Pengertian, Ukuran, Teknik, Sejarah Baseball / bisbol

Pengertian, Ukuran, Teknik, Sejarah Baseball / bisbol – Sejarah mula bisbol di kenal di Amerika Serikat, pada tahun 1791. Bisbol atau Baseball ialah olahraga yang di mainkan dua tim. Peraturan yang tidak mengizinkan bermain game dalam 80 yard (73 m) . Pelempar bola (pitcher) dari kesebelasan yang melempar berjuang melempar bola yang dinamakan bola bisbol, sementara pemain (batter) dari kesebelasan yang memukul berjuang memukul bola dengan memakai tongkat pemukul (bat) . Tongkat yang memukul bisbol ialah sebuah kayu halus atau pentungan metal yang dipakai dalam olahraga bisbol

Pengertian Baseball / Bisbol

Baseball atau biasa dinamakan Bisbol ialah salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil yang terdiri dari 2 rombongan saling berlawanan, dengan setiap rombongan beranggotakan 9 pemain.
Tujuan dari olahraga ini ialah mempertahankan tim guna tetap menjadi batting (pemukul bola) supaya bisa mendapat angka agar dapat memenangkan pertandingan.

Teknik Dasar Baseball / Bisbol

1. Teknik Melempar Bola

Dalam melempar bola, semua pelempar (pitcher) jangan sembarangan dalam melempar, mesti disertai dengan kiat yang benar supaya pemukul (batter) tidak bisa memukul bola yang diserahkan oleh pitcher. Cara melempar bola dalam baseball ialah mengayunkan tangan dari atas dan melempar bola tepat ke arah pemukul.

2. Teknik Memegang Stick

Untuk memaksimalkan pukulan dan menangkal terjadinya cedera ketika memukul bola, betapa baiknya kamu mempelajari teknik – teknik memegang stick terlebih dahulu. Stick baseball mesti dipegang dengan kedua tangan dengan erat supaya stick tidak terlepas ketika dipukul.

3. Teknik Memukul Bola

Pemukul (batter) mesti dapat memukul dengan powerful dan dapat melihat dengan cepat dari mana arah datangnya bola. Peran pemukul dalam baseball paling penting, sebab 1 pemukul saja tidak berhasil dalam memukul, akan berdampak fatal untuk satu tim.

4. Teknik Menangkap Bola

Untuk hal dalam menciduk bola, dapat di berikan kepada catcher (penangkap bola). Agar dapat menciduk bola yang terlempar dengan keras, dibutuhkan sebuah teknik, yaitu andai tubuh kamu semakin dekat dengan bola, maka kesempatan kamu untuk menciduk bola malah kian besar.

Awal sejarah Baseball

Penyebutan mula bisbol dikenal di Amerika Serikat ialah pada tahun 1791 Pittsfield, Massachusetts, ketentuan yang tidak mengizinkan bermain game dalam masa-masa 80 yard (73 m) dari lokasi tinggal pertemuan kota. Pada tahun 1903, berita olahraga Inggris Henry Chadwick mengeluarkan sebuah tulisan yang berspekulasi bahwa bisbol berasal dari permainan Inggris dinamakan yang dinamakan rounders, dan sudah dimainkan Chadwick, asal di Inggris. Tapi Albert Spalding tidak setuju. Baseball, laksana yang disebutkan Spalding, secara mendasar adalaholahraga Amerika dan dibuka di tanah Amerika.
Untuk menuntaskan masalah ini, dua orang menunjuk suatu komisi, yang dipimpin oleh Abraham Mills, presiden keempat Liga Nasional Baseball Klub Profesional. Komisi, yang pun termasuk enam eksekutif olahraga lainnya, bekerja sekitar tiga tahun, setelah tersebut menyatakan bahwa Abner Doubleday menemukan kegemaran nasional. Ini bakal menjadi kejutan guna Doubleday.
Almarhum Pahlawan Perang Saudara ini tidak pernah tahu bahwa ia telah mengejar bisbol. Tapi15 tahun sesudah kematiannya, ia dinamakan sebagai bapak dari permainan bisbol, kata sejarawan John Thorn.
Mitos mengenai Doubleday sebagai pencipta permainan bisbol datang dari Insinyur pertambangan Colorado. Laporan beda sebagai referensi mula bahwa bola dasar secara tertata dimainkan pada hari Sabtu pada tahun 1823 di pinggiran kota New York City di wilayah yang ketika ini ialah Greenwich Village.
Tim kesatu yang bermain bisbol di bawah aturan yang modern ialah New York Knickerbockers. Klub ini didirikan pada tanggal 23 September tahun 1845, sebagai klub sosial untuk ruang belajar menengah ke atas dari New York City. Beberrapa Anggota klub ini ialah presiden Doc Adams dan Alexander Cartwright, merumuskan Aturan Knickerbocker, yang mayoritas berurusan dengan masalah organisasi, serta tata aturan guna bermain game.
Selanjutnya, Bisbol menjadi olahraga yang dilaksanakan secara kesebelasan dan populer di Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Timur. Di tidak sedikit negara, bisbol adalaholahraga utama. Di Amerika Serikat, bisbol ialah pengisi masa-masa luang nasional (national pastime) sebab sebagian orang Amerika Serikat menghabiskan tidak sedikit sekali waktu guna bermain dan menyaksikan pertandingan bisbol. Jumlah pemirsa yang datang ke stadion untuk menonton Liga Baseball Amerika melebihi jumlah pemirsa olahraga jenis lainnya, tapi diungguli Sepak bola Amerika dalam jumlah pemirsa yang menonton pertandingan melewati televisi.

