contoh teks prosedur kompleks, Pengertian,Tujuan,Ciri

contoh teks prosedur kompleks, Pengertian,Tujuan,Ciri – Teks Prosedur Kompleks ialah teks yang berisi sejumlah langkah atau tahap-tahap guna jalankan sebuah hal perihal baik jalankan suatu pekerjaan tertentu maupun mengakibatkan suatu urusan yang di sediakan secara berurutan.

contoh teks prosedur kompleks, Pengertian,Tujuan,Ciri

 

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks formalitas kompleks sendiri adalahsebuah teks yang berisikan langkah-langkah atau tahap-tahap untuk mengerjakan suatu urusan baik melakukan pekerjaan tertentu ataupun menciptakan sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Ciri umum teks formalitas kompleks yaitu:

  • Berisi sejumlah langkah atau tahapan-tahapan
  • Bersifat objektif
  • Bersifat aktual dan akurat
  • Langkah berkelanjutan bareng penjelasan
  • Menggunakan kriteria atau pilihan
  • Bersifat universal
  • Bersifat logis
  • Disusun secara informatif
  • Dijelaskan secara mendetail

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan penulisan Teks Prosedur Kompleks ialah untuk menunjukan atau menyatakan bagaimana menggarap sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Teks formalitas sendiri mempunyai tiga struktur dalam pembentukannya. Dalam urusan ini ketiga struktur tersebut ialah bagian tujuan, unsur material, dan unsur langkah-langkah. Untuk memahami penjelasan dari masing-masing struktur itu kalian dapat simak langsung inilah ini.

  • Bagian Tujuan, bagian destinasi dari teks formalitas dapat berupa judul dan pun berisikan destinasi dari penciptaan teks formalitas tersebut atau hasil akhir yang akan dijangkau jika kita mengerjakan tahapan pada teks formalitas tersebut.
  • Bagian material, berisikan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan, tetapi tidak tidak seluruh teks formalitas ada bagian ini. Pada umumnya pemakaian bagian material ada pada teks formalitas tentang penciptaan suatu hal laksana makanan dan sebagainya.
  • Bagian langkah-langkah, unsur ini berisikan langkah-langkah yang mesti ditempuh untuk mendapat  hasil cocok dengan destinasi teks prosedur. Pada unsur ini setiap tahapan harus dilaksanakan secara urut jangan secara random dalam melakukannya.

 

Kaidah Kebahasan Teks Prosedur Kompleks

Seperti teks lainnya teks prosedur pun mempunyai ciri kaidah kebahasaan sendiri sebagai berikut.

  1. Konjungsi temporal, Pada teks formalitas akan tidak sedikit sekali dijumpai kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang mengaku waktu pekerjaan yang muncul dan berisifat kronologis laksana selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan sesudah itu.
  2. Kata kerja imperatif atau kata perintah, dalam teks ini pun akan tidak sedikit dijumpai perintah-perintah dan larangan yang mesti ditaati dalam pengamalan teks prosedur.
  3. Verba material dan tingkah laku, verba material adalahsesuatu yang mangacu pada tindakan jasmani seperti potong ikan, haluskan bumbu dan lain-lain. Sedangkan verba tingkah laku adalahtindakan yang dilaksanakan dengan ungkapan.
  4. Partisipan manusia, adalahsemua insan yang ikut serta dalam teks formalitas tersebut.
  5. Terdapat bilangan sebagai penanda urutan.
  6. Terdapat kalimat introgatif atau kalimat yang berisikan pertanyaan.
  7. Terdapat kalimat deklaratif atau kalimat yang berisikan pernyataan.

 

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara membuat Pizza

 

Pizza adalah makanan khas Itali yang paling populer di semua dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Seperti yang anda tahu, penciptaan pizza dilaksanakan dengan teknik meletakan bahan-bahan diatas roti bulat pipih lantas dipanggang di dalam oven sampai matang. Nah, pertanyaannya andai kamu tidak mempunyai oven, mungkin anda membuat pizza tanpa oven sendiri dirumah? Namun dengan kualitas rasa laksana yang diciptakan di restoran.
BAHAN UNTUK ROTI :
1/2 kg Tepung terigu protein sedang
5 gram fermipan
3 sdm minyak sayur
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
250 ml Air

BAHAN UNTUK TOPPING :
Keju Mozarela
Saus Tomat
Bawang bombay iris halus
Toping kesayangan kamu, dapat bakso, sosis, ayam suwir, ikan tuna, daging asap, dll

Cara Memasak



  1. Campurkan tepung terigu, fermipan, gula pasir, garam dan minyak sayur hingga tercampur.
  2. Tambahkan air tidak banyak demi sedikit seraya uleni sampai menyusun adonan.
  3. Istirahatkan adonan di dalam wadah yang di blokir kain supaya adonan elastis
  4. Tumis bawang bombay sampai harum, tambahkan topping pilihan anda ke dalam tumisan,
  5. Tuang saus tomat dan saus cabai cocok selera.
  6. Gilas atau giling adonan yang sudah diistirahatkan secukupnya dengan ketebalan cocok selera. Buat lebih tipis bilamana kamu si pecinta makanan renyah

Cara Membuat Spinner

 

Saat ini, fidget spinner atau yang pun dikenal dengan istilah hand spinner semakin gampang Anda peroleh, variannya juga semakin banyak. Tampaknya, kepopuleran fidget spinner dapat memotivasi semua produsen guna berlomba-lomba membuat spinner dengan sekian banyak  jenis dan variasi. Mulai dari varian klasik berwarna polos, maupun bermotif, sampai varian teranyar yaitu spinner dengan tiga tangkai putaran, bahkan ada pun yang disertai dengan lampu flash.

