Biografi Penemu Apple Inc Steve Jobs

Biografi Penemu Apple Inc Steve Jobs – Steve Jobs lahir 24 Februari 1955 di San Francisco, California dan diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs (née Hagopian) dari Mountain View, California, yang menamainya Steven Paul. Paul dan Clara lantas mengadopsi anak wanita yang diberi nama Patti. Orang tua biologis Jobs – Abdulfattah Jandali, seorang sarjana berkebangsaan Suriah yang lantas menjadi profesor ilmu politik, dan Joanne Simpson (née Schieble), seorang sarjana berkebangsaan Amerika Serikat yang lantas menjadi patolog bahasa wicara – yang lantas menikah, mencetuskan dan memperbanyak adik biologis Jobs, yakni novelis Mona Simpson.

Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California, dan tidak jarang menghadiri kuliah sesudah sekolah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Ia lantas dipekerjakan di sana dan bekerja bareng Steve Wozniak sebagai karyawan musim panas. Tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas dan meregistrasi masuk Reed College di Portland, Oregon. Meski ia terbit setelah satu semester, ia melanjutkan audit kelasnya di Reed, seperti ruang belajar kaligrafi, dengan istirahat di lantai kamar temannya, membalikkan botol-botol Coke demi menemukan uang, dan menemukan makanan cuma-cuma mingguan di wihara Hare Krishna setempat. Jobs lantas berkata, “Jika aku tidak menghadiri kuliah tunggal di perguruan tinggi itu, maka Mac tidak bakal memiliki pelbagai huruf cetak ataupun huruf dengan spasi sejajar.”
Pada musim gugur 1974, Jobs pulang ke California dan mulai menghadiri petemuan Homebrew Computer Club bareng Wozniak. Ia memungut pekerjaan sebagai teknisi di Atari, suatu perusahaan pembuat sekian banyak permainan video populer, dengan destinasi utama menyimpan uang uang untuk mengerjakan perjalanan spiritual ke India.
Jobs lantas berangkat ke India untuk mendatangi Neem Karoli Baba di Kainchi Ashram-nya bareng seorang rekan dari Reed College (yang besok menjadi karyawan Apple kesatu), Daniel Kottke, untuk menggali pencerahan spiritual. Ia kembali dalam suasana menganut agama Buddha dengan kepala tercukur dan mengenakan pakaian tradisional India. Pada masa-masa itu, Jobs sedang bereksperimen dengan obat psikedelik dan menyebut empiris LSD-nya sebagai “satu dari dua atau tiga urusan terpenting yang [pernah] dilaksanakan dalam kehidupan [dirinya]”. Ia menuliskan bahwa orang-orang di sekitarnya yang tidak tergolong dalam silsilah lintas budayanya tidak dapat mengetahui sepenuhnya masing-masing pemikirannya.

Jobs pulang ke kegiatan sebelumnya di Atari dan diserahkan tugas membuat papan sirkuit guna permainan Breakout. Berdasarkan keterangan dari pendiri Atari Nolan Bushnell, Atari menawarkan $100 untuk masing-masing chip yang dihapuskan di mesin ini. Jobs punya tidak banyak ketertarikan atau pengetahuan dalam desain papan sirkuit dan menciptakan persetujuan dengan Wozniak guna membagi bonusnya sama rata andai Wozniak dapat meminimalkan jumlah chip. Atari paling terkejut sebab Wozniak meminimalisir jumlah chip sejumlah 50 buah, suatu desain yang paling ketat sehingga mustahil guna menciptakannya pulang di jalur perakitan. Pada masa-masa itu, Jobs memberitahu Wozniak bahwa Atari melulu memberi mereka $700 (bukannya $5000) dan Wozniak juga mendapat unsur $350.

  • Lahir: Abdul Lateef Jandali 24 Februari 1955, San Francisco, California, AS
  • Meninggal: 5 Oktober 2011 (umur 56) Palo Alto, California, AS
  • Kewarganegaraan: Amerika Serikat
  • Almamater: Reed College (keluar tahun 1972)
  • Pekerjaan: Ketua, Apple Inc.
  • Kekayaan bersih: $8,3 miliar (2011)
  • Anggota dewan dari: The Walt Disney Company, Apple, Inc.
  • Agama: Buddha
  • Pasangan: Laurene Powell (1991–2011, kematian Jobs)
  • Anak: 4
  • Kerabat: Mona Simpson (adik)

Pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc



Steven Paul “Steve” Jobs ialah seorang figur bisnis dan penemu Amerika Serikat. Ia ialah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs pun sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pemungutan alih Pixar oleh Disney. Namanya disematkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995.
Pada akhir 1970-an, Jobs, bareng pendiri pendamping Apple Steve Wozniak, Mike Markkula, dan lainnya, merancang, mengembangkan, dan menjual salah satu jajaran komputer individu kesatu yang berhasil secara komersial, yakni seri Apple II. Pada mula 1980-an, Jobs tergolong orang-orang yang kesatu kali menyaksikan potensi komersial dari antarmuka pemakai grafis yang digerakkan tetikus PARC Xerox yang lantas mendorong penciptaan Macintosh. Setelah kalah melawan keputusan dewan direktur tahun 1984, Jobs mengundurkan diri dari Apple dan menegakkan NeXT, suatu perusahaan pengembangan platform komputer yang berkecimpung dalam pasar edukasi tinggi dan bisnis. Pembelian NeXT oleh Apple pada tahun 1996 membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan bersama, dan ia menjabat sebagai CEO-nya semenjak 1997 sampai 2011.
Tahun 1986, ia memungut alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd yang lantas menjadi Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya sejumlah 50,1% sampai dipungut alih oleh The Walt Disney Company tahun 2006. Karena tersebut pula Jobs menjadi pemegang saham perorangan terbesar di Disney sejumlah 7% dan anggota Dewan Direktur Disney. Setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada 24 Agustus 2011, Jobs terpilih sebagai ketua dewan direktur Apple.
Pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia di California pada umur 56 tahun, tujuh tahun sesudah didiagnosis menderita kanker pankreas. Jobs meninggalkan Laurene, istrinya sekitar 20 tahun, tiga anak mereka dan Lisa Brennan-Jobs, putri Jobs dari hubungan sebelumnya. Keluarganya merilis pengakuan yang menuliskan bahwa ia “meninggal dalam damai”.
Pada masa-masa kematiannya, ia dikenal luas sebagai seorang visioner, cikal bakal dan jenius dalam bidang bisnis, inovasi, dan desain produk, dan orang yang sukses mengganti wajah dunia modern, merevolusi enam industri yang berbeda, dan “contoh untuk semua kepala eksekutif”. Kematiannya ditanggapi secara luas dan dirasakan sebagai kehilangan besar untuk dunia oleh semua penggemarnya di semua dunia.

Baca :  contoh teks anekdot, pengertian, ciri, tujuan, dan cara buat

Penemuan

Jobs tercatat sebagai penemu utama atau penemu pendamping pada lebih dari 230 hadiah paten atau permintaan paten berhubungan serangkaian teknologi mulai dari komputer dan perangkat portabel sampai antarmuka pemakai (termasuk yang berbasis sentuh), pengeras suara, papan ketik, adapter tenaga, tangga, gesper, lengan baju, tali sandang dan paket.

Berikut Karya – karya Steve Jobs saat masih memimpin CEO Apple Inc

  1. Apple l (1976). Apple l ini merupakan produk pertama dari CEO Apple Inc buatan Steve dan diluncurkan pada tahun 1976.
  2. Apple ll (1977) Steve memperkenalkan Apple ll ini tahun 1977 sebagai komputer pribadi pertama untuk grafis warna
  3. Macintosh (1984) Pada tahun 1984, Macintosh komersial buatan Steve ini mulai dijual dan dimotori oleh Ridley Scott yang merupakan pengusaha kaya pada waktu itu.
  4. Apple llC (1984), Untuk Apple llC ini,, Steve Jobs bekerjasama dengan Steve Wonzniak dalam pembuatannya. Diluncurkan 24 April 1984 dan selang beberapa bulan setelah pembuatan Macintosh.
  5. Macintosh Portable (1989), Ini merupakan perkembangan dari Macintosh sebelumnya, dengan menggunakan layar Portable.
  6. Powerbook (1991), Steve berhasil membuat Powerbook pertama didunia. Untuk pengembangannya sekarang berupa Laptop atau Notebook.
  7. iMac (1998), Diperkenal kan pertama kali tanggal 7 Mei 1998. iMac ini diplot sebagai inovasi dalam desain komputer pada saat itu.
  8. iPod (2001), iPod ini pertama kali dikenalkan tahun 2001. Keberadaan iPod terssebut menjadi awal adanya pemutar media digital.
  9. iPhone (2007), iPhone pertama kali dipasarkan tahun 29 Juni 2007 di AS. Ada beberapa genrasi iPhone dalam perkembangannya seperti iPhone 3G, 3GS dan 4.
  10. iPad (2010), iPad merupakan gadget terbaru keluaran Apple dan merupakan yang tercanggih. Fungsi utama nya adalah sebagai e-Book Reader dan fungsi lainnya adalah untuk musik, film dan internetan layaknya tablet PC

Penghargaan

Ia mendapatkan National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan pada tahun 1984 bersama Steve Wozniak (termasuk orang-orang yang pertama menerimanya), dan Jefferson Award for Public Service dalam kategori “Pelayanan Publik Terbaik oleh Individu Berusia 35 Tahun atau Lebih Muda” (a.k.a. Samuel S. Beard Award) pada tahun 1987. Tanggal 27 November 2007, Jobs digelari tokoh bisnis terkuat oleh Fortune Magazine. Tanggal 5 Desember 2007, Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Ibu Negara Bagian Maria Shriver memasukkan Jobs ke California Hall of Fame yang terletak di The California Museum for History, Women and the Arts.
Bulan Agustus 2009, Jobs terpilih sebagai pengusaha paling dikagumi di antara para remaja berdasarkan survei oleh Junior Achievement. Tanggal 5 November 2009, Jobs diberi gelar CEO dasawarsa ini oleh Fortune Magazine. Bulan November 2009, Jobs menempati peringkat ke-57 dalam Forbes: The World’s Most Powerful People. Bulan Desember 2010, Financial Times memberi Jobs gelar sebagai tokoh tahun ini, mengakhiri artikelnya dengan menyatakan, “Dalam otobiografinya, John Sculley, mantan eksekutif PepsiCo yang pernah memimpin Apple, mengatakan sesuatu tentang ambisi pria yang ia pecat: ‘Apple harusnya menjadi perusahaan produk konsumen yang luar biasa. Ini rencana gila. Teknologi tinggi tidak dapat dirancang dan dijual sebagai produk konsumen.’ Sungguh salah pernyataan ini”.

Share
WhatsApp chat