Pengertian Hukum Newton 1, 2, 3, Rumus, Contoh

Pengertian Hukum Newton 1, 2, 3, Rumus, Contoh – Sir issac newton lahir pada tanggal 4 januari 1643 dan wafat pada tanggal 31 maret 1727, Newton dicetuskan di Woolsthorpe-by-Colsterworth, hamlet di county Lincolnshire bermunculan secara prematur, dimana saat tersebut bayi prematur tidak diinginkan kehadirannya di dunia. Ayahnya, Isaac, meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton, dan dua tahun lantas ibunya, Hannah Ayscough Newton, menikah dengan pria lain dan meninggalkan Newton dengan neneknya. Newton adalahkanak-kanak pintar.
Newton terdapat lah seorang fisikawan,matematikawan, berpengalaman astronomi dan juga berpengalaman kimia yang berasal dari Inggris. Beliau adalahpengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat dominan sepanjang sejarah, bahkan disebutkan sebagai bapak ilmu fisika modern.
Dengan sekian banyak  hasil karya ilmiah yang dicapainya, Newton mencatat sebuah buku the Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, dimana pada kitab tersebut dideskripsikan tentang teori gravitasi secara umum, menurut hukum gerak yang ditemukannya, dimana benda bakal tertarik ke bawah sebab gaya gravitasi. Bekerja sama dengan Gottfried Leibniz, Newton mengembangkan teori calculus. Newton adalahorang kesatu yang menyatakan tentang teori gerak dan berperan urgen dalam merumuskan gerakan melingkar dari hukum Kepler, dimana Newton memperluas hukum itu dengan berpikir bahwa sebuah orbit gerakan melingkar tidak mesti tidak jarang kali berbentuk lingkaran sempurna (seperti elipse, hiperbola dan parabola).
Newton mengejar spektrum warna saat melakukan eksperimen dengan melalui sinar putih pada suatu prisma, dia pun percaya bahwa sinar merupakan kelompok dari partikel-partikel. Newton pun mengembangkan hukum mengenai pendinginan yang di dapatkan dari teori binomial, dan mengejar sebuah prinsip momentum dan angular momentum.
Berdasarkan pengakuan E.T. Bell (1937, Simon and Schuster) dan H. Eves: Newton mengawali sekolah ketika tinggal bareng neneknya di desa dan kemudian diantarkan ke sekolah bahasa di wilayah Grantham dimana dia kesudahannya menjadi anak terpandai di sekolahnya. Saat bersekolah di Grantham dia bermukim di-kost kepunyaan apoteker lokal yang mempunyai nama William Clarke. Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge pada umur 19, Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Saat Newton memusatkan dirinya pada pelajaran, cerita cintanya dengan menjadi semakin tidak menentu dan kesudahannya Storer menikahi orang lain. Banyak yang menegatakan bahwa dia, Newton, tidak jarang kali mengenang cerita cintanya walaupun selanjutnya tidak pernah dilafalkan Newton mempunyai seorang kekasih dan bahkan pernah menikah.
Sejak umur 12 sampai 17 tahun, Newton mengenyam edukasi di sekolah The Kings School yang terletak di Grantham (tanda tangannya masih ada di perpustakaan sekolah). Keluarganya menerbitkan Newton dari sekolah dengan alasan supaya dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tampak tidak menyenangi pekerjaan barunya. Tapi pada akhirnya sesudah meyakinkan family dan ibunya dengan pertolongan paman dan gurunya, Newton dapat menyelesaikan sekolah pada umur 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.

Pengertian Hukum Newton 1

Bunyi Hukum Newton 1

Bunyi Hukum Newton 1 : “Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap“
Maksud hukum newton 1 yaitu benda yang diam akan tetap diam dan tidak akan bergerak sampai ada haya (dorongan atau tarikan) yang kemudian membuatnya bergerak, dan benda bergerak akan terus bergerak dan akan diam apabila ada gaya yang mempegaruhinya untuk diam.

Jika resultan dari gaya-gaya yang bekerja pada sebuah benda sama dengan nol (F = 0), maka benda tersebut :

  • Jika dalam keadaan diam akan tetap diam, atau
  • Jika dalam keadaan bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.