Peralatan Baseball

1. Pemukul



Alat pemukul yang sah mesti bulat. Panjang nya tidak cukup lebih 86 cm. berdiameter 7 cm lokasi pegangan nya boleh di balut tidak cukup lebih 40 cm.

2. bola

Bola yang sah mesti bewarna putih, berbentuk bulat terdapat jahitan merah, bahan nya dari kulit atau sintesis.

3. Base IV (home plate)

Dibuat dari karet atau bahan beda yang layak. berbentuk segilima, berukuran 30-22-43-22-30 cm.

4. Base 1 2 3

Bedanya dengan home plate ialah bentuknya yang segi empat sama sisiatau tepat nya berbentuk bujur sangkar. ukurannya ialah 38 x 38cm. Base ini tercipta dari kanvas atau yang sejenis, masing- masing di ikat supaya tidak beralih tempat.

5. Sarung Tangan

Semua pemain boleh memakai sarung tangan dari kulit. Untuk catcher dan penjga base 1, sarung tangannya lebih tebal dan format nya lain. Bagi cacher, tanpa jempol atau bulat utuh. guna pitcher dan penjaga base 1, pun bulat, namun maemakai jempol yang terpiasah. sementara pemain- pemain yang beda denagn lima jari yang terpisah.

7. Sepatu

sepatu yang sah ialah yang tercipta dari kanvas, kulit halus atau yang sejenis. sol nya boleh yang rata atau berpahat- pahat dari karet.sol logam dan plat tumit pun boleh dipergunakan. asl paku tang menonjol tidak lebih panjang dari tiga perempat inch.

8. Pelindung catcher

Masker( penutup muka), Body protector (pelindung dada), dan leg guard (Penutup tungkai bawah). ketiga- tiganya kamus digunakan catcher.

ATURAN PERMAINAN BISBOL

Dalam olahraga Baseball ( bisbol) ini permainan seringkali dibagi menjadi empat bagian, yakni playing field, permainan struktur, pitching dan memukul kemudian yang terakhir mematikan lawan guna mendapatkan score. Olahraga Bisbol ini dimainkan dua tim. Masing-masing kesebelasan harus punya pelempar atau pitcher, terdapat batter atau pemain yang berjuang memukul bola dengan tongkat pemukul biasa dinamakan bat.
Permainan dapat dimulai dengan pitcher melempar bola di atas home plate biar bisa strike. Tim yang memukul dapat dapat score bila berlari bertentangan ke arah jarum jam untuk kembali ke home plate sesudah menyentuh marka dii permukaan lapangan,marka tersebut seringkali disebut dengan basa.Jadi sentuh dulu base, baru kita boleh kembali berlari ke arah jarum jam dengan secepat-cepatnya agar Kelompok Anda menemukan scor

Ukuran lapangan Baseball :

  • Panjang setiap sisinya: 16,76 meter.
  • Jarak dari home base ke tempat pelempar: 13,07 meter.
  • Tempat pelempar berdiri (pitcher plate): 60 x 15 meter)
  • Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base. Base terdiri atas base I, II, dan III, sedang base IV langsung tempat untuk memukul (home base).
  • Setiap base terdiri dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, dengan ukuran masing-masing base 38 x 38 cm, dan tebal 5-12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 x 21,5 cm, sisi puncaknya berukuran 30 cm.
  • Perpanjangan garis dalam home base ke base I dan II disebut garis batas/sector, gunakanya untuk menentukan bola itu jatuhnya di dalam atau di luar garis batas.
Share