Pengertian Arti Lambang ASEAN Beserta Gambar , Sejarah,Tujuan

Pengertian Arti Lambang ASEAN Beserta Gambar , Sejarah,Tujuan – Tentunya anda sudah pernah melihat emblem ASEAN bukan, gambar tersebut tidak jarang terlihat dibuku-buku pelajaran saat membahas kerjasama internasional ASEAN dalam mata latihan geografi, namun apakah anda mengerti makna sesungguhnya dari emblem tersebut? Agar lebih jelasnya marilah kita simak uraiannya sebagai berikut mengenai makna lambang ASEAN dan pun keterangannya
Pengertian Arti Lambang ASEAN Beserta Gambar , Sejarah,Tujuan

Mengenali Arti Lambang ASEAN
Gambar diatas adalah logo atau emblem ASEAN yang kita tidak jarang jumpai dibuku-buku atau media-media lainnya laksana internet, koran, poster, dan benda sebagainya. Dari gambar itu terlihat 10 barang padi yang terbelenggu yang mencerminkan persatuan, kesatuan dan persahabatan dari ke-10 negara-negara yang menjadi anggota ASEAN (Organisasi negara-negara di Asia Tenggara).

Adapun untuk warna yang berada pada lambang tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Warna biru memiliki arti perdamaian dan keamanan, warna merah memiliki arti keberanian dan dinamika, warna putih memiliki arti kesucian, dan warna kuning memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan lingkaran yang ada melambangkan persatuan antara negara-negara anggota ASEAN.

Inilah Nama-nama Negara ASEAN Beserta Nama Ibukotanya
Ketahuilah bahwa pada awalnya ASEAN hanya terdiri dari 5 negara saja, mereka adalah negara-negara pemrakarsa ASEAN yang terbentuk pada 8 Agustus 1967, negara-negara tersebut antara lain adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Namun saat ini jumlah anggota ASEAN bertambah banyak menjadi 10 negara yang berada didalam kawasan yang luasnya 6 juta kilometer persegi. Dan inilah 10 negara ASEAN beserta dengan nama ibukotanya, silahkan disimak:

  • Indonesia, negara ini memiliki ibukota di Kota Jakarta.
  • Malaysia, negara ini memiliki ibukota di Kota Kuala Lumpur.
  • Thailand, negara ini memiliki ibukota di Kota Bangkok.
  • Singapura, negara ini memiliki ibukota di Kota Singapura.
  • Filipina, negara ini memiliki ibukota di Kota Manila.
  • Brunei Darussalam, negara ini memiliki ibukota di Kota Bandar Seri Begawan.
  • Vietnam, negara ini memiliki ibukota di Kota Hanoi.
  • Kamboja, negara ini memiliki ibukota di Kota Phnom Phen.
  • Laos, negara ini memiliki ibukota di Kota Vientiane.
  • Myanmar, negara ini memiliki ibukota di Kota Naypyidaw.

Pengertian ASEAN
Pengertian ASEAN yang merupakan sebuah akronim dari Association of Souteast Asian Nations adalah Perhimpunan Negara-negara yang Berada dikawasan Asia Tenggara. Organisasi ASEAN yang pada awalnya hanya berjumlah lima negara saja sekarang sudah tumbuh berkembang menjadi 10 negara antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos dan Kamboja dimana lima negara pertama adalah pendirinya.

Baca :  pengertian kode etik Jurnalistik,Fungsi,Tujuan Sejarah Kode Etik Jurnalistik

ASEAN merupakan sebuah organisasi internasional kewilayahan yang begitu besar, jika dijumlahkan secara keseluruhan luas wilayahnya mencapai 1,7 juta mil persegi atau sekitar 4,5 juta kilometer persegi dengan jumlah populasi yang ada didalamnya sekitar setengah milyar orang. ASEAN dibentuk dengan maksud dan tujuan kepentingan negara-negara didalamnya seperti ekonomi, sosial, budaya, dll.

Sejarah ASEAN
ASEAN yang merupakan sebuah perhimpunan negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Bangkok, Thailand yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Deklarasi ini dihadiri oleh lima negara yang disebut juga dengan negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thalaind dan juga Filipina. Wakil-wakil dari ke-5 negara tersebut antara lain Adam Malik (indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), Thanat Khoman (Thaialand), dan Narciso Ramos (Filipina

Tujuan ASEAN
Inilah tujuan ASEAN yang tercantum didalam Deklarasi Bangkok

  • Untuk mempercepat pertumbuhan ekonimi, kemajuan sosial dan pengembangan budaya dalam kawasan (ASEAN) melalui usaha-usaha bersama didalam semangat kesetaraan dan kebersamaan didalam memperkuat pondasi untuk kesejahteraan dan perdamaian negara-negara dikawasan Asia Tenggara.
  • Untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas dalam kawasan dengan menghormati keadilan dan supremasi hukum didalam hubungan diantara negara-negara dalam satu kawasan dan kepatuhan terhadap piagam PBB.
  • Untuk mempromosikan kolaborasi secara aktif dan saling membantu dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama seperti ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan dan juga dalam bidang-bidang administrasi.
  • Untuk memberikan bantuan satu sama lain dalam hal fasilitas-fasilitas pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, pekerjaan/profesi, teknik dan administrasi.
  • Untuk berkolaborasi lebih efektif dalam pemanfaatan dengan lebih baik dalam bidang pertanian dan industri, memperluas perdagangan, termasuk mempelajari masalah-masalah dalam perdagangan komositas internasional, pengembangan sistem transportasi dan fasilitas-fasilitas komunikasi dan meningkatkan standar hidup untuk orang-orang atau masyarakat yang berada didalam kawasan ASEAN.
  • Untuk mempromosikan sistem pendidikan di Asia Tenggara.
  • Untuk menjaga kerjasama yang erat dan saling menguntungkan dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang sudah ada sebelumnya yang memiliki kesamaan visi dan tujuan, dan mengeksplor semua jalan untuk kerjasama yang lebih erat diantara mereka (organisasi-organisasi tersebut).

Itu adalah tujuh tujuan didirikannya ASEAN yang masuk dalam Deklarasi Bangkok yang disepakati pada tanggal 8 Agustus 1967 di Kota Thailand, Bangkok.

Share
WhatsApp chat