Biografi penemu email Raymond Samuel Tomlinson dan Sejarah

Biografi penemu email Raymond Samuel Tomlinson dan Sejarah – Surat elektronik, dikenal dengan elektronik mail atau singkatannya ‘email’, mungkin ialah media komunikasi yang sangat sering dipakai saat ini. 50 tahun yang lalu, seseorang menuliskan bahwa bakal ada bisa jadi untuk langsung menyerahkan dan penerima dokumen dari segala penjuru dunia dengan melulu duduk-duduk saja. Hal ini pastinya jadi bahan tertawaan. Saat tersebut karena dirasakan sebagai ketidak mungkinan dimana surat menyurat konvensional memerlukan waktu dan jarak pengiriman.

Profil Singkat Ray Tomlinson

Nama: Raymond Samuel Tomlinson
Lahir: Amsterdam, New York, Amerika Serikat, 23 April 1941
Wafat: Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat, 5 Maret 2016 (umur 74)
Kebangsaan: Amerika Serikat
Riwayat Pendidikan:
Rensselaer Polytechnic Institute
Massachusetts Institute of Technology
Pekerjaan: Pemrogram, penemu
Dikenal karena: Penemu sistem surat elektronik (Email)

Kehidupan Pribadi dan Riwayat Pendidikan

Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson lahir pada 23 April 1941 di daerah bernama Amsterdam di wilayah New York, Amerika Serikat. Ia dan keluarganya lalu pindah ke daerah atau desa kecil bernama Vail Mills, New York.
Di Saat remaja Ray Tomlinson bersekolah di Broadalbin Central School di wilayah Broadalbin, New York. Setelah Lulus dari Broadalbin Central School, Ray Tomlinson lantas melanjutkan pendidikannya di Rensselaer Polytechnic Institute di distrik Troy, New York di mana Ray Tomlinson berkolaborasi dengan IBM dalam program co-op. Di Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson menemukan gelar Bachelor of Science di bidang kiat listrik pada tahun 1963.

Setelah lulus dari Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson lantas melanjutkan edukasi untuk gelar Master di Massachusetts Institute of Technology dalam bidang kiat elektro. Di Massachusetts Institute of Technology, Ray Tomlinson bekerja di Speech Communication Group dan disana Ray Tomlinson mengembangkan teknologi analog-digital hybrid speech synthesizer yang dijadikan sebagai subyek guna tesis Master-nya. Ray Tomlinson kemudian menerima gelar S.M. di bidang Teknik Elektro pada tahun 1965.

Pada tahun 1967 Ray Tomlinson bergabung dengan perusahaan teknologi mempunyai nama Bolt, Beranek and Newman yang kini lebih dikenal dengan nama BBN Technologies, Disana Ray Tomlinson menolong mengembangkan sistem operasi TENEX tergolong ARPANET Network Control Protocol dan implementasi TELNET. Ray Tomlinson mencatat sebuah program transfer file yang dinamakan dengan CPYNET guna mentransfer file melewati ARPANET. Ray Tomlinson diminta untuk mengolah sebuah program yang dinamakan dengan SNDMSG, yang mengirim pesan ke pemakai beda dari komputer time-sharing, untuk dapat dijalankan pada TENEX. Ray menambahkan kode yang dipungut dari CPYNET ke SNDMSG sampai-sampai pesan dapat dikirim ke pemakai pada komputer beda dan berikut yang menjadi cikal akan munculnya E-mail atau elektronik mail.

Menemukan Email



Raymond Tomlinson mengejar email atau elektronik mail berbasis internet pada akhir tahun 1971 di ARPAnet. Inovasi terbesar yakni email atau surat elektronik, keterampilan untuk mengirim pesan sederhana untuk orang lain melewati jaringan (1971). Waktu itu, ia tengah menggarap program yang dinamakan SNDMSG (send message ) yang memungkinan pemakai komputer yang sama bisa meninggalkan pesan satu sama beda atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Saat itu, ia mengupayakan sebuah program transfer (CYPNET) yang memungkinkan pemakai komputer mengantarkan file, untuk menunjukkan komputer terhubung dengan ARPANET. Tomlinson lalu beranggapan bahwa andai ia menggabungkan SNDMSG dan CYPNET bersamaan, ia barangkali dapat mengirim pesan ke kotak pos elektronik beda dalam suatu jaringan, semudah mengantarkan suatu file.

