Sejarah Internet Pengertian Internet menurut para ahli

Posted on

Internet adalah istilah yang telah menjadi begitu umum di dunia modern ini, tetapi apakah kita benar-benar memahami makna dan peran pentingnya? Internet adalah sebuah jaringan global yang menghubungkan berbagai perangkat komputer dan sumber daya informasi di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menguraikan pengertian internet, sejarah perkembangannya, serta dampak besar yang telah dihasilkannya dalam transformasi dunia modern.

Pengertian Internet

Internet adalah singkatan dari “Interconnected Network,” yang dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai “Jaringan yang Terhubung.” Ini adalah jaringan komputer global yang menghubungkan berbagai jaringan lokal, regional, dan nasional di seluruh dunia. Internet memungkinkan perangkat komputer untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi, termasuk teks, gambar, suara, dan video, melalui protokol komunikasi yang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Internet adalah infrastruktur teknologi yang memungkinkan manusia untuk mengakses informasi, berkomunikasi, bekerja, berbelanja, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas online. Ini telah menjadi elemen integral dalam kehidupan sehari-hari banyak orang di seluruh dunia.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

  • Onno W. Purbo

Tokoh pertama yang menjelaskan mengenai pengertian Internet adalah Purbo. Purbo (dalam Prihatna, 2005) menjelaskan bahwa Internet pada dasarnya merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail

  • Allan (2005)

Tokoh berikutnya, yaitu Allan (2005) menjelaskan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) serta Transmission Control Protocol (TCP). Protokol sendiri, lebih lanjut didefinisikan oleh Alan sebagai sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana dua atau lebih komputer dapat saling bertukar informasi.

  • Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Pengertian internet lainnya muncul dari pendapat yang dikemukakan oleh Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003). Mereka mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer – komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan juga memiliki beberapa file yang bisa diakses dan digunakan, , seperti halaman web, dan juga data lainnya yang bisa digunakan dan juga diakses oleh berbagai komputer yang saling terhubung dengan Internet.

  • Oetomo (2002)

Oetomo (2002) menyebutkan bahwa internet merupakan singkatan atau kependekan dari international network, yang didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain. Lebih lanjut dijelaskan pula, jaringan komputer yang sangat besar ini bisa mencakup jaringna seluruh dunia.

  • Randall & Latulipe

Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Jadi, internet tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang bisa diakses dimana saja.

  • Kayo, Mori, dan Takano (1996)

Kayo, Mori, dan Takano (1996) memberikan pendapat bahwa internet merupakan jarngan yang memiliki 3 keistimewaan. Keistimewaan pertama yang terdapat dalam internet adalah kebebasan internet. Internet dapat memberikan penggunanya semacam kuasa untuk saling memberi dan menerima informasi secara bebas.

Kedua, internet memiliki keistimewaan, yaitu lebih dinamik serta dinilai sangat mengikuti perkembagan waktu. Kebanyakan informasi dalam internet yang biasa diakses adalah informasi – informasi yang paling baru apabila dibandingkan dengan informasi dalam media cetak.

Ketiga, internet merupakan sebuah jaringan yang bersifat interaktif. Hal ini dikarekan melalui internet, setiap penggunanya dimungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan pengguna lain di dunia ini setiap saat

  • Supriyanto (2006)
  cara mengembalikan facebook yang hilang

Tokoh lainnya, yaitu Supriyanto (2006) mengatakan bahwa Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda maupun, dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat kompunikasi seperti telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol)

  • Harjono (2009)

Pendapat lain menyebutkan bahwa Internet dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang dapat saling berhubungan serta saling terkoneksi satu sama lainnya. Agar komputer dapat salin terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan itu bisa menggunakan kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon (Harjono, 2009).

  • O’Brien (2003)

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain, dimana dengan jumlah penggunanya bisa berkembang melebihi dari 200 negara (O’Brien, 2003).

  • Ramdhani (2003)

Dalam modul pembelajaran Internet, Ramdhani (2003) mengatakan bahwa internet merupakan sebuah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, hingga perorangan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Internet mampu untuk menyediakan akses untuk layanan telekomununikasi dan berbagai sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia.

Internet memilki berbagai macam layanan. Layanan internet meliputi komunikasi secara langsung seperti email dan juga chatting, diskusi seperti Usenet News, email, dan juga milis, serta sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

  • Tim Penelitian dan Pengembangan Wahana Komputer (2005)

Beberapa tokoh lainnya yang tergabung dalam tim penelitian dan juga pengembangan wahana internet mendefinisikan bahwa Internet merupakan sebuah metode untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam satu jaringan global, yang luas. Setiap komputer dapat saling terhubung dengan jaringna global yang luas melalui sebuah protokol yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP)

  • Drew Heywood (1996)

Heywood (1996) mengatakan bahwa definisi dari internet tidak lepas dari sejarah Internet. Hal ini bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan sebuah standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking. Standar baru tersebut haruslah merupakan standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Dengan demikian, terjadilah internet dengan kondisi jaringna yang kuat dan juga dapat menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan secara luas.

