Pengertian Tugas ,Fungsi,Kelebihan dan Kelemahan

Pengertian Tugas ,Fungsi,Kelebihan dan Kelemahan – Tugas adalah wujud pertanggungjawaban pribadi ataupun organisasi. Di samping tugas, terdapat status, faedah dan peran menurut keterangan dari hirarki. Tugas pun dapat ditafsirkan sebagai suatu kegiatan dan tanggung jawab seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang wajib dilaksanakan atau ditentukan guna perintah supaya melakukan sesuatu dalam jabatan tertentu.Contoh penerapan tugas dalam organisasi ialah Adanya merupakan pekerjaan yang sudah direncanakan dalam suatu organisasi. Tanpa organisasi tidak barangkali seseorang dapat mengerjakan pekerjaan.Pekerjaan yang dimaksud ialah disini ialah tugas atau perintah yang diserahkan oleh atasan untuk bawahan sebagai tanggungjawab dalam sebuah jabatan/ bidang dalam suatu organisasi.

Dalam keterangan diatas dapat dipungut kesimpulan bahwa tugas ialah pekerjaan seseorang dalam organisasi atas pemberian dalam suatu jabatan. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, seseorang dapat mengetahui tugas dan faedah kerja dengan baik dan cocok aturan yang berlaku pada organsasi tersebut.

Oleh karna tersebut dalam mengemban tugas dan tanggungjawab dalam jabatan organisasi. Perlu adanya kerja sama dengan bidang – bidang lain. Ini dimaksudkan Dalam mengerjakan tugas, masing-masing bidang di organisasi mesti mempunyai garis koordinasi dan kerja sama yang baik untuk menjangkau tujuan yang telah diputuskan bersama.

Pengertian Tugas ,Fungsi,Kelebihan dan Kelemahan

 

Fungsi Tugas

Fungsi Tugas ialah perwujudan tugas di bidang tertentu yang dilakukan dalam rangka menjangkau sebuah tujuan. Definisi lain melafalkan bahwa fungsi ialah sekelompok kegiatan yang termasuk pada jenis yang sama menurut sifat atau pelaksanaannya.Suatu organisasi mengadakan fungsi-fungsi dalam rangka mengemban sebuah tugas pokok.

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) ialah sasaran utama atau kegiatan yang dibebankan untuk organisasi untuk dijangkau dan dilakukan. Sebagian pihak menyebutnya sebagai tugas dan faedah saja dan menyingkatnya menjadi tusi.

Tupoksi adalah satu kesatuan yang saling berhubungan antara tugas pokok dan fungsi. Dalam ketentuan perundang-undangan mengenai organisasi dan tata kerja sebuah kementerian negara/lembaga sering dilafalkan bahwa sebuah organisasi mengadakan fungsi-fungsi dalam rangka mengemban sebuah tugas pokok.



Pengertian Tugas Berdasarkan keterangan dari Para Ahli

  • Tugas menurut keterangan dari semua ahli, yakni Dale Yoder dalam moekijat (1998), “The Term Task is frequently used to describe one portion or element in a job” (Tugas dipakai untuk mengembangkan satu unsur atau satu bagian dalam sebuah jabatan). Sementara Stone dalam Moekijat (1998), menyampaikan bahwa “A task is a specific work activity carried out to achieve a specific purpose” (Suatu tugas adalahsuatu pekerjaan kegiatan khusus yang dilaksanakan untuk menjangkau suatu destinasi tertentu).
  • Definisi lainnya yang menilai bahwa tugas adalahsuatu pekerjaan spesifik yang dijalankan dalam organisasi yakni menurut keterangan dari John & Mary Miner dalam Moekijat (1998), mengaku bahwa “Tugas ialah pekerjaan kegiatan tertentu yang dilaksanakan guna sebuah destinasi khusus”. Sedangkan menurut keterangan dari Moekijat (1998), “Tugas ialah suatu unsur atau satu bagian atau satu komponen dari sebuah jabatan. Tugas ialah gabungan dari dua bagian (elemen) atau lebih sampai-sampai menjadi suatu pekerjaan yang lengkap”.

