Pengertian Akar serabut,ciri–ciri,fungsi,contoh Akar Serabut

Pengertian Akar serabut,ciri–ciri,fungsi,contoh Akar Serabut – Akar adalah organ yang berperan dalam menambatkan tanaman di dalam tanah, menyerap air dan mineral, dan menghantarkannya ke jaringan pengangkut dan dapat dipakai sebagai lokasi menyimpan cadangan makanan. Struktur akar diadaptasikan cocok dengan fungsi-fungsinya. Tumbuhan monokotil mempunyai sistem perakaran serabut. Setiap kumpulan angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) memiliki benih (biji) yang dibekali dengan akan akar (radicula) yang bakal menjadi akar lembaga (akar primer) ketika biji pecah (berkecambah). Pada tanaman monokotil, akar lembaga yang hadir tidak bertahan lama. Dalam pertumbuhan selanjutnya akar lembaga pada monokotil bakal mati, dan bakal digantikan dengan tumbuhnya sebanyak akar yang mempunyai ukuran yang sama besar dan sama-sama terbit dari pangkal batang. Karena asal akar-akar ini bukan dari akar lembaga maka akar ini disebut akar liar (adventitious) sebab tumbuh ditempat yang tidak biasanya.

Pengertian Akar serabut,ciri–ciri,fungsi,contoh Akar Serabut

 

Pengertian Akar Serabut

Akar serabut ialah sejumlah akar yang ada pada pangkal tanaman yang besar dan panjangnya nyaris sama. Akar serabut lazimnya ada pada tanaman monokotil atau tanaman berdaun lembaga satu, seperti: palm, bambu, alang-alang, pisang, dll. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, pengertian akar serabut ialah “Akar samping yang terbit dari pangkal batang atau buku umumnya bergerombol dan berperan guna menggantikan akar tunggang yang tidakk berkembang”. Berdasarkan keterangan dari para keterangan ahli botani, yang di maksud akar serabut ialah bagian akar pada tanaman yang ada di unsur bawah yang tumbuh memanjang dari pangkal batang atau akar utama dengan umuran dan format yang nyaris sama besar.

Biarpun akar serabut merupakan salah satu ciri dari tanaman monokotil, bukan berarti, tanaman dikotil tidak memiliki akar serabut. Ada meski bentuk dan jumlahnya tidak sebanyak pada tanaman monokotil. Tanaman dikotil yang memiliki akar serabut biasanya adalah tanaman dikotil yang di kembangbiakkan dengan cara di cangkong atau stek.

Baca :  Gambar dan pengertian sistem TATA SURYA,Teori,Susunan

Ciri-ciri Akar serabut

  • Bentuk akar serabut menyerupai serabut
  • Ukuran akar serabut relatif lebih kecil
  • Tempat tumbuh akar serabut pada bagian pangkal batang
  • Besaran setiap akar serabut condong hampir sama semua
  • Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monocotil) seperti kelapa, padi, dan jagung.
  • Akar serabut tidak tertancap ke tanah terlalu dalam.
  • Akarnya berbentuk bercabang-cabang
  • Sistem perakaran serabut lemah yang dapat menyebabkan pohonnya mudah tumbang jika kena tiup angin kencang.

 

Fungsi Akar Serabut

Apa itu fungsi akar serabut? Fungsi akar serabut adalah untuk membuat tanaman menjadi kokoh meskipun ternyata perakaran serabut tetap lebih lemah dibandingkan dengan akar tunggang. Fungsi lain dari akar serabut adalah untuk menyerap air dan zat-zat mineral dari dalam tanah menuju ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Menurut bentuknya, akar serabut dapat dibedakan menjadi:

 

  • Benang. Akar ini merupakan akar serabut dengan ukuran kecil-kecil dan berbentuk seperti benang. Contoh tumbuhan berakar serabut dari jenis ini adalah padi (Oryza sativa L.), pada kebanyakan rumput-rumputan
  • Tambang. Akar serabut ini berbentuk kaku, keras dan cukup besar serta menyerupai tali tambang. Contoh tumbuhan berakar serabut dari jenis ini adalah kelapa (Cocos nusifera L.)
  • Akar serabut besar. Akar serabut jenis ini berukuran lebih besar, hampir sebesar lengan, umumnya tidak membentuk percabangan. Contoh tumbuhan berakar serabut dari jenis ini adalah pandan (Pandanus tectorius)

Contoh Tumbuhan Akar Serabut

 

  1. Pepaya (Carica papaya)
  2. Tebu (Saccharum officinale)
  3. Padi (Oryza sativa)
  4. Jagung (Zea mays)
  5. Pohon Kelapa (Cocos nucifera)
  6. Pisang (Musa paradisiaca)
  7. Rumput (Poa annua)
  8. Salak (Salacca edulis)
  9. Pinang (Areca catechu)
  10. Anggrek (Orcidaceae)

 

Share
WhatsApp chat