Salah satu pertanyaan yang lantas mengarahkan Tomlinson pada percobaan lain tentang e-mail yakni bagaimana memisahkan pesan yang ditunjukkan keluar jaringan dan pesan beda yang dialamatkan ke tidak sedikit pemakai komputer pada suatu kantor. Tomlinson terus mempelajari keyboard komputer yang tidak langsung berhubungan dengan nama orang serta bukan suatu angka. Akhirnya ia memilih simbol @ sebagai tuntunan alamat pemakai e-mail. Simbol itu mewakili lokasi dan melulu sebuah preposisi pada suatu keyboard.

Penggunaan simbol @ itu memberikan akibat yang global, Ray Tomlinson mengakui bahwa penemuannya didapatkan hanya dari beranggapan tidak lebih dari 30 atau 40 detik. Ray Tomlinson memilih simbol @ untuk memisahkan mana pemakai atau username dengan domain atau alamat server. Simbol @ dibaca “et” yang berarti “di”.
Email kesatu yang dikirim Raymond Tomlinson salah satu dua komputer yang benar-benar duduk di samping satu sama lain. Namun, jaringan ARPANET dipakai sebagai sambungan antara keduanya. Pesan email yang kesatu ialah “QWERTYUIOP”. Pesan QWERTYUIOP dapat jadi pesan bersejarah sebab isi pesan kesatu yang dapat dikirmkan melewati jaringan ARPANET yang kini berkembang menjadi jaringan internet.

Penghargaan Yang Diterima

Adapun penhargaan yang telah diterima oleh Ray Tomlinson berkat temuan Email-nya, diantaranya:

  • George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari Museum Komputer Amerika dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University (2000)
  • Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup (2001)
  • Dilantik ke Rensselaer Alumni Hall of Fame (2001)
  • Penghargaan Inovasi Discover Magazine (2002)
  • Penghargaan Internet IEEE bersama dengan Dave Crocker (2004)
  • Prince of Asturias penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis bersama dengan Martin Cooper (2009)
  • Terdaftar di # 4 pada daftar MIT150 dari 150 inovator atas dan ide-ide dari MIT (2011)
  • Dilantik ke dalam Hall of Fame internet oleh Internet Society (2012)

Wafat

Pada 5 Maret 2016 di Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat, Raymond Samuel Tomlinson

SEJARAH SINGKAT EMAIL

Awal sejarah email atau surat elektronik berawal tahun 1968 dengan lahirnya suatu metode komunukasi jaringan ARPANET yang selanjutnya dinamakan Internet. ARPANET sendiri ialah proyek yang semula bertujuan untuk membuat sebuah cara komunikasi antara institusi militer dan edukasi satu sama lain. Kemudian pada tahun 1971, seorang insinyur mempunyai nama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang dinamakan SNDMSG.
Program ini bukanlah program baru, sebab sebenarnya program tersebut telah ada semenjak tahun silam. Dilihat dari standar masa kini, program tersebut dapat dikatakan lebih primitif. Apa yang dapat dilakukan oleh program itu hanyalah saling mengirim pesan untuk sesama pemakai dalam satu mesin yang sama. Ketika pemakai menciptakan pesan atau dokumen dalam format teks, selanjutnya pesan itu akan diantarkan ke dalam kotak surat yang terdapat pada mesin itu.
Dia terus bereksperiment sampai dengan SNDMSG itu dapat mengirim suatu pesan untuk komputer beda dengan memakai File Protokol mempunyai nama CYPNEY didalam jaringan ARPANET. Itulah mula mula diciptakanya emai. email kesatu yang sukses Ray kirim ialah sebuah pesan yang beriksikan suatu kata “QWERTYUIOP”. Dan ini menjadi email kesatu di dunia. Pada tahun 1972, ray mengenalkan sebuah icon “@” sebagai suatu identitas email yang mengasingkan user dan domain pada suatu alamat email. Hingga kini penyedia email berbayar dan cuma-cuma kian banyak, dengan sekian banyak kemampuan dan keunggulan masing-masing.

Share

Leave a Reply