Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli –  Pemahaman mengenai bumi dipunyai manusia semenjak ada di muka bumi ini.Sejak lahir insan memerlukan sekian banyak  unsur yang terdapat di bumi. Unsur tersebut laksana udara yang bersih, makanan, pakaian, dan permukiman. Timbulnya tuntutan pemenuhan sekian banyak  kebutuhan hidup yang tidak didapatkan dari lingkungan lokasi tinggalnya dan adanya hasrat keingintahuan mengenai benda serta fenomena yang terdapat di permukaan bumi.Mendorong setiap insan untuk menyelenggarakan perjalanan ke wilayah di luar lokasi tinggalnya. Berkembangnya sistem pengetahuan turut mendorong insan untuk mengenal alam dan lingkungannya lebih jauh. Misalnya, perdaganganantardaerah sudah mendorong insan untuk mengenal wilayah di luar wilayahnya. Dari hasil trafik tersebut, mereka bisa mengenal kondisi alam, penduduk, dan situasi lainnya. Berbagai hasil perjalanannya tersebut kemudian dikatakan kepada orang lain sampai-sampai orang beda tertarik untuk mengunjunginya. Berawal dari perjalanan inilah timbulnya ilmu geografi. Orang yang kali kesatu mencari pengertian mengenai geografi berkebangsaan Yunani. Perkembangannya dimulai upaya mencungkil diri dari alam benak dan kepercayaan. Kemudian diprovokasi kepercayaan bahwa dewa-dewa turut campur dalam segala format kejadian di bumi. Dalam masa pertumbuhan kajian geografi terjadilah Abad kegelapan (The Dark Ages). Sebagai mula tenggelamnya kebudayaan dan pengetahuan yang dipunyai bangsa Yunani dan Romawi. Sejalan dengan Abad Kegelapan di Eropa, muncullah kebudayaan Islam sehingga geografi menemukan perhatian penting. Geografi tidak sedikit digunakan bagi kepentingan perniagaan dan penyebaran agama Islam. Ilmu pengetahuan di Eropa sempat tidak berkembang pada abad kegelapan. Akhirnya berkembang kembali sesudah berakhirnya Perang Salib dan kemunculan zaman Renaissance di Eropa. Pada abad XV sampai sekarang, geografi tidak sedikit mengemukakan mengenai kajian alam dan berbagai aspek kehidupan di permukaan bumi.Geografi adalah ilmu tentang bumi. Begitu kira-kira yang saya ingat waktu belajar geografi dulu. Menyenangkannya belajar geografi adalah mengenal lebih banyak mengenai bumi. Ya walupun agak begitu rumit ketika masuk ke bahasa-bahasa ilmiah yang menyangkut mengenai bumi, tapi saya suka belajar geografi. Bukan karena gurunya yang cantik, hehehe, tapi juga seru mengenal bumi, memahami fenomena alam yang terjadi, dan mengenal tempat-tempat indah yang ada di seluruh dunia.Nah, bagi sobat #jatikom yang sedang mencari Pengertian Lengkap Geografi baik menurut asal mula kata atau pun menurut para tokoh ahli geografi, untuk itu pada kesempatan kali ini #jatikom mencoba menghadirkannya lengkap untuk sobat.

Pengertian Geografi Menurut Bahasa

Ketika kita mendengar kata geografi, terlintas di pikiran kita geografi adalah ilmu yang memmpelajari bumi, tempat-tempat di dunia, negara di dunia, cara membuat peta atau cara menyajikan data. Sobat yang mendengar kata geografi, pasti ada dari pengertian tersebut yang terpintas di kepala. Tapi apakah sebenarnya geografi???

Kata geografi diambil dari bahasa Inggris ‘geography’ yang merupakan turunan dari bahasa Yunani yaitu ‘geo’ yang berarti bumi dan ‘graphien’ yang berarti tulisan atau penjelasan. Ke dua kata tersebut kemudian terbentuk menjadi ‘geography’ yang bisa di artikan secara istilah sebagai ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi.


Pengertian Menurut Para Ahli

Konsep geografi sudah ada semenjak zaman dahulu kala. Bangsa Yunani Kuno telah berjuang mendokumentasikan sekian banyak  macam penjelasan yang sehubungan dengan geografi. Geograf kesatu pada masa itu ialah Thales (640-546 SM). a sudah menyibukkan diri dengan sekian banyak  penelitan dan mencari informasi geografi dengan mengerjakan perjalanan ke sekian banyak  tempat. Langkah Thales dibuntuti oleh geograf Yunani lainnya. Sebut saja Herodotus (485-425 SM) yang menciptakan geografi selama wilayah unsur timur tengah, Phytheas yang mengukur jarak matahari ke bumi dan yang sangat fenomenal ialah Eratosthenes (276-194 SM) yang dapat menghitung keliling bumi melulu berselisih 1% dari keliling sebenarnya.

Berikut di bawah ini ialah kosep definisi geografi dari sejumlah ahli:

 

  • Erastothenes

Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran tentang bentuk muka bumi

  • Claudius Ptolomaeus

Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian serta selruh permukaan bumi

  • Karl Ritther (1859)

Geografi merupakan suatu telaah tentang bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geografi dapat mencakup berbagai macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia itu sendiri juga dibahas.

