Biografi Penemu Televisi John Logie Baird , Sejarah Perkembangan

Biografi Penemu Televisi John Logie Baird , Sejarah Perkembangan – Tv merupakan salah satu keperluan utama atau primer bagi umat manusia pada saat ini atau waktu ini. Tv juga menjadi sarana untuk menyalurkan kabar ke warga dan masyarakat luas.

Biografi

Biografi John Logie Baird dikenal sebagai Penemu Televisi. John Logie Baird lahir pada tanggal 13 Agustus 1888 di Skotlandia, Baird menerima edukasi di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Diganggu oleh kesehatan yang buruk, dia tidak bisa ikut dalam Perang Dunia I dan kesudahannya ia memilih posisinya sebagai seorang insinyur listrik. Dia lantas memutuskan guna menjadi seorang “amatir profesional,” dan memburu kepentingan-kepentingan yang bertolak belakang dan menguntungkan. setelah keletihan menyebabkan gangguan saraf, Baird memilih guna berkonsentrasi pada elektronik, terutama sesudah gelombang demonstrasi radio temuan Guglielmo Marconi dapat dipakai untuk membawa sinyal audio.
Baird yakin bahwa proses yang sama dapat mengantarkan sinyal visual, dan ia mulai bekerja dan melakukannya pada suatu desain. desain Baird ialah sebuah perlengkapan yang dinamakan Nipkow disk, disk scanning dibuat pada tahun 1884 oleh ilmuwan Paul Nipkow Jerman. Pada dasarnya, perlengkapan ini terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang persegi, terletak dalam posisi spiral. Ketika digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow disk dapat memindai area cerah dan gelap dan mengkonversi informasi yang menjadi sinyal listrik. Dengan memakai seconddisk, disinkronkan dengan yang kesatu, Nipkow dapat menterjemahkan bahwa signal ke gambar visual primitif.

Baird mengambil gagasan Nipkow satu tahapan lebih jauh, mengembangkan sistem dengan mana sinyal bisa dikirim melewati gelombang elektromagnetik, bukan kabel. Sementara masih dalam etape perkembangan, penemuan Baird mengejar sedikit sokongan keuangan, sebab sebagian besar investor memandang gagasan baird sebagai urusan yang tidak cukup menguntungkan.

Hingga ia berusia 35 tahun, Baird hidup dalam situasi serba kekurangan. Selama masa-masa ini Baird bekerja sebagai perjual sepatu dan seorang salesman silet, mendapatkan duit hanya lumayan untuk menunaikan makanan, lokasi tinggal, dan perangkat mekanik. Banyak dari prototipe guna penemuan dibikin barang barang kebutuhan rumah tangga laksana kue kaleng, jarum rajut, lampu sepeda, dan string. Pada tahun 1923, ia mulai berjuang mengotak-atik mesin guna mentransmisi gambar, sekaligus suara, lewat radio. Tak lama lantas ia sukses mengirim citra kasar melalui transmiter tanpa-kabel ke pesawat penerima yang berjarak sejumlah meter. Gembira, dia berlari ke lantai bawah toko dan merayu seorang anak muda guna menjadi orang kesatu yang gambarnya di transmisikan oleh televisi. Baird menjadi terkenal nyaris dalam semalam, dan segera investor memberinya lumayan uang untuk memburu tujuan yang lebih ambisius. Pada 1927 ia mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow dan pada 1928 dari London ke New York.

SEJARAH PERKEMBANGAN TV DARI MASA KE MASA

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele (“jauh”) dari bahasa Yunani dan visio (“penglihatan”) dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.” (Wikipedia)
Televisi sudah menjadi barang yang wajib dimiliki, Setiap kalangan sampai ke pelosok negeri telah mengenal media yang satu ini karena memiliki jangkauan yang luas. Fungsi dari Televisi juga sangat beragam, seperti sumber informasi, kontrol sosial, media edukasi, sampai media hiburan.

