Kamus Translate Bahasa Jawa Online

Posted on

Kamus Translate Bahasa Jawa sering pun disebut Literatur Indonesia jawa secara online. Translate ini adalah kamus secara online yang manfaat nya mempermudah pemakai internet guna belajar bahasa Indonesia dan bahasa Jawa pada umum nya,tinggal tuliskan kan saja kalimat kalian dan terjemahan langsung muncul,dalam format kalimat dan pasti nya dapat gampang di artikan,bisa dibilang ini teknik praktis guna kalian dengan gampang belajar bahasa jawa,kalian tak butuh repot menerjamah kan dari indonesia ke jawa dengan membawa buku kamus, anda langsung dapat gampang diterjemahkan,hebat bukan.Cara pemakaian tinggal tuliskan.

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang sangat kaya di Indonesia. Dalam bahasa Jawa, terdapat banyak kata-kata yang unik dan memiliki makna yang dalam, serta dipengaruhi oleh budaya dan sejarah Jawa yang kaya. Jika Anda tertarik untuk mempelajari bahasa Jawa, maka satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari cara menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa.

Translate Bahasa Jawa Online

Sejarah bahasa jawa : Dialek Banyumasan atau tidak jarang disebut Bahasa Ngapak Ngapak ialah kelompok bahasa bahasa Jawa yang dipergunakan di distrik barat Jawa Tengah, Indonesia. Beberapa kosakata dan dialeknya pun dipergunakan di Banten unsur utara serta wilayah Cirebon-Indramayu. Logat bahasanya agak bertolak belakang dibanding logat bahasa Jawa lainnya.

Hal ini diakibatkan bahasa Banyumasan masih bersangkutan erat dengan bahasa Jawa Kuna (Kawi).Bahasa Banyumasan familiar dengan teknik bicaranya yang khas. Dialek ini dinamakan Banyumasan karena digunakan oleh masyarakat yang bermukim di distrik Banyumasan.Seorang berpengalaman bahasa Belanda, E.M. Uhlenbeck, mengelompokan dialek-dialek yang dipergunakan di distrik barat dari Jawa Tengah sebagai kumpulan (rumpun) bahasa Jawa unsur barat (Banyumasan, Tegalan, Cirebonan dan Banten Utara).

Kelompok lainnya ialah bahasa Jawa unsur Tengah (Surakarta, Yogyakarta, Semarang dll) dan kumpulan bahasa Jawa unsur Timur.Kelompok bahasa Jawa unsur barat (harap dipisahkan dengan Jawa Barat/Bahasa Sunda) berikut yang tidak jarang disebut bahasa Banyumasan (ngapak-ngapak).Secara geografis, distrik Banten unsur utara dan Cirebon-Indramayu memang sedang di luar distrik berbudaya Banyumasan namun menurut keterangan dari budayawan Cirebon TD Sudjana, dialek bahasanya memang tersiar sangat serupa dengan bahasa Banyumasan. Hal ini unik untuk dikaji secara historis.

  Kamus Translate Bahasa Madura Online

Tujuan Kamus Translate Bahasa Jawa Online

Di era globalisasi ini masyarakat anda mengalami peradaban dan kemunduran. Kemajuan di bidan tekhnologi sebagai misal anak kecil ketika ini telah pandai memakai HP, internet dan beda sebagainya. Namun di sisi lain pun mengalami kemunduran, yaitu dekadensi moralitas. Dedikasi moral yang terjadi di negeri ini sudah paling memprihatinkan. Ini dapat dilihat dari tidak sedikit pelajar yang mengerjakan tindakan asusila, melanggar norma sosial dan agama. Moral yang merasakan kemunduran tersebut tentu saja tantangan untuk guru dan orang tua.

Guru sebagai pendidik di sekolah dan orang tua sebagai pendidik di rumah.Moral yang kuat pasti saja dipunyai olah anak-anak yang mempunyai karakter yang kuat.Pendidikan karakter yang kini ini sedang diegung-egungkan pada masing-masing proses pembelajaran untuk menyusun karakter. Tentu saja tidak melulu satu kararkter saja tetapi karakter yang diinginkan akan tercapai. Selain edukasi agama dan edukasi yang lain laksana bahasa Indonesia tidak kalah pentingnya ialah pendidikan bahasa jawa. Mengapa bahasa jawa urgen dalam pembentukan karakter ?

Dalam tingkatan bahasa jawa mempunyai tingkatan yakni bahasa jawa ngoko, bahasa jawa kromo, bahasa jawa kromo inggil, bahasa jawa karma madya dan jenis bahasa yang lain. Namun guna tingkat dasar penguasaan tentang ketiga jenis bahasa jawa yakni ngoko, karma dan karma inggil yang dirasa lumayan untuk dipakai sebagai patokan dalam berkata sehari-hari.

Belajar bahasa jawa tersebut sulit bila asal bicara saaj, sebab setiap tingkatannya mereka punya penyebutannya sendiri. Namun bilamana dipelajari lebih dalam, bukan adalahsesuatu yang sulit. Bagi itulah dalam menyusun karakter anak didik, diinginkan pendidikan bahasa jawa bisa ikut menyusun karakter anak didik.

Bahasa jawa yang seyogyanya digunakan anak berkata dalam keseharian di lokasi tinggal yang mempunyai tingkatan. Bagaimana berkata anak dengan sepadan dengan kata lain di umur yang hamper sama. Bahasa jawa ngoko seringkali digunakan dengan anak yang usianya nyaris sama, bila bahasa krama atau bahasa karma inggil dipakai untuk bicara dengan orang yang lebih tua. Tingkatan berikut yang dapat membudayakan anak didik bakal lebih sopan terhadap orang tua. Tidak barangkali anak bakal memaki orang yang lebih tua dengan kata kasar..

