Pengertian Wirausaha, Tujuan, Ciri, Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha, Tujuan, Ciri, Menurut Para Ahli – wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.

 

Pengertian Wiraswasta Secara Umum

Jika ditafsirkan secara harfiah, wiraswasta berasal dari 2 kata yakni wira dan swasta, wira dengan kata lain berani dan swasta memiliki makna berdiri sendiri sehingga andai kedua kata itu digabungkan wiraswasta ialah seseorang yang berani memungut sikap, berpikir, serta berani beraksi dalam membuat pekerjaan sendiri dan berkarir secara mandiri.

Banyak sekali deviden yang kamu dapatkan bila kamu berani memungut risiko menjadi wiraswasta. Selain tersebut menjadi seorang wiraswasta pun dapat membuat lapangan kerja baru untuk orang lain contohnya karyawan yang bekerja dengan anda. Kini pemerintah juga sangat menyokong setiap orang yang berwiraswasta sebab dengan semakin banyaknya pengusaha di negara anda maka akan menambah nilai perekekonomian di negara kita. Dengan begitu, jumlah pengangguran di Indonesia pun akan berkurang.

Tetapi, menjadi seorang wiraswasta pun harus tidak sedikit berhati-hati menilik resikonya lumayan tinggi. Mengalami kebangkrutan atau merasakan kerugian ketika menjalankan usaha dalam wiraswasta tentu telah menjadi urusan yang wajar. Namun, sebab hal itulah tidak sedikit sekali orang yang merasa ragu untuk mengawali usaha atau menjadi seorang wiraswasta. Keterbatasan modal juga seringkali menjadi pemicu keraguan masing-masing orang yang akan mengawali usaha.Ketiadaan modal atau pengetahuan mengenai jenis usaha yang bakal dipilih pun sering menciptakan orang yang hendak berwiraswasta tidak berani bersikap. Sedangkan dalam menjadi seorang wiraswasta, keberanian malah menjadi modal utama dan urusan yang paling utama di tahapan kesatu kamu memulai usaha. Padahal menurut keterangan dari para pengusaha berhasil modal bukan satu-satunya yang urgen dalam berwiraswasta.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

 

  • Joko Untoro

Joko Untoro mengemukaakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

  • J.Leach Ronald Melicher

J.Leach Ronald Melicher mengartikan kewirausahaan sebagai sebuah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga).

  • Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

  • Stein dan John F. Burgess (1993:35)

Pengertian wirausaha menurut Stein dan John F. Burgess adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

  • Ahmad Sanusi (1994)

Pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis .

  • Zimmerer (1996)

Pengertian Wirausaha menurut Zimmerer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.

  • Soeharto Prawiro (1997)

Pengertian Wirausaha adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

  • Siswanto Sudomo (1989)

Pengertian Kewirausahaan atau entrepreneurship menurut Siswanto Sudomo adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.



  • Joseph C. Schumpeter

Joseph C. Schumpeter berpendapat bahwa wirausaha adalah orang yang mampu menghancurkan keseimbangan pasar dan kemudian membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil keuntungan-keuntungan atas perubahan-perubahan tersebut.

  • J.B Say (1803)

Menurut J.B Say wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efekif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.

Baca :  Pengertian, Rumus Hukum Hooke Penerapan Contoh Soal

Tujuan Wirausaha

1. Memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai kewirausahaan
Jika seseorang sudah mengawali dan menjalani kewirausahaan, lalu berhasil menjadi seorang wiraswasta, maka urusan tersebut akan menciptakan masyarakat tergerak guna ikut berwiraswasta. Melihat kesuksesan itu akan menciptakan masyarakat menggali tahu apa saja tips dan trik yang mesti dilaksanakan seseorang supaya sukses berwiraswasta. Bukan melulu belajar menjadi seorang wirausaha saja, tetapi pun belajar menjadi individu yang tangguh dalam menjalankan usaha.