Perkembangan Televisi pun sangat pesat. Teknologi yang digunakan pada televisi saat ini berbeda jauh dengan televisi saat pertama kali ditemukan, meskipun memiliki metode dasar yang sama. Berikut ini adalah perkembangan televisi dari masa ke masa.

Setelah perang dunia ke-2 berakhir di tahun 1940-an, Televisi mengambil alih perhatian lebih banyak dibandingkan dengan radio.


Di akhir tahun 1950, Sebagian besar orang memiliki Televisi yang kebanyakan masih menggunakan televisi hitam putih meskipun pada saat itu televisi berwarna sudah ada.


Pada Tahun 1967 semakin populernya televisi sehingga sudah ada banyak siaran TV berwarna.


Tahun 1970-an Televisi semakin berkembang dengan diperkenalkannya teknologi VCR (Video Cassette Recorder). Teknologi ini memungkinkan untuk merekam siaran televisi untuk pertama kalinya.


Pada tahun 1980-an Televisi kabel (TV Cable) semakin populer dan menyebar dengan cepat.




Pada tahun 1996 sudah ada 1 juta televisi yang tersebar di seluruh dunia.


Sudah banyak pilihan televisi pada tahun 1990-an yang sangat beragam. Televisi yang menggunakan teknologi CRT (Cathode-Ray Tubes) untuk menampilkan gambar di layar adalah televisi yang paling banyak ditemukan.


Kemudian TV Rear Projection CRT memungkinkan televisi dibuat dalam ukuran yang lebih besar dengan menggabungkan proyektor dan layar kedalam satu kotak yang nantinya proektor akan memproyeksikan gambar ke bagian belakang layar.


Televisi plasma pertama kali dipasarkan pada tahun 1997. Dengan bentuknya yang ramping membuat televisi ini menjadi sangat populer saat itu.


TV Rear-Projection LCoS juga tersedia di pasaran. TV ini mengirimkan cahaya langsung melalui rangkaian polarizer (sejenis cahaya filter yang digunakan untuk mengatur gelombang cahaya ke jalur tunggal untuk refleksi) sebelum diperbesar dan diproyeksikan ke layar. Meskipun kualitas gambarnya sangat baik, tetapi harga dari TV jenis ini sangat mahal.


TC LCD juga ikut berkompetisi pada tahun akhir 1990-an. TV jenis ini memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan TV plasma dan juga lebih hemat energi.


Pada tahun 1998, HDTV mulai diluncurkan. TV jenis ini dapat menghasilkan gambar dan suara yang sangat jernih.


Pada tahun 1999, diluncurkan DVR (Digital Video Recorder) diluncurka untuk pertama kalinya. DVR memungkinkan untuk merekam siaran televisi ke dalam hard drive.


TV LED berbasis DLP HDTV pertama di produksi pada tahun 2006. Teknologi DLP menggunakan cermin yang terbuat dari aluminium untuk memantulkan cahaya dan menghasilkan gambar. TV ini lebih murah dibandingkan dengan TV plasma ataupun TV LCD.Kemudian TV Plasma tersedia dengan kualitas HD (High Definition). Salah satunya TV Plasma dengan ukuran layar 150 inch


Pada tahun 2007, Apple meluncurkan Apple TV. TV ini dapat dihubungkan dengan iTunes, Program televisi, Film, Video Youtube dan masih banyak lagi.


Kemudian Microsoft inc. memberikan pilihan Windows XP Media Center Edition yang dapat digunakan untuk mengirimkan video, musik dan foto dari komputer ke TV.


Bahkan TV juga dapat masuk ke dalam video game, Seperti Xbox 360. Dengan menggunakan Netflix memungkinkan streaming video dan acara TV favorit dari Xbox 360.
Dan yang paling baru saat ini adalah TV dengan teknologi 3D. TV 3D menjadi sangat populer saat ini karena selain dapat menghasilkan gambar yang sangat jernih TV jenis ini juga dapat menampilkan gambar 3 dimensi sehingga seolah olah gambar yang dihasilkan nyata dan berada tepat didepan penontonnya.

Share

Leave a Reply