  • Greenlaw & Hepp (2002)

Pengertian lain dari internet diungkapkan oleh Greenlaw & Hepp (2002), yang menyatakan bahwa internet merupakan sebuah sistem informasi global yang tehubung secara logika oleh address atau alamat yang unik yang berbasis Internet Protocol / IP, dan memiliki dukungan komunikasi TCP / Transmission Control Protocol. Hal ini menyebabkan internet dapat digunakan, diubah, dan juga diakses baik secara umum, maupun secara khusus.

  • Turban, Rainer, Potter (2005)

Pendapat lain mengenai intenet dikemukakan oleh Turban, Rainer, Potter (2005). Mereka mendefinisikan bahwa internet adalah suatu jaringan besar yang menghubungkan jaringan compute, baik dari organisasi dan bisnis, organisasi pemerintahan, dan sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan juga cepat.

  • Lutfi SY

Lutfi SY dalam modulnya mengenai teknologi informasi mengatakan bahwa Internet merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung secara global, yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi atau data melalui jarinfan tersebut.

  Pengertian Pendidikan Karakter : Tujuan Manfaat Faktor Jenis

Lebih lanjut disebutkan bahwa internet adalah suatu sistem komunikasi data yang berskala global, yang disusun atas sebuah infrastruktur yang terdiri dari hardware dan juga software yang menghubungkan komputer di dalam jaringannya. (Baca juga mengenai Perangkat lunak jaringan komputer dan juga perangkat keras jaringan komputer).

  • Engineers Garage

Engineers Garage mengatakan bahwa pada dasarnya tidak ada suatu definisi yang baku mengenai pengertian dari internet itu sendiri. Dikatakan bahwa sebenarnya, internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu.

Namun apabila diartikan secara umum, internet dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi.

  • Sibero

Menurut Sibero (2011) Internet atau yang merupakan kependekan dari Inter-connected Network merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

Internet juga dapat bekerja sama seperti jaringan komputer pada umumnya, eperti halnya jarnigan komputer lokal maupun jaringan komputer area luas, internet juga menggunakan sebuah protokol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Tranmission Control Protol / Internet Protocol).

  • Lani Sidharta (1996)

Sidharta (1996) menyatakan bahwa internet adalah suatu bentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, dimana dapat memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap. Dijelaskan lagi lebih lanjut, bahwa internet juga terbukti sebagai rekan maya atau virtual yang ampuh, yang biasa digunakan dalam media bisnis, politik, dan bahkan untuk hiburan semata.

Walaupun secara fisik Internet merupakan suatu bentuk interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum Internet harus dapat dipandang dan juga dipahami sebagai sebuah sumber daya informasi.

Disebutkan pula oleh Sidharta, bahwa isi dari Internet adalah informasi, dimana hampir semua aspek kehidupan manusia bisa ditemukan dalam bentuk virtual di dalam internet.

  • Ned Snell

Ned Snell, juga berkontribusi dalam memberikan definisi mengenai internet. Menurutnya, internet adalah sebuah koridor bagi berbagai jenis sumberdaya yang ada padanya, dan setiap sumberdaya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda

  • Sarwono (2012)

Menurut Sarwono internet merupakan sebuah kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Bahkan, lebih lanjut Sarwono mengatakan bahwa tidak ada satupun orang yang mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri. Mulanya internet hanya digunakan dalam kebutuhan militer, namun kini internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan juga bentuk hiburan

  • Berners Lee

Berners Lee, yang menciptakan konsep WWW menyebutkan bahwa internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan compute tertentu, atau jaringan local juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

  • Kamus Oxford

Kamus Oxford merupakan salah satu kamus internasional yang paling reliabel sebagai panduan dari berbagai macam pengertian. Di dalam kamus Oxford disebutkan bahwa internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.

  • Federal Networking Council

Federal Networking Council (FNC), menyebutkan bahwa internet menunjuk pada suatu sistem informasi secara global, yang mana secara logis dihubungkan dengan satu alamat yang unik yang didasari pada internet protocol (IP). Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) atau IP lain yang kompatible dan memudahkan publik dan individu melakukan akses komunikasi tingkat tinggi serta berkaitan dengan infrastruktur.

