6 Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Benar

Posted on

6 Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Benar – Saat membuat makalah harus disertai kata pengantar untuk melengkapi susunan sebuah karya tulis ilmiah, Baik itu dari sekolah menengah pertama maupun samapai kita di universitas. Umum nya Isi pengantar makalah terdiri dari ucapan syukur kepada Sang Pencipta, ucapan terimakasih kepada guru pembimbing, ataupun instansi terkait dan orang yang turut berjasa dalam makalah tersebut.

Dalam kata pengantar boleh juga ditambahkan harapan-harapan dari penulis termasuk saran maupun kritik hingga manfaat dari makalah yang telah dibuatnya tersebut.Susunan sebuah kata pengantar makalah harus dibuat sedemikian rapi dan teratur dengan dilengkapi tata bahasa yang baik dan benar sehingga memudahkan untuk dibaca dan dimengerti akan makna yang tertuang di dalamnya.

Di bawah ini #jatikom tuliskan beberapa contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar agar dapat dijadikan bahan regerensi bagi anda yang memerlukannya

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar bermanfaat mengantarkan pembaca untuk isi atau uraian-uraian yang ada di dalam sebuah karya ilmiah. Dengan demikian, kata pengantar tidak saja berisi perkataan terima kasih untuk Tuhan dan orang-orang yang menolong penulisan makalah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan karya ilmiah yang ditulis.

Kata pengantar pun berisi cerminan umum tentang kupasan tersebut. Bahkan, kata pengantar pun dilengkapi dengan uraian yang mendorong membangunkan minat orang beda untuk menyimak karya ilmiah kita. Kata pendahuluan ditulis pada halaman tersendiri, dengan kata lain tidak bersatu dengan unsur lain. Pada akhir kata pengantar, di sebelah kanan bawah, disematkan tempat dan tanggal serta nama penyusun.

  Pengertian Gotong Royong : Contoh Tujuan Manfaat Sejarah Gotong Royong

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

Jakarta,  Maret 2015

 

Penyusun

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, Maret 2015

 

Penyusun

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik”. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :

  Pengertian Amandemen UUD 1945 Isi Tahap Tujuan Sejarah

1. Bapak Suryadiputro, M.Pd, selaku kepala sekolah Westbatavia, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.

2. Bapak Bogordiharja, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.

3. Ibu Sukmawati, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Jakarta, 20 Maret 2015

Hengki Kristianto

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikanmakalah mata kuliah “KIMIA DASAR”. Kemudian shalawat beserta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yakni al-qur’an dan sunnah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Kimia Dasar di program studi teknik lingkungan Fakultas teknik pada Universitas Riau. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra.Khairat,Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Kimia Dasar dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Bogor, Juni 2012

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Kerja Praktek ini.

Kerja Praktek ini merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh di Departemen Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laporan Kerja Praktek ini disusun sebagai pelengkap kerja praktek yang telah dilaksanakan lebih kurang 1 bulan di PT Jaya Teknik Indonesia khususnya di divisi Telekomunikasi.

  Pengertian Belajar : Tujuan Fungsi Proses Menurut Para Ahli

Dengan selesainya laporan kerja praktek ini tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang telah memberikan masukan-masukan kepada penulis. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :

1. Dosen
2. Pimpinan PT Jaya Teknik Indonesia
3. Karyawan PT Jaya Teknik Indonesia

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari laporan ini, baik dari materi maupun teknik penyajiannya, mengingat kurangnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

Pekanbaru, Februari 20012

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan dapat menyelesaikan Buku Pedoman Umum Penyusunan Skripsi yang meliputi peraturan umum penyusunan skripsi, panduan penulisan skripsi, teknik pengetikan skripsi dan teknik bimbingan skripsi. Buku ini berisi tuntunan bagi mahasiswa terutama bagi mereka yang menginjak tahapan penulisan skripsi. Disamping itu buku ini juga sebagai pegangan Dosen pembimbing untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa yang dibimbing.

Buku panduan ini dibuat sesuai dengan ruang lingkup Fakultas Ekonomi dengan tetap mengacu pada kaidah-kaidah penulisan skripsi. Namun demikian tidak tertutup kemungkinan masih adanya beberapa kekurangan. Oleh karena itu, segala saran dan masukan dari semua pihak selalu diharapkan untuk perbaikan dan penyempurnaannya.

Kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi demi terwujudnya Buku Pedoman ini kami ucapkan terima kasih.

Pekanbaru, 12 Nopember 2012

Fakulatas Ekonomi

Universitas Riau

 

Dekan