  Kamus Translate Bahasa Papua Online

Selain tersebut mempelajari bahasa jawa adalah wujud kerinduan anak didik untuk leluhurnya, sebab ternyata bahasa jawa pun menyimpan pelbagai keindahan yang tak terhitung nilainya. Saat ini dapat kita lihat tidak sedikit sekali turis asing yang hendak mempelajari bahasa jawa beserta kebudayaan jawa. Di Belanda ada sendiri ada Universitas yang mempelajari bahasa jawa. Di Suriname yang namanya dulu adalahnegara jajahan Belanda tidak sedikit orang jawa yang dipekerjakan disana, kesudahannya orang Surinamepun pun menggunakan bahasa jawa walaupun bahasa nasionalnya ialah bahasa Belanda.

Oleh sebab tersebut sebagai seorang yang berdomisili di Jawa dan pribumi suku Jawa. Alangkah indahnya bila kita memakai bahasa jawa dalam kehidupan sehari-hari. Terutama orang tua yang berperan sebagai pendidik di lokasi tinggal usahakan menyuruh anaknya untuk memakai bahasa jawa bukan justeru menggalakkan bahasa inggris yang diajarkan.
Dengan tahapan ini diharapkan, di samping untuk menyusun karakter anak yang sopan diinginkan juga bisa melestarikan bahasa jawa. Perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menjadi Kurikulum 2013 menciptakan sejumlah konten pelajaran pembelajaran juga ikut berubah, tergolong tidak adanya pembelajaran bahasa jawa. Namun melulu untuk distrik DIY saja yang masuk dalam kurikulum. Harapannya di Jawa timur edukasi bahasa jawa bisa masuk dalam kurikulum 2013. Karena urusan tersebut dapat dijadikan sebagai upaya dalam pembenukan karakter anak didik dan pelestarian bahasa leluhur.

Percakapan Dalam Bahasa Jawa

Berikut ini contoh percakapan dalam bahasa Jawa beserta artinya untuk keperluan sehari-hari:

Percakapan 1: A: Nggih, apa kabar kowe? B: Kabare, tansah melu. Artinya: A: Ya, apa kabar kamu? B: Baik-baik saja, selalu sehat.

Percakapan 2: A: Sekarang jam setengah lima, piye kabare? B: Alhamdulillah kabare apik, kok? Artinya: A: Sekarang jam setengah lima, bagaimana kabarmu? B: Alhamdulillah baik-baik saja, bagaimana denganmu?

Percakapan 3: A: Matur nuwun, aku pengin ngisor-i sepeda motor kowe. B: Yo wis, monggo. Artinya: A: Terima kasih, saya ingin meminjam sepeda motormu. B: Ya sudah, silakan.

Percakapan 4: A: Ngendi kowe jenenge? B: Aku jenenge Slamet, kowe jenenge opo? Artinya: A: Apa nama kamu? B: Saya bernama Slamet, kamu namanya apa?

  Kamus Translate Bahasa Lampung Online

Percakapan 5: A: Kowe pengin mangan opo? B: Aku pengin mangan nasi goreng. Artinya: A: Kamu ingin makan apa? B: Saya ingin makan nasi goreng.

Percakapan 6: A: Nggih, apa kabar kowe? B: Kabare, tansah melu. Artinya: A: Ya, apa kabar kamu? B: Baik-baik saja, selalu sehat.

Percakapan 7: A: Sekarang jam setengah lima, piye kabare? B: Alhamdulillah kabare apik, kok? Artinya: A: Sekarang jam setengah lima, bagaimana kabarmu? B: Alhamdulillah baik-baik saja, bagaimana denganmu?

Percakapan 8: A: Matur nuwun, aku pengin ngisor-i sepeda motor kowe. B: Yo wis, monggo. Artinya: A: Terima kasih, saya ingin meminjam sepeda motormu. B: Ya sudah, silakan.

Percakapan 9: A: Ngendi kowe jenenge? B: Aku jenenge Slamet, kowe jenenge opo? Artinya: A: Apa nama kamu? B: Saya bernama Slamet, kamu namanya apa?

Percakapan 10: A: Kowe pengin mangan opo? B: Aku pengin mangan nasi goreng. Artinya: A: Kamu ingin makan apa? B: Saya ingin makan nasi goreng.

Percakapan 11: A: Dadi, kula pengin manjing nang pasar, wis taksih nggih? B: Yo wes, dumateng wis. Aja lali nduwur-i dompetmu. Artinya: A: Jadi, saya ingin pergi ke pasar, sudah siap? B: Ya sudah, ayo pergi. Jangan lupa membawa dompetmu.

Percakapan 12: A: Wong tuwo iki sapa, kok ra ana sing nengok? B: Ya iku wong kene-kene, wonten nang sawah meneh. Artinya: A: Siapa orang tua itu, tapi tidak ada yang menemaninya? B: Itu orang yang tinggal di sekitar sini, sedang bekerja di sawah.

Percakapan 13: A: Kulo pengin ngombe kopi, aja nggeh nggih? B: Iya, siji kopi nggeh. Mboten kepengin gula utawa susu? Artinya: A: Saya ingin minum kopi, kamu juga? B: Ya, satu kopi juga. Tidak ingin gula atau susu?

Percakapan 14: A: Duh, kaki kula pegel banget. B: Nggih, rong telanjang kula uga pegel, tapi tak sabar nuduhake acara. Artinya: A: Aduh, kakiku sangat pegal. B: Ya, kedua tanganku juga pegal, tapi saya tidak sabar untuk mengikuti acara.