 

Rumus Hukum Newton 1

Dengan demikian rumus newton 1 dapat dirumuskan sebagai berikut :
∑F = 0
Atau,
Resultan gaya (Kg m/s2)

Contoh hukum I Newton

  1. Saat naik motor dan motor digas, badan kita akan terdorong ke belakang.
  2. Saat naik motor dan motor direm, badan kita akan terdorong ke depan.
  3. Dua badak bermassa sama saling dorong, keduanya tidak ada yang bergeser posisinya.
  4. Kertas di bawah gelas kaca ditarik dengan cepat, gelas tetap diam karena resultan gayanya nol.
  5. Bola yang menggelinding di atas es licin akan terus menggelinding dengan kecepatan tetap karena jika tidak dikenai gaya atau resultan gayanya nol.

 

Pengertian Hukum Newton 2

Bunyi Hukum Newton 2

Bunyi Hukum Newton 2 : “Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya”.
Maksud hukum newton 2 yaitu massa suatu benda sangat berpengaruh pada gaya dalam suatu sistem. Tambahan atau kurangan massa akan menghasilkan suatu perubahan. Rumusnya yaitu ∑F = m.a
Keterangan:
∑F = Resultan Gaya (kg m/s2)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan (m/s2)
Hukum II Newton
Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dan searah dengan gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa benda.
F = m.a
dimana:
F = gaya (N)
m = massa (kg)
a = percepatan (m/s2)



 

Contoh hukum II Newton

  1. Truk yang membawa massa sedikit dapat mendapat percepatan yang lebih besar daripada truk yang membawa massa muatan sangat banyak.
  2. Kita mendorong meja bermassa kecil dan meja bermassa besar, percepatannya lebih besar pada meja bermassa kecil sehingga lebih cepat sampai tujuan.
  3. Orang dewasa dengan gaya besar mendorong satu meja dengan percepatan lebih besar daripada anak kecil yang gaya dorongnya kecil.
  4. Badak besar mendorong badak kecil sehingga badak kecil terpental.
  5. Saat kita memindahkan kotak yang ringan akan lebih cepat daripada memindahkan almari yang berat jika kita menggunakan gaya dorong yang sama.
Baca :  Pengertian Hukum Fungsi Tujuan Manfaat Menurut Para Ahli

 

Pengertian Hukum Newton 3

Bunyi Hukum Newton 3

Bunyi Hukum Newton 3 : “Setiap aksi akan menimbulkan reaksi, jika suatu benda memberikan gaya pada benda yang lain maka benda yang terkena gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang diterima dari benda pertama, tetapi arahnya berlawanan“.
Maksud dari hukum newton 3 yaitu suatu benda baru akan berinteraksi apabila ada yang memberinya gaya, bentuk interaksi tersebut dengan membalas gaya yang telah diberikan ke pada benda tersebut ke arah sebaliknya.

Gaya tidak pernah bekerja pada satu benda, melainkan selalu bekerja pada dua benda dan setiap gaya selalu mempunyai dua ujung, ujung satu ke benda satu, dan ujung dua ke benda kedua.
Rumus hukum newton 3 dapat dituliskan sebagai hukum (f) aksi – hukum (f) reaksi, yang saya tandai di kotak warna kuning sebagai rumus gaya gesek, yang merah merupakan gaya berat, dan biru rumus berat sejenis.

Bila sebuah benda A melakukan gaya pada benda B, maka benda juga akan melakukan gaya pada benda A yang besarnya sama tetapi berlawanan arah.
Faksi = – Freaksi

 

Contoh hukum III Newton

 

  1. Tangan kita saat memukul meja akan terasa sakit karena meja memberikan gaya dorong sebagai reaksi ke tangan kita.
  2. Semburan gas panas ke bawah yang dihasilkan pembakaran bahan bakar roket akan mendorong roket meluncur ke atas.
  3. Jika kita menekan hidung, hidung juga menekan tangan kita.
  4. Pada orang berenang, gaya aksi dari tangan ke air mengakibatkan gaya reaksi dari air ke tangan dengan besar gaya yang sama namun arah gaya berlawanan sehingga perenang terdorong ke depan meskipun tangannya mengayun ke belakang.
  5. Saat mendayung, gaya aksi dari dayung ke air mengakibatkan gaya reaksi dari air ke dayung dengan besar gaya yang sama namun arah gaya berlawanan sehingga perahu terdorong ke depan meskipun dayung mengayun ke belakang.

