Pengertian Magnet, Gaya Magnet Dan Sifat Magnet

Pengertian Magnet, Gaya Magnet Dan Sifat Magnet – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian magnet, jenis magnet dan juga sifat dari magnet. Kata magnet sendiri tentu sudah tidak asing untuk banyak orang. Tapi terkadang kita belum mengetahui pengertian yang sesungguhnya dari magnet. Untuk itu kita akan mulai pembahasan mengenai magnet, dan semoga dengan pembahasan ini bisa membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi mengenai magnet. Agar dapat lebih jelas dalam mengetahui magnet mari kita mulai pembahasan dibawah ini.

 

Pengertian Magnet

Magnet merupakan suatu obyek yang bisa menimbulkan gejala gaya, baik gaya tarik ataupun gaya tolak terhadap jenis logam tertentu misalkan besi, baja dan yang lainnya. Magnet juga diartikan sebagai suatu benda yang bisa menarik benda lain yang juga terbuat dari logam, seperti besi, baja, koblat dan juga nikel. Magnet juga mempunyai bagian yang kuat dibagian daya tarik yang juga disebut dengan kutub magnet. Kutub magnet yang terdiri dari kutub utara (U) dan juga kutub selatan (S). Pada suatu magnet terdiri dari magnet-magnet elementer yang sudah tersusun dengan teratur dan terarah. Jika terdapat dua magnet kemudian kutub yang sama didekatkan maka akan terjadi saling tolak menolak. Tapi jika kutub yang berbeda kemudian didekatkan maka akan terjadi saling tarik menarik. Sedangkan bagian yang berada pada sekitar magnet yang juga masih dipengaruhi oleh gaya magnet disebut juga dengan medan magnet.

 

Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh dorangan dan tarikan dari magnet. Magnet mempunyai bermacam-macam bentuk yaitu batang, silinder jarum, bentuk U, dan ladam atau tapal kuda.

Jenis Magnet

Magnet memiliki beberapa jenis, apa saja jenis magnet ? kita akan membahasnya dibawah ini agar dapat mengetahui apa saja jenis magnet itu.

  • Magnet buatan

Sedangkan untuk Pengertian Magnet Buatan adalah Magnet yg dibuat oleh Tangan Manusia dengan menggunakan Bahan Magnetik yg kuat, dan Bahan Magnetik Kuat yg digunakan seperti Besi dan Baja. Perlu kalian ketahui juga bahwa Macam – Macam Magnet Buatan ini terbagi menjadi 2 yakni Magnet Buatan Permanen dan Magnet Buatan Sementara.

Pengertian Magnet Buatan Permanen
Magnet Buatan Tetap (Magnet Buatan Permanen) ialah Magnet yg mempunyai sifat kemagnetan yang Permanen (tetap), meskipun Proses pembuatan Magnetnya sudah dihentikan. Contoh Magnet Buatan Permanen, bisa kalian lihat didalam Pintu Lemari Es yang biasanya untuk menempelkan Stiker dan untuk menutup Pintu Lemari ES biar rapat.



Pengertian Magnet Buatan Sementara
Magnet Buatan Sementara ialah Magnet yg mempunyai Sifat Kemagnetan yg bersifat sementara yakni terjadi selama proses pembuatannya saja, sehingga Magnet Buatan Sementara ini akan kehilangan Sifat Kemagnetan (Sifat Menarik Benda) ketika Medan Magnet Eksternal dihilangkan. Untuk Contoh Magnet Buatan Sementara ini bisa kalian temui didalam Magnet yg dipakai untuk membuat Elektromagnetik.

  • Magnet alam

 

Magnet alam adalah magnet yang tidak dibuat orang. Magnet itu sudah bersifat sejak semula. Batuan alami yang dapat menarik benda dari besi disebut magnet alam.
  • Magnet tetap
Baca :  34 Provinsi Gambar rumah adat Tradisional Indonesia serta keterangan penjelasan

 

Magnet permanen adalah magnet yang sifat kemagnetannya sukar hilang. contohnya : baja sulit untuk dibuat magnet, tetapi setelah menjadi magnet, sifat kemagnetannya juga sulit untuk dihilangkan.Magnet permanen banyak digunakan dalam loudspeaker (pengeras suara), alat ukur listrik, pita kaset, dan disket.
  • Magnet tidak tetap

 

Magnet tidak tetap (remanen) tergantung pada medan listrik untuk menghasilkan medan magnet. Contoh magnet tidak tetap adalah elektromagnet.

Sifat Magnet

Magnet sendiri mempunyai beberapa macam sifat, untuk bisa mengetahui apa saja sifat yang dimiliki oleh magnet, lansung saja kita lanjutkan pembahasan yang berikut ini.

  • Kutub magnet ada dua yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan(S), dikompas kutub utara disebut north(N), kutub selatan diganti dengan sourth(S). Apabila kedua kutub yang tidak senama (utara dan selatan) dihadapkan maka hasilnya tarik-menarik, sedangkan kutub yang senama (selatan dan selatan) atau (utara dan utara) dihadapkan hasilnya akan tolak-menolak .
  • Jika semua magnet bergerak bebas, kedua kutub akan selalu menunjukan utara dan selatan.
  • kekuatan yang dimiliki magnet adalah daya tarik yang dapat menembus suatu benda. Benda yang ditembus oleh magnet antara lain kertas, daun, kaca, kayu, dll.
  • Magnet dapat menarik benda yang tebuat dari besi dan baja. Benda yang bisa ditarik oleh magnet seperti besi, baja, nikel, kobalt, benda yang dapat ditarik magnet adalah benda magnetis. Benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet adalah almunium, kayu, kaca, karet, dl, benda yang tidak dapat ditarik magnet adalah benda non magnetis.

 

Cara Membuat Magnet

Untuk dapat membuat magnet ada caranya tersendiri, bagaimana cara membuat magnet ? untuk itu langsung saja kita cari tahu cara pembuatan magnet dibawah ini.

1. Digosok secara searah dengan magnet
Contohnya besi yang tadinya tidak mempunyai medan magnet bisa dijadikan magnet dengan menggunakan cara digosok secara searah dengan ujung magnet tetap.
2. Dengan Menggunakan Cara Dialiri Arus Listrik Yang Searah
Contohnya besi yang akan dijadikan magnet dengan menggunakan cara dialiri arus listrik yang searah dan kemudian besi dililit dengan menggunakan kawat kemudian dihubungkan dengan batu baterai. Yang akan menjadi magnet elementer yang ada pada besi dan akan dipengaruhi arus listrik DC yang dihasilkan oleh baterai dan kemuadian akan menjadi magnet elementer yang searah dan teratur.
3. Dengan Menggunakan Induksi Magnet
Contohnya besi bisa dijadikan magnet dengan cara induksi. Dengan menggunakan cara besi diletakan dekat dengan magnet tetap, maka akan menyebabkan magnet elementer yang ada pada besi dipengaruhi oleh magnet tetap yang bisa menjadikan magnet elementer menjadi teratur dan mengarah pada satu arah.

Share
WhatsApp chat