Tips agar Bisa Shalat dengan Mudah Saat Liburan ke Luar Negeri

Posted on

Pergi liburan terkadang membuat kita keasyikan dan terlupakan akan waktu. Terutama jika kita berpergian seorang diri, kadang jadi lupa kapan waktunya makan, mencuci pakaian, dan enggak kalah penting, lupa waktu salat. Padahal shalat merupakan ibadah yang pertama sekali di hisap (diperiksa) di Yaumial Akhirah. Rasul bersabda: Mula pertama ditanya di ahkirat adalah Shalat. Jika dijumpai shlatnya diterima maka diterimalah amalan lainnya, namun jika didapati kurang sempurnanya shalat, maka di tolak amalan yang lain. Shalat adalah tiang agama, barangsiapa yang mendirikan shalat, dia menegakkan agama. Barangsiapa yang meninggalkan shalat, maka dia yang meruntuhkan agama ( al hadist)
Kemudian, bagaimana agar bisa melaksanakan shalat dengan nyaman selama perjalanan liburan? Yang pasti, kondisinya tidak akan sama dengan shalat dalam keadaan normal seperti di rumah atau di kantor. Namun, jangan bersedih, menjalankan suatu ibadah shalat di luar negeri ataupun di perjalanan justru memberikan cerita dan pengalaman tersendiri dan bisa menambah kekayaan spiritual.

Nah, kalau anda hendak pergi liburan ke luar negeri, mungkin kamu akan cenderung jarang mendengar suara adzan. Agar tidak melewatkan waktu salat, persiapkanlah beberapa hal ini saat sedang liburan ke luar negeri.

Install aplikasi adzan

This image has an empty alt attribute

Kamu pasti tidak akan meninggalkan smartphone saat sedang bepergian ke luar negeri. Nah, misalnya kamu dapat penawaran tiket murah eva air ke berbagai destinasi wisata di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Utara, pilih tiketnya lewat online travel agent (OTA) seperti Traveloka. Lakukan pembayaran dan mulai persiapkan aplikasi di dalam smartphone.
Mulai dari aplikasi pengelola keuangan untuk mengatur akomodasi, aplikasi peta dan transportasi umum, dan aplikasi adzan. Pastikan kamu sudah mengatur lokasi secara otomatis agar setiap aplikasi bisa menyesuaikan waktu adzan dengan akurat. Beberapa aplikasi sudah bisa menyesuaikan secara default sehingga tidak perlu diatur ulang.

Bawa perlengkapan shalat

This image has an empty alt attribute

Nah, dan yang kedua tersangat penting, Guys! Jadi bila misal kalian lagi di jalan-jalan di luar negeri dan posisi masjid jauh atau bahkan memang tidak terdapat masjid di dekat kalian, maka mesti banget buat kalian membawa perlengkapan sholat kemana-mana. Ingat ya, ini perlengkapan sholat bukan perlengkapan sholat bikin mas kawin . Seperangkat alat sholat ini bakal sangat bermanfaat kalau misal anda tidak menemukan musholla atau masjid, jadi mewajibkan sholat di jalan atau di taman, maka kita dapat menggunakan sajadah dan mukenah/sarung yang anda bawa supaya kewajiban sholat tetap terpenuhi.Yah, nanti bila bawa sajadah sama mukenah jadi berat tas-nya? Nah, dapat diakali dengan membawa mukenah dan sajadah yang berbahan ringan, misal untuk perempuan dapat membawa mukenah yang berbahan parasut sehingga enteng dan tidak memakan ruang. Bagi sajadah juga sama, dapat dipilih bahan sajadah yang tipis lemir-lemir.

Install aplikasi penunjuk arah kiblat

 



Nah, kalau aplikasi penunjuk arah kiblat akan sangat berguna untuk bisa kamu pakai di penginapan. Jadi, kamu tidak perlu menanyakan lagi kepada petugas pengurus penginapan untuk memastikan arah kiblat yang benar. Kalau sedang bepergian pun, kamu hanya perlu mencari tempat umum yang cukup untuk digunakan salat. Hanya tinggal mengarahkan sesuai arah yang ditunjukkan pada aplikasi, bisa langsung salat.

Bawa handuk kecil

Tempat yang kamu pakai untuk salat harus bersih dari kotoran. Handuk kecil bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda yang sekiranya merupakan najis. Jadi, kamu bisa membasahi handuk kecil, membersihkan area yang akan digunakan untuk salat, dan bersihkan dulu sebelum menggelar sajadah.
Akan lebih mudah jika sudah memilih tempat salat yang memang sudah bersih. Jadi, kamu hanya perlu membersihkan kaki yang mungkin terkena kotoran dan harus dibersihkan. Meskipun kamu menggunakan sandal, kamu bisa memastikan kakimu bersih dari kotoran tanpa harus membuat area salat menjadi basah.

Pakai alas kaki yang mudah dilepas

Saat sedang bepergian dan lebih nyaman menggunakan sepatu, pilihlah sepatu yang nyaman dan mudah dilepas. Jadi, kamu bisa lebih mudah menunaikan salat dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melepas sepatu. Kalau salat di mushola pun, kamu tidak akan membuat orang lain antre saat harus bergantian pakai sepatu. Selain itu, jika memang sedang terburu-buru mengejar jadwal transportasi umum, alas kakimu bisa langsung dipakai kembali setelah selesai melaksanakan ibadah salat.
Meskipun liburan ke luar negeri dan tidak menemukan tempat salat yang proper, jangan jadikan sebagai alasan untuk beribadah. Jika sudah bersiap-siap dengan beberapa hal tadi, kamu bisa tetap melakukan ibadah salat lima waktu dengan nyaman.

Membawa sikat gigi

Di antara kebiasaan Nabi Saw adalah membersihkan gigi dengan siwak. Siwak dalam bahasa Arab artinya menggosok, sehingga bersiwak artinya menggosok gigi dan sekitarnya dengan benda yang dapat menghilangkan kotoran gigi dan bau mulut.Banyak keutamaan dan manfaat memakai siwak yang telah disampaikan Nabi Saw, di antaranya hadis riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Hurairah, Nabi Saw bersabda;“Jika aku tidak takut memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka memakai siwak setiap kali akan melaksanakan shalat.” Bersiwak atau menggosok gigi hukumnya sunah dan boleh menggunakan benda apa pun baik kayu arak, sikat gigi dan lain sebagainya. Bersiwak hendaknya dilakukan dalam berbagai keadaan, bukan hanya pada saat mulut terasa kotor saja. Ada beberapa keadaan yang sangat dianjurkan untuk bersiwak sebagaimana telah dicontohkan oleh Nabi Saw.Pertama; saat hendak shalat. Nabi Saw ketika hendak shalat selalu bersiwak dan menganjurkan umatnya untuk bersiwak setiap hendak melaksanakan shalat. Shalat yang didahului dengan bersiwak lebih utama daripada shalat yang tanpa didahului dengan bersiwak.

Liburan merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Banyak orang yang gemar memanfaatkan waktunya guna berlibur. Apalagi andai Anda tergolong orang yang mempunyai jiwa travelling. Dijamin Anda bakal memanfaatkan masa-masa luang guna berlibur tetapi tanpa lupa bakal ibadah shalat.

Dengan berlibur, kita dapat memenuhi ulang energi Anda. kita pun bisa menepis kejenuhan dari segala macam aktivitas. Jadi, berwisata merupakan pekerjaan positif yang dapat menciptakan hidup kita menjadi lebih menyenangkan.

Share