Pengertian Komputer, fungsi manfaat Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer, fungsi manfaat Menurut Para Ahli – berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti ‘menghitung’, menurut salah satu sumber yang saya temukan. Menurut sumber yang lainnya, asal kata computer berasal dari bahasa Inggris compute. Meskipun begitu, kedua kata tersebut meskipun berasal dari bahasa yang berbeda mempunyai arti yang sama yakni “menghitung”. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin luas pula bidang ilmu komputer. Oleh karenanya para pakar dan peneliti mempunyai sedikit perbedaan dalam menjelaskan definisi komputer. Pengertian komputer atau definisi komputer tersebut jika dijabarkan menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut :

Pengertian Komputer
Pengertian Komputer

Pengertian komputer 1
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian komputer tersebut dikemukakan oleh Hamacher .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.)

Pengertian komputer 2
Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

  • menerima input
  • memproses input tadi sesuai dengan programnya
  • menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • menyediakan output dalam bentuk informasi

Definisi komputer diatas dikemukakan oleh Menurut Blissmer (Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.)

Pengertian komputer 3
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Pengertian komputer diatas dikemukakan oleh Fuori (William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.)

Pengertian komputer 4
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Definisi tersebut oleh Sanders (1985).

Pengertian komputer 5
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan. Definisi komputer tersebut menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri),

Pengertian komputer 6
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis). Jika ditelusuri lebih jauh lagi, kita mungkin akan menemukan banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan komputer secara berbeda. Namun, secara umum kita bisa menyimpulkan bahwa komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat

1.menerima input
2.mengolah input
3.memberikan informasi
4.menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
5.dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
6.serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga hal penting bagi sebuah komputer. Tiga hal penting ini mewakili keseluruhan fungsi komputer, yaitu;

  • input data
  • pengolahan data
  • output data.

Untuk melakukan input data pada sebuah komputer, kita bisa menggunakan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard, kamera digital, scanner dan lain-lain. Pada fungi pengolahan data, suatu komputer harus bisa melakukan proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati. Informasi sendiri merupakan hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Jadi sebuah komputer harus bisa melakukan pengolahan data elektronik. Tentu proses pengolahan ini tergantung dari seberapa besar kemampuan software dan hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer. Pada output data, kita mengenal berbagai alat yang dapat digunakan sebagai output data pada sebuah komputer. Contoh perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer.

Penggolongan komputer
Dari berbagai hal tersebut, terdapat berbagai literatur yang melakukan penggolongan jenis komputer. penggolongan jenis komputer atau macam komputer tersebut umumnya berdasarkan beberapa hal yakni;

1. Penggolongan komputer berdasarkan data yang diolah, Berdasarkan data yang diolah, jenis komputer dapat digolongkan sebagai berikut;

  • Komputer Analog
  • Komputer Digital
  • Komputer Hybrid

2. penggolongan komputer berdasarkan tujuan penggunaannya
Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

3. penggolongan komputer berdasarkan kapasitas/ukurannya

  • Komputer Mikro (Micro Computer)
  • Komputer Mini (Mini Computer)
  • Komputer Kecil (Small Computer)
  • Komputer Menengah (Medium Computer)
  • Komputer Besar (Large Computer)
  • Komputer Super (Super Computer)

4. Penggolongan komputer Berdasarkan Generasinya

  • Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
  • Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
  • Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
  • Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
  • Komputer Generasi Kelima

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja pengertian Komputer itu sendiri akan mengalami pergeseran bahkan perubahan sesuai dengan konteksnya pada suatu ketika nanti.

Beberapa Pengertian Komputer Menurut Para Ahli:

 

  • Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer

Komputer ialah suatu alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

  • Pengertian Komputer menurut V.C. Hamacher et al

Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yg dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

  • Pengertian Komputer menurut Elias M. Awad

Komputer sebuah alat hitung yg memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.



  • Pengertian Komputer menurut Donald H. Sanderes

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memrosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program (Sistem Operasi) yang tersimpan di didalam penyimpannya (stored program).

  • Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yg mampu menginterpresentasikan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

  • Pengertian Komputer menurut Robert H. Blissmer

Komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

  • Pengertian Komputer menurut Larry Long & Nancy Long

Komputer adalah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, dan operasi-operasi logik.

  • Pengertian Komputer menurut Williams, Sawyer

Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta & gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan

  • Pengertian Komputer menurut William M. Fuori

Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Fungsi dan manfaat komputer bagi kita :

  • Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :

Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.

  • Kompter Sebagai Sarana Komunikasi

Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :

  1. Berbicara dengan teman atau saudara kita
  2. Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
  3. Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
  4. Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
  5. Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll

 

  • Komputer sebagai Alat Hiburan

Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :

  1. Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
  2. Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
  3. Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
  4. Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
  5. Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet

 

  • Komputer Sebagai Alat Pendidikan

Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :

  1. Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
  2. Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
  3. Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.

 

  • Komputer Sebagai Sarana Informasi

Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :

  1. Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
  2. Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
  3. Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
  4. Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
  5. Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
  6. Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
  7. Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
  8. Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas
  9. Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
  10. Informasi Politik
  11. Informasi Perdagangan
  12. Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
  13. dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.

 

  • Komputer Sebagai Sarana Usaha

Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :

  1. Membuat Rental Komputer
  2. Membuat Warnet
  3. Membuat Usaha percetakan
  4. Membuat usaha Vidoe Editing
  5. Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
  6. Membuat Usaha Sablon
  7. Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
  8. Membuka usaha Disain Arsitektur.
  9. Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
  10. Membuka Usaha disain Website
  11. Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
  12. Membuka Usaha Kursus Komputer
  13. Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
  14. Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual

 

  • Komputer Sebagai Sarana Kontrol

Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :

  1. Mengontrol kamera security
  2. Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
  3. Mengontrol Escalator
  4. Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
  5. Pengontrolan peralatan Editing Video
  6. Pengontrolan tata lampu traffic jalan
  7. Pengontrolan system jaringan Network



DAMPAK NEGATIF KOMPUTER

Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :

    • Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja,sholat, dll.

 

    • Dengan mengakses situs- situs dewasa yang menampilkan gambar serta video yang dapat merusak akhlak seseorang.

 

    • Banyak terjadi aksi penipuan lewat email ataupun facebook.

 

  • Perlunya pengetahuan basic keamanan sehingga kita tidak mudah di bobol password security kita.
Share

Leave a Reply