Baca :  17 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

Alat dan Bahan :

  1. Dua eksemplar kertas berbentuk persegi yang mempunyai warna bertolak belakang di masing-masing sisinya.
  2. Dua buah manik manik.
  3. Satu batang lidi.
  4. Perekat atau lem yang kuat.

Cara Membuat Spinner:

  1. Ambil kertas kesatu, lipat menjadi dua bagian.
  2. Buka lipatan dan gunting menjadi dua bagian mengekor tanda garis bekas lipatan di tengah kertas.
  3. Ambil di antara bagian kertas, kemudian lipat memanjang atau vertikal. Sisi kertas yang berwarna sedang di bagian luar.
  4. Selanjutnya, lipat kertas sama panjang secara diagonal. Buka lipatan kertas, kita akan mengejar garis bekas lipatan di unsur tengah kertas.
  5. Lipat kertas persegi panjang itu secara menyilang atau saling berlawanan. Ambil sudut kanan bawah kertas, lipat ke kiri atas agar bertemu lipatan. Ambil sudut kiri atas kemudian lipat ke kanan bawah agar bertemu lipatan tengah hingga berbentuk “Z” terbalik. Ambil sudut kanan bawah kertas satu lagi dan lipat ke kanan atas agar bertemu lipatan tengah. Setelah itu, ambil sudut kanan atas dan lipat ke kiri bawah supaya bertemu lipatan tengah. Sekarang, kertas Anda telah lebih serupa huruf “Z”.
  6. Ambil kertas kedua. Lakukan tahapan a hingga d laksana kertas kesatu. Ambil sudut kanan bawah kertas dan lipat ke kanan atas supaya bertemu lipatan tengah. Setelah itu, ambil sudut kanan atas dan lipat ke kiri bawah supaya bertemu lipatan tengah sampai menyerupai huruf “Z”.
  7. Jika dilaksanakan dengan benar, Anda sekarang mempunyai dua potongan kertas berbentuk “Z” yang laksana saling bercermin.
  8. Balikkan kedua potongan kertas. Lipatan yang baru saja diciptakan kini menghadap ke bawah.
  9. Lipat persegi di puncak kedua potongan kertas ke unsur dalam untuk menciptakan segitiga. Pada tiap potongan kertas, ambil sudut atas terluar dan lipat secara diagonal untuk menciptakan segitiga.
  10. Lipat persegi di dasar potongan kertas untuk menciptakan segitiga. Ambil sudut bawah terluar kertas dan lipat ke atas secara diagonal untuk menciptakan segitiga.
  11. Lipat segitiga sebelah kiri pada kedua kertas ke dalam. Lipat segitiga ke tengah sampai-sampai lipatan menutupi porsi jajaran genjang dari kertas.
  12. Lipat segitiga kanan dari kedua potongan kertas ke dalam. Sekarang kita seharusnya mempunyai dua jajaran genjang yang ditutupi lipatan dua segitiga di atasnya.Sekarang kita mempunyai dua kertas berbentuk laksana wajik.
  13. Balikkan kertas yang kesatu. Satu potong kertas sekarang mempunyai sirip segitiga yang menghadap ke atas sedangkan sirip yang satunya menghadap ke bawah.
  14. Buka sirip kedua kertas. Putar kertas yang satunya sampai-sampai bentuknya serupa “Z” dengan sirip menunjuk ke atas. Letakkan kertas (oranye) dengan sirip menunjuk ke bawah. Kedua potongan kertas sekarang seharusnya saling tegak lurus.Kedua potongan kertas Anda menyusun silang.
  15. Masukkan segitiga-segitiga ke lipatan yang berlawanan. Ambil ujung tiap porsi segitiga kedua yang menunjuk ke atas dan masukkan ke kantong atas di kertas kesatu. Seharusnya Anda menyaksikan dua kantong pada unsur atas kertas kesatu yang bisa dimasukkan segitiga dari kertas kedua.Setelah segitiga masuk dengan pas ke kantong kertas kesatu, tekan tepi kertas sehingga menyusun lipatan yang kuat.
  16. Balik spinner Anda. Ulangi proses memasukkan saldo dua segitiga kesatu ke kantong-kantong kedua. Urutan memasukkan ujung-ujung kertas tidak mesti tepat, namun Anda mesti tidak banyak menggeser kertas agar semuanya terpasang dengan baik. Jika Anda kendala memasukkan kertas ke kantongnya, jajaki jepit sisi kantong guna membuka ruang.
  17. Potong lidi cocok ukuran spinner. Masukkan satu buah manik-manik pada di antara ujungnya. Rekatkan dengan lem sampai mani-manik dan lidi menempel kuat.
  18. Masukkan ujung lidi ke tengah spinner. Kunci dengan manik-manik yang tersisa, rekatkan dengan lem.
  19. Spinner siap dimainkan.
Cara Membuka Microsoft Word
 

Sebagaimana yang anda ketahui, MS WORD dipergunakan untuk menolong pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya anda lupa memanfaatkan sekian banyak  fasilitas yang terdapat dalam MS WORD, sebenarnya dengan memanfaatkan kemudahan tersebut dapat menolong mempercepat penciptaan dokumen. Oleh sebab itu, artikel ini bertujuan guna mengingatkan kembali sekian banyak  fasilitas yang terdapat dalam MS WORD.
1. pertama klik menu start pada layar dekstop anda.
2. lalu klik All program
3. kemudian pilih Microsoft Office
4. lalu pilih Microsoft Word 2007

Share
WhatsApp chat