Pengertian kenampakan alam,buatan Indonesia,Contoh serta gambar

Pengertian kenampakan alam,buatan Indonesia,Contoh serta gambar – Indonesia adalah negara yang mempunyai perairan dan daratan yang luas. Kenampakan Alam atau dapat disebut bentang alam ialah segala sesuatu yang disusun oleh peristiwa yang sedang di alam. Kenampakan Alam bisa lihat pada permukaan bumi yang mencakup wilayah daratan dan distrik perairan. Kenampakan Alam tersebut tidak sedikit memberikan deviden berupa kekayaan dari sekian banyak  sumber daya alam.Kenampakan alam merupakan sekian banyak  bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah. Kenampakan alam terdiri dari dua unsur pokok, yaitu kenampakan alam berupa daratan dan kenampakan alam berupa perairan.Kenampakan Alam yang terletak di distrik Indonesia terbentang paling luas dengan keindahan alamnya. Kenampakan Alam (bentang alam) ialah segala sesuatu yang disusun oleh peristiwa yang sedang di alam. Kenampakan Alam bisa lihat pada permukaan bumi yang mencakup wilayah daratan dan distrik perairan. Kenampakan Alam tersebut tidak sedikit memberikan deviden berupa kekayaan dari sekian banyak  sumber daya alam. Kenampakan Alam sebuah wilayah diprovokasi oleh perbedaan letak elevasi dari permukaan bumi sementara kenampakan produksi seperti waduk, area industri, pelabuhan dan jalan. Semuanya dipakai untuk memberikan fasilitas yang bisa menunjang kepentingan hidup manusia.Kenampakan Alam laksana dataran, gunung, laut, telaga dan sungai mempunyai manfaat untuk kehidupan manusia. Peristiwa alam laksana banjir, gunumg meletus, gempa bumi dan angin topan tidak jarang terjadi di lingkungan selama kita. Dan peristiwa alam ini mempunyai pengaruh yang besar pada kehidupan sosial manusia. Sebaliknya ada pun pola perilaku masyarakat yang dapat mempengaruhi peristiwa alam di lingkungan sekitar.

Pengertian Kenampakan Alam

Kenampakan alam merupakan segala sesuatu yang berada di atas permukaan bumi baik yang berada didarat maupun dilaut. kenampakan alam ini juga sering disebut dengan bentang alam initimbul akibat adanya peristiwa-peristiwa alam yang terjadi diatas permukan-permukan bumi.

 

Kenampakan Alam di Indonesia

Wilayah negara Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang kecil maupun besar yang terbentang luas mulai dari Sabang hingga Merauke. Dimana Sabang terletak di Pulau We, sementara Merauke terletak di Provinsi Papua unsur timur. Berdasarkan keterangan dari para ahli, distrik Indonesia berada pada urutan ke-14 terluas di semua dunia. Secara geografis, letak Indonesia dipecah menjadi dua samudra, yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan juga dijepit oleh dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia. Kenampakan Alam dapat disaksikan di permukaan bumi.
Pada distrik daratan mencakup :
1. Dataran tinggi
2. Dataran rendah
3. Gunung dan pegunungan
Sedangkan distrik perairan mencakup :
1. Sungai
2. Danau
3. Laut
4. Rawa
5. Selat
6. Samudera.

  • Kenampakan Alam di distrik daratan

Kenampakan alam di distrik daratan adalahbagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Wilayah daratan di Indonesia mempunyai tanah yang subur sehingga mengakibatkan curah hujan yang tertata dan banyaknya gunung berapi sampai-sampai dimanfaatkan sebagai lokasi berpijak dan sumber kehidupan manusia. Kenampakan Alam yang tergolong wilayah daratan yakni :

1. Dataran tinggi



Dataran tinggi adalahwilayah dataran yang luas, relatif datar dan terletak pada elevasi 300-600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi berada di wilayah pegunungan atau dikelilingi oleh bukit-bukit sampai-sampai udaranya paling dingin dan segar. Daerah pada dataran tinggi mempunyai udara yang sejuk dengan pemandangan yang estetis sehingga menyebabkan tidak sedikit orang menegakkan rumah-rumah atau vila sebagai lokasi istirahat. Di samping itu, dataran tinggi tidak sedikit dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan laksana teh, kopi, bunga, sayuran dan sebagainya serta sebagai lokasi pariwisata dan lokasi peristirahatan.
2. Dataran Rendah



Dataran rendah adalahwilayah dataran yang relatif datar, luas dan memiliki elevasi kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Pada umumnya, wilayah dataran rendah terdapat tidak sedikit aliran sungai dan suasana udaranya panas. Dataran rendah di distrik Indonesia menghampar luas di sepanjang Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Nusa Tenggara serta pulau-pulau kecil. Penduduk kota yang menetap di dataran rendah memanfaatkan daerahnya sebagai lokasi tinggal. Dataran rendah dimanfaatkan sebagai lokasi perkebunan tebu atau kelapa, lahan pertanian, industri dan pemukiman.
3. Gunung