2. Membudayakan sikap, perilaku dan motivasi dan keterampilan dalam menjadi wirausahawan
Dalam mempelajari kesuksesan seseorang, maka masyarakat pun bakal belajar berperilaku menjadi laksana orang yang berhasil tersebut. Mereka akan mengupayakan berwirausaha dengan motivasi dan daya juang yang gigih guna mendapatkan keberhasilan dari usaha yang mulai dijalaninya tersebut.

3. Meningkatkan jumlah wirausaha yang mempunyai kualitas baik
Saat seseorang menjadi wirausaha pastinya orang tersebut membutuhkan sumber daya insan yang baik dalam menolong menjalankan usahanya. Sehingga seseorang yang berwirausaha mesti memberdayakan sumber daya insan untuk menambah pencapaian usahanya menambah kualitas sumber daya insan tersebut. Ketika ia telah berhasil, maka sumber daya manusianya dapat membuka lapangan pekerjaannya sendiri.

4. Dapat memajukan pun menyejahterakan masyarakat
Suatu usaha yang telah sukses dan besar pastinya membutuhkan tidak sedikit karyawan atau sumber daya insan yang dapat membantu menjaga usaha tersebut. Ketika kamu berwirausaha dan memberdayakan sumber daya manusia, maka kamu sudah meminimalisir jumlah pengangguran. Tidak melulu itu saja, seseorang yang sudah memiliki pekerjaan tetap pun dapat mencapai peradaban dan kesejahteraannya sendiri.

Ciri Ciri Wirausaha

1. Selalu beranggapan positif
Berpikir positif tidak jarang kali menjadi urusan yang urgen dalam setiap tahapan yang anda ambil dalam hidup. Begitu juga dengan berwirausaha, kamu harus selalu beranggapan positif bakal setiap kesempatan yang terdapat sehingga kamu tidak dihantui oleh rasa fobia akan tidak berhasilĀ  dan kamu akan bersikap optimis pada masing-masing hal yang terjadi ketika menjalankan usaha.

2. Bersikap percaya diri
Di samping mempunyai sikap yang berani kamu juga mesti mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan usaha dan perusahaan yang kamu dirikan sendiri. Secara tidak langsung, sikap percaya diri ini bakal mendukung kamu dalam menggarap setiap kegiatan serta menjalaninya dengan sikap yang tenang.

3. Berani memungut setiap resiko yang ada
Resiko akan tidak jarang kali ada dalam masing-masing pilihan atau keputusan yang kamu ambil, maka dari itu kamu harus tidak jarang kali berani menghadapi resiko apapun yang barangkali terjadi pada usaha anda. Resiko yang barangkali terjadi tersebut misalnya kecelakaan, kerugian, dan kegagalan. Semua tersebut harus selalu kamu hadapi, sebab dalam berbisnis semakin tinggi resikonya maka keuntungannya pun bakal semakin besar.

4. Berjiwa pemimpin
Ini pun menjadi modal utama kamu dalam menegakkan suatu perusahaan sebab di sini kamu menjadi pemimpinnya. Jika terjadi suatu permasalahan atau masalah yang tiba-tiba muncul, kamu harus sigap sedang di depan guna menghadapinya dan berjuang memecahkannya tanpa membebankan orang lain.

5. Selalu berorientasi ke depan
Seorang enterpreuner sejati mesti tidak jarang kali siap dalam beranggapan bagaimana kondisi ke depan serta mempunyai prediksi yang tepat dalam menggali peluang yang baru untuk peradaban usahanya. Seorang wirausaha mesti mempunyai literasi yang powerful dan keluasan wawasan guna mengembangkan setiap gagasan untuk masa depan.

6. Berorientasi pada hasil
Setiap kamu menjalankan tugas sebagai seorang wiraswasta, maka kamu harus tidak jarang kali berorientasi pada masing-masing hasil yang ada. Ini pun penting sebab setiap hambatan yang mungkin hadir tidak bakal membuat kamu menyerah tapi kamu akan merasa tertantang sampai-sampai hasilnya pun cocok dengan yang telah direncanakan.

Share
WhatsApp chat