Contoh Soal Hukum Newton

Soal No.1 
Jika sebuah truk memiliki massa 3 ton dalam keadaan diam. Hitunglah berapa gaya truk tersebut jika melaju selama 30 detik dengan kecepatan 18km/jam.
Pembahasan
Dalam memecahkan persoalan tersebut kita menggunakan Hukum Newton II
m = 3 ton = 3000 kg
V1 = 0
V2 = 18 km / jam = 5 m/s
a =  (V2 – V1)t
a =  (5 m/s – 0)30 s
a =  16  m/s2
Gaya yang dikerjakan oleh truk tersebut dengan rumus Hukum Newton II
F = m.a
F = 3000 . 16
F = 500 N
Dengan demikian gaya yang dikerjakan oleh truk tersebut adalah 500 N
Soal No.2 
Diketahui dua buah gaya masing-masing F1 = 70 N dan F2 = 30 N bekerja pada suatu benda dengan arah ke kanan. Berapakah resultan kedua benda tersebut  ?
Pembahasan
Dalam memecahkan persoalan tersebut kita menggunakan resultan gaya
F1 = 70 N
F2 = 30 N
R = F1 + F2
R = 70 + 30
R = 100 N
Jadi resultan gayanya adalah 100 N
Soal No.3 
Diketahui dua buah gaya masing-masing F1=75 N ke kiri dan F2= 60 N ke kanan. Hitunglah resultan kedua gaya benda tersebut dan tentukanlah pula arahnya!
Pembahasan
Dalam memecahkan persoalan tersebut kita menggunakan resultan gaya
F1   =  75 N  (ke kiri)
F2   =  60 N  (ke kanan)
R =  F1 – F2
R =  75N – 60N
R = 15 N (arahnya ke kiri)
Jadi resultan gayanya adalah 15 N dengan arah ke kiri
Soal No.4 
Seorang remaja memiliki massa 52 kg. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2. Hitunglah berat si remaja tersebut ?
Pembahasan
Dalam menjawab soal tersebut digunakan rumus gaya berat dari Hukum Newton III
m = 52 kg
g = 10 m/s2
w = m . g
w = 52 . 10
w = 520 N
Jadi berat si remaja tersebut adalah 520 N
Soal No.5
Sebuah batu memiliki berat 100 newton. Apabila percepatan gravitasi buminya 10 m/s2. Berapakah massa batu tersebut?
Pembahasan
Dalam menjawab soal tersebut digunakan rumus gaya berat dari Hukum Newton III
W = 100 N
g = 10 m/s2
W = m . g
m =  Wg
m =  10010 = 10 kg
Jadi massa batu tersebut adalah 10 kg
Soal No.6 
Massa sebuah batu di bumi 20 kg. Jika percepatan gravitasi bumi 9,8 N/kg dan percepatan gravitasi bulan seperenam percepatan gravitasi bumi. Berkurang berapakah berat batu ketika dibawa ke bulan?
Pembahasan
Dalam menjawab soal tersebut digunakan rumus gaya berat dari Hukum Newton III
Kondisi batu di bumi
mbumi = 20 kg
gbumi = 9,8 N/kg
wbumi = mbumi. gbumi
wbumi = 20 . 9.8
wbumi = 196 N
Kondisi batu di bulan
mbulan = 20 kg (massa benda tidak akan berubah dimanapun berada)
gbulan = 1/6.gbumi = 1/6 x 9,8 N/kg = 1,6 N/kg
wbulan = mbulan. gbulan
wbulan = 20 . 1.6
wbulan = 32 N
Berat batu yang berkurang adalah = 196 – 32 = 164 N

Share
WhatsApp chat