  • Lobeck (1939)

Geografi merupakan suatu studi yang membahas tentang hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

  • Frank Debenham (1950)

Frank Debenham berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang memiliki tugas untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

  • Alexander (1958)

Menurut Alexander, Geografi merupakan sebuah studi mengenai pengaruh lingkungan alam terhadap berbagai aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander tersebutlah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik yang terjadi antara aktivitas manusia serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

Baca :  Pengertian Apresiasi Seni Rupa, Karya, Contoh,Tipe,Tahapan


  • Hartshorne (1960)

Menurut Hartshorne, Geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

  • Yeates (1963)

Menurut Yeates, Geografi adalah ilmu yang memperhatikan mengenai perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai macam sifat yang beragam di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan berbagai alasan yang rasional.

  • Bintarto (1981)

Geografi merupakan studi yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik ataupun yang menyangkut dengan kehidupan makhluk hidup beserta berbagai permasalahannya dengan melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, serta regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

  • Herioso Setiyono (1996)

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya serta merujuk terhadap pola persebaran horisontal di permukaan bumi.

  • Halford Mackinder

Menurut Halford Mackinder, Geografi merupakan ilmu yang mempunyai fungsi utamanya guna untuk menyelediki interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda-beda berdasarkan lokasinya.

  • Friederich Ratzel

Friederich Ratzel mengemukakan konsep geografi menurut pendapatnya dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep tersebut diberi nama Lebensraum yang memiliki arti bahwa wilayah geografis merupakan sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat bahwa suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya dengan sesuai kekuatan yang negera miliki.

  • Ullman

Geografi adalah interaksi antar ruang.

  • Elsworth Huntington

Geografi merupakan sebuah studi mengenai fenomena pemukaan bumi serta penduduk yang menghuninya. Elsworth Huntington menjelaskan terdapat hubungan timbal balik antara gejala sera sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

  • Immanuel Kant

Geografi adalah sebuah ilmu yang objek studinya adalah berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.

  • Strabo

Geografi sangat erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu, serta hubungan antar wilayah keseluruhan. Pendapat itu kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place

  • Ekblaw dan Mulkerne

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi serta kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, pakaian yang kita gunakan, makanan yang kita konsumsi, rumah yang kita huni, dan tempat rekreasi yang dapat kita nikmati.

  • Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)

Geografi adalah deskripsi serta penjelasan yang menganalisis tentang permukaan bumi dan pandangannya mengenai hal yang selalu berubah dan dinamis.

  • Paul Vidal de La Blance

Geografi merupakan sebuah studi tentang kualitas berbagai negara, di mana penentuan akan suatu kehidupan tergantung bagaimana manusia dalam mengelola alam.

  • Haris (2012)

Menurut Haris pada tahun 2012, ia berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang terdapat di permukaan bumi dengan berbagai konsep spesial yang berguna untuk pemanfaatan pembangunan di permukaan.

  • Preston E. James

Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

  • Seminar lokakarya IGI di Semarang (1988)

Geografi merupakan suatu Ilmu yang mempelajari tentang persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

  • Basri Mustofa

Basri Mustofo berpedapat bahwa geografi merupakan sebuah ilmu yang menguraikan mengenai perrmukaan bumi, penduduk, iklim, flora dan fauna, serta berbagai basil-basil yang diperoleh dari bumi.

  • Daldjoeni

Daldjoeni berpendapat bahwa geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia tentang 3 hal pokok, yaitu spasial atau ruang, ekologi, dan region atau wilayah. Dalam hal spasial (ruang), geografi mempelajari persebaran gejala baik alami maupun manusiawai di muka bumi. Dalam hal ekologi, geografi mempelajari tentang bagaimana manusia harus mampu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region (wilayah), geografi mempelajari tentang wilayah sebagai tempat tinggal manusia dengan berdasarkan kesatuan fisiografinya.

  • Von Rithoffen

Geografi merupakan studi mengenai gejala serta sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan dengan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik di antara gejala dan sifat tersebut.

  • Bernhardus Varenius

Dalam karyanya GEOGRAPHIA GENERALIS, dia membagi geografi menjadi 3, antara lain :
Geografi absolute
Geografi relative
Geografi komparatif

  • Merriam

ilmu yang berhubungan dengan deskripsi, distribusi, dan interaksi dari fitur fisik, biologis, dan budaya yang beragam dari permukaan bumi

  • oxford

Studi tentang fitur fisik bumi dan atmosfernya, dan aktivitas manusia karena mempengaruhi dan dipengaruhi oleh ini, termasuk distribusi populasi dan sumber daya dan kegiatan politik dan ekonomi.

  • cambridge

studi tentang sistem dan proses yang terlibat dalam cuaca dunia, gunung, laut, danau, dll. dan tentang cara negara dan orang mengatur kehidupan di suatu area

Share
WhatsApp chat