Cara cek saldo jamsostek BPJS ketenagakerjaan

Cara cek saldo jamsostek BPJS ketenagakerjaan -Pembentukan dan pelaksanaan dua BPJS tersebut merupakan perintah Konstitusi yakni diatur dalam Pasal 28H ayat (3) dan Pasal 34 ayat (2) UUD 1945. Pasal 28H ayat (3) UUD 1945 menyatakan, setiap orang berhak atas jaminan social yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagaimana manusia yang bermartabat. Sedangkan Pasal 34 ayat (2) UUD 1945 menyatakan, Negara mengambangkan system jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.  Bunyi dua pasal UUD 1945 tersebut di atas dapat disimpulkan, seluruh rakyat Indonesia berhak atas jaminan sosial, tidak terbatas pada pekerja, PNS dan pejabat negara dan TNI/Polri. Untuk mengimplementasikan amanat UUD 1945 itu, tahun 2004, pemerintah dan DPR membentuk dan mensyahkan, UU 40 / 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Dan pada tahun 2011, pemerintah dan DPR juga mensyahkan UU 24 / 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
Dalam ketentuan umum Pasal 1 ayat (1) UU 40 / 2004 berbunyi,”Jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak”.
Pasal 5 ayat (3) UU 40 / 2004, menyebutkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah  Perusahaan Perseroan (Persero) Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek),  Perusahaan Perseroan (Persero) Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), Perusahaan Perseroan (Persero) Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI); dan Perusahaan Perseroan (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia (ASKES). UU 24 / 2011 tentang BPJS mengamanatkan empat BUMN tersebut mentranformasi menjadi BPJS, yakni BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. PT Jamsostek (Persero) sendiri menjadi BPJS Ketenagakerjaan.
BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan yang mulai berlaku 1 Januari 2014, dan mulai beroperasi paling lambat 1 Januari 2015 menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, program jaminan hari tua, program jaminan pensiun, dan program jaminan kematian bagi peserta.
Jika anda seorang karyawan pada sebuah perusahaan dan mendapat fasilitas berupa Jaminan Hari Tua dari Jamsostek/BPJS ketenagakerjaan , Yang merupakan tabungan hari tua kita, ketika kita tidak bekerja lagi atau sudah pensiun. Dan kemudian ingin mengetahui apakah anda sudah didaftarkan ke BPJS Ketenagakerjaan (Sebelumnya JAMSOSTEK).

 

Beberapa cara jika kita ingin mengetahui jumlah saldo tabungan kita atau cek saldo jamsostek BPJS ketenagakerjaan, diantaranya adalah :

 

  1. Datang langsung ke kantor Jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan) Terdekat dengan membawa KTP dan KPJ
  2. Melalui ATM BNI yang telah kita daftarkan, silahkan berkonsul pada kantor jamsostek untuk memulainya
  3. Melalui SMS
  4. Melalui Online
  5. Melalui Aplikasi

 

Cek Saldo Melalui SMS

Caranya pun cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan. Sebelumnya anda harus melakukan registrasi agar bisa melakukan cek saldo jht melalui sms.
berikut format registrasi untuk mendapatkan ID

Ketik REG # NoJamsostek/BPJS # Tanggal lahir # Nama Ibu Kandung kirim ke 08111009696
Contoh REG#02D089655634#190578#arya kirim ke 08111009696
Anda akan mendapatkan balasan sms berisi ID anda

TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 7688977543. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDA

Baca :  E-Klaim BPJS Ketenagakerjaan JAMSOSTEK

ID sudah kita dapatkan kita bisa langsung cek saldo jht dengan membalas sms dengan format
ketik SALDO#ID_anda kirim ke 08111009696

contoh SALDO#7688977543 kirim ke 08111009696ID di atas hanyalah contoh silahkan ganti dengan ID yang anda dapatkan dari sms balasan BPJS Ketenagakerjaan

Berikut sms yang akan anda dapatkan
SALDO JHT ANDA NO. ID 7688977543 S.D 30 10 2014 RP.11.550.000
Artinya saldo dengan ID 7688977543 sampai dengan tanggal 30 bulan 10 tahun 2014 ialah sebesar 11.550.000 rupiah

 

Cek Saldo Melalui ATM

Khusus untuk cara ini, hanya dapat dilakukan jika Anda merupakan nasabah BNI.

Jika Anda merupakan nasabah BNI, Anda hanya perlu menuju mesin ATM BNI terdekat dan pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, informasi saldo Jamsostek akan tertera pada layar ATM.



Perlu Anda ingat dan ketahui, bahwa cek saldo melalui ATM BNI dapat dilakukan kapan saja, tetapi tidak bisa melakukan pencairan di mesin ATM tersebut.

 

Cek Saldo Melalui Situs Online

Secara online, kita harus mendaftar terlebih dahulu untuk memiliki akun, caranya ;
silahkan menuju https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs

Setelah di klik maka kemudian anda akan menuju halaman berikut nya (lihat gambar di bawah ini)
Keterangan :
1.Isikan Nomor KPJ aktif anda
2.Isikan nama anda
3.Isi tanggal lahir
4.Isi kan Nomor E-KTP anda
5.Isi kan Nama Ibu kandung anda
6.Isi kan Nomor handphone anda
7.Isikan email anda, saran gunakan email yahoo agar lebih cepat notifikasi nya ( jika belum tahu cara membuat email, anda bisa melihat di cara buat email baru di sini)
8.Isikan Kode keamanan sesuai gambar diatas nya
9.Cek list ya, saya setuju
10.Klik submit data
Setelah itu anda diminta mengkonfirmasi kode PIN aktivasi dari BPJS lewat email ,bukalah email anda , Berikut contoh gambar nya (lihat dibawah)

Setelah submit pin anda akan melanjutkan ke halaman berikut nya.Mohon diingat pin merupakan password login anda.

Untuk login silahkan menuju alamat ini https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs Kemudian mohon lihat menu nya terdapat JHT TAHUNAN , setelah di klik anda akan apat melihat SALDO ANDA DALAM BENTUK PDF SCREEN

Cek Saldo Melalui Aplikasi HP

Cara mudah pertama yang bisa digunakan untuk cek saldo jamsostek adalah dengan mengunduh aplikasi dari jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Unduh aplikasi di Google play, Aps store, tergantung dari HP yang kalian gunakan. Gunakan keyword “BPJSTK Mobile” untuk melakukan pencarian aplikasi.

cek saldo jamsostek BPJS ketenagakerjaan
  • Buka aplikasi BPJSTK yang telah diunduh tadi.
  • Pilih menu “Daftar Baru”

 

cek saldo jamsostek BPJS ketenagakerjaan
  • Masukkan nama asli dan email yang akan digunakan

 

  • Buka email dan masukkan PIN verifikasi.
  • Uban PIN untuk aplikasi
  • Kemudian klik pada menu “Layanan JHT”

 

 

  • Klik pada menu “Saldo JHT”

 

  • Masukkan nomor handphone
  • Masukkan data diri
  • Masukkan verifikasi nomor handphone.

 

 

  • Masukkan PIN Aplikasi
  • Data saldo jamsostek anda akan ditampilkan.

 

Share
WhatsApp chat