Gunung adalahbagian yang menonjol ada di bumi (bukit yang tinggi dan besar) dengan elevasi lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Wilayah Indonesia memiliki tidak sedikit gunung baik gunung yang berapi maupun yang tidak berapi. Gunung berapi ialah gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu bisa meletus sementara gunung tidak berapi ialah gunung yang telah tidak aktif lagi. Gunung dimanfaatkan sebagai pengatur iklim dan penyimpan air, dijadikan sebagai lokasi wisata, material dari gunung berapi yang meletus bisa menyuburkan tanah dan pasirnya dapat dipakai sebagai bahan bangunan.
4. Pegunungan



Pegunungan adalahrangkaian gunung yang saling menyambung satu sama lain, tinggi, luas dan memanjang dengan mencapai elevasi lebih dari 700 meter di atas permukaan laut sampai-sampai di wilayah pegunungan udaranya paling sejuk dan segar. Pegunungan dimanfaatkan sebagai lokasi istirahat, wisata alam dan camping laksana di Pegunungan Jaya Wijaya, sebagai lokasi tumbuh hutan (daerah perlindungan fauna dan tumbuhan supaya tidak punah) dan juga dipakai untuk usaha perkebunan bunga, sayuran dan tumbuhan industri. Wilayah Indonesia dipisahkan menjadi dua susunan pegunungan dunia, yaitu susunan Pegunungan Sirkum Pasifik menghampar mulai dari Sulawesi Utara, KepulauanMaluku Utara dan selesai di Papua dan susunan Pegunungan Mediterania menghampar mulai dari ujung barat laut Sumatra, Jawa, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara dan selesai di Kepulauan Maluku unsur selatan.

  • Kenampakan Alam di Wilayah Perairan

Kenampakan Alam di distrik perairan adalahbagian dari permukaan bumi yang digenangi air. Wilayah Indonesia mempunyai perairan yang paling luas yakni dua pertiga unsur dari borongan luas distrik negara. Kenampakan Alam yang tergolong wilayah perairan yakni :
1. Sungai



Sungai adalahbagian dari permukaan bumi yang rendah dan aliran air yang mengalir dari dataran tinggi mengarah ke dataran rendah dan bermuara di laut. Sungai pada bagian mula berukuran kecil yang berawal dari wilayah pegunungan. Sedangkan yang mengalir ke lokasi yang lebih rendah kesudahannya bermuara di danau/laut. Semakin dekat ke arah laut, maka semakin melebar. Sungai dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat merawat ikan dan dipakai untuk irigasi membasahi sawah. Di samping itu, sebagai sarana transportasi yang menghubungkan antar daerah, sumber tenaga listrik, perikanan, olahraga, dan rekreasi serta dipakai untuk pengangkutan kayu hasil penebangan dan pasar terapung.
2. Danau

Baca :  34 Provinsi Permainan Tradisional ,Cara Bermain, Gambar,Keterangan




Danau adalahpermukaan bumi berupa cekungan di darat yang paling luas dan digenangi oleh air yang dikelilingi daratan. Danau yang terbentuk berasal dari letusan gunung berapi yang biasa dinamakan sebagai telaga vulkanik. Danau tektonik yaitu telaga yang terbentuk diakibatkan adanya pergeseran muka bumi. Dan danau produksi yaitu telaga yang sengaja diciptakan oleh insan dengan teknik membendung aliran sungai dan telaga buatan seringkali sering dinamakan sebagai waduk. Serta telaga alam merupakan telaga yang terbentuk oleh peristiwa alam yakni diantara letusan gunung api, pelarutan batuan kapur oleh air hujan dan gerakan kulit bumi. Danau dimanfaatkan sebagai lokasi pengairan sawah, tempat merawat dan penangkapan ikan, lokasi persediaan air, dan objek wisata.
3. Laut



Laut adalahbagian permukaan bumi yang luas, digenangi air yang dalam dan sangat rendah.
Laut menghubungkan antar pulau yang satu dengan pulau lainnya. Kedalaman laut di distrik Indonesia berbeda-beda, terdapat yang dalam maupun dangkal. Biasanya menjangkau 1.000 meter atau lebih. Air laut rasanya asin sebab berisi garam. Di dalam laut terdapat tidak sedikit kehidupan antara lain tanaman laut, kerang dan pelbagai jenis ikan yang dapat diubah menjadi makanan dan obat-obatan. Laut di Indonesia paling luas, melebihi luasnya daratan. Dua per tiga distrik Indonesia berupa laut. Manfaat laut untuk kehidupan insan sangat tidak sedikit yaitu dimanfaatkan guna objek wisata, olahraga air, jalur transportasi. Laut adalahpenyumbang terjadinya hujan dan pengatur iklim, air laut diubah menjadi garam dan pun menghasilkan minyak bumi yang ada di tengah laut lepas.
4. Rawa



Rawa adalahdataran rendah yang digenangi air baik guna perikanan maupun hutan bakau. Pada umumnya, terletak di wilayah dekat sungai atau pantai. Penduduk wilayah rawa paling bergantung pada air hujan, sehingga eksistensi rawa bermanfaat untuk manusia yakni untuk wilayah persawahan dan memenuhi keperluan akan air bersih. Rawa yang terdapat di ambang pantai tidak sedikit ditumbuhi pohon bakau yang berfungsi untuk menangkal terjadinya erosi pantai dan tanaman air.
5. Selat