  • Wikipedia

Salah satu situs ensiklopedia terbesar yang ada di dalam jaringan WWW internet, yaitu Wikipedia, juga menjabarkan secara lengkap mengeai pengertian internet. Wikipedia menyebutkan bahwa internet merupakan kependekan dari istilah interconnection networking, yang merupakan keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Agar dapat saling terhubung satu sama lain, internet menggunakan sebuah sistem standar, yaitu protocol TCP / IP untuk melayani pertukaran paket di dalam jaringan tersebut, di seluruh dunia.

  • cambridge
  Cara Mengaktifkan Kartu Indosat dengan Mudah dan Cepat

sistem besar komputer yang saling terhubung di seluruh dunia kemudian memungkinkan orang berbagi informasi juga berkomunikasi satu sama lain.

  • jatikom

Cara menghubungkan komputer ke komputer lain di manapun di dunia ini melalui router dan server yang saling terintegrasi. Ketika komputer  tersebut terhubung melalui Internet, mereka dapat mengirim dan menerima semua jenis informasi seperti program teks, grafik, suara, video, dan file.

Sejarah Internet

Sejarah Internet

Internet adalah salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah teknologi modern. Merevolusi cara kita berkomunikasi, bekerja, dan berbagi informasi. Artikel ini akan membahas sejarah internet, mulai dari awalnya sebagai proyek pemerintah hingga menjadi jaringan global yang menghubungkan miliaran orang di seluruh dunia.

  • Awal Mula: ARPANET

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969, ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat meluncurkan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). ARPANET adalah jaringan pertama yang menggunakan protokol komunikasi paket, yang memungkinkan data dibagi menjadi paket-paket kecil dan dikirimkan melalui berbagai rute. Tujuan utama ARPANET adalah menghubungkan komputer penelitian militer dan universitas untuk berbagi informasi.

  • TCP/IP dan Protokol Internet

Pada tahun 1970-an, ARPANET tumbuh dan mulai menghubungkan komputer di luar dunia militer. Pada saat yang sama, Vinton Cerf dan Robert Kahn mengembangkan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol), yang menjadi dasar bagi semua komunikasi di internet. TCP/IP memungkinkan berbagai jenis komputer dan jaringan untuk berkomunikasi satu sama lain.

  • Munculnya World Wide Web

Pada tahun 1989, seorang ilmuwan komputer bernama Tim Berners-Lee di CERN (Organisasi Riset Nuklir Eropa) menciptakan World Wide Web (WWW). WWW adalah sistem berbasis hypertext yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dokumen dan sumber daya lainnya melalui internet. Ini adalah terobosan besar yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet dengan mudah menggunakan peramban web.

  • Pertumbuhan Eksplosif Internet

Pada pertengahan hingga akhir 1990-an, internet mengalami pertumbuhan eksplosif. Bisnis, pemerintah, dan individu semakin banyak yang terhubung ke internet. Perusahaan seperti Microsoft dan Netscape bersaing untuk mendominasi pasar perangkat lunak web, sementara perusahaan telekomunikasi membangun infrastruktur internet yang lebih cepat.

  • Perkembangan Layanan Internet

Selama tahun 2000-an, berbagai layanan internet baru muncul. Google mendominasi mesin pencari, Facebook menggemparkan dunia media sosial, dan YouTube menjadi platform berbagi video yang populer. Selain itu, internet juga menjadi platform untuk perdagangan elektronik, memungkinkan orang untuk berbelanja online dan menjual barang secara global.

  • Internet Masa Kini

Pada saat ini, internet telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan kita. Dari e-learning hingga telemedicine, dari media sosial hingga streaming hiburan, internet telah mengubah banyak aspek kehidupan kita. Teknologi seperti Internet of Things (IoT) juga semakin berkembang, menghubungkan perangkat fisik ke internet.

  • Tantangan dan Masalah

Meskipun internet telah membawa banyak manfaat, juga ada tantangan dan masalah yang muncul. Keamanan cyber, privasi data, dan penyebaran berita palsu adalah beberapa isu yang harus diatasi. Selain itu, ketidaksetaraan akses internet di seluruh dunia masih menjadi permasalahan yang perlu dipecahkan.

Sejarah internet adalah kisah evolusi dari jaringan militer yang sederhana menjadi jaringan global yang mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berkomunikasi. Dalam beberapa dekade, internet telah menjadi bagian integral dalam kehidupan manusia. Sementara tantangan masih ada, internet tetap menjadi tonggak dalam perkembangan teknologi modern. Dengan perkembangan yang terus berlanjut, kita bisa mengantisipasi bahwa masa depan internet akan menjadi lebih menarik dan mengagumkan lagi.