Analisa Tugas

Adalah proses menganalisa bagaimana insan melaksanakan tugas dengan sistem yang terdapat Teknik (pendekatan) guna analisa tugas:

  1. Dekomposisi tugas, memilah tugas ke sub tugas beserta urutan pelaksanaannya
  2. Teknik berbasis pengetahuan, menyaksikan apa yang mesti diketahui oleh user mengenai objek dan aksi yang tercebur dalam tugas dan bagaimana pengetahuan tersebut diorganisasikan
  3. Analisa berbasis relasi-entitas, pendekatan berbasis objek, dimana penekanannya pada identifikasi aktor dan objek, relasi dan aksi yang dilakukan
Analisa tugas diutamakan untuk mengenali kepentingan user.
  1. Beberapa aspek analisa tugas sangat serupa dengan model kognitif berorientasi-goal.
  2. Analisa tugas ingin lebih menyaksikan pada apa yang mesti dilaksanakan oleh user sementara pada model kognitif lebih menyaksikan pada proses kognitif internal seseorang dalam mengerjakan pekerjaannya (internal mental state), maka granularitasnya seringkali lebih kecil dikomparasikan analisa tugas
Baca :  Pengertian,Sejarah,Cara Kerja,Penemu Radio

Metode Pemberian Tugas Dalam Belajar Mengajar

Metode pemberian tugas Biasanya seorang guru menyerahkan tugas tersebut sebagai kegiatan rumah. Akan namun ada perbedaan antara pekerjaan rumah dan pemberian tugas Untuk kegiatan rumah, guru mengajak membaca kitab dirumah dengan kata lain menggali referensi diluar dari sekolah, sementara dalam pemberian tugas guru mengajak membaca. Untuk meningkatkan menambah tugas .

Dari keterangan diatas definisi tugas jauh lebih luas dari kegiatan rumah sebab metode pemberian tugas diserahkan dari guru untuk siswa untuk ditamatkan dan dipertanggung jawabkan. Siswa dapat menuntaskan di sekolah, atau dirumah atau di lokasi lain yang kiranya bisa menunjang solusi tugas tersebut, baik secara pribadi atau kelompok. Tujuannya untuk mengajar atau menunjang terhadap pelajaran yang diserahkan dalam pekerjaan intra kurikuler, dan pun melatih tanggung jawab bakal tugas yang diberikan.

Hal yang mesti Dilihat dalam pemberian tugas ;

1. Tujuan penugasan
2. Bentuk pengamalan tugas
3. Manfaat tugas
4. Bentuk Pekerjaan
5. Tempat dan waktu solusi tugas
6. Memberikan tuntunan dan dorongan
7. Memberikan penilaian

Jenis tugas yang diberikan oleh guru dalam proses belajar melatih :

1.Tugas menciptakan rangkuman
2. Tugas menciptakan makalah
3. Menyelesaikan soal
4. Tugas menyelenggarakan observasi
5. Tugas mempraktekkan sesuatu
6. Tugas mempertontonkan observasi

Kelebihan Metode Pemberian Tugas

Metode pemberian tugas ini dalam pelaksanaannya memiliki sejumlah kelebihan disamping pun mempunyai sejumlah kelemahan. Adapun keunggulan metode pemberian tugas diantaranya ialah Metode ini merupakan software pengajaran canggih disebut pun azas kegiatan dalam melatih yaitu guru melatih harus memicu siswa supaya melakukan berbagai kegiatan sehubungan dengan apa yang dipelajari, sampai-sampai :
1. Dapat memupuk rasa percaya diri sendiri
2. Dapat membina kelaziman siswa guna mencari, mengubah menginformasikan dan dan mengkomunikasikan sendiri.
3. Dapat mendorong belajar, sampai-sampai tidak cepat bosan
4. Dapat membangun tanggung jawab dan disiplin siswa
5. Dapat mengembangkan kreativitas siswa
6. Dapat mengembangkan pola berfikir dan ketrampilan anak.

Kelemahan cara pemberian tugas

1. Tugas tersebut susah dikontrol guru bisa jadi tugas itu digarap oleh orang beda yang lebih berpengalaman dari siswa.
2. Sulit guna dapat mengisi pemberian tugas
3.  Pemberian tugas terlalu tidak jarang dan banyak, bakal dapat memunculkan keluhan siswa,
4. Dapat menurunkan minat belajar siswa bila tugas terlampau sulit
5. Pemberian tugas yangmonoton bisa menimbulkan kejemuan siswa bilamana terlalu sering.
6. Khusus tugas kelompok pun sulit guna dinilai siapa yang lebih aktif dalam kelompok tersebut.

Share
WhatsApp chat