Selat adalahperairan/laut sempit yang berada salah satu dua pulau. Kedalamannya berkisar antara 200-1.000 meter. Negara Indonesia dikenal sebagai Negara Maritim sebab mempunyai wilayah laut yang terbentang luas. Letak Indonesia yang diberi batas oleh lautan yang menjadi jarak antara pulau yang satu dengan lainnya. Selat dimanfaatkan sebagai jalur angkutan antar pulau. Alat angkutan yang biasa digunakan ialah kapal feri yang tergolong kapal penumpang.
6. Samudera



Samudera adalahperairan yang luasnya melebihi luas laut dan mempunyai kedalaman lebih dari 1.000 meter. Wilayah Indonesia dijepit oleh dua samudera yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Manfaat samudera mengakibatkan iklim yang menguntungkan yakni tidak terlampau panas pada siang hari dan tidak terlampau dingin pada malam hari.

Kenampakan Buatan di Indonesia

Kenampakan buatan ialah kenampakan yang terbentuk dampak perbuatan dari manusia. Kenampakan produksi terbagi menjadi menjadi dua, yakni kenmpakan produksi yang terlihat laksana kenampakan alam, dan kenampakan produksi yang tidak laksana alam. Kenampakan alam produksi ini seringkali bertujuan sebagai lokasi konservasi untuk hewan dan tanaman yang dalam bahaya punah.
Di samping kenampakan alam produksi ini pun dimaksudnya guna menampung air hujan. Kenampakan produksi yang tidak laksana alam ialah kenampakan yang memang dibikin untuk kepentingan manusia. Kenampakan alam ini seringkali menjadi lokasi hidup dan kegiatan bagi manusia. Kenampakan produksi di Indonesia ialah waduk, kebun binatang, pelabuhan, dan pemukiman penduduk

1. Waduk



Waduk ialah sebuah lokasi penampungan air raksasa yang dibikin oleh manusia. Di samping itu, waduk pun sebagai penghalang aliran air sungai, sampai-sampai aliran menjadi meninggi dan tampak seperti telaga yang besar. Waduk pun biasa di sebut sebagai bendungan. Waduk bermanfaat sebagai di antara penyedia air untuk masyarakat, selain tersebut waduk pun di gunakan sebagai unsur dari system irigasi di sawah. Waduk di Indonesia paling banyak. Contoh waduk di Indonesia ialah waduk gajah wungkur, bendungan sutami, bendungan karang kates, dan waduk jatiluhur.

2. Kebun Binatang


Kebun binatang ialah salah satu kenampakan produksi yang dibikin seperti alam. Kebun hewan digunakan sebagai habitat serta lokasi konservasi untuk hewan. Hewan- fauna yang terdapat di kebun binatang, tidak melulu untuk fauna yang dalam bahaya punah, tapi pun untuk hewan- fauna yang yang bisa dijadikan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat.

Kebun hewan di untuk menjadi dua, yakni kebun hewan konvensional dan taman safari. Kebun hewan konvensional ialah kebun hewan biasa, dengan tidak sedikit kandang di dalamnya. Sedangkan taman safari ialah kebun hewan dimana hewan di dalamnya tidak dipedulikan bebas, tanpa kandang yang sempit. Taman safari lebih baik dari pada kebun binatang, karena hewan di dalamnya menjadi lebih bebas. Hanya saja, guna taman safari memerlukan tanah yang paling luas. Hampir di masing-masing kota din Indonesia mempunyai kebun binatang, bakal tetapi melulu ada 2 taman safari di Indonesia, yakni taman safari cisarua dan taman safari prigen.

3. Pelabuhan

Pelabuhan ialah tempat bersandar untuk kapal- kapal pelabuhan seringkali berada di ambang pantai yang dalam. Hal ini diperlukan, sebab kapal besar akan sulit bersandar andai tepian pantai tidak dalam. Pelabuhan ialah penampakan produksi yang tidak laksana alam.

Pelabuhan dibikin oleh manusia supaya manusia bisa naik turun kapal serta mendongkrak dan menurunkan muatan menjadi lebih mudah. Indonesia ialah Negara kepulauan. Sehingga luas laut di Indonesia paling besar. Oleh sebab itu, Indonesia memiliki tidak sedikit pelabuhan. Contoh pelabuhan di Indonesia ialah pelabuhan tanjung perak, pelabuhan Banjarmasin, pelabuhan benoa, dan pelabuhan merak.

4. Pemukiman Penduduk



Pemukiman penduduk ialah tempat untuk manusia guna hidup dan beraktivitas. Pemukiman penduduk ialah kawasan yang digunakan untuk segala aktivitas. Mulai kegiatan di lingkungan atau kegiatan berkerja. Pemukiman penduduk ialah penampakan produksi yang tidak laksana alam. Setiap wilayah di bumi, tentu mempunyai pemukiman penduduk. Pemukiman dengan luas dan jumlah warga yang sangat tidak sedikit akan menjadi suatu kota.

Share
WhatsApp chat