukulan di atas green.

  • Bola golf

Diameter bola golf minimum adalah 42,67 mm dan harus bermassa lebih dari 45,93 gram. Ada 3 jenis bola golf.

  • Shaft

Shaft (tangkai) digunakan di antara grip dan kepala club.

  • Peralatan lain

Pegolf memakai sepatu khusus untuk golf dan mengenakan sarung tangan pada tangan sebelah kiri. Ada pula tee (pasak) yang digunakan untuk melakukan tee shot di atas teeing ground.

Skor

Skor dalam golf berbeda dengan skor dalam permainan lain. Pemain menang bila mendapat skor yang sedikit (bahkan hingga minus). Berbeda dalam sepak bola atau bola basket yang menentukan grup dengan skor terbanyak sebagai pemenang. Tabel skor golf:
Istilah papan skor
-3 = double-eagle (albatross) = tiga pukulan di bawah par
-2 = eagle = dua pukulan di bawah par
-1 = birdie = satu pukulan di bawah par
0 = par =jumlah pukulan sama dengan par
+1 = bogey = satu pukulan di atas par
+2 = double bogey = dua pukulan di atas par
+3 = triple bogey = tiga pukulan di atas par
Hole in one yaitu memasukkan bola dari teeing ground ke lubang dalam satu kali pukulan. Biasanya hole in one hanya terjadi pada hole ber-par 3.

Tipe pukulan dalam golf

  • Tee shot adalah pukulan pertama dari teeing ground. Tee shot biasanya dilakukan dengan menggunakan driver (misalnya 1-wood) untuk hole yang panjang atau iron pada hole yang lebih pendek.
  • Fairway shot Stik golf jenis iron atau wedge biasa digunakan untuk melakukan pukulan ini.
  • Bunker shot Pukulan ini dilakukan jika bola mendarat di atas bunker. Pukulan ini biasanya menggunakan sand wedge.
  • Punch atau knockdown adalah pukulan rendah yang dilakukan untuk menghindari cabang pohon atau angin yang kuat di atas.
  • Putting adalah pukulan yang dilakukan di atas green dan menggunakan putter dan bagi sebagian besar pegolf merupakan pukulan tersulit.
  • Approach shot adalah pukulan yang dilakukan untuk mendekatkan bola ke green. Pukulan ini biasanya dilakukan pada jarak yang sedang atau dekat. Tipe approach shot terdiri dari 3 jenis:

-Pitch adalah approach shot yang menerbangkan bola ke atas green atau dekat green. Pitch shot biasa dilakukan dengan menggunakan iron 6 hingga lob wedge.

-Flop adalah approach shot yang lebih tinggi lagi dan langsung berhenti sesaat setelah menghantam tanah. Pukulan ini dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.

-Chip adalah approach shot yang rendah ketika bola terbang rendah dan kemudian bergulir mengarah ke green.

Share