Pengertian Globalisasi dan Dampak Negatif Positif, Penyebab Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi dan Dampak Negatif Positif, Penyebab Menurut Para Ahli   – Kata Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization, yaitu gabungan dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Definisi globalisasi secara umum dan para ahli berbeda-beda, berikut ini penjelasan pengertian globalisasi, penyebab globalisasi, dan juga dampak yang ditimbulkan oleh globalisasi.
Pengertian Globalisasi dan Dampak Negatif Positif, Penyebab Menurut Para Ahli

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

  • Pengertian Globalisasi menurut Selo Soemardjan
Globalisasi adalah sebuah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada diseluruh dunia. Adapun tujuan globalisasi untuk mengikuti kaidah-kaidah dan sistem tertentu seperti PBB dan OKI.
  • Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses untuk menjadikan benda atau perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri dan setiap individu dalam dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.
  • Pengertian Globalisasi menurut Thomas L. Friedman
Globalisasi mempunyai dimensi teknologi dan ideologi. Dalam dimensi teknologi berupa teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia, dan Dimensi Ideologi berupa pasar bebas dan kapitalisme.
  • Pengertian Globalisasi menurut Malcom Waters.
Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang memiliki akibat karena pembatasan geografisa pada kondisi sosial budaya sudah tidak atau kurang penting lagi dan tidak menjadi dalam kesadaran orang.
  • Pengertian globalisasi menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Globalisasi adalah suatu proses yang mencakup kasus, penyebab dan konsekuensi dari perpaduan transkultural dan transnasional pada kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan kegiatan yang dilakukan oleh mesin.
  • Pengertian Globalisasi menurut Emanuel Ritcher
Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan dalam menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan tertutup dalam saling kebergantungan dan adanya persatuan dunia.
  • Pengertian Globalisasi menurut Anthony Giddens
Globalisasi adalah intensifikasi hubungan masyarakat di seluruh dunia yang mengaitkan seluruh daerah sehingga kejadian lokal dapat terbentuk dari peristiwa yang terjadi bermil-mil jaraknya dan sebaliknya.
  • Pengertian Globalisasi menurut Martin Albrow
Globalisasi adalah seluruh proses dimana penduduk dunia akan terhubung dalam sebuah komunitas global dan dunia tunggal.
  • Pengertian Globalisasi menurut Princeton N. Lyman
Globalisasi adalah pertumbuhan yang cepat atas keterhubungan dan ketergantungan antara negara-negara yang ada di dunia dalam hal keuangan dan perdagangan.
  • Pengertian Globalisasi menurut Laurence E Rothenberg
Globalisasi adalah sebuah percepatan dan intensifikasi dalam interaksi dan perpaduan antara perusahaan, pemerintah dan orang-orang dari negara yang berbeda.
  • Pengertian globalisasi menurut Scholte

Globalisasi adalah suatu proses meningkatnya jalinan internasional. Dalam hal ini semua negara mempertahankan identitas kenegarannya, namun tetap bergantung pada antara satu dengan yang lainnya.

Pengaruh globalisasi di bidang sosial

Lahirnya sebuah kesadaran global dimana manusia selalu merasa menggantungkan diri dan saling membutuhkan.

Pengaruh globalisasi di bidang ekologi

Semakin meningkatnya kebutuhan pada manusia pada sumberdaya alam sehingga terus melakukan eksploitasi secara berlebihan.

Pengaruh Globalisasi di sektor hukum



Globalisasi telah meningkatkan interdependensi antar negara dimana salah satunya mempunyai bentuk yakni berlakunya beberapa standard baku internasiona dari beberapa bagian kehidupan, melemahnya ikatan nasional, etnosentrisme, dan primordial yang lantas berpengaruh pada sektor hukum. Indonesia tidak terlepas dari pengaruh globalisasi hukum. Pada fenomena ini terlihat dari adanya kecenderungan pergantian sektor hukum yang telah dipengaruhi oleh globalisasi yakni diratifikasinya sebagian piranti konvensi hukum internasional yang menjadi hukum nasional indonesia.

Pengaruh Globalisasi di Sektor Agama dan Kepercayaan

Pada sistem globalisasi yang berdimensi secara global bisa menyentuh kelaziman beragama yang memiliki kekuatan nilai, norma serta makna yang menyerahkan dasar norma guna kehidupan dari masyarakat. Akan tetapi, dampak dari evolusi teknologi komunikasi dan informasi dapat mengakibatkan terjadinya sebuah pergeseran agama, kebiasaan dan nilai. Pengaruh negatif yang memang barangkali saja dilangsungkan dapat menciptakan orang-orang menggali suatu pilihan spritual beda untuk mendapat  makna hidup yang sebenarnya.

Baca :  contoh naskah DRAMA untuk 4 orang

Pengaruh Globalisasi di Sektor Komunikasi dan Informasi

Komunikasi dan informasi yang sudah disupport adanya pemanfaatan teknologi yang dapat digarap secara tepat guna dan gampang. Pada teknologi komunikasi dan informasi telah menyerahkan efektivitas dan efisiensi yang paling begitu bermakna guna kehidupan umat manusia. Beberapa media massa laksana berita, film, surat, tv dan radio kini ini sudah disupport teknologi yang mutakhir dimana bisa menangani jarak guna penerima dan ekspedisi pesan.
Media Massa tersebut dapat dipakai dalam mengerjakan komunikasi antar penduduk dan membuat saling definisi serta kerjasama antar bangsa. Pada gejala tersebut telah menunjukkan bahwa bila teknologi komunikasi lewat media massa dapat mempengaruhi pola fikir dari masing-masing masyarakat dan individu.
Untuk kehidupan bangsa indonesia, bahwa masuknya pengaruh asing pada era globalisasi ini telah tak dapat anda bendung lagi. Komunikasi antar bangsa yang terdapat di dunia ini semakin intens. Perkembangan teknologi dan sistem informasi dari bangsa-bangsa yang beda juga ingin semakin mempunyai peningkatan. urusan itu telah membawa konsekuensi akibat yang luas dapat saja negatif atau positif. Nah, selanjutnya bakal ada penjelasan menyeluruh yang sehubungan dari akibat negatif serta positifi globalisasi dari sekian banyak  sektor. Tentunya kemunculan globalisasi sebab adanya peradaban teknologi dan ilmu pengetahuan. Akan tetapi, urusan itu tidak terlepas dari akibat globalisasi, dimana terdapat akibat positif globalisasi dan akibat negatif globalisasi pada kehidupan bermasyarakat secara mendunia.

Dampak Positif Globalisasi :

  •  Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.
  • Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.
  • Tingkat Kehidupan yang lebih Baik.
  • Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik.
  • Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri.
  • Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan kehidupan manusia.
  • Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi).
  • Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
  • Berkembangnya turisme dan pariwisata.
  • Meningkatkan pembangunan negara.

Dampak Negatif Globalisasi :

  • Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.
  • Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang.
  • Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia.
  • Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar, Akibatnya kondisi industri dalam negeri sulit berkembang.
  • Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.
  • Menghambat pertumbuhan sektor industri.
  • Terjadinya sikap mementingkan diri sendiri (individualisme)
  • Adanya sikap sekularisme yang lebih mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama.
  • Timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya.
  • Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara

faktor-faktor penyebab globalisasi adalah:

  • Adanya peradaban di bidang teknologi informasi dan komunikasi sampai-sampai menjamin fasilitas terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.
  • Adanya peradaban ilmu pengetahuan di bidang teknologi transportasi sehingga mempermudah transfer barang dan jasa antarnegara.
  • Adanya peradaban kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga mempermudah terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara.
Share
WhatsApp chat